PASCASARJANA

PROGRAM DOKTOR LINGUSTIK TERAPAN

Red Carpet

Program Doktor Ilmu Pendidikan Bahasa Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta berdasarkan SK Dirjen Dikti No 590/DIKTI/Kep/1993 tentang izin penyelenggaraan Program Doktor Pendidikan Bahasa Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta (UNJ) ditetapkan di Jakarta pada tanggal 21 Oktober 1993. Pada tahun 2014, berdasarkan keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi No 453/SK/BAN-PT/Akred/D/XI/2014, Program Doktor Ilmu Pendidikan Bahasa Pascasarjana UNJ ini memperoleh predikat B (skor 313)

Saat ini mahasiswa Program Studi Ilmu Pendidikan Bahasa  Sebagian besar berasal dari guru, Dosen, birokrat, yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia. Kegiatan akademik yang dilakukan mahasiswa dapat dilihat melalui kegiatan intrakurikuler dan ekstrakurikuler.

Dosen Program Studi Linguistik Terapan

NO NAMA STATUS
1 Dr. Ninuk Lustiyantie, M.Pd Dosen Tetap
1 Prof. Dr. Emzir, M. Pd. Dosen Tetap
2 Prof. Dr. Aceng Rahmat, M.Pd. Dosen Tetap
3 Prof. Dr. Endry Boeriswati, M. Pd. Dosen Tetap
4 Dr. Fathiaty Murtadho, M.Pd. Dosen Tetap
5 Dr. Siti Gomo Attas, M.Hum. Dosen Tetap

Menghasilkan sumber daya manusia yang bermutu dengan kualifikasi sebagai berikut:

  1. memiliki kemampuan dalam mengembangkan konsep baru dalam bidang ilmu pendidikan bahasa atau profesinya melalui penelitian di bidang pendidikan bahasa dan sastra;
  2. Memiliki kemampuan melaksanakan, mengorganisasikan, dan melakukan penelitian di bidang pendidikan bahasa dan sastra; dan
  3. memiliki kemampuan melakukan pendekatan interdisipliner, antardisipliner, dan multidisipliner guna menerapkan keahliannya secara professional, khususnya di bidang pendidikan bahasa dan sastra.
  1. Mampu mengembangkan pengetahuan baru  tentang teori pedagogi, literasi, manfaat teknologi dan atau seni  baru tentang informasi dalam bidang ilmu linguistik terapan, untuk menghasilkan solusi bagi peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara melalui pendekatan interdisipliner atau multidisipliner dan transdisipliner;
  2. Mampu mengembangkan keilmuan pendidikan atau praktik profesionalnya melalui riset hingga menghasilkan karya kreatif, original, dan teruji;
  3. Mampu memecahkan masalah sains, teknologi dan atau seni terkait pada bidang  linguistik terapan berdasarkan teori pedagogi, literasi, teknologi informasi melalui metode ilmiah dengan pendekatan interdisipliner atau multidisipliner dan transdisipliner yang menginternalisasikan nilai, norma, dan etika akademik;
  4. Mampu mengembangkan teori baru dalam pembelajaran inovatif dengan mengaplikasikan konsep dan prinsip didaktik-pedagogis dalam pendidikan dengan memanfaatkan IPTEKS berorientasi pada kecakapan hidup (life skills) dan berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat;
  5. Mampu mengelola, memimpin dan mengembangkan riset dan pengembangan yang bermanfaat bagi ilmu pengetahuan  linguistik terapan dan kemaslahatan umat manusia, serta mampu mendapat pengakuan nasional maupuan
  • Mata Kuliah Umum

KODE MATA KULIAH SKS
99009113 Filsafat Ilmu Lanjutan 3 sks
99009123 Metodologi Penelitian Lanjutan 3 sks
99009133 Statistika Lanjutan 3 sks
99009143 Penulisan Artikel Ilmiah Terindeks 3 sks

 

  • Mata Kuliah Keahlian

KODE MATA KULIAH SKS
99069113 Pendekatan Linguistik Mutakhir 3 sks
99069123 Studi Budaya dan Sastra 3 sks
99009133 Psikolingusitik dalam Pembelajaran Bahasa 3 sks
99069143 Literasi dan Pengajaran Bahasa 3 sks
99069153 Studi Penerjemahan 3 sks
99069183 Orientasi Baru dalam Pedagogik 3 sks
99069193 Kolokium Linguistik Terapan 3 sks

 

  • Mata Kuliah Pilihan

KODE MATA KULIAH SKS
99069413 Analisis Wacana Kritis 3 sks
99069423 Lingusitik Forensik 3 sks
99069433 Tes Bahasan dna Evaluasi Program 3 sks
99069443 Lingusitik Komputasi 3 sks
Pilih 1 (satu) mata kuliah dari Mata Kuliah Pilihan yang tersedia

 

  • Mata Kuliah Matrikulasi

KODE MATA KULIAH SKS
99069013 Landasan Ilmu Pendidikan* 3 sks

Catatan : * dilaksanakan sebelum perkuliahan semester 1

 

  • Disertasi

KODE MATA KULIAH SKS
99009917 Disertasi 15 sks

Program Doktor Ilmu  Pendidikan Bahasa memiliki akreditasi  B berdasarkan SK BAN-PT No. 453/SK/BAN-PT/Akred/D/XI/2014, yang artinya memuaskan.

Kurikulum Pascasarjana UNJ disusun oleh Program Studi untuk mencapai Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL). CPL memuat prinsip-prinsip sebagai berikut:

  1. Penguasaan capaian pembelajaran mata kuliah (CPMK) beserta penerapannya, yang dijamin dengan kemahiran berbahasa, kecakapan dasar-dasar logika matematik, dan kemahiran akademik sesuai bidang keahliannya.
  2. Perhatian terhadap pertumbuhan personal, sosial, dan fisik sebagai peng¬hargaan terhadap integritas, komitmen, keunggulan, dan penerimaan terhadap bakat/talenta serta keterbatasannya.
  3. Pengembangan kebiasaan merefleksi pengalaman, mampu mencari pengalaman baru, dan bersedia untuk mengambil risiko dari hasil eks-plorasi pilihan-pilihan karier dan gaya hidup menurut kerangka nilai tertentu, dan terbuka terhadap perembangan baru dalam kerangka akademik dan karier.
  4. Fleksibel dan terbuka terhadap pandangan orang lain, bersemangat untuk belajar dari orang lain, serta mampu menerima kelebihan dan kekurangan orang lain, bebas-otentik dalam mengungkapkan perasaan, serta mengelola emosionalnya.
  5. Peghargaan terhadap hidup keimanan dan kegiatan intelektual yang berkembang serasi terpadu dalam hidup manusia yang didasarkan pada ajaran agama dalam kehidupan.
  6. Terbuka terhadap pluralitas tradisi keagamaan dan menghargai pengalaman keberagamaan orang lain melalui mekanisme toleransi hidup beragama dalam mengembangkan kematangan sosial yang mandiri dan cerdas yang dilandasi komitmen untuk peduli hak azasi manusia.

Komponen kurikulum Program Doktor Pascasarjana UNJ memuat hal berikut:

  1. Mata Kuliah Umum merupakan pengetahuan umum yang melandasi pembentukan kemampuan pengembangan ilmu sehingga terampil dalam berkarya sesuai dengan dasar ilmu yang dikuasai. Mata kuliah umum diarahkan pada pembentukan kemampuan melaksanakan, mengorganisasikan, dan terampil dalam memimpin program penelitian sesuai dengan tujuan pendidikan program doktor. Mata kuliah umum harus dikuasai oleh setiap peserta program doktor dari seluruh program studi.
  2. Mata Kuliah Keahlian Program Studi adalah kelompok bahan kajian utama bidang keahlian lulusan yang bertujuan menghasilkan tenaga ahli dengan kekaryaan berlandaskan ilmu dan keterampilan yang dikuasai.
  3. Mata Kuliah Pilihan adalah bagian dari kelompok Mata Kuliah Program Studi dan/atau mata kuliah di luar program studi yang dipilih oleh mahasiswa sesuai dengan bidang kajian disertasi.
  4. Mata Kuliah Matrikulasi adalah mata kuliah tambahan bagi mahasiswa yang berasal dari program nonpendidikan atau program studi pendidikan yang tidak sebidang. Mata Kuliah Matrikulasi dimaksudkan untuk memberikan materi yang harus dikuasai sebagai acuan bagi penguasaan teori-teori pendidikan dan/atau materi prasyarat program studi.
  5. Disertasi adalah karya ilmiah berdasarkan hasil penelitian yang memenuhi kriteria penelitian ilmiah dan persyaratan metodologi disiplin ilmu pada program studi sebagai upaya pemecahan masalah dan pengungkapan suatu temuan ilmiah, atau pengembangan konsep baru.

 

Komposisi mata kuliah untuk Program Doktor sebagai berikut:

Tabel 1. Sebaran Beban Studi untuk Latar Belakang Program Doktor Sebidang

No Mata Kuliah Bobot SKS
1 Mata Kuliah Umum 12
2 Mata Kuliah Keahlian 12 – 24
3 Mata Kuliah Pilihan 3
4 Disertasi 15
Jumlah 42 – 54

 

 Tabel 2. Sebaran Beban Studi untuk Latar Belakang Program Doktor Tidak Sebidang

No Mata Kuliah Bobot SKS
1 Mata Kuliah Matrikulasi 3
2 Mata Kuliah Umum 12
3 Mata Kuliah Keahlian 12 – 24
4 Mata Kuliah Pilihan 3
5 Disertasi 15
Jumlah 45 – 57