PASCASARJANA

PROGRAM DOKTOR PENELITIAN DAN EVALUASI PENDIDIKAN

Program Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta (PPs UNJ) didirikan pada tahun 1978 merupakan Program Pascasarjana terstruktur pertama di lingkungan Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) di Indonesia. Pada tahun 1980 dikukuhkan sebagai Fakultas Pascasarjana IKIP Jakarta. Selanjutnya, berdasarkan Surat Keputusan Presiden Nomor 45 Tahun 1982 tentang Susunan Organisasi IKIP Jakarta, salah satu fakultas yang disahkan adalah Fakultas Pascasarjana. Program pendidikan yang diselenggarakan meliputi Program Magister (S2) dan Program Doktor (S3). Mulai tahun 1993 Program Studi Penelitian dan Evaluasi Pendidikan baik program S2 maupun S3 diselenggarakan di IKIP Jakarta berdasarkan Surat Keputusan Pendirian PS Nomor 590/DIKTI//Kep/1993, pada tanggal 21 Oktober 1993.

Program Doktor Penelitian dan Evaluasi Pendidikan (PEP) diselenggarakan oleh IKIP Jakarta berdasarkan Surat Keputusan Pendirian Program Studi Nomor 418-DIKTI-KEP-2000

Program Doktor PEP UNJ memiliki kemampuan menyelenggarakan tri dharma perguruan tinggi yang berkaitan dengan penelitian dan evaluasi pendidikan yang memiliki dua kelompok bidang ilmu: (1) psikometrika yang menekakan pada pengukuran, dan pengembangan instrumen dan (2) evaluasi yang menekakan penilaian, pengembangan model evaluasi program dan atau kebijakan.

Program studi Doktor PEP merupakan program studi  lintas bidang studi (interdiciplinier studies). Oleh karena itu, program studi doktor PEP menerima mahasiswa dari latar belakang Pendidikan keilmuan kependidikan maupun non Kependidikan.

Program studi Doktor PEP memiliki fungsi yang sangat stategis dalam penelitian dan evaluasi pendidikan yang menghasilkan ahli evaluasi program dan atau kebijakan, ahli metodologi penelitian, ahli penilaian serta ahli pengukuran.

  1. Memiliki keahlian dalam metodologi penelitian, penilaian dan pengukuran, dan evaluasi program dan atau kebijakan untuk diterapkan  di bidang pekerjaan lulusan.
  2. Memiliki keahlian memecahkan permasalahan  dalam bidang pengukuran dan penilaian,  evaluasi program dan/atau kebijakan melalui riset dengan pendekatan inter, multi atau transdisipliner.
  3. Memiliki keahlian mengomunikasikan gagasan, mengelola, memimpin dan mengembangkan riset yang dapat direkognisi tingkat nasional dan/atau internasional sesuai dengan etika profesi.
  1. Mampu mengembangkan pengetahuan baru tentang Penelitian dan Evaluasi pendidikan menjadi bagian dari penerapan dan pengembangan teori pedagogi, literasi, manfaat teknologi dan atau seni baru tentang informasi dalam bidang model-model penelitian, model-model evaluasi program dan evaluasi kebijakan, untuk menghasilkan solusi bagi peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara melalui pendekatan interdisipliner atau multidisipliner dan transdisipliner;
  2. Mampu mengembangkan keilmuan pendidikan atau praktik profesionalnya melalui riset hingga menghasilkan karya kreatif, original, dan teruji;
  3. Mampu memecahkan masalah sains, teknologi dan atau seni terkait pada bidang Penelitian dan Evaluasi Pendidikan berdasarkan teori pedagogi, literasi, teknologi informasi melalui metode ilmiah dengan pendekatan interdisipliner atau multidisipliner dan trandisipliner yang menginternalisasikan nilai, norma, dan etika akademik;
  4. Mampu mengembangkan teori baru dalam Pengembangan penelitian, Evaluasi dan system penilaian dalam pembelajaran inovatif dengan mengaplikasikan konsep dan prinsip didaktik-pedagogis dalam pendidikan dengan memanfaatkan IPTEKS berorientasi kemaslahatan manusia;
  5. Mampu mengelola, memimpin dan mengembangkan riset dan pengembangan yang bermanfaat bagi ilmu pengetahuan penelitian, tes dan pengukuran serta Evaluasi proses dan hasil serta statistika dan kemaslahatan umat manusia, serta mampu mendapat pengakuan nasional maupuan internasional.
NO NAMA STATUS
1 Prof. Dr. Yetti Supriyati, M.Pd. Dosen Tetap
2 Dr. Achmad Ridwan, M.Si. Dosen Tetap
3 Dr. Agus Dudung, M.Pd. Dosen Tetap
4 Prof. Dr. Gaguk Margono Dosen Tetap
5 Prof. Dr. Ma’ruf Akbar Imanudin, M.Pd. Dosen Tetap

Berdasarkan SK BAN-PT dengan No. 644/SK/BAN-PT/Akred/D/IV/2019, Program Studi S3 Penelitian dan Evaluasi Pendidikan terakreditasi B.

Sertifikat ini berlaku sejak tanggal 2 April 2019 sampai 2 April 2024.

(S3) Penelitian & Evaluasi Pendidikan (02 April 2019-02 April 2024) – Sertifikat

MATA KULIAH UNTUK KEAHLIAN PSIKOMETRIKA

  • Mata Kuliah Umum

KODE MATA KULIAH SKS
99009113 Filsafat Ilmu Lanjutan 3 sks
99009123 Metodologi Penelitian Lanjutan 3 sks
99009133 Statistika Lanjutan 3 sks
99009143 Penulisan Artikel Ilmiah Terindeks 3 sks

 

  • Mata Kuliah Keahlian

KODE MATA KULIAH SKS
9139113 Analisis Data Kategorik 3 sks
99139123 Psikometrik 3 sks
99139133 Teknik Sampling 3 sks
99139143 Generalizability Theory 3 sks
99139153 Miltidimensional IRT 3 sks
99139183 Orientasi Baru dalam Pedagogi 3 sks
99139193 Kolokium Penelitian dan Evaluasi Pendidikan 3 sks

 

  • Mata Kuliah Pilihan

KODE MATA KULIAH SKS
99139413 Pengembangan Perangkat Lunak 3 sks
99139423 Komputasi Pengukuran 3 sks
99139433 Struktur Analisis Data Statistika 3 sks
99139443 Metode Survei 3 sks
99139453 Struktur Equation Modeling 3 sks
99139463 Desain Eksperimen 3 sks
Pilih 1 (satu) mata kuliah dari Mata Kuliah Pilihan yang tersedia

 

  • Mata Kuliah Matrikulasi

KODE MATA KULIAH SKS
99139043 Landasan Ilmu Pendidikan* 3 sks

Catatan : * dilaksanakan sebelum perkuliahan semester 1

 

  • Disertasi

KODE MATA KULIAH SKS
99009917 Disertasi 15 sks

 

 

MATA KULIAH UNTUK KEAHLIAN EVALUASI

 

  • Mata Kuliah Umum

KODE MATA KULIAH SKS
99009113 Filsafat Ilmu Lanjutan 3 sks
99009123 Metodologi Penelitian Lanjutan 3 sks
99009133 Statistika Lanjutan 3 sks
99009143 Penulisan Artikel Ilmiah Terindeks 3 sks

 

  • Mata Kuliah Keahlian

KODE MATA KULIAH SKS
99139213 Evaluasi Kebijakan 3 sks
99139223 Penelitian Evaluasi 3 sks
99139233 Monitoring dan Evaluasi Projek 3 sks
99139243 Evaluasi Dampak 3 sks
99139253 Evaluasi Institusi 3 sks
99139183 Orientasi Baru dalam Pedagogi 3 sks
99139193 Kolokium Penelitian dan Evaluasi Pendidikan 3 sks

 

  • Mata Kuliah Pilihan

KODE MATA KULIAH SKS
99139443 Metode Survei 3 sks
99139453 Struktural Equation Modeling 3 sks
99139463 Desain Analisis Data 3 sks
99139473 Pengambilan Keputusan Kriteria Majemuk 3 sks
Pilih 1 (satu) mata kuliah dari Mata Kuliah Pilihan yang tersedia

 

  • Mata Kuliah Matrikulasi

KODE MATA KULIAH SKS
99139013 Landasan Ilmu Pendidikan* 3 sks

Catatan : * dilaksanakan sebelum perkuliahan semester 1

 

  • Disertasi

KODE MATA KULIAH SKS
99009917 Disertasi 15 sks