Lapor Pasca

Program Doktor

Pendidikan Jasmani

Program gelar doktor Pendidikan Jasmani didirikan pada tahun 1993 sebagaimana tertuang dalam SK Pendirian Nomor 590 tentang Pendirian Program/Dikti/Kep/1993 dan SK Nomor 711/M2020 tentang Perubahan Nama Program Studi.

Program studi doktor Pendidikan Jasmani memperoleh akreditasi Unggul berdasarkan SK LAMDIK Nomor No. 1078/SK/LAMDIK/Ak-I/D/IX/2023. Peringkat akreditasi ini berlaku mulai tahun 2023. Gelar yang diberikan kepada mahasiswa yang telah menyelesaikan gelar doktor di bidang Pendidikan Jasmani adalah Doktor.

Program studi doktor Pendidikan Jasmani mengikuti kalender akademik UNJ yang sama. Mulai bulan September dan berakhir pada bulan Agustus tahun berikutnya, setiap kalender akademik terdiri dari semester ganjil, semester genap, dan semester menengah. Semester ganjil dimulai pada bulan September dan berakhir pada bulan Februari, sedangkan semester genap dimulai pada bulan Maret dan berakhir pada bulan Agustus tahun yang sama. Pendidikan Doktor mengikuti peraturan rektor tentang peraturan dan pedoman akademik Program Pascasarjana UNJ.

 

Doktor Pendidikan Jasmani

Dosen

Prof. Dr. Samsudin, M.Pd.

Dosen Tetap

Prof. Dr. Moch. Asmawi, M.Pd.

Dosen Tetap

Prof. Dr. Ramdan Pelana, M.Or.​

Dosen Tetap

Prof. Dr. Dr. Widiastuti, M.Pd.​

Dosen Tetap

Prof. Dr. Johansyah Lubis, M.Pd.

Dosen Tetap

Dr. Hernawan, S.E., M.Pd.

Dosen Tetap

Doktor  Pendidikan Jasmani

Tujuan dan
Capaian Pembelajaran

Tujuan

Capaian Pembelajaran

Doktor Pendidikan Jasmani

Mata Kuliah

Mata Kuliah Umum

KODEMATA KULIAHSKS
99009113Filsafat Ilmu Lanjutan3 sks
99009123Metodologi Penelitian Lanjutan3 sks
99009133Statistika Lanjutan3 sks
99009143Penulisan Artikel Ilmiah Terindeks3 sks

Mata Kuliah Keahlian

KODEMATA KULIAHSKS
99049113Pengembangan Metodologi Pengajaran dan Latihan  Penjas dan Olahraga3 sks
99049123Pengembangan Sistem, Disain Kurikulum dan Analisis Penjas dan Olahraga3 sks
99049133Analisis Perbandingan Manajemen Penjas dan Olahraga3 sks
99049143Pengembangan Dimensi Sosiologis dalam Penjas dan Olahraga3 sks
99049153Pengembangan Mental Training, Psikometri  dan  High Performance3 sks
99049183Orientasi Baru dalam Pedagogi3 sks
99049173Kolokium Pendidikan Jasmani3 sks

Mata Kuliah Pilihan

KODEMATA KULIAHSKS
99049413Perbandingan Sistem Penjas dan Olahraga3 sks
99049423Berpikir Sistem Penjas dan Olahraga serta Olympism3 sks
99049433E-learning dan Big Data dalam Pendidikan Olahraga3 sks
Pilih 1 (satu) mata kuliah dari Mata Kuliah Pilihan yang tersedia

Mata Kuliah Matrikulasi

KODEMATA KULIAHSKS
99049013Landasan Ilmu Pendidikan*3 sks

Catatan : * dilaksanakan sebelum perkuliahan semester 1

Disertasi

KODEMATA KULIAHSKS
99009917Disertasi15 sks

 

AKREDITASI

Program Studi Doktor Pendidikan Jasmani merupakan salah satu program studi yang dikelola oleh Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta yang terakreditasi Unggul di Lembaga Akreditasi Mandiri Kependidikan (LAMDIK) dengan SK No. 1078/SK/LAMDIK/Ak-I/D/IX/2023 dan berlaku sampai dengan tanggal 26 September 2028.

Doktor
Pendidikan Jasmani

Kurikulum

Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, konten, dan bahan pembelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman untuk pelaksanaan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan Perguruan Tinggi Pendidikan. Kurikulum sebagai salah satu komponen yang harus disiapkan oleh setiap satuan pendidikan. Program Doktor Pendidikan Jasmani Pascasarjana UNJ telah mengembangkan kurikulum mengacu pada dasar hukum yang ada.

Kurikulum dirinci dalam Buku Pedoman Akademik yang adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, bahan ajar, dan metode yang digunakan sebagai pedoman pelaksanaan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan. Kurikulum dirancang dan dikembangkan untuk setiap program studi berdasarkan standar nasional pendidikan tinggi, standar pendidikan guru, Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI), dan standar mutu internasional. Perancangan dan pengembangan kurikulum juga mempertimbangkan tuntutan dan tantangan global (scientific vision), kebutuhan masyarakat (societal need), kebutuhan pemangku kepentingan (stakeholders need), dan tuntutan dunia usaha dan industri, serta prinsip evaluasi diri secara komprehensif.

Kurikulum Pascasarjana UNJ disusun oleh Program Studi untuk mencapai Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL). CPL memuat prinsip-prinsip sebagai berikut:

Landasan hukum untuk pengembangan kurikulum Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta (UNJ) yaitu (a) Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2012 tentang Perguruan Tinggi Pendidikan, (b) Peraturan Presiden Nomor 8 Tahun 2012 tentang Bangsa Indonesia Kerangka Kualifikasi Nasional (KKNI), (c) Permendikbud No. 73 Tahun 2013 tentang Penerapan KKNI di Perguruan Tinggi, (d) Pemerintah Peraturan Nomor 4 Tahun 2014 tentang Penyelenggaraan Perguruan Tinggi Pendidikan dan Manajemen Pendidikan Tinggi, dan (d) Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No.3 Tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan.

Maka sejak tahun 2013 semua kurikulum perguruan tinggi di Indonesia, harus berbasis KKNI. KKNI (Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia) adalah kerangka kerja untuk berjenjang kualifikasi kompetensi yang dapat menyetarakan dan mengintegrasikan antara bidang pendidikan dan bidang pelatihan kerja dan pengalaman kerja di rangka memberikan pengakuan kompetensi kerja sesuai dengan strukturnya kerja di berbagai sektor.

  1. Penguasaan capaian pembelajaran mata kuliah (CPMK) beserta penerapannya, yang dijamin dengan kemahiran berbahasa, kecakapan dasar-dasar logika matematik, dan kemahiran akademik sesuai bidang keahliannya.
  2. Perhatian terhadap pertumbuhan personal, sosial, dan fisik sebagai peng¬hargaan terhadap integritas, komitmen, keunggulan, dan penerimaan terhadap bakat/talenta serta keterbatasannya.
  3. Pengembangan kebiasaan merefleksi pengalaman, mampu mencari pengalaman baru, dan bersedia untuk mengambil risiko dari hasil eksplorasi pilihan-pilihan karier dan gaya hidup menurut kerangka nilai tertentu, dan terbuka terhadap perembangan baru dalam kerangka akademik dan karier.
  4. Fleksibel dan terbuka terhadap pandangan orang lain, bersemangat untuk belajar dari orang lain, serta mampu menerima kelebihan dan kekurangan orang lain, bebas-otentik dalam mengungkapkan perasaan, serta mengelola emosionalnya.
  5. Penghargaan terhadap hidup keimanan dan kegiatan intelektual yang berkembang serasi terpadu dalam hidup manusia yang didasarkan pada ajaran agama dalam kehidupan.
  6. Terbuka terhadap pluralitas tradisi keagamaan dan menghargai pengalaman keberagamaan orang lain melalui mekanisme toleransi hidup beragama dalam mengembangkan kematangan sosial yang mandiri dan cerdas yang dilandasi komitmen untuk peduli hak azasi manusia.
  1. Mata Kuliah Umum merupakan pengetahuan umum yang melandasi pembentukan kemampuan pengembangan ilmu sehingga terampil dalam berkarya sesuai dengan dasar ilmu yang dikuasai. Mata kuliah umum diarahkan pada pembentukan kemampuan melaksanakan, mengorganisasikan, dan terampil dalam memimpin program penelitian sesuai dengan tujuan pendidikan program doktor. Mata kuliah umum harus dikuasai oleh setiap peserta program doktor dari seluruh program studi.
  2. Mata Kuliah Keahlian Program Studi adalah kelompok bahan kajian utama bidang keahlian lulusan yang bertujuan menghasilkan tenaga ahli dengan kekaryaan berlandaskan ilmu dan keterampilan yang dikuasai.
  3. Mata Kuliah Pilihan adalah bagian dari kelompok Mata Kuliah Program Studi dan/atau mata kuliah di luar program studi yang dipilih oleh mahasiswa sesuai dengan bidang kajian disertasi.
  4. Mata Kuliah Matrikulasi adalah mata kuliah tambahan bagi mahasiswa yang berasal dari program nonpendidikan atau program studi pendidikan yang tidak sebidang. Mata Kuliah Matrikulasi dimaksudkan untuk memberikan materi yang harus dikuasai sebagai acuan bagi penguasaan teori-teori pendidikan dan/atau materi prasyarat program studi.
  5. Disertasi adalah karya ilmiah berdasarkan hasil penelitian yang memenuhi kriteria penelitian ilmiah dan persyaratan metodologi disiplin ilmu pada program studi sebagai upaya pemecahan masalah dan pengungkapan suatu temuan ilmiah, atau pengembangan konsep baru.

Tabel 1. Sebaran Beban Studi untuk Latar Belakang Program Doktor Sebidang

NoMata KuliahBobot SKS
1Mata Kuliah Umum12
2Mata Kuliah Keahlian12 – 24
3Mata Kuliah Pilihan3
4Disertasi15
 Jumlah42 – 54

Tabel 2. Sebaran Beban Studi untuk Latar Belakang Program Doktor Tidak Sebidang

NoMata KuliahBobot SKS
1Mata Kuliah Matrikulasi3
2Mata Kuliah Umum12
3Mata Kuliah Keahlian12 – 24
4Mata Kuliah Pilihan3
5Disertasi15
 Jumlah45 – 57

Doktor Pendidikan Jasmani

Fasilitas

Doktor Pendidikan Jasmani

Profil Lulusan

Pendidik

Pendidik di Bidang Pendidikan Jasmani

Pendidik

Pendidik di bidang pendidikan jasmani pada tingkat sarjana di perguruan tinggi negeri dan swasta

Pengem-bang 

Pengembang  di Bidang Pendidikan Jasmani

Pengembang

Pengembang pendidikan jasmani yang inovatif dengan memanfaatkan perkembangan teknologi terkini

Peneliti

Peneliti di bidang Pendidikan Jasmani

Peneliti

Peneliti yang berkompeten untuk menghasilkan penelitian yang inovatif di bidang pendidikan olahraga dan diakui secara nasional dan internasional

Penulis

Penulis di  Bidang Pendidikan Jasmani

Penulis

Penulis handal di bidang pendidikan jasmani dan olahraga menggunakan metodologi yang tepat

Ikuti kami di

© All rights reserved Postgraduate State University of Jakarta 2021