Program Magister

Pendidikan Jasmani

Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, konten, dan bahan pembelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman untuk pelaksanaan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan Perguruan Tinggi Pendidikan. Kurikulum sebagai salah satu komponen yang harus disiapkan oleh setiap satuan pendidikan. Program Doktor Pendidikan Jasmani Pascasarjana UNJ telah mengembangkan kurikulum mengacu pada dasar hukum yang ada.

Landasan hukum untuk pengembangan kurikulum Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta (UNJ) yaitu (a) Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2012 tentang Perguruan Tinggi Pendidikan, (b) Peraturan Presiden Nomor 8 Tahun 2012 tentang Bangsa Indonesia Kerangka Kualifikasi Nasional (KKNI), (c) Permendikbud No. 73 Tahun 2013 tentang Penerapan KKNI di Perguruan Tinggi, (d) Pemerintah Peraturan Nomor 4 Tahun 2014 tentang Penyelenggaraan Perguruan Tinggi Pendidikan dan Manajemen Pendidikan Tinggi, dan (d) Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No.3 Tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan.

Maka sejak tahun 2013 semua kurikulum perguruan tinggi di Indonesia, harus berbasis KKNI. KKNI (Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia) adalah kerangka kerja untuk berjenjang kualifikasi kompetensi yang dapat menyetarakan dan mengintegrasikan antara bidang pendidikan dan bidang pelatihan kerja dan pengalaman kerja di rangka memberikan pengakuan kompetensi kerja sesuai dengan strukturnya kerja di berbagai sektor.

Terkait dengan hal tersebut, Program Magister Pendidikan  Jasmani adalah jenjang pendidikan tinggi dengan tujuan sebagai berikut:

  1. Mampu mengembangkan iptek dan seni di bidang Pendidikan olahraga melalui riset/-penelitian sehingga menghasilkan karya inovatif dan teruji.
  2. Mampu memecahkan permasalahan sains, teknologi dan seni di bidang Pendidikan olahragamelalui pendekatan interdisipliner atau multidisipliner.
  3. Mampu mengelola riset/penelitian dan pengembangan pendidikan olahraga yang bermanfaat bagi masyarakat dan keilmuan, serta mampu mempublikasikannya dan mendapat pengakuan baik nasional maupun internasional.

Profil Program Studi

Program Studi Magister Pendidikan Jasmani Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta ditetapkan berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional melalui Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional Nomor: No. 590/DIKTI/Kep/1993, tanggal 21 Oktober 1993, dianggap layak diselenggarakan karena didukung oleh sarana prasarana belajar dan sumber daya manusia yang memadai. Seiring berjalannya waktu Prodi pendidikan olahraga berubah nama menjadi Prodi Pendidikan Jasmani sesuai dengan keputusan Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Nomor 257/M/KPT/2017. Hingga saat ini Prodi pendidikan jasmani terus berupaya menjadi pusat pengembangan dan pengkajian pendidikan, ilmu dan teknologi keolahragaan sehingga menjadi “teaching institution” dan “research institution”.

Program studi Magister Pendidikan Jasmani mengikuti kalender akademik UNJ yang sama. Mulai bulan September dan berakhir pada bulan Agustus tahun berikutnya, setiap kalender akademik terdiri dari semester ganjil, semester genap, dan semester menengah. Semester ganjil dimulai pada bulan September dan berakhir pada bulan Februari, sedangkan semester genap dimulai pada bulan Maret dan berakhir pada bulan Agustus tahun yang sama. Pendidikan Magister mengikuti peraturan rektor tentang peraturan dan pedoman akademik Program Pascasarjana UNJ.

Kurikulum yang dirinci dalam Buku Pedoman Akademik adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, bahan ajar, dan metode yang digunakan sebagai pedoman pelaksanaan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan. Kurikulum dirancang dan dikembangkan untuk setiap program studi berdasarkan standar nasional pendidikan tinggi, standar pendidikan guru, Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI), dan standar mutu internasional. Perancangan dan pengembangan kurikulum juga mempertimbangkan tuntutan dan tantangan global (scientific vision), kebutuhan masyarakat (societal need), kebutuhan pemangku kepentingan (stakeholders need), dan tuntutan dunia usaha dan industri, serta prinsip evaluasi diri secara komprehensif.

Tenaga Pengajar

Dr. Oman U.S., M.Pd.

Koordinator Program Studi Magister Pendidikan Jasmani

Prof. Dr. Moch. Asmawi, M.Pd.

Guru Besar dibidang Pendidikan Jasmani

Prof. Dr. dr. James Tangkudung, SportMed., M.Pd.

Guru Besar dibidang Pendidikan Jasmani

Prof. Dr. Achmad Sofyan Hanif, M.Pd.

Guru Besar dibidang Pendidikan Jasmani

Prof. Dr. Dr. Widiastuti, M.Pd.

Guru Besar dibidang Pendidikan Jasmani

Prof. Dr. Firmansyah Dlis, M.Pd.​

Guru Besar dibidang Pendidikan Jasmani

Kurikulum & Mata Kuliah

Komponen kurikulum Program Magister sebagai berikut,

  1. Mata Kuliah Umum merupakan ilmu umum yang mendasari terbentuknya kemampuan pengembangan ilmu sehingga terampil dalam bekerja sesuai dengan ilmu dasar yang dikuasai. Mata kuliah umum diarahkan pada pembentukan kemampuan untuk melaksanakan, menyelenggarakan, dan mengelola program penelitian sesuai dengan tujuan pendidikan program magister. Mata kuliah umum harus dikuasai oleh masing-masing peserta program magister dari seluruh studi

  2. Mata Kuliah Keahlian adalah sekumpulan mata kuliah yang ditujukan untuk menghasilkan tenaga ahli yang bekerja berdasarkan pengetahuan dan keterampilannya Mata Kuliah Pilihan merupakan bagian dari Kelompok Program Studi dan Mata Kuliah Dasar Mata kuliah ini dipilih oleh mahasiswa sesuai dengan bidang studi magister.

  3. Mata Kuliah Matrikulasi adalah sekumpulan mata kuliah yang wajib diambil oleh mahasiswa yang berasal dari program non kependidikan dan program pendidikan yang bukan sebidang. Mata kuliah ini memberikan dasar pengetahuan pendidikan yang harus dikuasai sebagai acuan penguasaan teori-teori pendidikan.

  4. Penyusunan tesis adalah suatu rancangan yang memuat mata kuliah pendukung dalam penyusunan tugas akhir atau karya ilmiah dengan tujuan untuk mengkonstruksi teori dan pengalaman sehingga tugas akhir yang akan dibuat dapat dilaksanakan.

  5. Tesis adalah hasil karya ilmiah berdasarkan hasil penelitian yang memenuhi kriteria penelitian ilmiah dan disiplin ilmu program studi sebagai upaya pemecahan masalah dan pengungkapan suatu temuan ilmiah atau pengembangan suatu konsep baru.

Mata Kuliah Umum

KODEMATA KULIAHSKS
99008113Filsafat Ilmu3 sks
99008123Metodologi Penelitian3 sks
99008133Statistika3 sks
99008143Penulisan Artikel Ilmiah Terindeks3 sks

Mata Kuliah Keahlian

KODEMATA KULIAHSKS
99038113Sejarah, Azas dan Falsafah, Sistem Pendidikan Jasmani dan Keolahragaan3 SKS
99038123Desain dan Pengembangan Kurikulum Pendidikan Jasmani3 SKS
99038133Strategi dan Media Pembelajaran Pendidikan Jasmani3 SKS
99038143Manajemen Pendidikan Jasmani dan Olahraga3 SKS
99038153Fisiologi Gerak3 SKS
99038183Orientasi Baru dalam Psikologi Pendidikan3 SKS
99038193Kolokium Pendidikan Jasmani3 SKS

Mata Kuliah Pilihan

KODEMATA KULIAHSKS
99038413Belajar Keterampilan Gerak3 SKS
99038423Analisis Mekanika Gerak3 SKS
Pilih satu mata kuliah dari Mata Kuliah Pilihan yang tersedia

Mata Kuliah Matrikulasi

KODEMATA KULIAHSKS
99008013Landasan Ilmu Pendidikan*3 sks

Catatan : * dilaksanakan sebelum perkuliahan semester 1

Tesis

KODEMATA KULIAHSKS
99008918Tesis8 sks



Capaian Pembelajaran

  1. Mampu mengembangkan teori pedagogi, literasi, manfaat teknologi informasi dalam pendidikan jasmani dan ilmu keolahragaan dengan prakteknya sebagai pengembang pendidikan jasmani dan ilmu keolahragaan untuk menghasilkan solusi dalam peningkatan mutu pendidikan kesehatan jasmani dan ilmu keolahragaan untuk kemaslahatan manusia melalui pendekatan interdisipliner atau multidisipliner;

  2. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam bidang pendidikan jasmani dengan prakteknya sebagai pengembang pendidikan dan pelatihan pendidikan olahraga dan penddikan kesehatan, kebugaran dengan prakteknya sebagai ahli, pendidik, dan pelatih ilmu keolahragaan dan pendidikan serta pelatihan di bidang penjas yang memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;

  3. Mampu memecahkan masalah pendidikan jasmani berdasarkan teori pedagogi, literasi, teknologi informasi dengan prakteknya sebagai pelatih ilmu keolahragaan dan penjas melalui metode ilmiah dengan pendekatan interdisipliner atau multidisipliner yang berlandaskan nilai, norma, dan etika akademik;

  4. Mampu menerapkan solusi permasalahan Teknologi pendidikan yang sesuai dengan kebutuhan pengembangan Ilmu keolahragaan dan penjas melalui penelitian yang teruji dan memiliki kebaruan dan mendapatkan pengakuan di tingkat nasional dan Internasional;

  5. Mampu menerapkan pembelajaran inovatif dengan mengaplikasikan konsep dan prinsip didaktik-pedagogis dalam ilmu keolahragaan dan penjas dengan memanfaatkan IPTEKS;

  6. Mampu menerapkan keprofesionalan secara berkelanjutan dalam bidang ilmu keolahragaan dan penjas dengan melakukan penelitian sebagai upaya pengembagan literasi digital;

  7. Mampu mendesimenasikan hasil penelitian dan pengembangan di bidang ilmu keolahragaan dan penjas bersifat kekinian dengan pendekatan inter dan multidisipliner yang diakui di tingkat nasional dan Internasional.

Akreditasi

Program Magister Manajemen Pendidikan Universitas Negeri Jakarta pada saat ini dalam proses Akreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional – Perguruan Tinggi, akreditasi saat ini adalah Akreditasi A, Berdasarkan SK Akreditasi No. 2642/SK/BAN-PT/Akred/M/XI/2016.

Profil Lulusan

Profil Lulusan

Deskripsi

1

Pendidik di Bidang Pendidikan Jasmani

Pendidik di bidang pendidikan jasmani pada tingkat sarjana di perguruan tinggi negeri dan swasta

2

Pengembang  di Bidang Pendidikan Jasmani

Pengembang pendidikan jasmani yang inovatif dengan memanfaatkan perkembangan teknologi terkini

3

Peneliti di bidang Pendidikan Jasmani

Peneliti yang berkompeten untuk menghasilkan penelitian yang inovatif di bidang pendidikan olahraga dan diakui secara nasional dan internasional

4

Penulis di  Bidang Pendidikan Jasmani

Penulis handal di bidang pendidikan jasmani dan olahraga menggunakan metodologi yang tepat