Program Studi Doktor
Pendidikan Kependudukan dan Lingkungan Hidup
Program Studi Pendidikan Kependudukan dan Lingkungan Hidup Program Doktor Pascasarjana UNJ berdasarkan SK Presiden No.45/1982, SK Dirjen Dikti Depdiknas: No.590/ DIKTI/ KEP/ 1993.
Doktor Pendidikan Kependudukan dan Lingkungan Hidup
Tentang Kami
Program studi Pendidikan kKependudukan dan Lingkungan hidup menggunakan Kurikulum Berbasis Kompetensi, namun demikian dengan mengikuti perkembangan pengetahuan dalam era globalilasasi maka konsep kurikulum pendidikan tinggi mengalami perubahan. Saat ini konsep kurikulum mengacu pada Kurikulum Pendidikan Tinggi (KPT) dan Standard Nasional Perguruan Tinggi (SNPT) berbasis KKNI (Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia) (Permenristek Dikti no. 44/2015) yang mengutamakan kesetaraan capaian pembelajaran lulusan (CPL) (mutu), dan terdiri atas sikap, keterampilan umum, keterampilan khusus, dan penguasaan pengetahuan. Implementasi kurikulum Program Studi disesuaikan dengan KPT, sementara kurikulum lokal dikembangkan secara bertahap sesuai dengan arah pengembangan Program Studi dengan melakukan analisis kebutuhan dan keberadaan sumberdaya yang dimiliki.
Berdasarkan analisis perkembangan pengetahuan dan keahlian serta kebutuhan pasar dan pemangku kepentingan maka profil lulusan Program Studi Pendidikan Kependudukan dan Lingkungan Hidup Program Doktor dipersiapkan untuk mengembangkan IPTEKS melalui riset transdipliner, inovasi, dan teruji (KKNI level 9), sehingga menjadi seorang pengembang, peneliti, pengajar, problem solver, perencana, pengelola dan pengambil kebijakan di bidang Pendidikan Kependudukan dan Lingkungan Hidup. Profil lulusan ini diharapkan selalu mengedepankan aspek pendidikan Kependudukan dan Lingkungan Hidup berbasis teknologi dan informasi. Ketercapaian profil demikian memerlukan rumusan tentang Capaian Pembelajaran Lulusan yang mencerminkan sikap, keterampilan umum dan khusus serta penguasaan pengetahuan.
Pengembangan kurikulum pada hakikatnya terjadi sepanjang masa. Namun demikian, dalam praktik dikenal adanya peninjauan dan revisi kurikulum secara berkala. Apabila dikaitkan dengan hakikat continuous improvement maka pengembangan kurikulum perlu dirancang melalui program monitoring / evaluation sejalan dengan dilaksanakannya kurikulum. Di samping itu pengembangan kurikulum dapat dilakukan sesuai dengan kebutuhan yang disebabkan adanya perubahan peraturan dan perkembangan ilmu dan teknologi.
Pengembangan kurikulum Program Studi Pendidikan Kependudukan dan Lingkungan Hidup Program Doktor Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta dilakukan dengan tujuan menyesuaikan dengan diterbitkannya Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 17 Tahun 2010 tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan, Peraturan Presiden No. 8/2012 Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) – Indonesian Qualification Framework (IQF), Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2012 Tentang Pendidikan Tinggi. Di samping itu, pengembangan kurikulum ini juga mengakomodasi perkembangan ilmu, Renstra Pascasarjan UNJ dan visi Program studi.
- Menjadi Guru, Dosen, Instruktur, Penyuluh, widyaiswara, yang kompeten dalam penguasaan konsep, teori, aplikasi dan analisis di bidang pendidikan kependudukan, pendidikan lingkungan hidup dan pendidikan kependudukan dan lingkungan hidup/ Educational for Sustainable Development (ESD) serta mampu menerapkan IPTEKS dalam bidangnya
- Mampu melaksanakan penelitian bidang Kepedudukan dan Lingkungan Hidup dengan disiplin ilmu yang relevan
- Mampu melaksanakan penelitian dibidang pendidikan dan pembelajaran sesuai dengan kaidah ilmiah Mampu menjadi tenaga ahli pendidikan khususnya pendidikan kependudukan dan lingkungan hidup
Doktor Pendidikan Kependudukan dan Lingkungan Hidup
Dosen
Prof. Dr. Agung Purwanto, M.Si.
Dosen Tetap
Prof. Dr. I Made Putrawan
Dosen DPK
Prof. Dr. Muhammad Zid, M.Si.
Dosen Tetap
Doktor Pendidikan Kependudukan dan Lingkungan Hidup
Tujuan
- Menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan mengembangkan kinerja profesionalnya sebagai pendidik maupun peneliti yang ditunjukkan dengan ketajaman analisisnya terhadap permasalahan pendidikan kependudukan dan lingkungan hidup;
- Menghasilkan lulusan yang memiliki pemahaman yang komprenhesif tentang konsep-konsep, teori-teori dan paradigma baru dalam bidang pendidikan kependudukan dan lingkungan hidup;
- Menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan untuk mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni yang aplikatif yang terkait dengan pendidikan, kependudukan dan lingkungan hidup, melalui pemahaman, analisis dan sintesis terhadap pendekatan, metode dan kaidah keilmuan;
- Menghasilkan lulusan yang memilki kemampuan menggunakan pengetahuan dan keterampilan terkait yang dengan pendidikan kependudukan dan lingkungan hidup dalam rangka memecahkan masalahan-masalah pendidikan kependudukan dan lingkungan hidup yang kompleks yang bersifat lintas disiplin ilmu;
- Menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan memecahkan masalah di bidang pendidikan kependudukan dan lingkungan hidup melalui kegiatan penelitian dan pengabdian pada masyarakat berdasarkan kaidah ilmiah;
- Menghasilkan lulusan yang memiliki sifat keterbukaan serta responsif terhadap perubahan dan kemajuan ilmu pengetahuan pendidikan kependudukan dan lingkungan hidup;
- Menghasilkan lulusan yang memilki kemampuan mengkomunikasikan pemikiran dan hasil karyanya dalam bidang pendidikan kependudukan dan lingkungan hidup, baik secara lokal maupun global.
Doktor Pendidikan Kependudukan dan Lingkungan Hidup
Capaian Pembelajaran
- Mampu mengembangkan pengetahuan baru tentang teori pedagogi, literasi, manfaat teknologi dan atau seni baru tentang informasi dalam bidang ilmu pendidikan kependudukan dan lingkungan hidup, untuk menghasilkan solusi bagi peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara melalui pendekatan interdisipliner atau multidisipliner dan transdisipliner;
- Mampu mengembangkan keilmuan pendidikan kependudukan dan pendidikan lingkungan atau praktik profesionalnya melalui riset hingga menghasilkan karya kreatif, original, dan teruji di bidang kependudukan, lingkungan dan pendidikan kependudukan dan pendidikan lingkungan untuk mencapai target SDGS nasional dan global;
- Mampu memecahkan masalah sains, teknologi dan atau seni terkait pada bidang pendidikan kependudukan dan lingkungan hidup berdasarkan teori pedagogi, literasi, teknologi informasi melalui metode ilmiah dengan pendekatan interdisipliner atau multidisipliner dan transdisipliner yang menginternalisasikan nilai, norma, dan etika akademik;
- Mampu mengembangkan teori baru dalam pembelajaran inovatif dengan mengaplikasikan konsep dan prinsip didaktik pedagogis dalam pendidikan kependudukan dan lingkungan hidup dengan memanfaatkan IPTEKS berorientasi pada kecakapan hidup (life skills) dan berkontribusi dalam peningkatan kualitas lingkungan dan kualitan manusia;
- Mampu mengelola, memimpin dan mengembangkan riset dan pengembangan yang bermanfaat bagi ilmu pengetahuan pendidikan kependudukan dan lingkungan hidup serta kemaslahatan umat manusia, dan mampu mendapat pengakuan nasional maupuan internasional.
Mata Kuliah
Doktor Pendidikan Kependudukan dan Lingkungan Hidup
Mata Kuliah Umum
KODE | MATA KULIAH | SKS |
99009113 | Filsafat Ilmu Lanjutan | 3 sks |
99009123 | Metodologi Penelitian Lanjutan | 3 sks |
99009133 | Statistika Lanjutan | 3 sks |
99009143 | Penulisan Artikel Ilmiah Terindeks | 3 sks |
Mata Kuliah Keahlian
KODE | MATA KULIAH | SKS |
99089113 | Kapita Selekta dalam PKLH | 3 sks |
99089123 | Ekopedagogik dalam PKLH | 3 sks |
99089133 | ICT dan Big Data dalam PKLH | 3 sks |
99089143 | Ekologi Manusia dalam Transisi Demografi | 3 sks |
99089153 | Lingkungan dan Pembangunan | 3 sks |
99089183 | Orientasi Baru dalam Pedagogi | 3 sks |
99029193 | Kolokium Pendidikan Kependudukan dan Lingkungan Hidup | 3 sks |
Mata Kuliah Pilihan*
KODE | MATA KULIAH | SKS |
99089413 | Strategi Inovatif dalam Pembelajaran PKLH | 3 sks |
99089423 | Kebijakan Publik dan Analisis Kelembagaan | 3 sks |
99089433 | Isu-isu Perubahan Iklim | 3 sks |
99089443 | Sistem Manajemen Lingkungan | 3 sks |
99089453 | Sistem Dinamik dan Permodelan Lingkungan | 3 sks |
* Pilih 1 (satu) mata kuliah dari Mata Kuliah Pilihan yang tersedia |
Mata Kuliah Matrikulasi**
KODE | MATA KULIAH | SKS |
99089013 | Landasan Ilmu Pendidikan* | 3 sks |
** dilaksanakan sebelum perkuliahan semester
Disertasi
KODE | MATA KULIAH | SKS |
99009917 | Disertasi | 15 sks |
AKREDITASI
Program Studi Doktor Pendidikan Kependudukan dan Lingkungan Hidup merupakan salah satu program studi yang dikelola oleh Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta yang terakreditasi Unggul di Lembaga Akreditasi Mandiri Kependidikan (LAMDIK) dengan SK No. 471/SK/LAMDIK/Ak/D/X/2022 dan berlaku sampai dengan tanggal 4 Juli 2027.
Doktor
Pendidikan Kependudukan dan Lingkungan Hidup
Kurikulum
Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, konten, dan bahan pembelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman untuk pelaksanaan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan Perguruan Tinggi Pendidikan. Kurikulum sebagai salah satu komponen yang harus disiapkan oleh setiap satuan pendidikan. Program Doktor Pendidikan Kependudukan dan Lingkungan Hidup Pascasarjana UNJ telah mengembangkan kurikulum mengacu pada dasar hukum yang ada.
Kurikulum Pascasarjana UNJ disusun oleh Program Studi untuk mencapai Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL). CPL memuat prinsip-prinsip sebagai berikut:
Landasan Hukum
Landasan hukum untuk pengembangan kurikulum Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta (UNJ) yaitu (a) Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2012 tentang Perguruan Tinggi Pendidikan, (b) Peraturan Presiden Nomor 8 Tahun 2012 tentang Bangsa Indonesia Kerangka Kualifikasi Nasional (KKNI), (c) Permendikbud No. 73 Tahun 2013 tentang Penerapan KKNI di Perguruan Tinggi, (d) Pemerintah Peraturan Nomor 4 Tahun 2014 tentang Penyelenggaraan Perguruan Tinggi Pendidikan dan Manajemen Pendidikan Tinggi, dan (d) Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No.3 Tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan.
Maka sejak tahun 2013 semua kurikulum perguruan tinggi di Indonesia, harus berbasis KKNI. KKNI (Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia) adalah kerangka kerja untuk berjenjang kualifikasi kompetensi yang dapat menyetarakan dan mengintegrasikan antara bidang pendidikan dan bidang pelatihan kerja dan pengalaman kerja di rangka memberikan pengakuan kompetensi kerja sesuai dengan strukturnya kerja di berbagai sektor.
Kurikulum Pascasarjana
- Penguasaan capaian pembelajaran mata kuliah (CPMK) beserta penerapannya, yang dijamin dengan kemahiran berbahasa, kecakapan dasar-dasar logika matematik, dan kemahiran akademik sesuai bidang keahliannya.
- Perhatian terhadap pertumbuhan personal, sosial, dan fisik sebagai peng¬hargaan terhadap integritas, komitmen, keunggulan, dan penerimaan terhadap bakat/talenta serta keterbatasannya.
- Pengembangan kebiasaan merefleksi pengalaman, mampu mencari pengalaman baru, dan bersedia untuk mengambil risiko dari hasil eksplorasi pilihan-pilihan karier dan gaya hidup menurut kerangka nilai tertentu, dan terbuka terhadap perembangan baru dalam kerangka akademik dan karier.
- Fleksibel dan terbuka terhadap pandangan orang lain, bersemangat untuk belajar dari orang lain, serta mampu menerima kelebihan dan kekurangan orang lain, bebas-otentik dalam mengungkapkan perasaan, serta mengelola emosionalnya.
- Penghargaan terhadap hidup keimanan dan kegiatan intelektual yang berkembang serasi terpadu dalam hidup manusia yang didasarkan pada ajaran agama dalam kehidupan.
- Terbuka terhadap pluralitas tradisi keagamaan dan menghargai pengalaman keberagamaan orang lain melalui mekanisme toleransi hidup beragama dalam mengembangkan kematangan sosial yang mandiri dan cerdas yang dilandasi komitmen untuk peduli hak azasi manusia.
Komponen Kurikulum
- Mata Kuliah Umum merupakan pengetahuan umum yang melandasi pembentukan kemampuan pengembangan ilmu sehingga terampil dalam berkarya sesuai dengan dasar ilmu yang dikuasai. Mata kuliah umum diarahkan pada pembentukan kemampuan melaksanakan, mengorganisasikan, dan terampil dalam memimpin program penelitian sesuai dengan tujuan pendidikan program doktor. Mata kuliah umum harus dikuasai oleh setiap peserta program doktor dari seluruh program studi.
- Mata Kuliah Keahlian Program Studi adalah kelompok bahan kajian utama bidang keahlian lulusan yang bertujuan menghasilkan tenaga ahli dengan kekaryaan berlandaskan ilmu dan keterampilan yang dikuasai.
- Mata Kuliah Pilihan adalah bagian dari kelompok Mata Kuliah Program Studi dan/atau mata kuliah di luar program studi yang dipilih oleh mahasiswa sesuai dengan bidang kajian disertasi.
- Mata Kuliah Matrikulasi adalah mata kuliah tambahan bagi mahasiswa yang berasal dari program nonpendidikan atau program studi pendidikan yang tidak sebidang. Mata Kuliah Matrikulasi dimaksudkan untuk memberikan materi yang harus dikuasai sebagai acuan bagi penguasaan teori-teori pendidikan dan/atau materi prasyarat program studi.
- Disertasi adalah karya ilmiah berdasarkan hasil penelitian yang memenuhi kriteria penelitian ilmiah dan persyaratan metodologi disiplin ilmu pada program studi sebagai upaya pemecahan masalah dan pengungkapan suatu temuan ilmiah, atau pengembangan konsep baru.
Beban Studi Program Doktor
Tabel 1. Sebaran Beban Studi untuk Latar Belakang Program Doktor Sebidang
No | Mata Kuliah | Bobot SKS |
1 | Mata Kuliah Umum | 12 |
2 | Mata Kuliah Keahlian | 12 – 24 |
3 | Mata Kuliah Pilihan | 3 |
4 | Disertasi | 15 |
Jumlah | 42 – 54 |
Tabel 2. Sebaran Beban Studi untuk Latar Belakang Program Doktor Tidak Sebidang
No | Mata Kuliah | Bobot SKS |
1 | Mata Kuliah Matrikulasi | 3 |
2 | Mata Kuliah Umum | 12 |
3 | Mata Kuliah Keahlian | 12 – 24 |
4 | Mata Kuliah Pilihan | 3 |
5 | Disertasi | 15 |
Jumlah | 45 – 57 |
Doktor Pendidikan Kependudukan dan Lingkungan Hidup
Profil Lulusan
Pendidik
Pendidik
Peneliti
Peneliti
Tenaga ahli (konsultan)
Tenaga Ahli (Konsultan)
Doktor Pendidikan Kependudukan dan Lingkungan Hidup
Prestasi
Dosen
No. | Nama Dosen | Prestasi yang Dicapai* | Waktu Pencapaian | Tingkat (Lokal, Nasional, Internasional) |
1 | I Made Putrawan | Peneliti Terbaik bidang pendidikan Tahun 2015 dari Lemlit UNJ | 2015 | Lokal |
2 | I Made Putrawan | Leadership Research as Variable of Management Dissertation at PPs. UNJ: A Meta Analysis | 2016 | Nasional |
3 | I Made Putrawan | Model Validation of Students Environmental Behavior affected by personality, NEP, Environmental Morale, and Naturalistic. | 2016 | Nasional |
4 | I Made Putrawan | Research Report dealing with NEP Validation related to People Water Conservation Behavior, Manggarai, East Nusa Tenggara (NTT), | 2015 | Nasional |
5 | I Made Putrawan | Students New Environmental Paradigm (NEP) Assessment based on their knowledge about ecosystem and locus of control of SMA students in Palembang, Jakarta and Makassar (AUPT, BOPTN-DIKTI, 2013-2014) | 2014 | Nasional |
6 | I Made Putrawan | Pengembangan Akreditasi LPTK dan Studi Dampak Akreditasi terhadap Lulusan | 2012 | Nasional |
7 | Amos Neolaka | Penghargaan Sebagai Relawan dalam Partisipasi Penumbuhan 55.000 Pohon Mangrove Di Kawasan Hutan Mangrove Tol Sedyatmo, DKI Jakarta Rekor MURI | 2014 | Nasional |
Mahasiswa
No. | Nama Mahasiswa | Jenis Prestasi | Kegiatan, Waktu, dan Tempat | Tingkat (Lokal, Wilayah, Nasional, atau Internasional) |
1 | Imelda Hutasoit | Penelitian | CESHK | Internasional |
2 | Abbas Thaha | Penelitian | CESHK | Internasional |
3 | Syarifah El Jannah | Penelitian | CESHK | Internasional |
4 | Talha Dangkua | Penelitian | CESHK | Internasional |
5 | Zairin | Penelitian | CESHK | Internasional |