Program Studi S2 Manajemen Lingkungan UNJ menghasilkan Pengembang Model, Peneliti, Auditor, Analis, Konsultan, Evaluator, dan Asesor, dan Tenaga Ahli di bidang pengembangan manajemen lingkungan.
NO | NAMA | STATUS |
1 | Dr. Arif Saifudin | Dosen Tetap |
2 | Dr. Samadi, M.Si. | Dosen Tetap |
3 | Prof. Dr. Henita Rahmayanti, M.Si. | Dosen Tetap |
4 | Dr. Dian Alfia Purwandari, SE, M.Si. | Dosen Tetap |
5 | Dr. Oot Hotimah, M.Si. | Dosen Tetap |
- Mampu mengembangkanpengetahuan manajemen lingkungan melalui riset, sehingga menghasilkan karya inovatif (berupa desain ekosistem lingkungan, sistem perlindungan & konservasi alam, dll.)
- Mampu menganalisis secara kritis terhadap teori dan praksis terkait dengan manajemen lingkungan dalam praktek profesionalnya
- Mampu memecahkan permasalahan terkait dengan manajemen lingkungan melalui pendekatan inter atau multidisipliner.
- Mengelola riset di bidang manajemen lingkungan dan pengembangannya yang bermanfaat bagi masyarakat dan keilmuan, serta mendapat pengakuan nasional dan internasional.
- Mengembangkan diri dan memiliki semangat untuk belajar sepanjang hayat sehingga dapat beradaptasi terhadap perubahan zaman
- Memahami dan mampu mengimplementasikan pengetahuan dan pengalamannya secara bertanggung jawab, berkontribusi secara positif, berpikir kritis, kreatif, dan menunjukkan kepeloporan dan kepemimpinan
- Mengomunikasikan ide, pemikiran, dan gagasan, serta mengembangkan dan memelihara jaringan kerja (networking) baik dengan kolega/sejawat di dalam maupun di luar lembaga sesuai dengan etika profesi
Menghasilkan lulusan Master of Science bidang Manajemen Lingkungan yang memiliki kemampuan:
- mengembangkan pengetahuan manajemen lingkungan melalui riset, sehingga menghasilkan karya inovatif (berupa desain ekosistem lingkungan, sistem perlindungan & konservasi alam, dll.)
- menganalisis secara kritis terhadap teori dan praksis terkait dengan manajemen lingkungan dalam praktek profesionalnya;
- memecahkan permasalahan terkait dengan manajemen lingkungan melalui pendekatan inter atau multidisipliner;
- mengelola riset di bidang manajemen lingkungan dan pengembangannya yang bermanfaat bagi masyarakat dan keilmuan, serta mendapat pengakuan nasional dan internasional;
- mengembangkan diri dan memiliki semangat untuk belajar sepanjang hayat sehingga dapat beradaptasi terhadap perubahan zaman;
- Memahami dan mampu mengimplementasikan pengetahuan dan pengalamannya secara bertanggung jawab, berkontribusi secara positif, berpikir kritis, kreatif, dan menunjukkan kepeloporan dan kepemimpinan;
- mengomunikasikan ide, pemikiran, dan gagasan, serta mengembangkan dan memelihara jaringan kerja (networking) baik dengan kolega/sejawat di dalam maupun di luar lembaga sesuai dengan etika profesi.
-
Mata Kuliah Umum
KODE | MATA KULIAH | SKS |
99008113 | Filsafat Ilmu | 3 sks |
99008123 | Metodologi Penelitian | 3 sks |
99008133 | Statistika | 3 sks |
99008142 | Penulisan Artikel Ilmiah Terindeks | 3 sks |
Mata Kuliah Keahlian
KODE | MATA KULIAH | SKS |
99148113 | Manajemen Resiko Lingkungan | 3 sks |
99148123 | Manajemen Strategik Lingkungan | 3 sks |
99148133 | Psikologi Lingkungan | 3 sks |
99148143 | Analisis Sistem Lingkungan | 3 sks |
99148153 | Perilaku Organisasi | 3 SKS |
99148163 | Kolokium Manajemen Lingkungan | 3 SKS |
Mata Kuliah Pilihan
KODE | MATA KULIAH | SKS |
99148413 | Manajemen Lahan dan Tata Ruang | 3 sks |
99148423 | Analisis Pengelolaan Sumber Daya dan Lingkungan | 3 sks |
99148433 | Manajemen Ekowisata | 3 sks |
Pilih dua mata kuliah dari Mata Kuliah Pilihan yang tersedia |
Matrikulasi
KODE | MATA KULIAH | SKS |
99148013 | Ekologi dan Ilmu Lingkungan | 3 sks |
Tesis
KODE | MATA KULIAH | SKS |
99008918 | Tesis | 8 sks |
Kurikulum Pascasarjana UNJ disusun oleh Program Studi untuk mencapai Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL). CPL memuat prinsip-prinsip sebagai berikut.
Menghasilkan lulusan Master of Science bidang Manajemen Lingkungan yang memiliki kemampuan:
-
- mengembangkan pengetahuan manajemen lingkungan melalui riset, sehingga menghasilkan karya inovatif (berupa desain ekosistem lingkungan, sistem perlindungan & konservasi alam, dll.);
- menganalisis secara kritis terhadap teori dan praksis terkait dengan manajemen lingkungan dalam praktek profesionalnya;
- memecahkan permasalahan terkait dengan manajemen lingkungan melalui pendekatan inter atau multidisipliner;
- mengelola riset di bidang manajemen lingkungan dan pengembangannya yang bermanfaat bagi masyarakat dan keilmuan, serta mendapat pengakuan nasional dan internasional;
- mengembangkan diri dan memiliki semangat untuk belajar sepanjang hayat sehingga dapat beradaptasi terhadap perubahan zaman;
- Memahami dan mampu mengimplementasikan pengetahuan dan pengalamannya secara bertanggung jawab, berkontribusi secara positif, berpikir kritis, kreatif, dan menunjukkan kepeloporan dan kepemimpinan;
- mengomunikasikan ide, pemikiran, dan gagasan, serta mengembangkan dan memelihara jaringan kerja (networking) baik dengan kolega/sejawat di dalam maupun di luar lembaga sesuai dengan etika profesi.
Komponen kurikulum program magister memuat hal berikut.
- Mata Kuliah Umum merupakan pengetahuan umum yang melandasi pembentukan kemampuan pengembangan ilmu sehingga terampil dalam berkarya sesuai dengan dasar ilmu yang dikuasai. Mata kuliah umum diarahkan pada pembentukan kemampuanmelaksanakan, mengorganisasikan, dan mengelola program penelitian sesuai dengan tujuan pendidikan program magister. Mata kuliah umum harus dikuasai oleh setiap peserta program magister dari seluruh program studi.
- Mata Kuliah UtamaProgram Studi adalah kelompok mata kuliah yang bertujuan menghasilkan tenaga ahli dengan kekaryaan berlandaskan ilmu dan keterampilan yang dikuasai.
- Mata Kuliah Pilihan adalah bagian dari kelompok Mata Kuliah Program Studi dan Mata kuliah Dasar Kependidi Mata kuliah ini dipilih oleh mahasiswa sesuai dengan bidang kajian tesis.
- Mata kuliah Matrikulasiadalah kelompok mata kuliah yang wajib diambil oleh mahasiswa yang berasal dari program nonpendidikan dan program pendidikan yang tidak sebidang. Mata kuliah ini memberikan landasan pengetahuan kependidikan yang harus dikuasai sebagai acuan bagi penguasaan teori-teori pendidikan.
- Tesis adalah hasil karya ilmiah berdasarkan hasil penelitian yang memenuhi kriteria penelitian ilmiah dan disiplin ilmu program studi sebagai upaya untuk pemecahan masalah dan pengungkapan suatu temuan ilmiah atau pengembangan konsep baru.
Komposisi mata kuliah untuk program magister sebagai berikut.
Tabel 1. Sebaran Beban Studi untuk Latar Belakang Program Sarjana Pendidikan
No | Mata Kuliah | Bobot SKS |
1 | Mata Kuliah Umum | 9 – 12 |
2 | Mata Kuliah Keahlian | 18 |
3 | Mata Kuliah Pilihan | 3 – 15 |
4 | Tesis | 8 |
Jumlah | 41– 43 |
Tabel 2. Sebaran Beban Studi untuk Latar Belakang Program Sarjana Nonpendidikan
No | Mata Kuliah | Bobot SKS |
1 | Mata Kuliah Matrikulasi | 3- 6 |
2 | Mata Kuliah Umum | 12 |
3 | Mata Kuliah Keahlian | 18 |
4 | Mata Kuliah Pilihan | 3 – 15 |
6 | Tesis | 8 |
Jumlah | 43– 46 |