Tentang Kami
Magister Pendidikan Lingkungan adalah sebuah program studi yang memiliki tujuan untuk menghasilkan sumber daya manusia yang memahami dan peduli terhadap lingkungan hidup.
Lulusan Program Studi Magister Pendidikan Lingkungan diharapkan dapat menjadi pendidik, konsultan, atau ahli di bidang pendidikan sebagai upaya untuk mendukung program pembangunan berkelanjutan.
Program Magister Pendidikan Lingkungan memiliki peran dalam mendukung upaya pemerintah dalam memberikan edukasi kepada masyarakat berkaitan dengan lingkungan hidup melalui penelitian dan pengabdian. Penelitian yang dihasilkan oleh lulusan Magister Pendidikan Lingkungan diharapkan dapat diimplementasikan di sekolah, universitas dan masyarakat sebagai sebuah solusi untuk mengatasi berbagai masalah lingkungan.
Tujuan
Mahasiswa mampu menganalisis berbagai permasalahan kependudukan dan lingkungan hidup yang terjadi di berbagai wilayah di Indonesia
Mahasiswa mampu berkontribusi dalam upaya program pembangunan berkelanjutan melalui hasil riset terkini
Mahasiswa mampu untuk menciptakan solusi berbagai permasalahan lingkungan melalui riset dan pengembangan teknologi pembelajaran sesuai kebutuhan abad 21
Dosen Tetap
Prof. Dr. Henita Rahmayanti, M.Si.
Prof. Dr. Nadiroh, M.Pd.
Prof. Dr. Agung Purwanto, M.Si.
Prof. Dr. Budiaman, M.Si.
Prof. Dr. Hafid Abbas
Prof. Dr. Sunaryo, M.Si.
Dr. Samadi, M.Si.
Dr.Ir. Ananto Kusuma Seta, M.Sc., Ph.D.
Dr. Dian Alfia Purwandari, SE, M.Si.
Dr. Oot Hotimah, M.Si.
Dr. Arief Saefudin
Dr. Samadi, M.Si.
Capaian Pembelajaran
Mampu mengembangkan teori pedagogi, literasi, manfaat teknologi informasi dalam pendidikan lingkungan dimana aspek kependudukan menjadi kompenen utama dalam mencapai kualitas lingkungan dengan prakteknya sebagai ahli kependudukan, ahli lingkungan yang dapat memberikan solusi dalam pencapaian pembangunan perkelanjutan pada aspek pendidikan, kependudukan dan lingkungan untuk kemaslahatan manusia melalui pendekatan interdisipliner atau multidisipliner;
Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam bidang pendidikan lingkungan dengan prakteknya sebagai pendidik dan pelatih serta peneliti di bidang pendidikan lingkungan dimana aspek kependudukan menjadi kompenen utama dalam mencapai kualitas lingkungan yang memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
Mampu memecahkan masalah sosial dan lingkungan berdasarkan teori pedagogi, literasi, teknologi informasi kependudukan dan lingkungan hidup di mana aspek kependudukan menjadi kompenen utama dalam mencapai kualitas lingkungan melalui metode ilmiah dengan pendekatan interdisipliner atau multidisipliner yang berlandaskan nilai, norma, dan etika akademik;
Mampu menerapkan solusi permasalahan pembelajaran lingkungan baik monolitik maupun integrative pada jenjang perguruan tinggi, sekolah, dan luar sekolah di semua jenjang yang sesuai tuntukan lokal. Regional, nasional dan global melalui penelitian yang teruji dan memiliki kebaruan dan mendapatkan pengakuan nasional dan Internasional;
Mampu menerapkan pembelajaran inovatif dengan mengaplikasikan konsep dan prinsip didaktik-pedagogis dalam pengarusutamaan pendidikan lingkungan pada berbagai mata kuliah dan mata pelajaran dengan memanfaatkan IPTEKS berorientasi tercapainya target SD’S Indonesia;
Mampu menerapkan keprofesionalan secara berkelanjutan dalam bidang pendidikan lingkungan dengan melakukan penelitian sebagai upaya pengembagan literasi digital;
Mampu mendesimenasikan hasil penelitian dan pengembangan di pendidikan lingkungan bersifat kekinian dengan pendekatan inter dan multi disipliner yang diakui pada tingkat nasional dan Internasional.
MATA KULIAH
Mata Kuliah Umum
KODE | MATA KULIAH | SKS |
99008113 | Filsafat Ilmu | 3 sks |
99008123 | Metodologi Penelitian | 3 sks |
99008133 | Statistika | 3 sks |
99008143 | Penulisan Artikel Ilmiah Terindeks | 3 sks |
Mata Kuliah Keahlian
KODE | MATA KULIAH | SKS |
99078013 | Kajian Kependidikan, Kependudukan dan Lingkungan Hidup | 3 sks |
99078113 | Ekologi dan Ilmu Lingkungan | 3 sks |
99078123 | Strategi dalam Pembelajaran PKLH | 3 sks |
99078133 | Psikologi Lingkungan | 3 sks |
99078143 | Analisis Sistem Lingkungan | 3 sks |
99078153 | Pendidikan Mitigasi Bencana | 3 sks |
99078183 | Orientasi Baru dalam Psikologi Pendidikan | 3 sks |
99078193 | Kolokium Pendidikan Lingkungan | 3 sks |
Mata Kuliah Pilihan
KODE | MATA KULIAH | SKS |
99078413 | Teknologi Komunikasi dan Informasi dalam PKLH | 3 sks |
99078423 | Studi Kependudukan dan Penataan Ruang | 3 sks |
Pilih satu mata kuliah dari Mata Kuliah Pilihan yang tersedia |
Matrikulasi
KODE | MATA KULIAH | SKS |
99008013 | Landasan Ilmu Pendidikan* | 3 sks |
Catatan : * dilaksanakan sebelum perkuliahan semester 1
Tesis
KODE | MATA KULIAH | SKS |
99008918 | Tesis | 8 sks |
KURIKULUM
CPL memuat prinsip-prinsip sebagai berikut:
- Penguasaan capaian pembelajaran mata kuliah (CPMK) beserta penerapannya, yang dijamin dengan kemahiran berbahasa, kecakapan dasar-dasar logika matematik, dan kemahiran akademik sesuai bidang keahliannya.
- Perhatian terhadap pertumbuhan personal, sosial, dan fisik sebagai penghargaan terhadap integritas, komitmen, keunggulan, dan penerimaan terhadap bakat/talenta serta keterbatasannya.
- Mengembangkan kebiasaan merefleksi pengalaman, mampu mencari pengalaman baru, dan bersedia untuk mengambil risiko dari hasil eksplorasi pilihan-pilihan karier dan gaya hidup menurut kerangka nilai tertentu, dan terbuka terhadap perkembangan baru dalam kerangka akademik dan karier.
- Fleksibel dan terbuka terhadap pandangan orang lain, bersemangat untuk belajar dari orang lain serta mampu menerima kelebihan dan kekurangan orang lain, bebas-otentik dalam mengungkapkan perasaan, serta mengelola emosionalnya.
- Menghargai hidup keimanan dan kegiatan intelektual yang berkembang serasi terpadu dalam hidup manusia yang didasarkan pada ajaran agama
- Terbuka terhadap pluralitas berbagai tradisi agama dan menghargai pengalaman keberagamaan orang lain melalui mekanisme toleransi hidup beragama dalam mengembangkan kematangan sosial yang mandiri dan cerdas yang dilandasi komitmen untuk peduli hak azasi manusia.
Komponen kurikulum program magister:
- Mata Kuliah Umum merupakan pengetahuan umum yang melandasi pembentukan kemampuan pengembangan ilmu sehingga terampil dalam berkarya sesuai dengan dasar ilmu yang dikuasai. Mata kuliah umum diarahkan pada pembentukan kemampuanmelaksanakan, mengorganisasikan, dan mengelola program penelitian sesuai dengan tujuan pendidikan program magister. Mata kuliah umum harus dikuasai oleh setiap peserta program magister dari seluruh program studi.
- Mata Kuliah UtamaProgram Studi adalah kelompok mata kuliah yang bertujuan menghasilkan tenaga ahli dengan kekaryaan berlandaskan ilmu dan keterampilan yang dikuasai.
- Mata Kuliah Pilihan adalah bagian dari kelompok Mata Kuliah Program Studi dan Mata kuliah Dasar Kependidi Mata kuliah ini dipilih oleh mahasiswa sesuai dengan bidang kajian tesis.
- Mata kuliah Matrikulasiadalah kelompok mata kuliah yang wajib diambil oleh mahasiswa yang berasal dari program nonpendidikan dan program pendidikan yang tidak sebidang. Mata kuliah ini memberikan landasan pengetahuan kependidikan yang harus dikuasai sebagai acuan bagi penguasaan teori-teori pendidikan.
- Tesis adalah hasil karya ilmiah berdasarkan hasil penelitian yang memenuhi kriteria penelitian ilmiah dan disiplin ilmu program studi sebagai upaya untuk pemecahan masalah dan pengungkapan suatu temuan ilmiah atau pengembangan konsep baru.
Komposisi mata kuliah untuk program magister sebagai berikut:
Tabel 1. Sebaran Beban Studi untuk Latar Belakang Program Sarjana Pendidikan
Tabel 2. Sebaran Beban Studi untuk Latar Belakang Program Sarjana Non Pendidikan
No | Mata Kuliah | Bobot SKS |
1 | Mata Kuliah Umum | 9 – 12 |
2 | Mata Kuliah Keahlian | 18 |
3 | Mata Kuliah Pilihan | 3 – 15 |
4 | Tesis | 8 |
Jumlah | 41 – 43 |
No | Mata Kuliah | Bobot SKS |
1 | Mata Kuliah Matrikulasi | 3- 6 |
2 | Mata Kuliah Umum | 12 |
3 | Mata Kuliah Keahlian | 18 |
4 | Mata Kuliah Pilihan | 3 – 15 |
6 | Tesis | 8 |
Jumlah | 43 – 46 |
KEGIATAN
PROGRAM STUDI
Subheading
Image Grid
Vivamus consectetuer hendrerit lacus. Vivamus quis mi. Nulla porta dolor. Duis arcu tortor, suscipit eget, imperdiet nec, imperdiet iaculis, ipsum. Praesent blandit laoreet.