Red Carpet

Program Studi S2 Manajemen Lingkungan UNJ menghasilkan  Pengembang Model, Peneliti, Auditor, Analis, Konsultan, Evaluator, dan Asesor, dan Tenaga Ahli di bidang pengembangan manajemen lingkungan.

NO NAMA STATUS
1 Dr. Arif Saifudin Dosen Tetap
2 Dr. Samadi, M.Si. Dosen Tetap
3 Prof. Dr. Henita Rahmayanti, M.Si. Dosen Tetap
4 Dr. Dian Alfia Purwandari, SE, M.Si. Dosen Tetap
5 Dr. Oot Hotimah, M.Si. Dosen Tetap
  1. Mampu mengembangkanpengetahuan manajemen lingkungan melalui riset, sehingga menghasilkan karya inovatif (berupa desain ekosistem lingkungan, sistem perlindungan & konservasi alam, dll.)
  2. Mampu menganalisis secara kritis terhadap teori dan praksis  terkait dengan manajemen lingkungan dalam praktek profesionalnya
  3. Mampu memecahkan permasalahan terkait dengan manajemen lingkungan melalui pendekatan inter atau multidisipliner.
  4. Mengelola riset di bidang manajemen lingkungan dan pengembangannya yang bermanfaat bagi masyarakat dan keilmuan, serta mendapat pengakuan nasional dan internasional.
  5. Mengembangkan diri dan memiliki semangat untuk belajar sepanjang hayat sehingga dapat beradaptasi terhadap perubahan zaman
  6. Memahami dan mampu mengimplementasikan pengetahuan dan pengalamannya secara bertanggung jawab, berkontribusi secara positif, berpikir kritis, kreatif, dan menunjukkan kepeloporan dan kepemimpinan
  7. Mengomunikasikan ide, pemikiran, dan gagasan, serta mengembangkan dan memelihara jaringan kerja (networking) baik dengan kolega/sejawat di dalam maupun di luar  lembaga sesuai dengan etika profesi

Menghasilkan lulusan Master of Science bidang Manajemen Lingkungan yang memiliki kemampuan:

  1. mengembangkan pengetahuan manajemen lingkungan melalui riset, sehingga menghasilkan karya inovatif (berupa desain ekosistem lingkungan, sistem perlindungan & konservasi alam, dll.)
  2. menganalisis secara kritis terhadap teori dan praksis terkait dengan manajemen lingkungan dalam praktek profesionalnya;
  3. memecahkan permasalahan terkait dengan manajemen lingkungan melalui pendekatan inter atau multidisipliner;
  4. mengelola riset di bidang manajemen lingkungan dan pengembangannya yang bermanfaat bagi masyarakat dan keilmuan, serta mendapat pengakuan nasional dan internasional;
  5. mengembangkan diri dan memiliki semangat untuk belajar sepanjang hayat sehingga dapat beradaptasi terhadap perubahan zaman;
  6. Memahami dan mampu mengimplementasikan pengetahuan dan pengalamannya secara bertanggung jawab, berkontribusi secara positif, berpikir kritis, kreatif, dan menunjukkan kepeloporan dan kepemimpinan;
  7. mengomunikasikan ide, pemikiran, dan gagasan, serta mengembangkan dan memelihara jaringan kerja (networking) baik dengan kolega/sejawat di dalam maupun di luar lembaga sesuai dengan etika profesi.
    1.  

Mata Kuliah Umum

KODE MATA KULIAH SKS
99008113 Filsafat Ilmu 3 sks
99008123 Metodologi Penelitian 3 sks
99008133 Statistika 3 sks
99008142 Penulisan Artikel Ilmiah Terindeks 3 sks

 

Mata Kuliah Keahlian

KODE MATA KULIAH SKS
99148113 Manajemen Resiko Lingkungan 3 sks
99148123 Manajemen Strategik Lingkungan 3 sks
99148133 Psikologi Lingkungan 3 sks
99148143 Analisis Sistem Lingkungan 3 sks
99148153 Perilaku Organisasi 3 SKS
99148163 Kolokium Manajemen Lingkungan 3 SKS

 

 Mata Kuliah Pilihan

KODE MATA KULIAH SKS
99148413 Manajemen Lahan dan Tata Ruang 3 sks
99148423 Analisis Pengelolaan Sumber Daya dan Lingkungan 3 sks
99148433 Manajemen Ekowisata 3 sks
Pilih dua mata kuliah dari Mata Kuliah Pilihan yang tersedia

 

Matrikulasi

KODE MATA KULIAH SKS
99148013 Ekologi dan Ilmu Lingkungan 3 sks

 

Tesis

KODE MATA KULIAH SKS
99008918 Tesis 8 sks

Kurikulum Pascasarjana UNJ disusun oleh Program Studi untuk mencapai Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL). CPL memuat prinsip-prinsip sebagai berikut.

Menghasilkan lulusan Master of Science bidang Manajemen Lingkungan yang memiliki kemampuan:

    1. mengembangkan pengetahuan manajemen lingkungan melalui riset, sehingga menghasilkan karya inovatif (berupa desain ekosistem lingkungan, sistem perlindungan & konservasi alam, dll.);
    2. menganalisis secara kritis terhadap teori dan praksis terkait dengan manajemen lingkungan dalam praktek profesionalnya;
    3. memecahkan permasalahan terkait dengan manajemen lingkungan melalui pendekatan inter atau multidisipliner;
    4. mengelola riset di bidang manajemen lingkungan dan pengembangannya yang bermanfaat bagi masyarakat dan keilmuan, serta mendapat pengakuan nasional dan internasional;
    5. mengembangkan diri dan memiliki semangat untuk belajar sepanjang hayat sehingga dapat beradaptasi terhadap perubahan zaman;
    6. Memahami dan mampu mengimplementasikan pengetahuan dan pengalamannya secara bertanggung jawab, berkontribusi secara positif, berpikir kritis, kreatif, dan menunjukkan kepeloporan dan kepemimpinan;
    7. mengomunikasikan ide, pemikiran, dan gagasan, serta mengembangkan dan memelihara jaringan kerja (networking) baik dengan kolega/sejawat di dalam maupun di luar lembaga sesuai dengan etika profesi.

Komponen kurikulum program magister memuat hal berikut.

  1. Mata Kuliah Umum merupakan pengetahuan umum yang melandasi pembentukan kemampuan pengembangan ilmu sehingga terampil dalam berkarya sesuai dengan dasar ilmu yang dikuasai. Mata kuliah umum diarahkan pada pembentukan kemampuanmelaksanakan, mengorganisasikan, dan mengelola program penelitian sesuai dengan tujuan pendidikan program magister. Mata kuliah umum harus dikuasai oleh setiap peserta program magister dari seluruh program studi.
  2. Mata Kuliah UtamaProgram Studi adalah kelompok mata kuliah yang bertujuan menghasilkan tenaga ahli dengan kekaryaan berlandaskan ilmu dan keterampilan yang dikuasai.
  3. Mata Kuliah Pilihan adalah bagian dari kelompok Mata Kuliah Program Studi dan Mata kuliah Dasar Kependidi Mata kuliah ini dipilih oleh mahasiswa sesuai dengan bidang kajian tesis.
  4. Mata kuliah Matrikulasiadalah kelompok mata kuliah yang wajib diambil oleh mahasiswa yang berasal dari program nonpendidikan dan program pendidikan yang tidak sebidang. Mata kuliah ini memberikan landasan pengetahuan kependidikan yang harus dikuasai sebagai acuan bagi penguasaan teori-teori pendidikan.
  5. Tesis adalah hasil karya ilmiah berdasarkan hasil penelitian yang memenuhi kriteria penelitian ilmiah dan disiplin ilmu program studi sebagai upaya untuk pemecahan masalah dan pengungkapan suatu temuan ilmiah atau pengembangan konsep baru.

Komposisi mata kuliah untuk program magister sebagai berikut.

Tabel 1. Sebaran Beban Studi untuk Latar Belakang Program Sarjana Pendidikan

No Mata Kuliah Bobot SKS
1 Mata Kuliah Umum 9 – 12
2 Mata Kuliah Keahlian 18
3 Mata Kuliah Pilihan 3 – 15
4 Tesis 8
  Jumlah 41– 43

 

Tabel 2. Sebaran Beban Studi untuk Latar Belakang Program Sarjana Nonpendidikan

No Mata Kuliah Bobot SKS
1 Mata Kuliah Matrikulasi 3- 6
2 Mata Kuliah Umum 12
3 Mata Kuliah Keahlian 18
4 Mata Kuliah Pilihan 3 – 15
6 Tesis 8
  Jumlah 43– 46