Program Doktor
Pendidikan Jasmani
Program gelar doktor Pendidikan Jasmani didirikan pada tahun 1993 sebagaimana tertuang dalam SK Pendirian Nomor 590 tentang Pendirian Program/Dikti/Kep/1993 dan SK Nomor 711/M2020 tentang Perubahan Nama Program Studi.
Program studi doktor Pendidikan Jasmani memperoleh akreditasi Unggul berdasarkan SK LAMDIK Nomor No. 1078/SK/LAMDIK/Ak-I/D/IX/2023. Peringkat akreditasi ini berlaku mulai tahun 2023. Gelar yang diberikan kepada mahasiswa yang telah menyelesaikan gelar doktor di bidang Pendidikan Jasmani adalah Doktor.
Program studi doktor Pendidikan Jasmani mengikuti kalender akademik UNJ yang sama. Mulai bulan September dan berakhir pada bulan Agustus tahun berikutnya, setiap kalender akademik terdiri dari semester ganjil, semester genap, dan semester menengah. Semester ganjil dimulai pada bulan September dan berakhir pada bulan Februari, sedangkan semester genap dimulai pada bulan Maret dan berakhir pada bulan Agustus tahun yang sama. Pendidikan Doktor mengikuti peraturan rektor tentang peraturan dan pedoman akademik Program Pascasarjana UNJ.
Doktor Pendidikan Jasmani
Dosen
Doktor Pendidikan Jasmani
Tujuan dan
Capaian Pembelajaran
Tujuan
- Menumbuhkan sifat terbuka serta tanggap terhadap perubahan dan kemajuan ilmu pengetahuan, khususnya dalam bidang pendidikan akademik dan profesionalisme dalam olahraga.
- Menguasai pendekatan teori, konsep dan paradigma yang paling sesuai dengan bidang Pendidikan Jasmani.
- Mengidentifikasi permasalahan dan iptek dalam Olahraga serta pemikiran mutakhir para ahli dalam kawasan Pendidikan Jasmani.
- Menguasai pengetahuan dan keterampilan dalam kawasan pendidikan akademik dan profesionalisme dalam bidang olahraga untuk menemukan jawaban dan/atau memecahkan permasalahan kompleks, termasuk yang bersifat lintas disiplin ilmu.
- Mengkomunikasikan pemikiran dan hasil karyanya dalam bidang Pendidikan Jasmani, baik terhadap teman sejawatnya, institusi maupun masayarakat luas.
- Menghasilkan tenaga ahli di bidang Pendidikan Jasmani yang mampu meningkatkan pelayanan profesi pendidikan melalui penelitian dan pengembangan, bidang Pendidikan Jasmani, dengan cara penalaran ilmiah.
Capaian Pembelajaran
- Mampu mengembangkan pengetahuan baru tentang teori pedagogi, literasi, manfaat teknologi dan atau seni baru tentang informasi dalam bidang ilmu pendidikan jasmani, untuk menghasilkan solusi bagi peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara melalui pendekatan interdisipliner atau multidisipliner dan transdisipliner;
- Mampu mengembangkan keilmuan pendidikan atau praktik profesionalnya melalui riset hingga menghasilkan karya kreatif, original, dan teruji;
- Mampu memecahkan masalah sains, teknologi dan atau seni terkait pada bidang pendidikan jasmani berdasarkan teori pedagogi, literasi, teknologi informasi melalui metode ilmiah dengan pendekatan interdisipliner atau multidisipliner dan transdisipliner yang menginternalisasikan nilai, norma, dan etika akademik;
- Mampu mengembangkan teori baru dalam pembelajaran inovatif dengan mengaplikasikan konsep dan prinsip didaktik-pedagogis dalam pendidikan jasmani dengan memanfaatkan IPTEKS berorientasi pada kecakapan hidup (life skills) dan berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat;
- Mampu mengelola, memimpin dan mengembangkan riset dan pengembangan yang bermanfaat bagi ilmu pengetahuan Pendidikan Jasmani dan kemaslahatan umat manusia, serta mampu mendapat pengakuan nasional maupuan internasional.
Doktor Pendidikan Jasmani
Mata Kuliah
Mata Kuliah Umum
KODE | MATA KULIAH | SKS |
99009113 | Filsafat Ilmu Lanjutan | 3 sks |
99009123 | Metodologi Penelitian Lanjutan | 3 sks |
99009133 | Statistika Lanjutan | 3 sks |
99009143 | Penulisan Artikel Ilmiah Terindeks | 3 sks |
Mata Kuliah Keahlian
KODE | MATA KULIAH | SKS |
99049113 | Pengembangan Metodologi Pengajaran dan Latihan Penjas dan Olahraga | 3 sks |
99049123 | Pengembangan Sistem, Disain Kurikulum dan Analisis Penjas dan Olahraga | 3 sks |
99049133 | Analisis Perbandingan Manajemen Penjas dan Olahraga | 3 sks |
99049143 | Pengembangan Dimensi Sosiologis dalam Penjas dan Olahraga | 3 sks |
99049153 | Pengembangan Mental Training, Psikometri dan High Performance | 3 sks |
99049183 | Orientasi Baru dalam Pedagogi | 3 sks |
99049173 | Kolokium Pendidikan Jasmani | 3 sks |
Mata Kuliah Pilihan
KODE | MATA KULIAH | SKS |
99049413 | Perbandingan Sistem Penjas dan Olahraga | 3 sks |
99049423 | Berpikir Sistem Penjas dan Olahraga serta Olympism | 3 sks |
99049433 | E-learning dan Big Data dalam Pendidikan Olahraga | 3 sks |
Pilih 1 (satu) mata kuliah dari Mata Kuliah Pilihan yang tersedia |
Mata Kuliah Matrikulasi
KODE | MATA KULIAH | SKS |
99049013 | Landasan Ilmu Pendidikan* | 3 sks |
Catatan : * dilaksanakan sebelum perkuliahan semester 1
Disertasi
KODE | MATA KULIAH | SKS |
99009917 | Disertasi | 15 sks |
AKREDITASI
Program Studi Doktor Pendidikan Jasmani merupakan salah satu program studi yang dikelola oleh Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta yang terakreditasi Unggul di Lembaga Akreditasi Mandiri Kependidikan (LAMDIK) dengan SK No. 1078/SK/LAMDIK/Ak-I/D/IX/2023 dan berlaku sampai dengan tanggal 26 September 2028.
Doktor
Pendidikan Jasmani
Kurikulum
Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, konten, dan bahan pembelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman untuk pelaksanaan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan Perguruan Tinggi Pendidikan. Kurikulum sebagai salah satu komponen yang harus disiapkan oleh setiap satuan pendidikan. Program Doktor Pendidikan Jasmani Pascasarjana UNJ telah mengembangkan kurikulum mengacu pada dasar hukum yang ada.
Kurikulum dirinci dalam Buku Pedoman Akademik yang adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, bahan ajar, dan metode yang digunakan sebagai pedoman pelaksanaan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan. Kurikulum dirancang dan dikembangkan untuk setiap program studi berdasarkan standar nasional pendidikan tinggi, standar pendidikan guru, Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI), dan standar mutu internasional. Perancangan dan pengembangan kurikulum juga mempertimbangkan tuntutan dan tantangan global (scientific vision), kebutuhan masyarakat (societal need), kebutuhan pemangku kepentingan (stakeholders need), dan tuntutan dunia usaha dan industri, serta prinsip evaluasi diri secara komprehensif.
Kurikulum Pascasarjana UNJ disusun oleh Program Studi untuk mencapai Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL). CPL memuat prinsip-prinsip sebagai berikut:
Landasan Hukum
Landasan hukum untuk pengembangan kurikulum Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta (UNJ) yaitu (a) Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2012 tentang Perguruan Tinggi Pendidikan, (b) Peraturan Presiden Nomor 8 Tahun 2012 tentang Bangsa Indonesia Kerangka Kualifikasi Nasional (KKNI), (c) Permendikbud No. 73 Tahun 2013 tentang Penerapan KKNI di Perguruan Tinggi, (d) Pemerintah Peraturan Nomor 4 Tahun 2014 tentang Penyelenggaraan Perguruan Tinggi Pendidikan dan Manajemen Pendidikan Tinggi, dan (d) Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No.3 Tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan.
Maka sejak tahun 2013 semua kurikulum perguruan tinggi di Indonesia, harus berbasis KKNI. KKNI (Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia) adalah kerangka kerja untuk berjenjang kualifikasi kompetensi yang dapat menyetarakan dan mengintegrasikan antara bidang pendidikan dan bidang pelatihan kerja dan pengalaman kerja di rangka memberikan pengakuan kompetensi kerja sesuai dengan strukturnya kerja di berbagai sektor.
Kurikulum Pascasarjana
- Penguasaan capaian pembelajaran mata kuliah (CPMK) beserta penerapannya, yang dijamin dengan kemahiran berbahasa, kecakapan dasar-dasar logika matematik, dan kemahiran akademik sesuai bidang keahliannya.
- Perhatian terhadap pertumbuhan personal, sosial, dan fisik sebagai peng¬hargaan terhadap integritas, komitmen, keunggulan, dan penerimaan terhadap bakat/talenta serta keterbatasannya.
- Pengembangan kebiasaan merefleksi pengalaman, mampu mencari pengalaman baru, dan bersedia untuk mengambil risiko dari hasil eksplorasi pilihan-pilihan karier dan gaya hidup menurut kerangka nilai tertentu, dan terbuka terhadap perembangan baru dalam kerangka akademik dan karier.
- Fleksibel dan terbuka terhadap pandangan orang lain, bersemangat untuk belajar dari orang lain, serta mampu menerima kelebihan dan kekurangan orang lain, bebas-otentik dalam mengungkapkan perasaan, serta mengelola emosionalnya.
- Penghargaan terhadap hidup keimanan dan kegiatan intelektual yang berkembang serasi terpadu dalam hidup manusia yang didasarkan pada ajaran agama dalam kehidupan.
- Terbuka terhadap pluralitas tradisi keagamaan dan menghargai pengalaman keberagamaan orang lain melalui mekanisme toleransi hidup beragama dalam mengembangkan kematangan sosial yang mandiri dan cerdas yang dilandasi komitmen untuk peduli hak azasi manusia.
Komponen Kurikulum
- Mata Kuliah Umum merupakan pengetahuan umum yang melandasi pembentukan kemampuan pengembangan ilmu sehingga terampil dalam berkarya sesuai dengan dasar ilmu yang dikuasai. Mata kuliah umum diarahkan pada pembentukan kemampuan melaksanakan, mengorganisasikan, dan terampil dalam memimpin program penelitian sesuai dengan tujuan pendidikan program doktor. Mata kuliah umum harus dikuasai oleh setiap peserta program doktor dari seluruh program studi.
- Mata Kuliah Keahlian Program Studi adalah kelompok bahan kajian utama bidang keahlian lulusan yang bertujuan menghasilkan tenaga ahli dengan kekaryaan berlandaskan ilmu dan keterampilan yang dikuasai.
- Mata Kuliah Pilihan adalah bagian dari kelompok Mata Kuliah Program Studi dan/atau mata kuliah di luar program studi yang dipilih oleh mahasiswa sesuai dengan bidang kajian disertasi.
- Mata Kuliah Matrikulasi adalah mata kuliah tambahan bagi mahasiswa yang berasal dari program nonpendidikan atau program studi pendidikan yang tidak sebidang. Mata Kuliah Matrikulasi dimaksudkan untuk memberikan materi yang harus dikuasai sebagai acuan bagi penguasaan teori-teori pendidikan dan/atau materi prasyarat program studi.
- Disertasi adalah karya ilmiah berdasarkan hasil penelitian yang memenuhi kriteria penelitian ilmiah dan persyaratan metodologi disiplin ilmu pada program studi sebagai upaya pemecahan masalah dan pengungkapan suatu temuan ilmiah, atau pengembangan konsep baru.
Beban Studi Program Doktor
Tabel 1. Sebaran Beban Studi untuk Latar Belakang Program Doktor Sebidang
No | Mata Kuliah | Bobot SKS |
1 | Mata Kuliah Umum | 12 |
2 | Mata Kuliah Keahlian | 12 – 24 |
3 | Mata Kuliah Pilihan | 3 |
4 | Disertasi | 15 |
Jumlah | 42 – 54 |
Tabel 2. Sebaran Beban Studi untuk Latar Belakang Program Doktor Tidak Sebidang
No | Mata Kuliah | Bobot SKS |
1 | Mata Kuliah Matrikulasi | 3 |
2 | Mata Kuliah Umum | 12 |
3 | Mata Kuliah Keahlian | 12 – 24 |
4 | Mata Kuliah Pilihan | 3 |
5 | Disertasi | 15 |
Jumlah | 45 – 57 |
Doktor Pendidikan Jasmani
Fasilitas
Doktor Pendidikan Jasmani