Lapor Pasca

Tentang Kami

Tujuan

Dosen Tetap

Prof. Dr. Henita Rahmayanti, M.Si.
Prof. Dr. Nadiroh, M.Pd.
Prof. Dr. Agung Purwanto, M.Si.
Prof. Dr. Budiaman, M.Si.
Prof. Dr. Hafid Abbas
Prof. Dr. Sunaryo, M.Si.
Dr. Samadi, M.Si.
Dr.Ir. Ananto Kusuma Seta, M.Sc., Ph.D.
Dr. Dian Alfia Purwandari, SE, M.Si.
Dr. Oot Hotimah, M.Si.
Dr. Arief Saefudin
Dr. Samadi, M.Si.

Capaian Pembelajaran

MATA KULIAH

Mata Kuliah Umum

KODEMATA KULIAHSKS
99008113Filsafat Ilmu3 sks
99008123Metodologi Penelitian3 sks
99008133Statistika3 sks
99008143Penulisan Artikel Ilmiah Terindeks3 sks

Mata Kuliah Keahlian

KODEMATA KULIAHSKS
99078013Kajian Kependidikan, Kependudukan dan Lingkungan Hidup3 sks
99078113Ekologi dan Ilmu Lingkungan3 sks
99078123Strategi dalam Pembelajaran PKLH3 sks
99078133Psikologi Lingkungan3 sks
99078143Analisis Sistem Lingkungan3 sks
99078153Pendidikan Mitigasi Bencana3 sks
99078183Orientasi Baru dalam Psikologi Pendidikan3 sks
99078193Kolokium  Pendidikan Lingkungan3 sks

Mata Kuliah Pilihan

KODEMATA KULIAHSKS
99078413Teknologi Komunikasi dan Informasi dalam PKLH3 sks
99078423Studi Kependudukan dan Penataan Ruang3 sks
Pilih satu mata kuliah dari Mata Kuliah Pilihan yang tersedia

Matrikulasi

KODEMATA KULIAHSKS
99008013Landasan Ilmu Pendidikan*3 sks

Catatan : * dilaksanakan sebelum perkuliahan semester 1

Tesis

KODEMATA KULIAHSKS
99008918Tesis8 sks

KURIKULUM

CPL memuat prinsip-prinsip sebagai berikut:

  1. Penguasaan capaian pembelajaran mata kuliah (CPMK) beserta penerapannya, yang dijamin dengan kemahiran berbahasa, kecakapan dasar-dasar logika matematik, dan kemahiran akademik sesuai bidang keahliannya.
  2. Perhatian terhadap pertumbuhan personal, sosial, dan fisik sebagai penghargaan terhadap integritas, komitmen, keunggulan, dan penerimaan terhadap bakat/talenta serta keterbatasannya.
  3. Mengembangkan kebiasaan merefleksi pengalaman, mampu mencari pengalaman baru, dan bersedia untuk mengambil risiko dari hasil eksplorasi pilihan-pilihan karier dan gaya hidup menurut kerangka nilai tertentu, dan terbuka terhadap perkembangan baru dalam kerangka akademik dan karier.
  4. Fleksibel dan terbuka terhadap pandangan orang lain, bersemangat untuk belajar dari orang lain serta mampu menerima kelebihan dan kekurangan orang lain, bebas-otentik dalam mengungkapkan perasaan, serta mengelola emosionalnya.
  5. Menghargai hidup keimanan dan kegiatan intelektual yang berkembang serasi terpadu dalam hidup manusia yang didasarkan pada ajaran agama
  6. Terbuka terhadap pluralitas berbagai tradisi agama dan menghargai pengalaman keberagamaan orang lain melalui mekanisme toleransi hidup beragama dalam mengembangkan kematangan sosial yang mandiri dan cerdas yang dilandasi komitmen untuk peduli hak azasi manusia.

Komponen kurikulum program magister:

  1. Mata Kuliah Umum merupakan pengetahuan umum yang melandasi pembentukan kemampuan pengembangan ilmu sehingga terampil dalam berkarya sesuai dengan dasar ilmu yang dikuasai. Mata kuliah umum diarahkan pada pembentukan kemampuanmelaksanakan, mengorganisasikan, dan mengelola program penelitian sesuai dengan tujuan pendidikan program magister. Mata kuliah umum harus dikuasai oleh setiap peserta program magister dari seluruh program studi.
  2. Mata Kuliah UtamaProgram Studi adalah kelompok mata kuliah yang bertujuan menghasilkan tenaga ahli dengan kekaryaan berlandaskan ilmu dan keterampilan yang dikuasai.
  3. Mata Kuliah Pilihan adalah bagian dari kelompok Mata Kuliah Program Studi dan Mata kuliah Dasar Kependidi Mata kuliah ini dipilih oleh mahasiswa sesuai dengan bidang kajian tesis.
  4. Mata kuliah Matrikulasiadalah kelompok mata kuliah yang wajib diambil oleh mahasiswa yang berasal dari program nonpendidikan dan program pendidikan yang tidak sebidang. Mata kuliah ini memberikan landasan pengetahuan kependidikan yang harus dikuasai sebagai acuan bagi penguasaan teori-teori pendidikan.
  5. Tesis adalah hasil karya ilmiah berdasarkan hasil penelitian yang memenuhi kriteria penelitian ilmiah dan disiplin ilmu program studi sebagai upaya untuk pemecahan masalah dan pengungkapan suatu temuan ilmiah atau pengembangan konsep baru.

Komposisi mata kuliah untuk program magister sebagai berikut:

Tabel 1. Sebaran Beban Studi untuk Latar Belakang Program Sarjana Pendidikan
No Mata Kuliah Bobot SKS
1 Mata Kuliah Umum 9 – 12
2 Mata Kuliah Keahlian 18
3 Mata Kuliah Pilihan 3 – 15
4 Tesis 8
Jumlah 41 – 43
  Tabel 2. Sebaran Beban Studi untuk Latar Belakang Program Sarjana Non Pendidikan
No Mata Kuliah Bobot SKS
1 Mata Kuliah Matrikulasi 3- 6
2 Mata Kuliah Umum 12
3 Mata Kuliah Keahlian 18
4 Mata Kuliah Pilihan 3 – 15
6 Tesis 8
Jumlah 43 – 46

KEGIATAN
PROGRAM STUDI

Subheading

Image Grid

Vivamus consectetuer hendrerit lacus. Vivamus quis mi. Nulla porta dolor. Duis arcu tortor, suscipit eget, imperdiet nec, imperdiet iaculis, ipsum. Praesent blandit laoreet.

Kunjungan ke IPAL Komunal, Denpasar

Mahasiswa Jurusan Pendidikan Lingkungan Berkunjung ke IPAL Komunal, Denpasar

Penyerahan Plakat dari Pihak Pasca Sarjana untuk Pihak IPAL Komunal, Denpasar

Berdasarkan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang menuntut tanggung jawab moral dan sosial untuk menerapkan ilmu, mahasiswa program magister (S2) Program Studi Pendidikan Lingkungan Program Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta bermaksud menyelenggarakan kegiatan: Kuliah Kerja Lapangan (KKL) dengan mengusung tema: ‘Pendidikan Kearifan Lokal Menuju SDS’s. Kegiatan Kuliah Kerja Lapangan (KKL) mahasiswa S2 Program Studi Pendidikan Lingkungan 2017 dilaksanakan pada hari Jumat – Senin: 11 – 14 April 2018 yang dilaksanakan di Bali.

Ikuti kami di

© All rights reserved Postgraduate State University of Jakarta 2021