Program Studi Doktor
Pendidikan Dasar
Doktor Pendidikan Dasar
Visi, Misi, dan Tujuan
Visi
Menyelenggarakan pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat bidang pendidikan dasar dengan mengoptimalkan potensi kemanusian agar mampu beradaptasi dan berdaya saing pada perubahan berbasis teori humanistic pedagogic sebagai penciri Pendidikan Dasar UNJ.
Misi
Memberikan Andil dalam Kemajuan Ilmu Pengetahuan, Teknologi dan seni melalui penyelenggaraan Tri Dharma Perguruan Tinggi pada Program Doktor Manajemen Pendidikan sehingga berkontribusi terhadap pengembangan Indonesia dan masyarakat Global
Tujuan
Menghasilkan lulusan yang memiliki wawasan berperspektif global, cerdas komprehensif, nasional, bermutu tinggi, handal, berakhlak mulia, menguasai ilmu pengetahuan yang terdepan (frontier knowledge). menghasilkan keilmuan dalam memecahkan permasalahan secara ilmiah melalui pendekatan inter, multi dan transdisiplin di bidang pendidikan dasar
Doktor Pendidikan Dasar
Capaian Pembelajaran
- Mampu menemukan, mengembangkan konsep, model, prinsip, prosedur serta memecahkan masalah secara ilmiah dalam karya kreatif, original, dan teruji dibidang pendidikan dasar yang memiliki nilai kebaruan melalui pendekatan inter, multi, dan transdisiplin berdasarkan nilai-nilai humaniora, norma, dan etika akademik;
- Mampu memecahkan masalah yang bersifat kompleks, menemukan karya inovatif, menghasilkan solusi peningkatan mutu Pendidikan dasar melalui pendekatan inter, multi, dan transdisiplin.
- Mampu mengelola, memimpin (KKNI-9) riset pendidikan dasar yang bermanfaat bagi ilmu pengetahuan dan kemaslahatan umat manusia, (SUB-ULO-04) serta mampu mendapat pengakuan nasional maupun internasional.
- Mampu bersikap adaptif, kolaboratif, kritis, kreatif dan inovatif dalam lingkungan plural dan multikultiral yang berkaitan dalam pendidikan dasar.
Doktor Pendidikan Dasar
Dosen
Prof. Dr. Syarif Sumantri, M.Pd.
Dosen Tetap
Prof. Dr. Arifin Maksum, M.Pd.
Dosen Tetap
Prof. Dr. I Made Astra, M.Si.
Dosen Tetap
Prof. Dr. Totok Bintoro, M.Pd.
Dosen Tetap
Dr. Firmanul Catur Wibowo, M.Pd.
Dosen Tetap
Erry Utomo, M.Ed., Ph.D
Dosen Tetap
Dr. Gusti Yarmi, M.Pd.
Dosen Tetap
Doktor Pendidikan Dasar
Mata Kuliah
Mata Kuliah Umum
KODE | MATA KULIAH | SKS |
99009113 | Filsafat Ilmu Lanjutan | 3 sks |
99009123 | Metodologi Penelitian Lanjutan | 3 sks |
99009133 | Statistika Lanjutan | 3 sks |
99009143 | Penulisan Artikel Ilmiah Terindeks | 3 sks |
Mata Kuliah Keahlian
KODE | MATA KULIAH | SKS |
99199113 | Analisis Kebijakan dan Pengelolaan Pendidikan Dasar | 3 sks |
99199123 | Wawasan dan Problematika Pembelajaran SD | 3 sks |
99199133 | Neuro Psikolinguistik | 3 sks |
99199143 | Kreativitas dan Berpikir Kritis | 3 sks |
99199153 | Pluralisme dan Multikultural | 3 sks |
99199183 | Orientasi Baru dalam Pedagogi | 3 sks |
99199193 | Kolokium Pendidikan Dasar | 3 sks |
Mata Kuliah Pilihan
KODE | MATA KULIAH | SKS |
99199413 | Teori dan Psikologi Belajar | 3 sks |
99199423 | Pendidikan Karakter: Konsep, Desain dan Aplikasi pada Sekolah Dasar | 3 sks |
99199433 | Dampak Neuro Psikologi Terhadap Pembelajaran | 3 sks |
99199443 | Pengantar Pendidikan Inklusi dan Anak Berkebutuhan Khusus | 3 sks |
99199453 | Teknologi Kinerja | 3 sks |
Pilih 1 (satu) mata kuliah dari Mata Kuliah Pilihan yang tersedia |
Mata Kuliah Matrikulasi
KODE | MATA KULIAH | SKS |
99199013 | Landasan Ilmu Pendidikan* | 3 sks |
Catatan : * dilaksanakan sebelum perkuliahan semester 1
Disertasi
KODE | MATA KULIAH | SKS |
99009917 | Disertasi | 15 sks |
AKREDITASI
Program Studi Doktor Pendidikan Dasar merupakan salah satu program studi yang dikelola oleh Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta yang terakreditasi Unggul di Lembaga Akreditasi Mandiri Kependidikan dengan SK No. 605/SK/LAMDIK/Ak/D/XI/2022 dan berlaku sampai dengan tanggal 10 Oktober 2027.
Doktor Pendidikan Dasar
Kurikulum
Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, konten, dan bahan pembelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman untuk pelaksanaan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan Perguruan Tinggi Pendidikan. Kurikulum sebagai salah satu komponen yang harus disiapkan oleh setiap satuan pendidikan. Program Doktor Pendidikan Dasar Pascasarjana UNJ telah mengembangkan kurikulum mengacu pada dasar hukum yang ada.
Landasan Hukum
Landasan hukum untuk pengembangan kurikulum Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta (UNJ) yaitu (a) Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2012 tentang Perguruan Tinggi Pendidikan, (b) Peraturan Presiden Nomor 8 Tahun 2012 tentang Bangsa Indonesia Kerangka Kualifikasi Nasional (KKNI), (c) Permendikbud No. 73 Tahun 2013 tentang Penerapan KKNI di Perguruan Tinggi, (d) Pemerintah Peraturan Nomor 4 Tahun 2014 tentang Penyelenggaraan Perguruan Tinggi Pendidikan dan Manajemen Pendidikan Tinggi, dan (d) Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 3 Tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan.
Maka sejak tahun 2013 semua kurikulum perguruan tinggi di Indonesia, harus berbasis KKNI. KKNI (Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia) adalah kerangka kerja untuk berjenjang kualifikasi kompetensi yang dapat menyetarakan dan mengintegrasikan antara bidang pendidikan dan bidang pelatihan kerja dan pengalaman kerja dalam rangka memberikan pengakuan kompetensi kerja sesuai dengan strukturnya kerja di berbagai sektor.
Kurikulum Pascasarjana
- Penguasaan capaian pembelajaran mata kuliah (CPMK) beserta penerapannya, yang dijamin dengan kemahiran berbahasa, kecakapan dasar-dasar logika matematik, dan kemahiran akademik sesuai bidang keahliannya.
- Perhatian terhadap pertumbuhan personal, sosial, dan fisik sebagai peng¬hargaan terhadap integritas, komitmen, keunggulan, dan penerimaan terhadap bakat/talenta serta keterbatasannya.
- Pengembangan kebiasaan merefleksi pengalaman, mampu mencari pengalaman baru, dan bersedia untuk mengambil risiko dari hasil eksplorasi pilihan-pilihan karier dan gaya hidup menurut kerangka nilai tertentu, dan terbuka terhadap perembangan baru dalam kerangka akademik dan karier.
- Fleksibel dan terbuka terhadap pandangan orang lain, bersemangat untuk belajar dari orang lain, serta mampu menerima kelebihan dan kekurangan orang lain, bebas-otentik dalam mengungkapkan perasaan, serta mengelola emosionalnya.
- Penghargaan terhadap hidup keimanan dan kegiatan intelektual yang berkembang serasi terpadu dalam hidup manusia yang didasarkan pada ajaran agama dalam kehidupan.
- Terbuka terhadap pluralitas tradisi keagamaan dan menghargai pengalaman keberagamaan orang lain melalui mekanisme toleransi hidup beragama dalam mengembangkan kematangan sosial yang mandiri dan cerdas yang dilandasi komitmen untuk peduli hak azasi manusia.
Komponen Kurikulum
- Mata Kuliah Umum merupakan pengetahuan umum yang melandasi pembentukan kemampuan pengembangan ilmu sehingga terampil dalam berkarya sesuai dengan dasar ilmu yang dikuasai. Mata kuliah umum diarahkan pada pembentukan kemampuan melaksanakan, mengorganisasikan, dan terampil dalam memimpin program penelitian sesuai dengan tujuan pendidikan program doktor. Mata kuliah umum harus dikuasai oleh setiap peserta program doktor dari seluruh program studi.
- Mata Kuliah Keahlian Program Studi adalah kelompok bahan kajian utama bidang keahlian lulusan yang bertujuan menghasilkan tenaga ahli dengan kekaryaan berlandaskan ilmu dan keterampilan yang dikuasai.
- Mata Kuliah Pilihan adalah bagian dari kelompok Mata Kuliah Program Studi dan/atau mata kuliah di luar program studi yang dipilih oleh mahasiswa sesuai dengan bidang kajian disertasi.
- Mata Kuliah Matrikulasi adalah mata kuliah tambahan bagi mahasiswa yang berasal dari program nonpendidikan atau program studi pendidikan yang tidak sebidang. Mata Kuliah Matrikulasi dimaksudkan untuk memberikan materi yang harus dikuasai sebagai acuan bagi penguasaan teori-teori pendidikan dan/atau materi prasyarat program studi.
- Disertasi adalah karya ilmiah berdasarkan hasil penelitian yang memenuhi kriteria penelitian ilmiah dan persyaratan metodologi disiplin ilmu pada program studi sebagai upaya pemecahan masalah dan pengungkapan suatu temuan ilmiah, atau pengembangan konsep baru.
Beban Studi Program Doktor
Tabel 1. Sebaran Beban Studi untuk Latar Belakang Program Doktor Sebidang
No | Mata Kuliah | Bobot SKS |
1 | Mata Kuliah Umum | 12 |
2 | Mata Kuliah Keahlian | 12 – 24 |
3 | Mata Kuliah Pilihan | 3 |
4 | Disertasi | 15 |
Jumlah | 42 – 54 |
Tabel 2. Sebaran Beban Studi untuk Latar Belakang Program Doktor Tidak Sebidang
No | Mata Kuliah | Bobot SKS |
1 | Mata Kuliah Matrikulasi | 3 |
2 | Mata Kuliah Umum | 12 |
3 | Mata Kuliah Keahlian | 12 – 24 |
4 | Mata Kuliah Pilihan | 3 |
5 | Disertasi | 15 |
Jumlah | 45 – 57 |
Doktor Pendidikan Dasar
Prestasi
Prestasi Mahasiswa
No | Nama Mahasiswa | Jenis Prestasi | Kegiatan, Waktu, dan Tempat | Tingkat |
(1) | (2) | (3) | (4) | (5) |
1 | Rasmita Dila | Pemakalah “ Membangun kesiapan sumber daya manusia menuju masyarakat ekonomi ASEA “ | Seminar nasional, November 2015, Tangerang | Nasional |
2 | Rasmita Dila | Presented Paper Tittle” Neuropsycologycal Impact at Instructional strategy in the inclusive Classroom” | Presented, Juli 2016 Malaysia, | Internasional |
3 | Rasmita Dila | As presented at the 2016 focus conference | Presented, Oktober 2016University Kentucky, | Internasional |
4 | Badruli Martati | Presenter Internasional Educational | Presenter, Agustus 2016, Universitas Ponorogo | Internasional |
5 | Badruli Martati | Pemakalah seminar | Pemakalah, November 2014, Tangerang | Nasional |
6 | Reza Rachmadtullah | Publikasi ilmiah “ | Scopus | Internasional |
7 | Salati Asmahasanah | Workshop Artikel Ilmiah: Mengembangkan Pemikiran Menjadi Tulisan yang terpublikasi | Auditorium UPI | Nasional |
The International Islamic Education Seminar (IIES) UIKA | Aula UIKA Bogor | Nasional | ||
Seminar Penilaian dalam Pendidikan “Penilaian sikap sosial dan spiritual Pada Pendidikan Dasar dan menengah” | Gedung Dewi Sartika UNJ | Nasional | ||
Seminar Nasional Pendidikan Islam: Liberalisasi Pendidikan Indonesia | Aula UIKA Bogor | Nasional | ||
Festival dan Seminar Bahasa Indonesia | Aula UIKA Bogor | Nasional | ||
Seminar Nasional : Menciptkan lingkungan yang Ramah Anak | Aula perpustakaan UNJ | Nasional | ||
Seminar Nasional “The 21” Century Skills Guru pada Jenjang Pendidikan Dasar di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta | UIN SYARIF HIDAYATULLAH JAKARTA | Nasional | ||
Seminar Nasional Literasi dengan tema “Tumbuhkan Budaya Literasi di Indonesia” | Aula Prof Dr. Abdullah Siddiq Ibnu Khaldun | Nasional |
Prestasi Dosen
No | Nama | Prestasi yang dicapai | Waktu Pecapaian | Tingkat (Lokal,Nasional, Internasional) |
1 | Zulela | Asesor BAN-PT | -Sekarang | Nasional |
Hibah Bersaing DIKTI | 2013 | Nasional | ||
Hibah Bersaing DIKTI | 2014 | Nasional | ||
Hibah Bersaing DIKTI | 2015 | Nasional | ||
Hibah Penelitian Produk Terapan | 2016 | Nasional | ||
2 | Yufiarti | Hibah Fundamental DIKTI | 2013 | Nasional |
Hibah Penelitian Unggulan Perguruan Tinggi DIKTI | 2014 | Nasional | ||
3 | Dr.M. Syarif Sumantri, M.Pd | Hibah Pasca DIKTI | 2015 | Nasional |
4 | Dr.Arita Marini, ME | Asesor BAN-PT | 2010-sekarang | Nasional |
Hibah Penelitian Unggulan Perguruan Tinggi DIKTI | 2013 | Nasional | ||
Hibah Penelitian Unggulan Perguruan Tinggi DIKTI | 2014 | Nasional | ||
Hibah Penelitian Unggulan Perguruan Tinggi DIKTI | 2015 | Nasional | ||
Hibah Kajian Pendidikan Karakter Kemenko PMK-RI | 2015 | Nasional | ||
Hibah Penelitian Unggulan Perguruan Tinggi DIKTI | 2016 | Nasional | ||
Hibah Penelitian Unggulan Perguruan Tinggi DIKTI | 2017 | Nasional | ||
Australia-Indonesia Institute Grant Program | 2016 | Internasional | ||
5 | Dr.Endry Boeriswati, M.Pd | Asesor BAN-PT | 2010-Sekarang | Nasional |
Hibah Bersaing DIKTI | 2013 | Nasional | ||
Hibah Bersaing DIKTI | 2014 | Nasional | ||
Hibah Bersaing DIKTI | 2015 | Nasional | ||
6 | Dr. Fahrurrozi, M.Pd | Asesor BAN-PT | 2010-Sekarang | Nasional |
Hibah Bersaing DIKTI | 2017 | Nasional |
Doktor Pendidikan Dasar