PASCASARJANA

PROGRAM DOKTOR PENDIDIKAN ANAK USIA DINI

Program studi Doktor Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Pascasarjana UNJ mempunyai  tata kelola yang dapat menjamin terwujudnya visi dan terlaksananya misi serta tercapainya tujuan program studi. Terwujudnya visi terlaksananya misi dan tercapai tujuan program studi karena menggunakan strategi lima pilar tata kelola yaitu: kredibilitas; transparansi; akuntabilitas; tanggung jawab dan adil. Program studi Doktor Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)  berada di bawah naungan Program Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta berkoordinasi secara vertikal dan memiliki hubungan secara fungsional. Tugas pokok dan fungsi Program studi diatur dalam uraian tugas dan hubungan kerja Universitas. Untuk menjalankan tugas pokok dan fungsi tersebut program studi dipimpin oleh Ketua Program Studi, dan Pascasarjana dipimpin oleh seorang Direktur dibantu Wakil Direktur bidang Akademik dan Wakil Direktur Bidang Keuangan dan Manajemen.  Pascasarjana UNJ dipimpin oleh pihak yang memiliki kapasitas kapabilitas yang relevan dengan keilmuan. Setiap keputusan  telah berdasar dan melalui prosedur yang berlaku di program Pascasarjana yaitu melalui rapat pimpinan dan rapat kerja serta rapat dengan Senat UNJ kemudian hasilnya disosialisasikan kepada civitas akademika (dosen dan mahasiswa) dan tenaga kependidikan.

Program Studi Doktor Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Pascasarjana UNJ menggunakan strategi lima pilar tata pamong yaitu: kredibilitas; transparansi; akuntabilitas; tanggung jawab dan adil sebagai berikut :

Kredibilitas Program Studi Doktor Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)  Pascasarjana UNJ diwujudkan dalam rekrutmen SDM yang diseleksi dan dikembangkan untuk memenuhi standar kualitas SDM yang tinggi yang meliputi kompetensi dan integritas personal dan untuk pengangkatan Ketua Prodi dilakukan melalui permohonan dan rapat pimpinan serta Senat UNJ.

Transparansi Program Studi Doktor Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Pascasarjana UNJ telah terlaksana karena telah menerapkan prinsip transparansi dalam pelayanan publik yang merupakan pelaksanaan tugas dan kegiatan bersifat terbuka bagi masyarakat mulai dari proses kebijakan perencanaan pelaksanaan dan pengawasan/pengendaliannya serta mudah diakses oleh pihak yang membutuhkan. Hal ini utamanya meliputi manajemen dan penyelenggaraan pelayanan publik prosedur pelayanan persyaratan teknis dan administrasi layanan rincian biaya layanan serta waktu penyelesaian layanan.

Akuntabilitas Program Studi Doktor Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Pascasarjana UNJ dapat diketahui dari pertanggung jawaban pengelolaan sumberdaya serta pelaksanaan kebijakan yang dipercayakan kepada Pascasarjana UNJ dalam mencapai tujuan yang telah ditetapkan secara periodik dalam mengarahkan organisasi menuju pencapaian visi dan pelaksanaan misi dan tercapainya tujuan Pascasarjana UNJ.

Tanggungjawab  Program Studi Doktor Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dalam pelaksanaan tata pamong karena Pascasarjana UNJ di dalam melaksanakan segala proses manajemen dan dipertanggungjawabkan melalui perencanaan yang akurat dilaksanakan secara tepat dan dilaporkan secara periodik dan terbuka.

Keadilan terdapat dalam tata pamong karena pelaksanaannya dilakukan dengan proposional obyektif dan tanpa diskriminasi.

Program Doktor Pendidikan Anak Usia Dini merupakan Program Studi yang menghasilkan lulusan sebagai Pendidik/Dosen pada Program Magister/Doktor Pendidikan Anak Usia Dini, peneliti, pengembang Pendidikan Anak Usia Dini, , dan konsultan Pendidikan Anak Usia Dini

Menghasilkan  lulusan Doktor yang ahli dalam bidang Pendidikan Anak Usia Dini dengan atribut sebagai berikut:

  1. Memiliki kemampuan  mengembangkan  pengetahuan dan ketrampilan sebagai dosen Magister/Doktor Pendidikan Anak Usia Dini, peneliti, pengembang Pendidikan Anak Usia Dini, dan konsultan Pendidikan Anak Usia Dini Memiliki kemampuan menemukan atau mengembangkan gagasan baru dalam ilmu dan praksis tentang perkembangan dan pembelajaran anak usia dini  yang bertanggung jawab sesuai etika profesional
  2. Memiliki kemampuan menemukan atau mengembangkan gagasan baru dalam ilmu dan praksis tentang perkembangan dan pembelajaran anak usia dini  yang bertanggung jawab sesuai etika profesional
  3. Memiliki sikap  belajar sepanjang hayat melalui  pendidikan, penelitian, dan pelatihan baik pada kegiatan formal maupun non formal dalam upaya pengembangan diri yang relevan dengan bidang pendidikan anak usia dini.
  1. Mampu menganalisis secara kritis konsep metodologi penelitian untuk menyelesaikan masalah penelitian dalam bidang pendidikan anak usia dini sebagai dasar dalam melaksanakan penelitan yang kreatif, inovatif dan teruji berbasis multikultural;
  2. Mampu merumuskan perkembangan anak usia dini dalam multiperspektif melalui berbagai studi dan riset sebagai pijakan untuk mengembangkan atau menemukan ilmu dan praktik PAUD yang inovatif dan teruji;
  3. Mampu membandingkan pendekatan dan model kurikulum pendidikan anak usia dini di tingkat internasional sebagai upaya untuk menyelesaikan masalah PAUD dengan menggunakan pendekatan interdisiplin, multidisiplin, dan transdisipliner;
  4. Mampu menelaah berbagai sistem kebijakan PAUD sebagai dasar dalam melakukan penelitian untuk mengembangkan atau menemukan keilmuan baru dalam teori dan praktik pendidikan anak usia dini yang inovatif dan teruji;
  5. Mampu menganalisis kawasan penelitian yang relevan dengan pendidikan anak usia dini sebagai dasar dalam memilih penelitian yang tepat guna, terkini, termaju, dan memberikan kemaslahatan umat manusia melalui pendekatan interdisiplin, multidisiplin, atau transdisiplin, dalam rangka mengembangkan dan/atau menghasilkan penyelesaian masalah di bidang keilmuan, teknologi, seni;
  6. Mampu menemukan atau mengembangkan teori/konsepsi/ gagasan ilmiah baru, memberikan kontribusi pada pengembangan serta pengamalan ilmu pengetahuan dan/atau teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora di bidang Pendidikan Anak Usia Dini, dengan menghasilkan penelitian ilmiah berdasarkan metodologi ilmiah, pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif;
  7. Mampu mengelola atau memimpin dalam mengembangkan peta jalan penelitian dan pelaksanaan penelitian dengan pendekatan interdisiplin, multidisiplin, atau transdisiplin, berdasarkan kajian tentang sasaran pokok penelitian dan konstelasinya pada sasaran yang lebih luas dalam bidang Pendidikan Anak Usia Dini;
  8. Mampu menyusun argumen dan solusi keilmuan, teknologi atau seni berdasarkan pandangan kritis atas fakta, konsep, prinsip, atau teori yang dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah dan etika akademik, serta mengkomunikasikannya melalui media massa, jurnal/prosiding atau langsung kepada masyarakat.

Mata Kuliah Umum

KODE MATA KULIAH SKS
99009113 Filsafat Ilmu Lanjutan 3 sks
99009123 Metodologi Penelitian Lanjutan 3 sks
99009133 Statistika Lanjutan 3 sks
99009143 Penulisan Artikel Ilmiah Terindeks 3 sks

 

Mata Kuliah Keahlian

KODE MATA KULIAH SKS
99209013 Konsep Dasar PAUD 3 sks
99209113 Perkembangan Anak dalam Multiperspektif 3 sks
99209123 Komparasi dan Inovasi Kurikulum PAUD 3 sks
99209133 Kawasan Penelitian PAUD 3 sks
99209143 Pengembangan Pendidika PAUD 3 sks
99209183 Orientasi Baru dalam Pedagogi 3 sks
990209193 Kolokium Pendidikan Anak Usia Dini 3 sks

 

Mata Kuliah Pilihan

KODE MATA KULIAH SKS
99209413 Sistem Kebijakan PAUD 3 sks
99209423 Analisis Data Kualitatif 3 sks
99209433 Pengembangan Teori dan Konsep Bermain Anak Usia Dini 3 sks
Pilih 1 (satu) mata kuliah dari Mata Kuliah Pilihan yang tersedia

 

Mata Kuliah Matrikulasi

KODE MATA KULIAH SKS
99009013 Landasan Ilmu Pendidikan* 3 sks

Catatan : * dilaksanakan sebelum perkuliahan semester 1

 

Disertasi

KODE MATA KULIAH SKS
99009917 Disertasi 15 sks

Program Doktor Pendidikan Anak Usia Dini dalam proses akreditasi.

Kurikulum Pascasarjana UNJ disusun oleh Program Studi untuk mencapai Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL). CPL memuat prinsip-prinsip sebagai berikut:

  1. Penguasaan capaian pembelajaran mata kuliah (CPMK) beserta penerapannya, yang dijamin dengan kemahiran berbahasa, kecakapan dasar-dasar logika matematik, dan kemahiran akademik sesuai bidang keahliannya.
  2. Perhatian terhadap pertumbuhan personal, sosial, dan fisik sebagai peng¬hargaan terhadap integritas, komitmen, keunggulan, dan penerimaan terhadap bakat/talenta serta keterbatasannya.
  3. Pengembangan kebiasaan merefleksi pengalaman, mampu mencari pengalaman baru, dan bersedia untuk mengambil risiko dari hasil eks-plorasi pilihan-pilihan karier dan gaya hidup menurut kerangka nilai tertentu, dan terbuka terhadap perembangan baru dalam kerangka akademik dan karier.
  4. Fleksibel dan terbuka terhadap pandangan orang lain, bersemangat untuk belajar dari orang lain, serta mampu menerima kelebihan dan kekurangan orang lain, bebas-otentik dalam mengungkapkan perasaan, serta mengelola emosionalnya.
  5. Peghargaan terhadap hidup keimanan dan kegiatan intelektual yang berkembang serasi terpadu dalam hidup manusia yang didasarkan pada ajaran agama dalam kehidupan.
  6. Terbuka terhadap pluralitas tradisi keagamaan dan menghargai pengalaman keberagamaan orang lain melalui mekanisme toleransi hidup beragama dalam mengembangkan kematangan sosial yang mandiri dan cerdas yang dilandasi komitmen untuk peduli hak azasi manusia.

Komponen kurikulum Program Doktor Pascasarjana UNJ memuat hal berikut:

  1. Mata Kuliah Umum merupakan pengetahuan umum yang melandasi pembentukan kemampuan pengembangan ilmu sehingga terampil dalam berkarya sesuai dengan dasar ilmu yang dikuasai. Mata kuliah umum diarahkan pada pembentukan kemampuan melaksanakan, mengorganisasikan, dan terampil dalam memimpin program penelitian sesuai dengan tujuan pendidikan program doktor. Mata kuliah umum harus dikuasai oleh setiap peserta program doktor dari seluruh program studi.
  2. Mata Kuliah Keahlian Program Studi adalah kelompok bahan kajian utama bidang keahlian lulusan yang bertujuan menghasilkan tenaga ahli dengan kekaryaan berlandaskan ilmu dan keterampilan yang dikuasai.
  3. Mata Kuliah Pilihan adalah bagian dari kelompok Mata Kuliah Program Studi dan/atau mata kuliah di luar program studi yang dipilih oleh mahasiswa sesuai dengan bidang kajian disertasi.
  4. Mata Kuliah Matrikulasi adalah mata kuliah tambahan bagi mahasiswa yang berasal dari program nonpendidikan atau program studi pendidikan yang tidak sebidang. Mata Kuliah Matrikulasi dimaksudkan untuk memberikan materi yang harus dikuasai sebagai acuan bagi penguasaan teori-teori pendidikan dan/atau materi prasyarat program studi.
  5. Disertasi adalah karya ilmiah berdasarkan hasil penelitian yang memenuhi kriteria penelitian ilmiah dan persyaratan metodologi disiplin ilmu pada program studi sebagai upaya pemecahan masalah dan pengungkapan suatu temuan ilmiah, atau pengembangan konsep baru.

 

Komposisi mata kuliah untuk Program Doktor sebagai berikut:

Tabel 1. Sebaran Beban Studi untuk Latar Belakang Program Doktor Sebidang

No Mata Kuliah Bobot SKS
1 Mata Kuliah Umum 12
2 Mata Kuliah Keahlian 12 – 24
3 Mata Kuliah Pilihan 3
4 Disertasi 15
Jumlah 42 – 54

 

 Tabel 2. Sebaran Beban Studi untuk Latar Belakang Program Doktor Tidak Sebidang

No Mata Kuliah Bobot SKS
1 Mata Kuliah Matrikulasi 3
2 Mata Kuliah Umum 12
3 Mata Kuliah Keahlian 12 – 24
4 Mata Kuliah Pilihan 3
5 Disertasi 15
Jumlah 45 – 57