PPs UNJ

Program Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta (PPs UNJ) didirikan pada tahun 1978 sebagai Program Pascasarjana terstruktur yang pertama di lingkungan LPTK. Pada tahun 1980 dikukuhkan sebagai Fakultas Pascasarjana IKIP Jakarta. Selanjutnya, berdasarkan Surat Keputusan Presiden No. 45 Tahun 1982 tentang Susunan Organisasi IKIP Jakarta, salah satu fakultas yang disahkan adalah Fakultas Pascasarjana.

Program yang diselenggarakan meliputi Program Magister dan Program Doktor. Program Magister terdiri atas Program Studi Teknologi Pendidikan, Pendidikan Bahasa, Pendidikan Olahraga, Pendidikan Kependudukan dan Lingkungan Hidup, dan Pendidikan Kimia.

Program Doktor terdiri atas Program Studi Teknologi Pendidikan, Pendidikan Bahasa, Pendidikan Olahraga, dan Pendidikan Kependudukan dan Lingkungan Hidup.

Pada tahun 1991 Fakultas Pascasarjana IKIP Jakarta diubah menjadi Program Pascasarjana yang menyelenggarakan program yang sama, yaitu Program Magister dan Doktor.

Program Magister yang diselenggarakan adalah Teknologi Pendidikan (TP), Pendidikan Olahraga (POR), Pendidikan Bahasa (PB), Pendidikan Kependudukan dan Lingkungan Hidup (PKLH), Administrasi Pendidikan (AP), Penelitian dan Evaluasi Pendidikan (PEP), dan Pendidikan Sejarah (diselenggarakan di UNS Solo). Di samping itu, Program Pascasarjana UNJ mendapat penugasan dari pihak Ditjen Dikti untuk menyelenggarakan Pendidikan Magister Pendidikan Kelas Awal Ke-SD-an (PKASD) saat ini berubah menjadi Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Tahun akademik 2002-2003 dibuka konsentrasi Manajemen Pendidikan Tinggi pada Program Studi Manajemen Pendidikan. Pada tahun ini pula dibuka Program Doktor Konsentrasi Pendidikan Anak Usia Dini pada Program Studi Teknologi Pendidikan. Tahun akademik 2004-2005 dibuka konsentrasi Manajemen Lingkungan pada Program Studi PKLH. Semua program studi, yaitu Program Studi TP, PB, POR, PKLH, AP, PEP dan PAUD mendapat akreditasi Unggul (U) dan PKLH mendapat akreditasi Baik (B) sesuai Keputusan Badan Akreditasi Nasional tahun 2005.

Di samping tugas pokoknya, Program Pascasarjana UNJ diberi tugas tambahan membina KPK IKIP Padang, saat ini dikenal dengan nama Universitas Negeri Padang atau UNP, (Program Studi Administrasi Pendidikan), IKIP Yogyakarta, saat ini dikenal dengan nama Universitas Negeri Yogyakarta atau UNY (Program Studi Penelitian dan Evaluasi Pendidikan dan Pendidikan Kejuruan), dan UNS Solo (Program Studi Pendidikan Sejarah). Saat ini, KPK UNP dan UNY Yogyakarta telah menjadi Program Pascasarjana mandiri, sedangkan KPK UNS Solo baru tahun 2002 melepaskan diri dari pembinaan PPs UNJ.

Untuk memenuhi kebutuhan masyarakat tentang pendidikan sejarah maka pada tahun akademik 2006-2007 dibuka Program Magister yaitu: Pendidikan Sejarah sebagai konsentrasi Program Studi Teknologi Pendidikan, Linguistik Terapan sebagai konsentrasi Program Studi Pendidikan Bahasa dan Manajemen Olahraga sebagai konsentrasi Program Studi Pendidikan Olahraga dan Program Studi Pendidikan Dasar (DIKDAS) yang juga masih bergabung Program Studi Pendidikan anak Usia Dini. Di samping itu juga telah dibuka Program Doktor Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM) sebagai konsentrasi dari Program Studi Manajemen Pendidikan.

Program Doktor yang diselenggarakan adalah Teknologi Pendidikan, Pendidikan Olahraga, Pendidikan Bahasa, Pendidikan Kependudukan dan Lingkungan Hidup. Sesuai dengan perkembangannya, maka sejak tahun 1996-1997 telah dibuka Program Doktor Teknologi Pendidikan dengan konsentrasi Penelitian dan Evaluasi Pendidikan dan Manajemen Pendidikan. Saat ini kedua konsentrasi tersebut telah menjadi program studi mandiri.

 logounj_warna1

Visi dan Misi

Indonesia sedang memasuki milenium ketiga yang ditandai oleh kemajuan ilmu dan teknologi serta era kesejagadan (era global). Bangsa Indonesia merupakan bagian dari peradaban manusia yang besar yang ditandai oleh mengaburnya batas ekonomi, ilmu pengetahuan dan teknologi serta makin berkembangnya perkembangan lintas sosial kultural. Oleh sebab itu, perguruan tinggi harus mempersiapkan bangsa Indonesia ke arah empat sasaran yakni: Pertama, mengembangkan ilmu dan teknologi berikut sistem teknologi komunikasi dan informasi sejalan dengan tuntutan era informasi agar sejajar kemampuannya dengan bangsa-bangsa lain, Kedua: mengelola secara holistik dan integratif ilmu pengetahuan dan teknologi (knowledge management), Ketiga: mampu melakukan persaingan intelegensia dengan bangsa-bangsa lain (competitive Intelegence); Keempat, mempersiapkan diri menjadi warga peradaban global tanpa meninggalkan jati diri selaku bangsa Indonesia.

Lebih lanjut sesuai dengan Kerangka Pengembangan Pendidikan Tinggi Jangka Panjang 2003 – 2020 yang dituangkan dalam HELTS (Higher Education Long Term Strategy), pengembangan perguruan tinggi diupayakan agar mampu menyelenggarakan pendidikan, melakukan penelitian dan pengkajian di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi, serta memberikan pengabdian keilmuan kepada masyarakat yang bermanfaat bagi kemanusiaan dan sesuai dengan kebutuhan pembangunan.

Kegiatan mahasiswa dan ilmuwan dikembangkan sesuai dengan disiplin ilmu dan profesinya, antara lain dengan mendorong pengembangan wadah disiplin keilmuan sehingga para mahasiswa dan ilmuwan dapat meningkatkan dan mengembangkan prestasi akademik intelektualnya untuk berperan serta dalam pembangunan yang berkelanjutan. Sejalan dengan itu, terus dikembangkan iklim yang demokratis sejalan dengan prinsip-prinsip “good governance” yang mendukung kebebasan akademik, kebebasan mimbar akademik, dan otonomi keilmuan dan manajemen perguruan tinggi sebagai lembaga keilmuan agar sivitas akademika secara bertanggung jawab dapat mengembangkan pemikiran modern yang konstruktif, kreatif dan inovatif bagi pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni, serta rekonstruksi dan pengembangan kebudayaan dan pembangunan berkelanjutan negara dan bangsa Indonesia keseluruhannya.

Berdasarkan hal tersebut maka PPs UNJ perlu berperan aktif dan memberikan konstribusi yang signifikan dalam menjalankan fungsi sebagai lembaga pendidikan tinggi.

Visi

Merujuk pada Visi UNJ dalam statuta maka visi PPs UNJ dapat dirumuskan sebagai berikut:

Program Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta menjadi salah satu program pascasarjana yang terkemuka di tingkat nasional, regional dan global pada tahun 2020

Misi

  1. Menyelenggarakan kegiatan pendidikan strata 2 dan strata 3 dalam suasana akademik dan edukatif serta menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan yang mencerminkan masyarakat ilmiah yang memiliki integritas, kemandiirian dan profesionalitas yang tangguh dan berkelanjutan.
  2. Memberdayakan dan meningkatkan kapasitas (empowerment dan capacity building) setiap kelembagaan program studi sehingga meningkatkan mutu kinerjanya masing-masing serta mampu “survive” dalam kompetisi global.
  3. Mengembangkan gagasan-gagasan baru yang kreatif dan inovatif melalaui riset sehingga mampu beradaptasi dan mengantisipasi perubahan dan perkembangan ilmu dan teknologi mutakhir secara berkelanjutan.
  4. Menyediakan berbagai jasa dan teknologi keilmuan yang praksis dan dan pengembangan koordinasi dan kerjasama kemitraan dengan berbagai pihak sesuai dengan perkembangan kebutuhan masyarakat baik di tingkat nasional, regional dan global