Program Studi
Pendidikan Sejarah
Program Magister Pendidikan Sejarah didirikan pada tanggal 21 Oktober 1993. Prodi pendidikan sejarah adalah satu diantara yang tertua di lingkungan Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta.
Tentang Kami
Magister Pendidikan Sejarah
Program Magister Pendidikan Sejarah didirikan pada tanggal 21 Oktober 1993. Program studi pendidikan sejarah adalah satu diantara yang tertua di lingkungan Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta. Program Magister Pendidikan Sejarah didirikan oleh Prof. Dr. Diana Nomida, M.Pd. pada tahun 1993. Program Studi Pendidikan Sejarah menyiapkan lulusannya sebagai dosen, peneliti, penulis dan pengembang pendidikan sejarah.
Tujuan Program Studi
(2) Menghasilkan lulusan yang mampu melaksanakan penelitian, pengabdian masyarakat dalam bidang pendidikan sejarah serta memublikasikannya di tingkat nasional dan internasional.
(3) Menghasilkan lulusan yang kompetitif, kooperatif dan bertanggungjawab dalam bidang pendidikan sejarah.
Tujuan Program Studi
Magister Pendidikan Sejarah
Dosen
Dr. Abrar, M.Hum.
Dosen Tetap
Dr. M. Fakhruddin, M.Si.
Dosen Tetap
Magister Pendidikan Sejarah
Capaian Pembelajaran
- Mampu mengembangkan teori pedagogi, literasi, manfaat teknologi informasi dalam pendidikan Sejarah dengan prakteknya sebagai pengembang model pendidikan sejarah yang berlandasakan nilai, norma, prinsip, teori, konsep dan fakta sejarah yang objektif untuk menghasilkan solusi dalam peningkatan mutu pendidikan untuk kemaslahatan manusia melalui pendekatan interdisipliner atau multidisipliner;
- Mampu melahirkan pengetahuan yang bernilai sejarah sebagai hasil pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam dengan prakteknya sebagai pengembang model inovatif pembejaran sejarah, pengembang media, disainer pembelajaran sejarah berdasarkan profesi bidang teknologi pendidikan sejarah yang memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
- Mampu memecahkan masalah dari beragam isu kontemporer terkait pembelajaran sejarah sebagai pengetahuan tentang masa lalu dan pembelajaran sejarah sebagai wahana pembentukan karakter;
- Mampu menerapkan solusi permasalahan pendidikan sejarah yang sesuai dengan kebutuhan pengembangan kurikulum pendidikan sejarah yang dapat mewariskan nilai-nilai perjuangan bangsa yang dapat menumbuhkan nasionalisme dan patriotisme melalui penelitian yang teruji dan memiliki kebaruan dan mendapatkan pengakuan di tingkat nasional dan Internasional;
- Mampu menerapkan pembelajaran sejarah yang inovatif dengan mengaplikasikan konsep dan prinsip didaktikpedagogis dalam Pendidikan Sejarah dengan memanfaatkan IPTEKS berorientasi pada kecakapan hidup (life skills) dan berkontribusi dalam memperkuat rasa kebangsaan dalam NKRI;
- Mampu menerapkan keprofesionalan secara berkelanjutan dalam bidang pendidikan sejarah dengan melakukan penelitian sebagai upaya pengembagan literasi sejarah dan literasi digital;
- Mampu mendesimenasikan hasil penelitian dan pengembangan di bidang pendidikan sejarah bersifat kekinian dengan pendekatan inter dan multi disipliner yang diakui oleh komunitas teknologi pendidikan di tingkat nasional dan Internasional.
Magister Pendidikan Sejarah
Mata Kuliah
Mata Kuliah Umum
KODE | MATA KULIAH | SKS |
99008113 | Filsafat Ilmu | 3 sks |
99008123 | Metodologi Penelitian | 3 sks |
99008133 | Statistika | 3 sks |
99008143 | Penulisan Artikel Ilmiah Terindeks | 3 sks |
Mata Kuliah Keahlian
KODE | MATA KULIAH | SKS |
99158113 | Evaluasi, Proses dan Hasil Belajar Sejarah | 3 sks |
99158123 | Pengembangan Desain Pembelajaran Sejarah | 3 sks |
99158133 | Pengembangan Kurikulum Pendidikan Sejarah | 3 sks |
99158143 | Filsafat dan Metodologi Sejarah | 3 sks |
99158153 | Isu-isu Kontemporer dalam Sejarah Indonesia | 3 sks |
99158183 | Orientasi Baru dalam Psikologi Pendidikan | 3 sks |
99158193 | Kolokium Pendidikan Sejarah | 3 sks |
Mata Kuliah Pilihan
KODE | MATA KULIAH | SKS |
99158413 | Sejarah Lokal sebagai sumber Belajar | 3 sks |
99158423 | Teori Sosial dalam Penelitian Sejarah | 3 sks |
99158433 | Isu-isu Kritis dalan Pembelajaran Sejarah | 3 sks |
Pilih satu Mata Kuliah Pilihan yang tersedia |
Mata Kuliah Matrikulasi
KODE | MATA KULIAH | SKS |
99008013 | Landasan Ilmu Pendidikan | 3 sks |
Catatan : * dilaksanakan sebelum perkuliahan semester 1
Tesis
KODE | MATA KULIAH | SKS |
99008918 | Tesis | 8 sks |
AKREDITASI
Program Studi Magister Pendidikan Sejarah merupakan salah satu program studi yang dikelola oleh Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta yang terakreditasi Unggul di Badan Akreditasi Nasional -Perguruan Tinggi (BAN-PT) dengan SK No. 3629/SK/BAN-PT/Akred-PMT/M/VI/2022 dan berlaku sampai dengan tanggal 14 Juni 2027.
Magister Pendidikan Dasar
Kurikulum
Kurikulum Pascasarjana UNJ disusun oleh Program Studi untuk mencapai Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL). CPL memuat prinsip-prinsip sebagai berikut:
- Penguasaan capaian pembelajaran mata kuliah (CPMK) beserta penerapannya, yang dijamin dengan kemahiran berbahasa, kecakapan dasar-dasar logika matematik, dan kemahiran akademik sesuai bidang keahliannya.
- Perhatian terhadap pertumbuhan personal, sosial, dan fisik sebagai penghargaan terhadap integritas, komitmen, keunggulan, dan penerimaan terhadap bakat/talenta serta keterbatasannya.
- Mengembangkan kebiasaan merefleksi pengalaman, mampu mencari pengalaman baru, dan bersedia untuk mengambil risiko dari hasil eksplorasi pilihan-pilihan karier dan gaya hidup menurut kerangka nilai tertentu, dan terbuka terhadap perkembangan baru dalam kerangka akademik dan karier.
- Fleksibel dan terbuka terhadap pandangan orang lain, bersemangat untuk belajar dari orang lain serta mampu menerima kelebihan dan kekurangan orang lain, bebas-otentik dalam mengungkapkan perasaan, serta mengelola emosionalnya.
- Menghargai hidup keimanan dan kegiatan intelektual yang berkembang serasi terpadu dalam hidup manusia yang didasarkan pada ajaran agama.
- Terbuka terhadap pluralitas berbagai tradisi agama dan menghargai pengalaman keberagamaan orang lain melalui mekanisme toleransi hidup beragama dalam mengembangkan kematangan sosial yang mandiri dan cerdas yang dilandasi komitmen untuk peduli hak azasi manusia.
Komponen kurikulum program magister memuat hal berikut:
- Mata Kuliah Umum merupakan pengetahuan umum yang melandasi pembentukan kemampuan pengembangan ilmu sehingga terampil dalam berkarya sesuai dengan dasar ilmu yang dikuasai. Mata kuliah umum diarahkan pada pembentukan kemampuan melaksanakan, mengorganisasikan, dan mengelola program penelitian sesuai dengan tujuan pendidikan program magister. Mata kuliah umum harus dikuasai oleh setiap peserta program magister dari seluruh program studi.
- Mata Kuliah Utama Program Studi adalah kelompok mata kuliah yang bertujuan menghasilkan tenaga ahli dengan kekaryaan berlandaskan ilmu dan keterampilan yang dikuasai.
- Mata Kuliah Pilihan adalah bagian dari kelompok Mata Kuliah Program Studi dan Mata kuliah Dasar Kependidi Mata kuliah ini dipilih oleh mahasiswa sesuai dengan bidang kajian tesis.
- Mata kuliah Matrikulasi adalah kelompok mata kuliah yang wajib diambil oleh mahasiswa yang berasal dari program nonpendidikan dan program pendidikan yang tidak sebidang. Mata kuliah ini memberikan landasan pengetahuan kependidikan yang harus dikuasai sebagai acuan bagi penguasaan teori-teori pendidikan.
- Tesis adalah hasil karya ilmiah berdasarkan hasil penelitian yang memenuhi kriteria penelitian ilmiah dan disiplin ilmu program studi sebagai upaya untuk pemecahan masalah dan pengungkapan suatu temuan ilmiah atau pengembangan konsep baru.
Magister Pendidikan Sejarah
Beban Studi
Program Magister
Tabel 1. Sebaran Beban Studi untuk Latar Belakang Program Sarjana Pendidikan
No | Mata Kuliah | Bobot SKS |
1 | Mata Kuliah Umum | 9 – 12 |
2 | Mata Kuliah Keahlian | 18 |
3 | Mata Kuliah Pilihan | 3 – 15 |
4 | Tesis | 8 |
Jumlah | 41– 43 |
Tabel 2. Sebaran Beban Studi untuk Latar Belakang Program Sarjana Nonpendidikan
No | Mata Kuliah | Bobot SKS |
1 | Mata Kuliah Matrikulasi | 3- 6 |
2 | Mata Kuliah Umum | 12 |
3 | Mata Kuliah Keahlian | 18 |
4 | Mata Kuliah Pilihan | 3 – 15 |
6 | Tesis | 8 |
Jumlah | 43– 46 |