Program Magister
Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Magister Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Tentang Kami
Program Magister Penelitian dan Evaluasi Pendidikan (PEP) diselenggarakan oleh IKIP Jakarta berdasarkan Surat Keputusan Pendirian Program Studi Nomor 590/DIKTI//Kep/1993. Program Magister PEP UNJ memiliki kemampuan dalam pengembangan instrumen, metode penilaian, dan evaluasi program pendidikan. Program studi Magister PEP merupakan program studi lintas bidang studi (interdiciplinier studies). Oleh karena itu, program studi magister PEP menerima mahasiswa dari latar belakang Pendidikan keilmuan kependidikan maupun non kependidikan. Program studi Magister PEP memiliki fungsi yang sangat stategis dalam pengembangan teori, kebijakan, dan praksis Pendidikan secara luas (bukan hanya sekolah). Keilmuan penelitian dan evaluasi Pendidikan dapat digunakan untuk menghasilkan pendidik dalam riset dan evaluasi program, pengembang perangkat penilaian/penelitian, peneliti pendidikan dan pelatihan, evaluator dan asesor
magister penelitian dan evaluasi pendidikan
tujuan
# 1
Memiliki kemampuan mendesaian dan memilih piranti penilaian, metodologi penelitian
# 2
Memiliki kemampuan menganalisis secara kritis terhadap teori dan praksis penilaian pendidikan, pengembangan instrumen, dan evaluasi program dalam bidang pendidikan atau praktek profesionalnya melalui riset untuk studi lebih lanjut pada Pascasarjana atau kegiatan profesional.
# 3
Memiliki kemampuan mengomunikasikan gagasan, mengambil keputusan, mengelola, mengembangkan dan memelihara jaringan kerja dengan kolega, sejawat di dalam lembaga sesuai dengan etika profesi.
DOSEN
Magister PEP
Dr. Ir. Mahdiyah, M.Kes.
Dr. Faisal Madani, M.Sc., Ed.
Dr. Riyan Arthur, S.Pd., M.Pd.
Dr. Iva Sarifah M.Pd.
Prof. Dr. Awaluddin Tjalla, M.Pd.
Prof. Dr. Soeprijanto, M.Pd.
Dr. Ir. Erdawaty Kamaruddin, M.Pd.
Dr. Lussy Dwi Utami Wahyuni, M.Pd.
Magister Peneltian dan Evaluasi Pendidikan
Capaian Pembelajaran
- Mampu mengevaluasi permasalahan pendidikan, menganalisis teori secara kritis dengan menentukan metodologi penelitian yang sesuai untuk memecahkan masalah penelitian dalam bidang evaluasi, pengukuran atau penilaian pendidikan dengan pendekatan interdisipliner;
- Mampu mengembangkan perangkat penilaian dan instrumen baku untuk memecahkan masalah pendidikan dengan pendekatan interdisipliner atau multidisipliner yang berlandaskan nilai, norma, dan etika akademik;
- Mampu memilih model-model evaluasi untuk memberi solusi permasalahan yang sesuai, yang teruji dan memiliki kebaruan serta mendapatkan pengakuan di tingkat nasional dan Internasional;
- Mampu menerapkan keilmuan Penelitian dan Evaluasi Pendidikan secara profesional dan berkelanjutan melalui penelitian, pengembagan literasi, dan numerasi;
- Mampu mendesimenasikan hasil penelitian dan pengembangan di bidang Penelitian dan Evaluasi Pendidikan bersifat kekinian dengan pendekatan interdisipliner yang diakui secara nasional dan global.
Mata Kuliah
Magister Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Mata Kuliah Umum
KODE | MATA KULIAH | SKS |
99008113 | Filsafat Ilmu | 3 sks |
99008123 | Metode Penelitian | 3 sks |
99008133 | Statistika | 3 sks |
99008143 | Penulisan Artikel Ilmiah Terindeks | 3 sks |
Mata Kuliah Keahlian
KODE | MATA KULIAH | SKS |
99128113 | Teori Tes Klasik | 3 sks |
99128123 | Kontruksi Alat Ukur | 3 sks |
99128133 | Penilaian Kelas | 3 sks |
99128143 | Desain Eksperimen | 3 sks |
99128153 | Evaluasi Program | 3 sks |
99128163 | Metodologi Penelitian Kualitatif dalam Pendidikan | 3 sks |
99128183 | Orientasi Baru Dalam Pembelajaran | 3 sks |
99128193 | Kolokium Penelitian dan Evaluasi Pendidikan | 3 sks |
Mata Kuliah Pilihan
KODE | MATA KULIAH | SKS |
99128412 | Manajemen Pengujian | 3 sks |
99128423 | Statistika Non Parametrik | 3 sks |
99128433 | Analisis Regresi | 3 sks |
99128443 | Pengantar Teori Responsi Butir | 3 sks |
99128453 | Struktural Equation Modeling | 3 sks |
Pilih satu mata kuliah dari Mata Kuliah Pilihan yang tersedia |
Mata Kuliah Matrikulasi
KODE | MATA KULIAH | SKS |
99008013 | Landasan Ilmu Pendidikan* | 3 sks |
Catatan : * dilaksanakan sebelum perkuliahan semester 1
Tesis
KODE | MATA KULIAH | SKS |
99008918 | Tesis | 8 sks |
AKREDITASI
Program Studi Magister Penelitian dan Evaluasi Pendidikan merupakan salah satu program studi yang dikelola oleh Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta yang terakreditasi UNGGUL di Lembaga Akreditasi Mandiri Kependidikan (LAMDIK) dengan SK No. 843/SK/LAMDIK/Ak/M/XII/2022 dan berlaku sampai dengan tanggal 16 Januari 2028.
Magister Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Kurikulum
Kurikulum Pascasarjana UNJ disusun oleh Program Studi untuk mencapai Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL). CPL memuat prinsip-prinsip sebagai berikut:
- Penguasaan capaian pembelajaran mata kuliah (CPMK) beserta penerapannya, yang dijamin dengan kemahiran berbahasa, kecakapan dasar-dasar logika matematik, dan kemahiran akademik sesuai bidang keahliannya.
- Perhatian terhadap pertumbuhan personal, sosial, dan fisik sebagai penghargaan terhadap integritas, komitmen, keunggulan, dan penerimaan terhadap bakat/talenta serta keterbatasannya.
- Mengembangkan kebiasaan merefleksi pengalaman, mampu mencari pengalaman baru, dan bersedia untuk mengambil risiko dari hasil eksplorasi pilihan-pilihan karier dan gaya hidup menurut kerangka nilai tertentu, dan terbuka terhadap perkembangan baru dalam kerangka akademik dan karier.
- Fleksibel dan terbuka terhadap pandangan orang lain, bersemangat untuk belajar dari orang lain serta mampu menerima kelebihan dan kekurangan orang lain, bebas-otentik dalam mengungkapkan perasaan, serta mengelola emosionalnya.
- Menghargai hidup keimanan dan kegiatan intelektual yang berkembang serasi terpadu dalam hidup manusia yang didasarkan pada ajaran agama.
- Terbuka terhadap pluralitas berbagai tradisi agama dan menghargai pengalaman keberagamaan orang lain melalui mekanisme toleransi hidup beragama dalam mengembangkan kematangan sosial yang mandiri dan cerdas yang dilandasi komitmen untuk peduli hak azasi manusia.
Komponen kurikulum program magister memuat hal berikut:
- Mata Kuliah Umum merupakan pengetahuan umum yang melandasi pembentukan kemampuan pengembangan ilmu sehingga terampil dalam berkarya sesuai dengan dasar ilmu yang dikuasai. Mata kuliah umum diarahkan pada pembentukan kemampuan melaksanakan, mengorganisasikan, dan mengelola program penelitian sesuai dengan tujuan pendidikan program magister. Mata kuliah umum harus dikuasai oleh setiap peserta program magister dari seluruh program studi.
- Mata Kuliah Utama Program Studi adalah kelompok mata kuliah yang bertujuan menghasilkan tenaga ahli dengan kekaryaan berlandaskan ilmu dan keterampilan yang dikuasai.
- Mata Kuliah Pilihan adalah bagian dari kelompok Mata Kuliah Program Studi dan Mata kuliah Dasar Kependidi Mata kuliah ini dipilih oleh mahasiswa sesuai dengan bidang kajian tesis.
- Mata kuliah Matrikulasi adalah kelompok mata kuliah yang wajib diambil oleh mahasiswa yang berasal dari program nonpendidikan dan program pendidikan yang tidak sebidang. Mata kuliah ini memberikan landasan pengetahuan kependidikan yang harus dikuasai sebagai acuan bagi penguasaan teori-teori pendidikan.
- Tesis adalah hasil karya ilmiah berdasarkan hasil penelitian yang memenuhi kriteria penelitian ilmiah dan disiplin ilmu program studi sebagai upaya untuk pemecahan masalah dan pengungkapan suatu temuan ilmiah atau pengembangan konsep baru.
Komposisi Mata Kuliah
Program Studi Magister Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Tabel 1. Sebaran Beban Studi untuk Latar Belakang Program Sarjana Pendidikan
No | Mata Kuliah | Bobot SKS |
1 | Mata Kuliah Umum | 9 – 12 |
2 | Mata Kuliah Keahlian | 18 |
3 | Mata Kuliah Pilihan | 3 – 15 |
4 | Tesis | 8 |
Jumlah | 41– 43 |
Tabel 2. Sebaran Beban Studi untuk Latar Belakang Program Sarjana Nonpendidikan
No | Mata Kuliah | Bobot SKS |
1 | Mata Kuliah Matrikulasi | 3- 6 |
2 | Mata Kuliah Umum | 12 |
3 | Mata Kuliah Keahlian | 18 |
4 | Mata Kuliah Pilihan | 3 – 15 |
6 | Tesis | 8 |
Jumlah | 43– 46 |