PASCASARJANA

PROGRAM DOKTOR TEKNOLOGI PENDIDIKAN

Red Carpet

Program Studi Teknologi Pendidikan pada jenjang Pascasarjana (S2 dan S3) Universitas Negeri Jakarta (UNJ) merupakan Program Studi pascasarjana pertama di Indonesia yang diselenggarakan secara terstruktur.

Program ini dimulai pada bulan Februari 1978, diikuti oleh 22 mahasiswa dengan perkuliahan yang diberikan oleh dosen tamu dari Amerika Serikat, dengan bantuan teknis dari USAID melalui Pusat Teknologi Komunikasi Pendidikan dan Kebudayaan (sekarang Pustekkom Diknas). Pembukaan program studi ini merupakan salah satu implementasi dari Keputusan Rapat Koordinasi Teras Departemen Pendidikan dan Kebudayaan pada tanggal 22 Agustus 1975.

Pada awal diselenggarakannya, program studi Teknologi Pendidikan di IKIP Jakarta pada jenjang S1, S2 dan S3 adalah merupakan program studi yang berkesinambungan. Hal ini merupakan kesempatan dalam rangka Project Loan Agreement No.497-040 USAID melalui Educational Communication Development (ECD Project) yang dikelola oleh Pustekkom Diknas. Khusus komponen pendidikan dan pelatihan dalam proyek tersebut diselenggarakan oleh IKIP Jakarta dengan bantuan teknis yang dikoordinasikan oleh Syracuse University. Kurikulum dan para dosennya mengacu pada kesepakatan University Consortium for Instructional Development and Technology (UCIDT), ECD project tersebut dinilai berhasil, dan kemudian diperpanjang dengan technical service sub-contract No. 497-80.100.27 USAID yang pelaksanaannya dikoordinasikan oleh University of Southern California.

Pada tahun 1980 dikukuhkan sebagai Fakultas Pascasarjana IKIP Jakarta. Selanjutnya, berdasarkan Surat Keputusan Presiden No. 45 Tahun 1982 tentang Susunan Organisasio IKIP Jakarta, salah satu fakultas yang disahkan adalah Fakultas Pascasarjana. Pada tahun 1991 Fakultas Pascasarjana IKIP Jakarta diubah menjadi Program Pascasarjana yang menyelenggarakan Program Magister dan Doktor. Termasuk di dalamnya Program Doktor Teknologi Pendidikan sebagai Program Studi tertua dan pertama.

Dosen Program Studi Teknologi Pendidikan

 

NO NAMA STATUS
1 Prof. Dr. Nurdin Ibrahim, M.Pd. Dosen Tetap
2 Prof. Dr. Basuki Wibawa Dosen Tetap
3 Prof. Dr. Suyitno Muslim, M.Pd. Dosen Tetap
4 Prof. Dr. Zulfiati Syahrial, M.Pd. DPK
5 Dr. Moch. Sukardjo, M.Pd. Dosen Tetap
6 Dr. Ir. Rusmono, M.Pd. Dosen Tetap
7 Prof. Dr. Etin Solihatin, M.Pd. Dosen Tetap
  1. Menghasilkan staf akademik yang mampu mengembangkan dan mengelola pendekatan baru dalam pembelajaran dan pembelajaran;
  2. Mengembangkan kemampuan profesional di bidang Pendidikan Teknologi sebagai dasar untuk mengikuti waktu dan kebutuhan;
  3. Meningkatkan pelayanan profesi di bidang Pendidikan Teknologi melalui penelitian dan pengembangan;
  4. Merumuskan solusi untuk berbagai permasalahan pembelajaran secara ilmiah melalui pendekatan pendidikan teknologi;
  5. Berkontribusi pada kemajuan dan penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi di untuk menciptakan masyarakat yang belajar.
  1. Mampu mengembangkan pengetahuan tentang teori pedagogi, literasi, manfaat teknologi dan atau seni baru tentang informasi dalam bidang ilmu Teknologi Pendidikan, untuk menghasilkan solusi bagi peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara melalui pendekatan interdisipliner atau multidisipliner dan transdisipliner;
  2. Mampu mengembangkan keilmuan Teknologi Pendidikan atau praktik profesionalnya melalui riset hingga menghasilkan karya kreatif, inovatif, original, dan teruji;
  3. Mampu memecahkan masalah sains, teknologi dan atau seni terkait pada bidang Teknologi Pendidikan berdasarkan nilai. Prinsip teori dan konsep pedagogi, literasi, teknologi informasi melalui metode ilmiah dengan pendekatan interdisipliner atau multidisipliner dan tansdisipliner yang menginternalisasikan nilai, norma, dan etika akademik;
  4. Mampu mengembangkan teori baru terkait IPTEKs dalam menghasilkan temuan inovatif dengan mengaplikasikan konsep dan prinsip didaktik-pedagogis dalam pendidikan dengan memanfaatkan IPTEKS berorientasi pada kecakapan hidup (life skills) dan berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat;
  5. Mampu mengelola, memimpin dan mengembangkan riset dan pengembangan bidang keilmuannya bermanfaat bagi pengembangan Teknologi Pendidikan dan kemaslahatan umat manusia, serta mampu mendapat pengakuan nasional maupuan internasional.
  • Mata Kuliah Umum

KODE MATA KULIAH SKS
99009113 Filsafat Ilmu Lanjutan 3 sks
99009123 Metodologi Penelitian Lanjutan 3 sks
99009133 Statistika Lanjutan 3 sks
99009143 Penulisan Artikel Ilmiah Terindeks 3 sks

 

  • Mata Kuliah Keahlian

KODE MATA KULIAH SKS
99029113 Model-model Pembelajaran Berbasis TI 3 sks
99029123 Teori Model dan Difusi Inovasi dalam Pendidikan 3 sks
99029133 evaluasi Model dan Program Pendidikan 3 sks
99029143 Pengembangan Sistem Pembelajaran 3 sks
99029153 Literasi Teknologi Pendidikan 3 sks
99029183 Orientasi Baru dalam Pedagogi 3 sks
99029193 Kolokium Teknologi Pendidikan 3 sks

 

  • Mata Kuliah Pilihan

KODE MATA KULIAH SKS
99029413 Kepemimpinan dalam Organisasi Belajar 3 sks
99029423 Tes, Pengukuran dan Model Evaluasi 3 sks
Pilih 1 (satu) mata kuliah dari Mata Kuliah Pilihan yang tersedia

 

  • Mata Kuliah Matrikulasi

KODE MATA KULIAH SKS
99029013 Landasan Ilmu Pendidikan* 3 sks

Catatan : * dilaksanakan sebelum perkuliahan semester 1

 

  • Disertasi

KODE MATA KULIAH SKS
99009917 Disertasi 15 sks

Program Doktor Teknologi Pendidikan memiliki akreditasi  B, yang artinya baik.

Kurikulum Pascasarjana UNJ disusun oleh Program Studi untuk mencapai Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL). CPL memuat prinsip-prinsip sebagai berikut:

  1. Penguasaan capaian pembelajaran mata kuliah (CPMK) beserta penerapannya, yang dijamin dengan kemahiran berbahasa, kecakapan dasar-dasar logika matematik, dan kemahiran akademik sesuai bidang keahliannya.
  2. Perhatian terhadap pertumbuhan personal, sosial, dan fisik sebagai peng¬hargaan terhadap integritas, komitmen, keunggulan, dan penerimaan terhadap bakat/talenta serta keterbatasannya.
  3. Pengembangan kebiasaan merefleksi pengalaman, mampu mencari pengalaman baru, dan bersedia untuk mengambil risiko dari hasil eks-plorasi pilihan-pilihan karier dan gaya hidup menurut kerangka nilai tertentu, dan terbuka terhadap perembangan baru dalam kerangka akademik dan karier.
  4. Fleksibel dan terbuka terhadap pandangan orang lain, bersemangat untuk belajar dari orang lain, serta mampu menerima kelebihan dan kekurangan orang lain, bebas-otentik dalam mengungkapkan perasaan, serta mengelola emosionalnya.
  5. Peghargaan terhadap hidup keimanan dan kegiatan intelektual yang berkembang serasi terpadu dalam hidup manusia yang didasarkan pada ajaran agama dalam kehidupan.
  6. Terbuka terhadap pluralitas tradisi keagamaan dan menghargai pengalaman keberagamaan orang lain melalui mekanisme toleransi hidup beragama dalam mengembangkan kematangan sosial yang mandiri dan cerdas yang dilandasi komitmen untuk peduli hak azasi manusia.

Komponen kurikulum Program Doktor Pascasarjana UNJ memuat hal berikut:

  1. Mata Kuliah Umum merupakan pengetahuan umum yang melandasi pembentukan kemampuan pengembangan ilmu sehingga terampil dalam berkarya sesuai dengan dasar ilmu yang dikuasai. Mata kuliah umum diarahkan pada pembentukan kemampuan melaksanakan, mengorganisasikan, dan terampil dalam memimpin program penelitian sesuai dengan tujuan pendidikan program doktor. Mata kuliah umum harus dikuasai oleh setiap peserta program doktor dari seluruh program studi.
  2. Mata Kuliah Keahlian Program Studi adalah kelompok bahan kajian utama bidang keahlian lulusan yang bertujuan menghasilkan tenaga ahli dengan kekaryaan berlandaskan ilmu dan keterampilan yang dikuasai.
  3. Mata Kuliah Pilihan adalah bagian dari kelompok Mata Kuliah Program Studi dan/atau mata kuliah di luar program studi yang dipilih oleh mahasiswa sesuai dengan bidang kajian disertasi.
  4. Mata Kuliah Matrikulasi adalah mata kuliah tambahan bagi mahasiswa yang berasal dari program nonpendidikan atau program studi pendidikan yang tidak sebidang. Mata Kuliah Matrikulasi dimaksudkan untuk memberikan materi yang harus dikuasai sebagai acuan bagi penguasaan teori-teori pendidikan dan/atau materi prasyarat program studi.
  5. Disertasi adalah karya ilmiah berdasarkan hasil penelitian yang memenuhi kriteria penelitian ilmiah dan persyaratan metodologi disiplin ilmu pada program studi sebagai upaya pemecahan masalah dan pengungkapan suatu temuan ilmiah, atau pengembangan konsep baru.

 

Komposisi mata kuliah untuk Program Doktor sebagai berikut:

Tabel 1. Sebaran Beban Studi untuk Latar Belakang Program Doktor Sebidang

No Mata Kuliah Bobot SKS
1 Mata Kuliah Umum 12
2 Mata Kuliah Keahlian 12 – 24
3 Mata Kuliah Pilihan 3
4 Disertasi 15
Jumlah 42 – 54

 

 Tabel 2. Sebaran Beban Studi untuk Latar Belakang Program Doktor Tidak Sebidang

No Mata Kuliah Bobot SKS
1 Mata Kuliah Matrikulasi 3
2 Mata Kuliah Umum 12
3 Mata Kuliah Keahlian 12 – 24
4 Mata Kuliah Pilihan 3
5 Disertasi 15
Jumlah 45 – 57