Program Doktor

Pendidikan Jasmani

Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, konten, dan bahan pembelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman untuk pelaksanaan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan Perguruan Tinggi Pendidikan. Kurikulum sebagai salah satu komponen yang harus disiapkan oleh setiap satuan pendidikan. Program Doktor Pendidikan Jasmani Pascasarjana UNJ telah mengembangkan kurikulum mengacu pada dasar hukum yang ada.

Landasan hukum untuk pengembangan kurikulum Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta (UNJ) yaitu (a) Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2012 tentang Perguruan Tinggi Pendidikan, (b) Peraturan Presiden Nomor 8 Tahun 2012 tentang Bangsa Indonesia Kerangka Kualifikasi Nasional (KKNI), (c) Permendikbud No. 73 Tahun 2013 tentang Penerapan KKNI di Perguruan Tinggi, (d) Pemerintah Peraturan Nomor 4 Tahun 2014 tentang Penyelenggaraan Perguruan Tinggi Pendidikan dan Manajemen Pendidikan Tinggi, dan (d) Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No.3 Tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan.

Maka sejak tahun 2013 semua kurikulum perguruan tinggi di Indonesia, harus berbasis KKNI. KKNI (Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia) adalah kerangka kerja untuk berjenjang kualifikasi kompetensi yang dapat menyetarakan dan mengintegrasikan antara bidang pendidikan dan bidang pelatihan kerja dan pengalaman kerja di rangka memberikan pengakuan kompetensi kerja sesuai dengan strukturnya kerja di berbagai sektor.

Terkait dengan hal tersebut, Program Doktor Pendidikan  Jasmani adalah jenjang pendidikan tinggi terakhir memiliki tujuan yaitu:

  1. Menumbuhkakan sifat terbuka serta tanggap terhadap perubahan dan kemajuan ilmu pengetahuan, khususnya dalam bidang pendidikan akademik dan profesionalisme dalam olahraga.
  2. Menguasai pendekatan teori, konsep dan paradigma yang paling sesuai dengan bidang Pendidikan Jasmani.
  3. Mengidentifikasi permasalahan dan iptek dalam Olahraga serta pemikiran mutakhir para ahli dalam kawasan Pendidikan Jasmani.
  4. Menguasai pengetahuan dan ketarmpilan dalam kawasan pendidikan akademik dan profesionalisme dalam bidang olahraga untuk menemukan jawaban dan/atau memecahkan permasalahan kompleks, termasuk yang bersifat lintas disiplin ilmu.
  5. Mengkomunikasikan pemikiran dan hasil karyanya dalam bidang Pendidikan Jasmani, baik terhadap teman sejawatnya, institusi maupun masayarakat luas.
  6. Menghasilkan tenaga ahli di bidang Pendidikan Jasmani yang mampu meningkatkan pelayanan profesi pendidikan melalui penelitian dan pengembangan, bidang Pendidikan Jasmani, dengan cara penalaran ilmiah.

Profil Program Studi

Program gelar doktor Pendidikan Jasmani didirikan pada tahun 1993 sebagaimana tertuang dalam SK Pendirian Nomor 590 tentang Pendirian Program/Dikti/Kep/1993 dan SK Nomor 711/M2020 tentang Perubahan Nama Program Studi. Program studi doktor Pendidikan Jasmani memperoleh akreditasi A berdasarkan SK BAN-PT Nomor 006/SK/BAN-PT/Akred/D/2015. Peringkat akreditasi ini berlaku mulai tahun 2015. Gelar yang diberikan kepada mahasiswa yang telah menyelesaikan gelar doktor di bidang Pendidikan Jasmani adalah Doktor.

Program studi doktor Pendidikan Jasmani mengikuti kalender akademik UNJ yang sama. Mulai bulan September dan berakhir pada bulan Agustus tahun berikutnya, setiap kalender akademik terdiri dari semester ganjil, semester genap, dan semester menengah. Semester ganjil dimulai pada bulan September dan berakhir pada bulan Februari, sedangkan semester genap dimulai pada bulan Maret dan berakhir pada bulan Agustus tahun yang sama. Pendidikan Doktor mengikuti peraturan rektor tentang peraturan dan pedoman akademik Program Pascasarjana UNJ.

Kurikulum yang dirinci dalam Buku Pedoman Akademik adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, bahan ajar, dan metode yang digunakan sebagai pedoman pelaksanaan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan. Kurikulum dirancang dan dikembangkan untuk setiap program studi berdasarkan standar nasional pendidikan tinggi, standar pendidikan guru, Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI), dan standar mutu internasional. Perancangan dan pengembangan kurikulum juga mempertimbangkan tuntutan dan tantangan global (scientific vision), kebutuhan masyarakat (societal need), kebutuhan pemangku kepentingan (stakeholders need), dan tuntutan dunia usaha dan industri, serta prinsip evaluasi diri secara komprehensif.

Tenaga Pengajar

Prof. Dr. Firmansyah Dlis, M.Pd.​

Koordinator Program Studi Pendidikan Jasmani

Prof. Dr. Moch. Asmawi, M.Pd.

Guru Besar dibidang Pendidikan Jasmani

Prof. Dr. dr. James Tangkudung, SportMed., M.Pd.

Guru Besar dibidang Pendidikan Jasmani

Prof. Dr. Achmad Sofyan Hanif, M.Pd.

Guru Besar dibidang Pendidikan Jasmani

Prof. Dr. Dr. Widiastuti, M.Pd.

Guru Besar dibidang Pendidikan Jasmani

Prof. Dr. Ramdan Pelana, M.Or.

Guru Besar dibidang Pendidikan Jasmani

Kurikulum & Mata Kuliah

Komponen kurikulum Program Doktor sebagai berikut,

  1. Mata Kuliah Umum merupakan ilmu umum yang mendasari terbentuknya kemampuan pengembangan ilmu sehingga terampil dalam bekerja sesuai dengan ilmu dasar yang dikuasai. Mata kuliah umum diarahkan pada pembentukan kemampuan untuk melaksanakan, menyelenggarakan, dan mengelola program penelitian sesuai dengan tujuan pendidikan program doktor. Mata kuliah umum harus dikuasai oleh masing-masing peserta program doktor dari seluruh studi

  2. Mata Kuliah Keahlian adalah sekumpulan mata kuliah yang ditujukan untuk menghasilkan tenaga ahli yang bekerja berdasarkan pengetahuan dan keterampilannya Mata Kuliah Pilihan merupakan bagian dari Kelompok Program Studi dan Mata Kuliah Dasar Mata kuliah ini dipilih oleh mahasiswa sesuai dengan bidang studi disertasi.

  3. Mata Kuliah Matrikulasi adalah sekumpulan mata kuliah yang wajib diambil oleh mahasiswa yang berasal dari program non kependidikan dan program pendidikan yang bukan sebidang. Mata kuliah ini memberikan dasar pengetahuan pendidikan yang harus dikuasai sebagai acuan penguasaan teori-teori pendidikan.

  4. Penyusunan disertasi adalah suatu rancangan yang memuat mata kuliah pendukung dalam penyusunan tugas akhir atau karya ilmiah dengan tujuan untuk mengkonstruksi teori dan pengalaman sehingga tugas akhir yang akan dibuat dapat dilaksanakan.

  5. Disertasi adalah hasil karya ilmiah berdasarkan hasil penelitian yang memenuhi kriteria penelitian ilmiah dan disiplin ilmu program studi sebagai upaya pemecahan masalah dan pengungkapan suatu temuan ilmiah atau pengembangan suatu konsep baru.

Mata Kuliah Keahlian

KODEMATA KULIAHSKS
99049113Pengembangan Metodologi Pengajaran dan Latihan  Penjas dan Olahraga3 sks
99049123Pengembangan Sistem, Disain Kurikulum dan Analisis Penjas dan Olahraga3 sks
99049133Analisis Perbandingan Manajemen Penjas dan Olahraga3 sks
99049143Pengembangan Dimensi Sosiologis dalam Penjas dan Olahraga3 sks
99049153Pengembangan Mental Training, Psikometri  dan  High Performance3 sks
99049183Orientasi Baru dalam Pedagogi3 sks
99049173Kolokium Pendidikan Jasmani3 sks

Mata Kuliah Pilihan

KODEMATA KULIAHSKS
99049413Perbandingan Sistem Penjas dan Olahraga3 sks
99049423Berpikir Sistem Penjas dan Olahraga serta Olympism3 sks
99049433E-learning dan Big Data dalam Pendidikan Olahraga3 sks
Pilih 1 (satu) mata kuliah dari Mata Kuliah Pilihan yang tersedia

Mata Kuliah Matrikulasi

KODEMATA KULIAHSKS
99049013Landasan Ilmu Pendidikan*3 sks

Catatan : * dilaksanakan sebelum perkuliahan semester 1

Disertasi

KODEMATA KULIAHSKS
99009917Disertasi15 sks

Capaian Pembelajaran

  1. Mampu mengembangkan pengetahuan baru tentang teori pedagogi, literasi, manfaat teknologi dan atau seni baru tentang informasi dalam bidang ilmu pendidikan jasmani, untuk menghasilkan solusi bagi peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara melalui pendekatan interdisipliner atau multidisipliner dan transdisipliner;

  2. Mampu mengembangkan keilmuan pendidikan atau praktik profesionalnya melalui riset hingga menghasilkan karya kreatif, original, dan teruji;

  3. Mampu memecahkan masalah sains, teknologi dan atau seni terkait pada bidang pendidikan jasmani berdasarkan teori pedagogi, literasi, teknologi informasi melalui metode ilmiah dengan pendekatan interdisipliner atau multidisipliner dan transdisipliner yang menginternalisasikan nilai, norma, dan etika akademik;

  4. Mampu mengembangkan teori baru dalam pembelajaran inovatif dengan mengaplikasikan konsep dan prinsip didaktik-pedagogis dalam pendidikan jasmani dengan memanfaatkan IPTEKS berorientasi pada kecakapan hidup (life skills) dan berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat;

  5. Mampu mengelola, memimpin dan mengembangkan riset dan pengembangan yang bermanfaat bagi ilmu pengetahuan Pendidikan Jasmani dan kemaslahatan umat manusia, serta mampu mendapat pengakuan nasional maupuan internasional.

Akreditasi

Program Doktor Pendidikan Jasmani Universitas Negeri Jakarta pada saat ini dalam proses Akreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional – Perguruan Tinggi, akreditasi saat ini adalah Akreditasi A, Berdasarkan SK Akreditasi 006/SK/BAN-PT/Akred/D/I/2015

Profil Lulusan

Profil Lulusan

Deskripsi

1

Pendidik di Bidang Pendidikan Jasmani

Pendidik di bidang pendidikan jasmani pada tingkat sarjana di perguruan tinggi negeri dan swasta

2

Pengembang  di Bidang Pendidikan Jasmani

Pengembang pendidikan jasmani yang inovatif dengan memanfaatkan perkembangan teknologi terkini

3

Peneliti di bidang Pendidikan Jasmani

Peneliti yang berkompeten untuk menghasilkan penelitian yang inovatif di bidang pendidikan olahraga dan diakui secara nasional dan internasional

4

Penulis di  Bidang Pendidikan Jasmani

Penulis handal di bidang pendidikan jasmani dan olahraga menggunakan metodologi yang tepat