Tentang Kami
Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Indonesia Universitas Negeri Jakarta menghasilkan pendidik, peneliti, dan pengembang bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia, serta perancang industri kreatif bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia.
Tujuan
Mampu mengembangkan pengetahuan bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia melalui penelitian sehingga menghasilkan karya inovatif dan teruji.
Mampu menghasilkan pemecahan masalah yang inovatif dan teruji melalui pendekatan interdisiplineratau multidisipliner dalam bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia.
Mampu mengelola dan mengembangkan hasil penelitian dalam bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia sehingga mendapatkan pengakuan nasional dan internasional.
Mampu menerapkan teknologi informasi dan komunikasi agar mampu bersaing di aras global dalam bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia.
Dosen Tetap
Dr. Miftahulkhairah Anwar, M.Hum., M.Phil.
Dr. Asti Purbarini, M.Pd.
Dr. Siti Ansoriyah, S.Pd., M.Pd.
Dr. Saifur Rohman, S.S, M.Hum
Dr. Samsi Setiadi, M.Pd
Dr. Gusti Yarmi, M.Pd.
Prof. Dr. Novi Anoegrajekti
Capaian Pembelajaran
Mampu mengembangkan teori pedagogi, linguistik, sastra,budaya, literasi, dan manfaat teknologi informasi dalam pendidikan bahasa dan sastra Indonesia dengan praktiknya sebagai pendidik, peneliti, pengembang bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia, atau wirausaha bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia untuk menghasilkan solusi dalam peningkatan mutu pendidikan untuk kemaslahatan manusia melalui pendekatan interdisipliner dan multidisipliner;
Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam bidang pendidikan bahasa dan sastra dengan praktiknya sebagai pendidik, peneliti, pengembang bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia, atau wirausaha bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia yang memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
Mampu memecahkan masalah pendidikan bahasa dan sastra Indonesia dengan penerapkan teori pedagogi, linguistik, sastra, budaya, literasi, dan teknologi informasi melalui metode ilmiah dengan pendekatan interdisipliner atau multidisipliner yang berlandaskan nilai, norma, dan etika akademik;
Mampu menerapkan solusi permasalahan pendidikan bahasa dan sastra Indonesia yang sesuai dengan kebutuhan pengembangan pendidikan bahasa dan sastra Indonesia melalui penelitian yang teruji dan terkini, serta mendapatkan pengakuan di tingkat nasional dan internasional;
Mampu mengembangkan pembelajaran inovatif dengan mengaplikasikan konsep dan prinsip didaktik-pedagogis dalam pendidikan bahasa dan sastra Indonesia dengan memanfaatkan IPTEKS yang berorientasi pada kecakapan hidup (life skills) serta berkontribusi dalam peningkatan mutu pendidikan;
Mampu menerapkan keprofesionalan secara berkelanjutan dalam bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia dengan melakukan penelitian sebagai tindakan reflektif, evaluatif, dan upaya pengembangan literasi digital;
Mampu mendiseminasikan hasil penelitian di bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia bersifat kekinian dengan pendekatan interdisipliner dan multidisipliner yang diakui oleh komunitas pendidikan bahasa dan sastra di tingkat nasional dan Internasional.
MATA KULIAH
Mata Kuliah Umum
KODE | MATA KULIAH | SKS |
99008113 | Filsafat Ilmu | 3 sks |
99008123 | Metodologi Penelitian | 3 sks |
99008133 | Statistika | 3 sks |
99008142 | Penulisan Artikel Ilmiah Terindeks | 3 sks |
Mata Kuliah Keahlian
KODE | MATA KULIAH | SKS |
99058113 | Kurikulum dan Pengembangan Materi Ajar Bahasa dan Sastra | 3 sks |
99058123 | Metodologi Pembelajaran Bahasa dan Sastra | 3 sks |
99058133 | Evaluasi dan Pengukuran dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra | 3 sks |
99058143 | Teori Kebahasaan dan Kesastraan | 3 sks |
99058153 | Pembelajaran Bahasa Berbasis Genre | 3 sks |
99058443 | Literasi dan Pengajaran Bahasa | 3 sks |
99058183 | Orientasi Baru dalam Psikologi Pendidikan | 3 sks |
99058193 | Kolokium Pendidikan Bahasa | 3 sks |
Mata Kuliah Pilihan
KODE | MATA KULIAH | SKS |
99058413 | Perencanaan dan Kebijakan Pendidikan Bahasa dan Sastra | 3 sks |
99058423 | Penulisan Kreatif | 3 sks |
99058433 | Pengajaran BIPA | 3 sks |
99058443 | Pengembangan Wirausaha Bidang pendidikan Bahasa dan Sastra | 3 sks |
Pilih satu mata kuliah dari Mata Kuliah Pilihan yang tersedia |
Mata Kuliah Matrikulasi
KODE | MATA KULIAH | SKS |
99029013 | Landasan Ilmu Pendidikan* | 3 sks |
Catatan : * dilaksanakan sebelum perkuliahan semester 1
Tesis
KODE | MATA KULIAH | SKS |
99008918 | Tesis | 8 sks |
KURIKULUM
CPL memuat prinsip-prinsip sebagai berikut:
- Penguasaan capaian pembelajaran mata kuliah (CPMK) beserta penerapannya, yang dijamin dengan kemahiran berbahasa, kecakapan dasar-dasar logika matematik, dan kemahiran akademik sesuai bidang keahliannya.
- Perhatian terhadap pertumbuhan personal, sosial, dan fisik sebagai penghargaan terhadap integritas, komitmen, keunggulan, dan penerimaan terhadap bakat/talenta serta keterbatasannya.
- Mengembangkan kebiasaan merefleksi pengalaman, mampu mencari pengalaman baru, dan bersedia untuk mengambil risiko dari hasil eksplorasi pilihan-pilihan karier dan gaya hidup menurut kerangka nilai tertentu, dan terbuka terhadap perkembangan baru dalam kerangka akademik dan karier.
- Fleksibel dan terbuka terhadap pandangan orang lain, bersemangat untuk belajar dari orang lain serta mampu menerima kelebihan dan kekurangan orang lain, bebas-otentik dalam mengungkapkan perasaan, serta mengelola emosionalnya.
- Menghargai hidup keimanan dan kegiatan intelektual yang berkembang serasi terpadu dalam hidup manusia yang didasarkan pada ajaran agama
- Terbuka terhadap pluralitas berbagai tradisi agama dan menghargai pengalaman keberagamaan orang lain melalui mekanisme toleransi hidup beragama dalam mengembangkan kematangan sosial yang mandiri dan cerdas yang dilandasi komitmen untuk peduli hak azasi manusia.
Komponen kurikulum program magister:
- Mata Kuliah Umum merupakan pengetahuan umum yang melandasi pembentukan kemampuan pengembangan ilmu sehingga terampil dalam berkarya sesuai dengan dasar ilmu yang dikuasai. Mata kuliah umum diarahkan pada pembentukan kemampuan melaksanakan, mengorganisasikan, dan mengelola program penelitian sesuai dengan tujuan pendidikan program magister. Mata kuliah umum harus dikuasai oleh setiap peserta program magister dari seluruh program studi.
- Mata Kuliah Utama Program Studi adalah kelompok mata kuliah yang bertujuan menghasilkan tenaga ahli dengan kekaryaan berlandaskan ilmu dan keterampilan yang dikuasai.
- Mata Kuliah Pilihan adalah bagian dari kelompok Mata Kuliah Program Studi dan Mata kuliah Dasar Kependidikan Mata kuliah ini dipilih oleh mahasiswa sesuai dengan bidang kajian tesis.
- Mata kuliah Matrikulasi adalah kelompok mata kuliah yang wajib diambil oleh mahasiswa yang berasal dari program nonpendidikan dan program pendidikan yang tidak sebidang. Mata kuliah ini memberikan landasan pengetahuan kependidikan yang harus dikuasai sebagai acuan bagi penguasaan teori-teori pendidikan.
- Tesis adalah hasil karya ilmiah berdasarkan hasil penelitian yang memenuhi kriteria penelitian ilmiah dan disiplin ilmu program studi sebagai upaya untuk pemecahan masalah dan pengungkapan suatu temuan ilmiah atau pengembangan konsep baru.
Komposisi mata kuliah untuk program magister sebagai berikut:
Tabel 1. Sebaran Beban Studi untuk Latar Belakang Program Sarjana Pendidikan
Tabel 2. Sebaran Beban Studi untuk Latar Belakang Program Sarjana Non Pendidikan
No | Mata Kuliah | Bobot SKS |
1 | Mata Kuliah Umum | 9 – 12 |
2 | Mata Kuliah Keahlian | 18 |
3 | Mata Kuliah Pilihan | 3 – 15 |
4 | Tesis | 8 |
Jumlah | 41 – 43 |
No | Mata Kuliah | Bobot SKS |
1 | Mata Kuliah Matrikulasi | 3- 6 |
2 | Mata Kuliah Umum | 12 |
3 | Mata Kuliah Keahlian | 18 |
4 | Mata Kuliah Pilihan | 3 – 15 |
6 | Tesis | 8 |
Jumlah | 43 – 46 |