PASCASARJANA

PROGRAM MAGISTER MANAJEMEN LINGKUNGAN

Red Carpet

Program Studi S2 Manajemen Lingkungan UNJ menghasilkan  Pengembang Model, Peneliti, Auditor, Analis, Konsultan, Evaluator, dan Asesor, dan Tenaga Ahli di bidang pengembangan manajemen lingkungan.

NO NAMA STATUS
1 Dr. Arif Saifudin Dosen Tetap
2 Dr. Samadi, M.Si. Dosen Tetap
3 Prof. Dr. Henita Rahmayanti, M.Si. Dosen Tetap
4 Dr. Dian Alfia Purwandari, SE, M.Si. Dosen Tetap
5 Dr. Oot Hotimah, M.Si. Dosen Tetap
  1. Mampu mengembangkanpengetahuan manajemen lingkungan melalui riset, sehingga menghasilkan karya inovatif (berupa desain ekosistem lingkungan, sistem perlindungan & konservasi alam, dll.)
  2. Mampu menganalisis secara kritis terhadap teori dan praksis  terkait dengan manajemen lingkungan dalam praktek profesionalnya
  3. Mampu memecahkan permasalahan terkait dengan manajemen lingkungan melalui pendekatan inter atau multidisipliner.
  4. Mengelola riset di bidang manajemen lingkungan dan pengembangannya yang bermanfaat bagi masyarakat dan keilmuan, serta mendapat pengakuan nasional dan internasional.
  5. Mengembangkan diri dan memiliki semangat untuk belajar sepanjang hayat sehingga dapat beradaptasi terhadap perubahan zaman
  6. Memahami dan mampu mengimplementasikan pengetahuan dan pengalamannya secara bertanggung jawab, berkontribusi secara positif, berpikir kritis, kreatif, dan menunjukkan kepeloporan dan kepemimpinan
  7. Mengomunikasikan ide, pemikiran, dan gagasan, serta mengembangkan dan memelihara jaringan kerja (networking) baik dengan kolega/sejawat di dalam maupun di luar  lembaga sesuai dengan etika profesi
  1. Mampu mengembangkan teori pedagogi, literasi, manfaat teknologi informasi dalam teknologi pendidikan dengan prakteknya sebagai pengembang media, disainer pembelajaran dan teknologi kinerja untuk menghasilkan solusi dalam  peningkatan mutu pendidikan untuk kemaslahatan manusia  melalui pendekatan interdisipliner atau multidisipliner ;
  2. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam bidang teknologi pendidikan  dengan prakteknya sebagai pengembang media, disainer pembelajaran dan teknologi kinerja dengan prakteknya sebagai pengembang media, disainer pembelajaran dan teknologi kinerja berdasarkan profesi bidang teknologi pendidikan yang memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan.
  3. Mampu memecahkan masalah teknologi pendidikan berdasarkan teori pedagogi, literasi, teknologi informasi  dengan prakteknya sebagai pengembang media, disainer pembelajaran dan teknologi kinerja melalui metode ilmiah dengan pendekatan interdisipliner atau multidisipliner yang berlandaskan  nilai, norma, dan etika akademik;
  4. Mampu menerapkan solusi permasalahan Teknologi pendidikan yang sesuai dengan kebutuhan pengembangan Teknologi pendidikan melalui penelitian  yang teruji dan memiliki kebaruan  dan mendapatkan pengakuan di tingkat nasional dan Internasional;
  5. Mampu menerapkan pembelajaran inovatif dengan mengaplikasikan konsep dan prinsip didaktik-pedagogis dalam Teknologi pendidikan dengan memanfaatkan IPTEKS berorientasi pada kecakapan hidup (life skills) dan berkontribusi dalam peningkatan mutu pendidikan;
  6. Mampu menerapkan  keprofesionalan secara berkelanjutan dalam bidang Teknologi Pendidikan dengan melakukan penelitian sebagai  upaya pengembagan literasi digital ;
  7. Mampu mendesimenasikan hasil penelitian dan  pengembangan di bidang  teknologi pendidikan  bersifat kekinian dengan pendekatan inter dan multi disipliner yang diakui oleh komunitas teknologi pendidikan di tingkat nasional dan Internasional.

Mata Kuliah Umum

KODE MATA KULIAH SKS
99008113 Filsafat Ilmu 3 sks
99008123 Metodologi Penelitian 3 sks
99008133 Statistika 3 sks
99008142 Penulisan Artikel Ilmiah Terindeks 3 sks

 

Mata Kuliah Keahlian

KODE MATA KULIAH SKS
99148113 Manajemen Resiko Lingkungan 3 sks
99148123 Manajemen Strategik Lingkungan 3 sks
99148133 Psikologi Lingkungan 3 sks
99148143 Analisis Sistem Lingkungan 3 sks
99148153 Perilaku Organisasi 3 SKS
99148163 Kolokium Manajemen Lingkungan 3 SKS

 

 

Mata Kuliah Pilihan

KODE MATA KULIAH SKS
99148413 Manajemen Lahan dan Tata Ruang 3 sks
99148423 Analisis Pengelolaan Sumber Daya dan Lingkungan 3 sks
99148433 Manajemen Ekowisata 3 sks
Pilih dua mata kuliah dari Mata Kuliah Pilihan yang tersedia

 

Matrikulasi

KODE MATA KULIAH SKS
99148013 Ekologi dan Ilmu Lingkungan 3 sks

 

Tesis

KODE MATA KULIAH SKS
99008918 Tesis 8 sks

Kurikulum Pascasarjana UNJ disusun oleh Program Studi untuk mencapai Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL). CPL memuat prinsip-prinsip sebagai berikut.

  1. Penguasaan capaian pembelajaran mata kuliah (CPMK) beserta penerapannya, yang dijamin dengan kemahiran berbahasa, kecakapan dasar-dasar logika matematik, dan kemahiran akademik sesuai bidang keahliannya.
  2. Perhatian terhadap pertumbuhan personal, sosial, dan fisik sebagai penghargaan terhadap integritas, komitmen, keunggulan, dan penerimaan terhadap bakat/talenta serta keterbatasannya.
  3. Mengembangkan kebiasaan merefleksi pengalaman, mampu mencari pengalaman baru, dan bersedia untuk mengambil risiko dari hasil eksplorasi pilihan-pilihan karier dan gaya hidup menurut kerangka nilai tertentu, dan terbuka terhadap perkembangan baru dalam kerangka akademik dan karier.
  4. Fleksibel dan terbuka terhadap pandangan orang lain, bersemangat untuk belajar dari orang lain serta mampu menerima kelebihan dan kekurangan orang lain, bebas-otentik dalam mengungkapkan perasaan, serta mengelola emosionalnya.
  5. Menghargai hidup keimanan dan kegiatan intelektual yang berkembang serasi terpadu dalam hidup manusia yang didasarkan pada ajaran agama dalam
  6. Terbuka terhadap pluralitas berbagai tradisi agama dan menghargai pengalaman keberagamaan orang lain melalui mekanisme toleransi hidup beragama dalam mengembangkan kematangan sosial yang mandiri dan cerdas yang dilandasi komitmen untuk peduli hak azasi manusia.

 

Komponen kurikulum program magister memuat hal berikut.

  1. Mata Kuliah Umum merupakan pengetahuan umum yang melandasi pembentukan kemampuan pengembangan ilmu sehingga terampil dalam berkarya sesuai dengan dasar ilmu yang dikuasai. Mata kuliah umum diarahkan pada pembentukan kemampuanmelaksanakan, mengorganisasikan, dan mengelola program penelitian sesuai dengan tujuan pendidikan program magister. Mata kuliah umum harus dikuasai oleh setiap peserta program magister dari seluruh program studi.
  2. Mata Kuliah UtamaProgram Studi adalah kelompok mata kuliah yang bertujuan menghasilkan tenaga ahli dengan kekaryaan berlandaskan ilmu dan keterampilan yang dikuasai.
  3. Mata Kuliah Pilihan adalah bagian dari kelompok Mata Kuliah Program Studi dan Mata kuliah Dasar Kependidi Mata kuliah ini dipilih oleh mahasiswa sesuai dengan bidang kajian tesis.
  4. Mata kuliah Matrikulasiadalah kelompok mata kuliah yang wajib diambil oleh mahasiswa yang berasal dari program nonpendidikan dan program pendidikan yang tidak sebidang. Mata kuliah ini memberikan landasan pengetahuan kependidikan yang harus dikuasai sebagai acuan bagi penguasaan teori-teori pendidikan.
  5. Tesis adalah hasil karya ilmiah berdasarkan hasil penelitian yang memenuhi kriteria penelitian ilmiah dan disiplin ilmu program studi sebagai upaya untuk pemecahan masalah dan pengungkapan suatu temuan ilmiah atau pengembangan konsep baru.

 

Komposisi mata kuliah untuk program magister sebagai berikut.

Tabel 1. Sebaran Beban Studi untuk Latar Belakang Program Sarjana Pendidikan

No Mata Kuliah Bobot SKS
1 Mata Kuliah Umum 9 – 12
2 Mata Kuliah Keahlian 18
3 Mata Kuliah Pilihan 3 – 15
4 Tesis 8
Jumlah 41– 43

 

Tabel 2. Sebaran Beban Studi untuk Latar Belakang Program Sarjana Nonpendidikan

No Mata Kuliah Bobot SKS
1 Mata Kuliah Matrikulasi 3- 6
2 Mata Kuliah Umum 12
3 Mata Kuliah Keahlian 18
4 Mata Kuliah Pilihan 3 – 15
6 Tesis 8
Jumlah 43– 46