Tentang Kami
Program Studi Magister Teknologi Pendidikan UNJ menghasilkan Pengembang Media, Desainer Pembelajaran dan Teknolog Kinerja yang mampu mendesain, mengembangkan, mengelola dan mengevaluasi pembelajaran yang kreatif inovatif dengan memanfaatkan kemajuan teknologi.
Tujuan
Mampu mengembangkan pengetahuan dan teknologi dalam bidang Teknologi Pendidikan yang berkaitan dengan prakteknya sebagai pengembang media, desainer pembelajaran dan teknolog kinerja, hingga menghasilkan karya inovatif dan teruji.
Mampu memecahkan permasalahan belajar dan pembelajaran di bidang Teknologi Pendidikan melalui pendekatan inter atau multidisiplin.
Mampu mengelola riset dan pengembangan di bidang Teknologi Pendidikanyang bermanfaat bagi masyarakat dan keilmuan, serta mampu mendapatkan pengakuan nasional maupun internasional.
DOSEN TETAP
Prof. Dr. Eveline Siregar, M.Pd.
Dr. Indina Tarjiah, M.Pd.
Dr. Khaerudin, M.Pd.
Dr. Uwes Anis Chaeruman, M.Pd.
Dr. Murni Winarsih, S.Pd, M.Pd.
Prof. Dr. Robinson Situmorang, M.Pd.
Dr. RA. Murti Kusuma Wirasti
Dr. Cecep Kustandi, M.Pd.
Prof. Dr. Yuliani Nurani, M.Pd.
Prof. Dr. Suyitno Muslim, M.Pd.
Prof. Dr. Etin Solihatin, M.Pd.
Dr. Dwi Kusumawardani, M.Pd.
Prof. Dr. Moch. Sukardjo, M.Pd.
Dr. Maria Paristiowati, M.Si.
Capaian Pembelajaran
Mampu mengembangkan teori pedagogi, literasi, manfaat teknologi informasi dalam teknologi pendidikan dengan Kurikulum Program Studi Magister Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta, prakteknya sebagai pengembang media, disainer pembelajaran dan teknologi kinerja untuk menghasilkan solusi dalam peningkatan mutu pendidikan untuk kemaslahatan manusia melalui pendekatan interdisipliner atau multidisipliner;
Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam bidang teknologi pendidikan dengan prakteknya sebagai pengembang media, disainer pembelajaran dan teknologi kinerja dengan prakteknya sebagai pengembang media, disainer pembelajaran dan teknologi kinerja berdasarkan profesi bidang teknologi pendidikan yang memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
Mampu memecahkan masalah teknologi pendidikan berdasarkan teori pedagogi, literasi, teknologi informasi dengan prakteknya sebagai pengembang media, disainer pembelajaran dan teknologi kinerja melalui metode ilmiah dengan pendekatan interdisipliner atau multidisipliner yang berlandaskan nilai, norma, dan etika akademik.
Mampu menerapkan solusi permasalahan Teknologi pendidikan yang sesuai dengan kebutuhan pengembangan Teknologi pendidikan melalui penelitian yang teruji dan memiliki kebaruan dan mendapatkan pengakuan di tingkat nasional dan Internasional;
Mampu menerapkan pembelajaran inovatif dengan mengaplikasikan konsep dan prinsip didaktik-pedagogis dalam Teknologi pendidikan dengan memanfaatkan IPTEKS berorientasi pada kecakapan hidup (life skills) dan berkontribusi dalam peningkatan mutu pendidikan.
Mampu menerapkan keprofesionalan secara berkelanjutan dalam bidang Teknologi Pendidikan dengan melakukan penelitian sebagai upaya pengembagan literasi digital.
Mampu mendesimenasikan hasil penelitian dan pengembangan di bidang teknologi pendidikan bersifat kekinian dengan pendekatan inter dan multi disipliner yang diakui oleh komunitas teknologi pendidikan di tingkat nasional dan Internasional.
MATA KULIAH
Mata Kuliah Umum
KODE | MATA KULIAH | SKS |
99008113 | Filsafat Ilmu | 3 sks |
99008123 | Metodologi Penelitian | 3 sks |
99008133 | Statistika | 3 sks |
99008143 | Penulisan Artikel Ilmiah Terindeks | 3 sks |
Mata Kuliah Keahlian
KODE | MATA KULIAH | SKS |
99018113 | Landasan Teknologi Pendidikan | 3 sks |
99018123 | Design Pembelajaran | 3 sks |
99018133 | Teknologi Kinerja | 3 sks |
99018143 | Pengembangan Media Belajar dan Sumber Belajar | 3 sks |
99018153 | Kawasan Penelitian Teknologi Pendidikan | 3 sks |
99018163 | Desain Pembelajaran Daring | 3 sks |
99158193 | Kolokium Teknologi Pendidikan | 3 sks |
Mata Kuliah Pilihan
KODE | MATA KULIAH | SKS |
99018413 | Evaluasi Proses dan Hasil Belajar | 3 sks |
99018423 | Teori Komunikasi dan Visualisasi Ide Pembelajaran | 3 sks |
99018433 | Manajemen Kepelatihan | 3 sks |
Pilih satu Mata Kuliah Pilihan yang tersedia |
Mata Kuliah Matrikulasi
KODE | MATA KULIAH | SKS |
99018023 | Orientasi Baru dalam Pembelajaran | 3 sks |
99008013 | Landasan Ilmu Pendidikan | 3 sks |
Catatan : * dilaksanakan sebelum perkuliahan semester 1
Tesis
KODE | MATA KULIAH | SKS |
99008918 | Tesis | 8 sks |
KURIKULUM
CPL memuat prinsip-prinsip sebagai berikut:
- Penguasaan capaian pembelajaran mata kuliah (CPMK) beserta penerapannya, yang dijamin dengan kemahiran berbahasa, kecakapan dasar-dasar logika matematik, dan kemahiran akademik sesuai bidang keahliannya.
- Perhatian terhadap pertumbuhan personal, sosial, dan fisik sebagai penghargaan terhadap integritas, komitmen, keunggulan, dan penerimaan terhadap bakat/talenta serta keterbatasannya.
- Mengembangkan kebiasaan merefleksi pengalaman, mampu mencari pengalaman baru, dan bersedia untuk mengambil risiko dari hasil eksplorasi pilihan-pilihan karier dan gaya hidup menurut kerangka nilai tertentu, dan terbuka terhadap perkembangan baru dalam kerangka akademik dan karier.
- Fleksibel dan terbuka terhadap pandangan orang lain, bersemangat untuk belajar dari orang lain serta mampu menerima kelebihan dan kekurangan orang lain, bebas-otentik dalam mengungkapkan perasaan, serta mengelola emosionalnya.
- Menghargai hidup keimanan dan kegiatan intelektual yang berkembang serasi terpadu dalam hidup manusia yang didasarkan pada ajaran agama
- Terbuka terhadap pluralitas berbagai tradisi agama dan menghargai pengalaman keberagamaan orang lain melalui mekanisme toleransi hidup beragama dalam mengembangkan kematangan sosial yang mandiri dan cerdas yang dilandasi komitmen untuk peduli hak azasi manusia.
Komponen kurikulum program magister:
- Mata Kuliah Umum merupakan pengetahuan umum yang melandasi pembentukan kemampuan pengembangan ilmu sehingga terampil dalam berkarya sesuai dengan dasar ilmu yang dikuasai. Mata kuliah umum diarahkan pada pembentukan kemampuan melaksanakan, mengorganisasikan, dan mengelola program penelitian sesuai dengan tujuan pendidikan program magister. Mata kuliah umum harus dikuasai oleh setiap peserta program magister dari seluruh program studi.
- Mata Kuliah Utama Program Studi adalah kelompok mata kuliah yang bertujuan menghasilkan tenaga ahli dengan kekaryaan berlandaskan ilmu dan keterampilan yang dikuasai.
- Mata Kuliah Pilihan adalah bagian dari kelompok Mata Kuliah Program Studi dan Mata kuliah Dasar Kependidikan Mata kuliah ini dipilih oleh mahasiswa sesuai dengan bidang kajian tesis.
- Mata kuliah Matrikulasi adalah kelompok mata kuliah yang wajib diambil oleh mahasiswa yang berasal dari program nonpendidikan dan program pendidikan yang tidak sebidang. Mata kuliah ini memberikan landasan pengetahuan kependidikan yang harus dikuasai sebagai acuan bagi penguasaan teori-teori pendidikan.
- Tesis adalah hasil karya ilmiah berdasarkan hasil penelitian yang memenuhi kriteria penelitian ilmiah dan disiplin ilmu program studi sebagai upaya untuk pemecahan masalah dan pengungkapan suatu temuan ilmiah atau pengembangan konsep baru.
Komposisi mata kuliah untuk program magister sebagai berikut:
Tabel 1. Sebaran Beban Studi untuk Latar Belakang Program Sarjana Pendidikan
Tabel 2. Sebaran Beban Studi untuk Latar Belakang Program Sarjana Non Pendidikan
No | Mata Kuliah | Bobot SKS |
1 | Mata Kuliah Umum | 9 – 12 |
2 | Mata Kuliah Keahlian | 18 |
3 | Mata Kuliah Pilihan | 3 – 15 |
4 | Tesis | 8 |
Jumlah | 41 – 43 |
No | Mata Kuliah | Bobot SKS |
1 | Mata Kuliah Matrikulasi | 3- 6 |
2 | Mata Kuliah Umum | 12 |
3 | Mata Kuliah Keahlian | 18 |
4 | Mata Kuliah Pilihan | 3 – 15 |
6 | Tesis | 8 |
Jumlah | 43 – 46 |