Program Studi Magister
Pendidikan Dasar
Program Magister Pendidikan Dasar merupakan Program Studi yang menghasilkan lulusan sebagai Pendidik/Dosen pada Program Magister Pendidikan Dasar, peneliti, pengembang Pendidikan Dasar, dan konsultan Pendidikan Dasar.
Magister Pendidikan Dasar
DOSEN
Magister Pendidikan Dasar
TUJUAN
Menghasilkan sumber daya manusia yang bermutu dengan kualifikasi sebagai berikut:
1
1
2
2
3
3
Magister Pendidikan Dasar
Capaian Pembelajaran
1
Mampu memecahkan masalah Pendidikan Dasar berdasarkan teori pedagogi, literasi, teknologi informasi melalui metode ilmiah dengan pendekatan interdisipliner atau multidisipliner yang berlandaskan pada nilai, norma, dan etika akademik;
2
Mampu mengembangkan teori pedagogi, literasi, manfaat teknologi informasi dalam Pendidikan Dasar untuk menghasilkan solusi bagi peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara melalui pendekatan interdisipliner atau multidisipliner;
3
Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam bidang Pendidikan Dasar berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka meningkatkan profesi bidang Pendidikan Dasar yang memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
4
Mampu menerapkan solusi permasalahan Pendidikan Dasar yang sesuai dengan kebutuhan pengembangan Pendidikan Dasar melalui penelitian yang teruji dan memiliki kebaruan di tingkat nasional;
5
Mampu menerapkan pembelajaran inovatif dengan mengaplikasikan konsep dan prinsip didaktik-pedagogis dalam Pendidikan Dasar dengan memanfaatkan IPTEKS berorientasi pada kecakapan hidup (life skills) dan berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat;
6
Mampu menerapkan keprofesionalan secara berkelanjutan dalam bidang Pendidikan Dasar dengan melakukan penelitian sebagai tindakan reflektif dan evaluatif;
7
Mampu mendesimenasikan hasil kajian Pendidikan Dasar bersifat kekinian dengan pendekatan inter dan multi disipliner yang diakui oleh komunitas Pendidikan Dasar di tingkat nasional dan Internasional.
Magister Pendidikan Dasar
Mata Kuliah
Mata Kuliah Umum
KODE | MATA KULIAH | SKS |
99008113 | Filsafat Ilmu | 3 sks |
99008123 | Metodologi Penelitian | 3 sks |
99008133 | Statistika | 3 sks |
99008142 | Penulisan Artikel Ilmiah Terindeks | 3 sks |
Mata Kuliah Keahlian
KODE | MATA KULIAH | SKS |
99188113 | Psikologi pendidikan untuk pembelajaran | 3 sks |
99188123 | Pengembangan Kurikulum SD Berbasis Pendekatan Holistik dan Integrated | 3 sks |
99188133 | Riset Praktik SD dan PGSD | 3 sks |
99188143 | Asesmen otentik | 3 sks |
99188153 | Pendidikan Cipta Seni dan Gerak berbasis budaya | 3 sks |
99188193 | Kolokium Pendidikan Dasar | 3 SKS |
Mata Kuliah Konsentrasi*
KODE | MATA KULIAH | SKS |
99188213 | Pembelajaran matematika | 3 sks |
99188223 | Pembelajaran matematika Lanjutan | 3 sks |
99188233 | Pembelajaran IPA | 3 sks |
99188243 | Pembelajaran IPA lanjutan | 3 sks |
99188253 | Pembelajaran IPS | 3 sks |
99188263 | Pembelajaran IPS lanjutan | 3 sks |
99188273 | Pembelajaran Bahasa Indonesia | 3 sks |
99188283 | Pembelajaran Bahasa Indonesia Lanjutan | 3 sks |
*Masing-masing mahasiswa = 6 sks
Mata Kuliah Matrikulasi*
KODE | MATA KULIAH | SKS |
99008013 | Landasan Ilmu Pendidikan* | 3 sks |
Catatan : * dilaksanakan sebelum perkuliahan semester 1
Tesis
KODE | MATA KULIAH | SKS |
99008918 | Tesis | 8 sks |
AKREDITASI
Program Studi Magister Pendidikan Dasar merupakan salah satu program studi yang dikelola oleh Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta yang terakreditasi Unggul di Badan Akreditasi Nasional -Perguruan Tinggi (BAN-PT) dengan SK No. 1043/SK/BAN-PT/Akred-PMT/M/II/2022 dan berlaku sampai dengan tanggal 15 Februari 2027.
Magister Pendidikan Dasar
Kurikulum
Kurikulum Pascasarjana UNJ disusun oleh Program Studi untuk mencapai Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL). CPL memuat prinsip-prinsip sebagai berikut:
- Penguasaan capaian pembelajaran mata kuliah (CPMK) beserta penerapannya, yang dijamin dengan kemahiran berbahasa, kecakapan dasar-dasar logika matematik, dan kemahiran akademik sesuai bidang keahliannya.
- Perhatian terhadap pertumbuhan personal, sosial, dan fisik sebagai penghargaan terhadap integritas, komitmen, keunggulan, dan penerimaan terhadap bakat/talenta serta keterbatasannya.
- Mengembangkan kebiasaan merefleksi pengalaman, mampu mencari pengalaman baru, dan bersedia untuk mengambil risiko dari hasil eksplorasi pilihan-pilihan karier dan gaya hidup menurut kerangka nilai tertentu, dan terbuka terhadap perkembangan baru dalam kerangka akademik dan karier.
- Fleksibel dan terbuka terhadap pandangan orang lain, bersemangat untuk belajar dari orang lain serta mampu menerima kelebihan dan kekurangan orang lain, bebas-otentik dalam mengungkapkan perasaan, serta mengelola emosionalnya.
- Menghargai hidup keimanan dan kegiatan intelektual yang berkembang serasi terpadu dalam hidup manusia yang didasarkan pada ajaran agama.
- Terbuka terhadap pluralitas berbagai tradisi agama dan menghargai pengalaman keberagamaan orang lain melalui mekanisme toleransi hidup beragama dalam mengembangkan kematangan sosial yang mandiri dan cerdas yang dilandasi komitmen untuk peduli hak azasi manusia.
Komponen kurikulum program magister memuat hal berikut:
- Mata Kuliah Umum merupakan pengetahuan umum yang melandasi pembentukan kemampuan pengembangan ilmu sehingga terampil dalam berkarya sesuai dengan dasar ilmu yang dikuasai. Mata kuliah umum diarahkan pada pembentukan kemampuan melaksanakan, mengorganisasikan, dan mengelola program penelitian sesuai dengan tujuan pendidikan program magister. Mata kuliah umum harus dikuasai oleh setiap peserta program magister dari seluruh program studi.
- Mata Kuliah Utama Program Studi adalah kelompok mata kuliah yang bertujuan menghasilkan tenaga ahli dengan kekaryaan berlandaskan ilmu dan keterampilan yang dikuasai.
- Mata Kuliah Pilihan adalah bagian dari kelompok Mata Kuliah Program Studi dan Mata kuliah Dasar Kependidi Mata kuliah ini dipilih oleh mahasiswa sesuai dengan bidang kajian tesis.
- Mata kuliah Matrikulasi adalah kelompok mata kuliah yang wajib diambil oleh mahasiswa yang berasal dari program nonpendidikan dan program pendidikan yang tidak sebidang. Mata kuliah ini memberikan landasan pengetahuan kependidikan yang harus dikuasai sebagai acuan bagi penguasaan teori-teori pendidikan.
- Tesis adalah hasil karya ilmiah berdasarkan hasil penelitian yang memenuhi kriteria penelitian ilmiah dan disiplin ilmu program studi sebagai upaya untuk pemecahan masalah dan pengungkapan suatu temuan ilmiah atau pengembangan konsep baru.
Magister Pendidikan Dasar
Beban Studi Progam Magister
Tabel 1. Sebaran Beban Studi untuk Latar Belakang Program Sarjana Pendidikan
No | Mata Kuliah | Bobot SKS |
1 | Mata Kuliah Umum | 9 – 12 |
2 | Mata Kuliah Keahlian | 18 |
3 | Mata Kuliah Pilihan | 3 – 15 |
4 | Tesis | 8 |
Jumlah | 41– 43 |
Tabel 2. Sebaran Beban Studi untuk Latar Belakang Program Sarjana Nonpendidikan
No | Mata Kuliah | Bobot SKS |
1 | Mata Kuliah Matrikulasi | 3- 6 |
2 | Mata Kuliah Umum | 12 |
3 | Mata Kuliah Keahlian | 18 |
4 | Mata Kuliah Pilihan | 3 – 15 |
6 | Tesis | 8 |
Jumlah | 43– 46 |
Magister Pendidikan Dasar
KEGIATAN
Magister Pendidikan Dasar
PRESTASI MAHASISWA
No. | Nama Mahasiswa | Jenis Prestasi | Kegiatan, Waktu, dan Tempat | Tingkat (Lokal, Wilayah, Nasional, atau Internasional) |
(1) | (2) | (3) | (4) | (5) |
1 | Mulyadi | Juara 1 Guru Berprestasi dan Kreatif di SDSN Cibubur 11 Pagi | SDSN Cibubur 11 Pagi, Jakarta, 2014 | Lokal |
Peserta Kegiatan Olympiade Sains Nasional Guru Sekolah Dasar. | Olimpiade Guru Sekolah dasar, 22 Oktober 2013, Jakarta, | Nasional | ||
2 | Winda Amelia | Juara 1 lomba pelopor tingkat kota dan provinsi Banten | Banten, | Wilayah |
Pelatihan kepeloporan pemuda komunitas Rawan sosial tahun Pemuda | Jawa Barat, 2013 | Nasional | ||
Juara 3 Tutor keaksaraan fungsional tingkat kota Serang | Tutor Pelopor Keaksaraan, Serang | Wilayah | ||
3 | Sandri Buana | Juara 1 pemilihan Tutor Paket A tingkat Provinsi Daerah Ibukota Jakarta DKI | Jakarta, 2014 | Wilayah |
4 | Winda Astiarini | Juara 2 Lomba Media Pembelajaran | FIP UNJ, 2014 | Lokal |
5 | Nurhayati | Juara 1, Lomba guru Inovatif | Jakarta, 2015 | Nasional |