PASCASARJANA

PROGRAM MAGISTER MANAJEMEN PENDIDIKAN

Red Carpet

Program Studi S2 Manajemen Pendidikan UNJ menghasilkan   pendidik, konsultan, manajer, peneliti dan tenaga kependidikan secara professional di bidang manajemen pendidikan.

  1. Sebagai praktisi dengan kemampuan menggunakan dan mengembangkan pengetahuan dan keterampilannya dalam bidang manajemen pendidikan secara profesional yang meliputi:  sebagai tenaga kependidikan, sebagai pendidik, peneliti, konsultan, dan manajer satuan pendidikan.
  2. Sebagai praktisi pendidikan dengan pemahaman yang dalam tentang pengembangan  ilmu manajemen pendidikan, serta  memiliki  tanggungjawab dan etika profesi yang tinggi.
  3. Sebagai individu yang memiliki karakter selalu ingin belajar (belajar sepanjang hayat) melalui studi lanjut, penelitian dan pelaksanaan tugas profesinya,  baik secara  formal maupun non formal
  1. Mampu mengembangkan nilai,prinsip, teori, konsep, dan praktek  manajem pendidika , literasi, manfaat teknologi informasi manajemen sistem pendidikan mulai dari perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, pengendalian (supervise akademik dan manajerial) pendidikan dan pelatihan dengan prakteknya sebagai pengembang manajemen pendidikan dan pelatihan menuju SDM unggul, menajemen kinerja pendidikan untuk menghasilkan solusi dalam  peningkatan mutu pendidikan untuk kemaslahatan manusia melalui pendekatan interdisipliner atau multidisipliner;
  2. Mampu mengembangkan pengetahuan di bidang manajemen pendidikan hasil dari pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif sebagai manajer, memimpin lembaga formal dan nonformal, dan lembaga lainnya yang  terkait dengan menajeman pendidikan  dan pelatihan  dalam mencapai SDM unggul.
  3. Mampu memecahkan masalah tata kelola di bidang pendidikan, terkait  kebijakan pendidikan pada level mikro, meso dan makro dalam mencapai kinerja organisasi yang bermutu melalui metode ilmiah dengan pendekatan interdisipliner atau multidisipliner yang berlandaskan  nilai, norma, dan etika akademik;
  4. Mampu memberi solusi permasalahan manajemen pendidikan yang sesuai dengan kebutuhan tuntutan kepemimpinan dan manajerial pendidikan di era revolusi Industri 4.0 melalui penelitian  yang teruji dan memiliki kebaruan  dan mendapatkan pengakuan di tingkat nasional dan Internasional;
  5. Mampu menerapkan manajemen pendidikan  inovatif dengan mengaplikasikan konsep dan prinsip didaktik-pedagogis dalam  bidang manajemen pendidikan  dengan memanfaatkan IPTEKS.
  6. Mampu menerapkan keprofesionalan secara berkelanjutan dalam bidang manajemen pendidikan  dengan melakukan penelitian sebagai  upaya pengembagan literasi digital ;
  7. Mampu mendesimenasikan hasil penelitian dan  pengembangan di bidang  manajemen pendidikan  bersifat kekinian dengan pendekatan inter dan multi disipliner yang diakui oleh komunitas teknologi pendidikan di tingkat nasional dan Internasional.

Mata Kuliah Keahlian Umum

KODE MATA KULIAH SKS
99008113 Filsafat Ilmu 3 sks
99008123 Metodologi Penelitian 3 sks
99008133 Statistika 3 sks
99008142 Penulisan Artikel Ilmiah Terindeks 3 sks

 

Mata Kuliah Keahlian

KODE MATA KULIAH SKS
99108113 Perencanaan Pendidikan 3 sks
99108123 Kepemimpinan 3 sks
99108133 Manajemen Mutu Pendidikan 3 sks
99108143 Pembiayaan Pendidikan 3 sks
99108153 Pengambilan Keputusan 3 sks
99108163 Kolokium  Manajemen Pendidikan 3 sks

 

 Mata Kuliah Pilihan

KODE MATA KULIAH SKS
99108413 Manajemen Pendidikan Nasional 3 sks
99108423 Manajemen Proyek 3 sks
99118433 Manajemen Sekolah 3 sks
Pilih 1 (satu) mata kuliah dari Mata Kuliah Pilihan yang tersedia

Mata Kuliah Matrikulasi

KODE MATA KULIAH SKS
99108013 Landasan Ilmu Pendidikan* 3 sks

Catatan : * dilaksanakan sebelum perkuliahan semester  1

 

Tesis

KODE MATA KULIAH SKS
99008918 Tesis 8 sks

Kurikulum Pascasarjana UNJ disusun oleh Program Studi untuk mencapai Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL). CPL memuat prinsip-prinsip sebagai berikut.

  1. Penguasaan capaian pembelajaran mata kuliah (CPMK) beserta penerapannya, yang dijamin dengan kemahiran berbahasa, kecakapan dasar-dasar logika matematik, dan kemahiran akademik sesuai bidang keahliannya.
  2. Perhatian terhadap pertumbuhan personal, sosial, dan fisik sebagai penghargaan terhadap integritas, komitmen, keunggulan, dan penerimaan terhadap bakat/talenta serta keterbatasannya.
  3. Mengembangkan kebiasaan merefleksi pengalaman, mampu mencari pengalaman baru, dan bersedia untuk mengambil risiko dari hasil eksplorasi pilihan-pilihan karier dan gaya hidup menurut kerangka nilai tertentu, dan terbuka terhadap perkembangan baru dalam kerangka akademik dan karier.
  4. Fleksibel dan terbuka terhadap pandangan orang lain, bersemangat untuk belajar dari orang lain serta mampu menerima kelebihan dan kekurangan orang lain, bebas-otentik dalam mengungkapkan perasaan, serta mengelola emosionalnya.
  5. Menghargai hidup keimanan dan kegiatan intelektual yang berkembang serasi terpadu dalam hidup manusia yang didasarkan pada ajaran agama dalam
  6. Terbuka terhadap pluralitas berbagai tradisi agama dan menghargai pengalaman keberagamaan orang lain melalui mekanisme toleransi hidup beragama dalam mengembangkan kematangan sosial yang mandiri dan cerdas yang dilandasi komitmen untuk peduli hak azasi manusia.

 

Komponen kurikulum program magister memuat hal berikut.

  1. Mata Kuliah Umum merupakan pengetahuan umum yang melandasi pembentukan kemampuan pengembangan ilmu sehingga terampil dalam berkarya sesuai dengan dasar ilmu yang dikuasai. Mata kuliah umum diarahkan pada pembentukan kemampuanmelaksanakan, mengorganisasikan, dan mengelola program penelitian sesuai dengan tujuan pendidikan program magister. Mata kuliah umum harus dikuasai oleh setiap peserta program magister dari seluruh program studi.
  2. Mata Kuliah UtamaProgram Studi adalah kelompok mata kuliah yang bertujuan menghasilkan tenaga ahli dengan kekaryaan berlandaskan ilmu dan keterampilan yang dikuasai.
  3. Mata Kuliah Pilihan adalah bagian dari kelompok Mata Kuliah Program Studi dan Mata kuliah Dasar Kependidi Mata kuliah ini dipilih oleh mahasiswa sesuai dengan bidang kajian tesis.
  4. Mata kuliah Matrikulasiadalah kelompok mata kuliah yang wajib diambil oleh mahasiswa yang berasal dari program nonpendidikan dan program pendidikan yang tidak sebidang. Mata kuliah ini memberikan landasan pengetahuan kependidikan yang harus dikuasai sebagai acuan bagi penguasaan teori-teori pendidikan.
  5. Tesis adalah hasil karya ilmiah berdasarkan hasil penelitian yang memenuhi kriteria penelitian ilmiah dan disiplin ilmu program studi sebagai upaya untuk pemecahan masalah dan pengungkapan suatu temuan ilmiah atau pengembangan konsep baru.

 

Komposisi mata kuliah untuk program magister sebagai berikut.

Tabel 1. Sebaran Beban Studi untuk Latar Belakang Program Sarjana Pendidikan

No Mata Kuliah Bobot SKS
1 Mata Kuliah Umum 9 – 12
2 Mata Kuliah Keahlian 18
3 Mata Kuliah Pilihan 3 – 15
4 Tesis 8
Jumlah 41– 43

 

Tabel 2. Sebaran Beban Studi untuk Latar Belakang Program Sarjana Nonpendidikan

No Mata Kuliah Bobot SKS
1 Mata Kuliah Matrikulasi 3- 6
2 Mata Kuliah Umum 12
3 Mata Kuliah Keahlian 18
4 Mata Kuliah Pilihan 3 – 15
6 Tesis 8
Jumlah 43– 46