PASCASARJANA

PROGRAM DOKTOR PENDIDIKAN JASMANI

Red Carpet

Pendirian Program Studi S3 Pendidikan Jasmani Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta ditetapkan berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional melalui Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional Nomor:  No. 590/DIKTI/Kep/93, tanggal  21 Oktober 1993, dengan perpanjangan  SK  Rektor Pascasarjana UNJ a.n. Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi No 7163/D/T/K-N/2011 tentang Perpanjangan Izin Program Studi Doktor Pendidikan Jasmani Program Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta, dianggap layak diselenggarakan karena didukung oleh sarana prasarana belajar yang memadai.

Dosen Program Studi Pendidikan Jasmani

NO NAMA STATUS
1  Prof. Dr. Firmansyah Dlis, M.Pd.​ Dosen Tetap
2 Prof. Dr. Moch. Asmawi, M.Pd. Dosen Tetap
3 Prof. Dr. dr. James Tangkudung, SportMed.,M.Pd. Dosen Tetap
4 Prof. Dr. Achmad Sofyan Hanif, M.Pd. Dosen Tetap
5 Prof. Dr. Dr. Widiastuti, M.Pd. Dosen Tetap
6 Dr. Eko Widodo, M.Si. Dosen Tetap
  1. Menumbuhkakan sifat terbuka serta tanggap terhadap perubahan dan kemajuan ilmu pengetahuan, khususnya dalam bidang pendidikan  akademik dan profesionalisme dalam olahraga.
  2. Menguasai pendekatan teori, konsep dan paradigma yang paling sesuai dengan bidang Pendidikan Jasmani.
  3. Mengidentifikasi permasalahan dan iptek dalam Olahraga serta pemikiran  mutakhir para ahli dalam kawasan  Pendidikan Jasmani.
  4. Menguasai pengetahuan dan ketarmpilan dalam kawasan  pendidikan akademik dan profesionalisme dalam bidang olahraga untuk menemukan jawaban dan/atau memecahkan permasalahan  kompleks, termasuk  yang bersifat  lintas disiplin ilmu.
  5. Mengkomunikasikan pemikiran dan hasil karyanya  dalam bidang  Pendidikan Jasmani, baik terhadap  teman  sejawatnya, institusi  maupun  masayarakat luas.
  6. Menghasilkan tenaga ahli di bidang Pendidikan Jasmani yang mampu meningkatkan pelayanan profesi pendidikan melalui penelitian dan pengembangan, bidang Pendidikan Jasmani, dengan cara penalaran ilmiah.
  1. Mampu mengembangkan  pengetahuan baru  tentang teori pedagogi, literasi, manfaat teknologi dan atau seni  baru tentang informasi dalam bidang ilmu pendidikan jasmani, untuk menghasilkan solusi bagi peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara melalui pendekatan interdisipliner atau multidisipliner dan transdisipliner;
  2. Mampu mengembangkan keilmuan pendidikan atau praktik  profesionalnya melalui riset hingga menghasilkan karya kreatif, original, dan teruji;
  3. Mampu memecahkan masalah  sains, teknologi dan atau seni terkait pada bidang  pendidikan jasmani berdasarkan teori pedagogi, literasi, teknologi informasi melalui metode ilmiah dengan pendekatan interdisipliner atau multidisipliner dan transdisipliner yang menginternalisasikan nilai, norma, dan etika akademik;
  4. Mampu mengembangkan teori baru dalam  pembelajaran inovatif dengan mengaplikasikan konsep dan prinsip didaktik-pedagogis dalam pendidikan jasmani dengan memanfaatkan IPTEKS berorientasi pada kecakapan hidup (life skills) dan berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat;
  5. Mampu mengelola, memimpin  dan mengembangkan riset dan pengembangan yang bermanfaat bagi ilmu pengetahuan  Pendidikan Jasmani dan kemaslahatan umat manusia, serta mampu mendapat pengakuan nasional maupuan  internasional.
  • Mata Kuliah Umum

KODE MATA KULIAH SKS
99009113 Filsafat Ilmu Lanjutan 3 sks
99009123 Metodologi Penelitian Lanjutan 3 sks
99009133 Statistika Lanjutan 3 sks
99009143 Penulisan Artikel Ilmiah Terindeks 3 sks

 

  • Mata Kuliah Keahlian

KODE MATA KULIAH SKS
99049113 Pengembangan Metodologi Pengajaran dan Latihan  Penjas dan Olahraga 3 sks
99049123 Pengembangan Sistem, Disain Kurikulum dan Analisis Penjas dan Olahraga 3 sks
99049133 Analisis Perbandingan Manajemen Penjas dan Olahraga 3 sks
99049143 Pengembangan Dimensi Sosiologis dalam Penjas dan Olahraga 3 sks
99049153 Pengembangan Mental Training, Psikometri  dan  High Performance 3 sks
99049183 Orientasi Baru dalam Pedagogi 3 sks
99049173 Kolokium Pendidikan Jasmani 3 sks

 

  • Mata Kuliah Pilihan

KODE MATA KULIAH SKS
99049413 Perbandingan Sistem Penjas dan Olahraga 3 sks
99049423 Berpikir Sistem Penjas dan Olahraga serta Olympism 3 sks
99049433 E-leraning dan Big Data dalam Pendidikan Olahraga 3 sks
Pilih 1 (satu) mata kuliah dari Mata Kuliah Pilihan yang tersedia

 

  • Mata Kuliah Matrikulasi

KODE MATA KULIAH SKS
99049013 Landasan Ilmu Pendidikan* 3 sks

Catatan : * dilaksanakan sebelum perkuliahan semester 1

 

  • Disertasi

KODE MATA KULIAH SKS
99009917 Disertasi 15 sks
Akreditasi A , Berdasarkan SK Akreditasi  006/SK/BAN-PT/Akred/D/I/2015

Kurikulum Pascasarjana UNJ disusun oleh Program Studi untuk mencapai Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL). CPL memuat prinsip-prinsip sebagai berikut:

  1. Penguasaan capaian pembelajaran mata kuliah (CPMK) beserta penerapannya, yang dijamin dengan kemahiran berbahasa, kecakapan dasar-dasar logika matematik, dan kemahiran akademik sesuai bidang keahliannya.
  2. Perhatian terhadap pertumbuhan personal, sosial, dan fisik sebagai penghargaan terhadap integritas, komitmen, keunggulan, dan penerimaan terha¬dap bakat/talenta serta keterbatasannya.
  3. Pengembangan kebiasaan merefleksi pengalaman, mampu mencari penga¬laman baru, dan bersedia untuk mengambil risiko dari hasil eksplorasi pilihan-pilihan karier dan gaya hidup menurut kerangka nilai tertentu, dan terbuka terhadap perembangan baru dalam kerangka akademik dan karier.
  4. Fleksibel dan terbuka terhadap pandangan orang lain, bersemangat untuk belajar dari orang lain, serta mampu menerima kelebihan dan kekurangan orang lain, bebas-otentik dalam mengungkapkan perasaan, serta mengelola emosionalnya.
  5. Peghargaan terhadap hidup keimanan dan kegiatan intelektual yang berkembang serasi terpadu dalam hidup manusia yang didasarkan pada ajaran agama dalam kehidupan.
  6. Terbuka terhadap pluralitas tradisi keagamaan dan menghargai pengalaman keberagamaan orang lain melalui mekanisme toleransi hidup beragama dalam mengembangkan kematangan sosial yang mandiri dan cerdas yang dilandasi komitmen untuk peduli hak azasi manusia.

Komponen kurikulum Program Doktor Pascasarjana UNJ memuat hal berikut:

  1. Mata Kuliah Umum merupakan pengetahuan umum yang melandasi pembentukan kemampuan pengembangan ilmu sehingga terampil dalam berkarya sesuai dengan dasar ilmu yang dikuasai. Mata kuliah umum diarahkan pada pembentukan kemampuan melaksanakan, mengorganisasikan, dan terampil dalam memimpin program penelitian sesuai dengan tujuan pendidikan program doktor. Mata kuliah umum harus dikuasai oleh setiap peserta program doktor dari seluruh program studi.
  2. Mata Kuliah Keahlian Program Studi adalah kelompok bahan kajian utama bidang keahlian lulusan yang bertujuan menghasilkan tenaga ahli dengan kekaryaan berlandaskan ilmu dan keterampilan yang dikuasai.
  3. Mata Kuliah Pilihan adalah bagian dari kelompok Mata Kuliah Program Studi dan/atau mata kuliah di luar program studi yang dipilih oleh mahasiswa sesuai dengan bidang kajian disertasi.
  4. Mata Kuliah Matrikulasi adalah mata kuliah tambahan bagi mahasiswa yang berasal dari program nonpendidikan atau program studi pendidikan yang tidak sebidang. Mata Kuliah Matrikulasi dimaksudkan untuk memberikan materi yang harus dikuasai sebagai acuan bagi penguasaan teori-teori pendidikan dan/atau materi prasyarat program studi.
  5. Disertasi adalah karya ilmiah berdasarkan hasil penelitian yang memenuhi kriteria penelitian ilmiah dan persyaratan metodologi disiplin ilmu pada program studi sebagai upaya pemecahan masalah dan pengungkapan suatu temuan ilmiah, atau pengembangan konsep baru.

 

Komposisi mata kuliah untuk Program Doktor sebagai berikut:

Tabel 1. Sebaran Beban Studi untuk Latar Belakang Program Doktor Sebidang

No Mata Kuliah Bobot SKS
1 Mata Kuliah Umum 12
2 Mata Kuliah Keahlian 12 – 24
3 Mata Kuliah Pilihan 3
4 Disertasi 15
Jumlah 42 – 54

 

 Tabel 2. Sebaran Beban Studi untuk Latar Belakang Program Doktor Tidak Sebidang

No Mata Kuliah Bobot SKS
1 Mata Kuliah Matrikulasi 3
2 Mata Kuliah Umum 12
3 Mata Kuliah Keahlian 12 – 24
4 Mata Kuliah Pilihan 3
5 Disertasi 15
Jumlah 45 – 57