PASCASARJANA

PROGRAM DOKTOR PENDIDIKAN KEPENDUDUKAN DAN LINGKUNGAN HIDUP

Red Carpet

Program Studi Pendidikan Kependudukan dan Lingkungan Hidup Program Doktor  Pascasarjana UNJ berdasarkan SK Presiden/ No.45/ 1982, SK Dirjen Dikti Depdiknas: No.590/ DIKTI/ KEP/ 1993 menggunakan Kurikulum Berbasis Kompetensi, namun demikian dengan mengikuti perkembangan pengetahuan dalam era globalilasasi maka konsep kurikulum pendidikan tinggi mengalami perubahan. Saat ini konsep kurikulum mengacu pada Kurikulum Pendidikan Tinggi (KPT) dan Standard Nasional Perguruan Tinggi (SNPT) berbasis KKNI (Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia) (Permenristek Dikti no. 44/2015) yang mengutamakan kesetaraan capaian pembelajaran lulusan (CPL) (mutu), dan terdiri atas sikap, keterampilan umum, keterampilan khusus, dan penguasaan pengetahuan. Implementasi kurikulum Program Studi disesuaikan dengan KPT, sementara kurikulum lokal dikembangkan secara bertahap sesuai dengan arah pengembangan Program Studi dengan melakukan analisis kebutuhan dan keberadaan sumberdaya yang dimiliki.

Berdasarkan analisis perkembangan pengetahuan dan keahlian serta kebutuhan pasar dan pemangku kepentingan maka profil lulusan Program Studi Pendidikan Kependudukan dan Lingkungan Hidup Program Doktor dipersiapkan untuk mengembangkan IPTEKS melalui riset transdipliner, inovasi, dan teruji (KKNI level 9), sehingga menjadi seorang pengembang, peneliti, pengajar, problem solver, perencana, pengelola dan pengambil kebijakan di bidang Pendidikan Kependudukan dan Lingkungan Hidup. Profil lulusan ini diharapkan selalu mengedepankan aspek pendidikan Kependudukan dan Lingkungan Hidup berbasis teknologi dan informasi. Ketercapaian profil demikian memerlukan rumusan tentang Capaian Pembelajaran Lulusan yang mencerminkan sikap, keterampilan umum dan khusus serta penguasaan pengetahuan.

Pengembangan kurikulum pada hakikatnya terjadi sepanjang masa. Namun demikian, dalam praktik dikenal adanya peninjauan dan revisi kurikulum secara berkala. Apabila dikaitkan dengan hakikat continuous improvement maka pengembangan kurikulum perlu dirancang melalui program monitoring & evaluation sejalan dengan dilaksanakannya kurikulum. Di samping itu pengembangan kurikulum dapat dilakukan sesuai dengan kebutuhan yang disebabkan adanya perubahan peraturan dan perkembangan ilmu dan teknologi.

Pengembangan kurikulum Program Studi Pendidikan Kependudukan dan Lingkungan Hidup Program Doktor Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta dilakukan dengan tujuan menyesuaikan dengan diterbitkannya Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 17 Tahun 2010 tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan, Peraturan Presiden  No. 8/2012 Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) – Indonesian Qualification Framework (IQF), Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2012 Tentang Pendidikan Tinggi. Di samping itu, pengembangan kurikulum ini juga mengakomodasi perkembangan ilmu, Renstra Pascasarjan UNJ dan visi Program studi.

  1. Menjadi Guru, Dosen, Instruktur, Penyuluh, widyaiswara, yang kompeten dalam penguasaan konsep, teori, aplikasi dan analisis di bidang pendidikan kependudukan, pendidikan lingkungan  hidup dan pendidikan kependudukan dan lingkungan hidup/ Educational for Sustainable Development (ESD)  serta mampu menerapkan IPTEKS dalam bidangnya
  2. Mampu melaksanakan penelitian bidang Kepedudukan dan Lingkungan Hidup dengan disiplin ilmu yang relevan
  3. Mampu melaksanakan penelitian dibidang pendidikan dan pembelajaran sesuai dengan kaidah ilmiah
  4. Mampu menjadi tenaga ahli pendidikan khususnya pendidikan kependudukan dan lingkungan hidup
NO NAMA STATUS
1 Prof. Dr. Hafid Abas, M. Pd. Dosen Tetap
2 Prof. Dr. Nadiroh, M. Pd. Dosen Tetap
3 Prof. Dr. I Made Putrawan Dosen Tetap
4 Prof. Dr. Ahman Sya Dosen Tetap
5 Dr. Muhammad Zid, M.Si. Dosen Tetap
6 Dr. Uswatun Hasanah, M.Si. Dosen Tetap
8 Prof. Amos Neolaka, M.Pd. Dosen Tidak  Tetap

Tujuan Program Studi PKLH Doktor adalah :

  1. Menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan mengembangkan kinerja profesionalnya sebagai pendidik maupun peneliti yang ditunjukkan dengan ketajaman analisisnya terhadap permasalahan pendidikan kependudukan dan lingkungan hidup;
  2. Menghasilkan lulusan yang memiliki pemahaman yang komprenhesif tentang konsep-konsep, teori-teori dan paradigma baru dalam bidang pendidikan kependudukan dan lingkungan hidup;
  3. Menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan untuk mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni yang aplikatif yang terkait dengan pendidikan, kependudukan dan lingkungan hidup, melalui pemahaman, analisis dan sintesis terhadap pendekatan, metode dan kaidah keilmuan;
  4. Menghasilkan lulusan yang memilki kemampuan menggunakan pengetahuan dan keterampilan terkait yang dengan pendidikan kependudukan dan lingkungan hidup dalam rangka memecahkan masalahan-masalah pendidikan kependudukan dan lingkungan hidup yang kompleks yang bersifat lintas disiplin ilmu;
  5. Menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan memecahkan masalah di bidang pendidikan kependudukan dan lingkungan hidup melalui kegiatan penelitian dan pengabdian pada masyarakat berdasarkan kaidah ilmiah;
  6. Menghasilkan lulusan yang memiliki sifat keterbukaan serta responsif terhadap perubahan dan kemajuan ilmu pengetahuan pendidikan kependudukan dan lingkungan hidup;
  7. Menghasilkan lulusan yang memilki kemampuan mengkomunikasikan pemikiran dan hasil karyanya dalam bidang pendidikan kependudukan dan lingkungan hidup, baik secara lokal maupun global.

Capaian Pembelajaran Program Studi PKLH Doktor:

  • Mampu mengembangkan pengetahuan baru tentang teori pedagogi, literasi, manfaat teknologi dan atau seni baru tentang informasi dalam bidang ilmu pendidikan kependudukan dan lingkungan hidup, untuk menghasilkan solusi bagi peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara melalui pendekatan interdisipliner atau multidisipliner dan transdisipliner;
  • Mampu mengembangkan keilmuan pendidikan kependudukan dan pendidikan lingkungan atau praktik profesionalnya melalui riset hingga menghasilkan karya kreatif, original, dan teruji di bidang kependudukan, lingkungan dan pendidikan kependudukan dan pendidikan lingkungan untuk mencapai target SDGS nasional dan global;
  • Mampu memecahkan masalah sains, teknologi dan atau seni terkait pada bidang pendidikan kependudukan dan lingkungan hidup berdasarkan teori pedagogi, literasi, teknologi informasi melalui metode ilmiah dengan pendekatan interdisipliner atau multidisipliner dan transdisipliner yang menginternalisasikan nilai, norma, dan etika akademik;
  • Mampu mengembangkan teori baru dalam pembelajaran inovatif dengan mengaplikasikan konsep dan prinsip didaktik pedagogis dalam pendidikan kependudukan dan lingkungan hidup dengan memanfaatkan IPTEKS berorientasi pada kecakapan hidup (life skills) dan berkontribusi dalam peningkatan kualitas lingkungan dan kualitan manusia;
  • Mampu mengelola, memimpin dan mengembangkan riset dan pengembangan yang bermanfaat bagi ilmu pengetahuan pendidikan kependudukan dan lingkungan hidup serta kemaslahatan umat manusia, dan mampu mendapat pengakuan nasional maupuan internasional.
  • Profil Lulusan Program Doktor Program Studi Pendidikan Kependudukan dan Lingkungan Hidup
    No Profil Lulusan Deskripsi Profil Lulusan
    1 Tenaga pendidik sekolah formal informal dan nonformal di bidang Pendidikan Kependudukan dan Lingkungan Hidup (P1) Menjadi Guru, Dosen, Instruktur, Penyuluh, widyaiswara, yang kompeten dalam penguasaan konsep, teori, aplikasi dan analisis di bidang pendidikan kependudukan, pendidikan lingkungan  hidup dan pendidikan kependudukan dan lingkungan hidup/ Educational for Sustainable Development  (ESD)  serta mampu menerapkan IPTEKS dalam bidangnya
    2. Peneliti (P2) a. Mampu melaksanakan penelitian bidang Kepedudukan dan Lingkungan Hidup dengan disiplin ilmu yang relevan
    b. Mampu melaksanakan penelitian dibidang pendidikan dan pembelajaran sesuai dengan kaidah ilmiah.
    3. Tenaga ahli  (konsultan) (P3) Mampu menjadi tenaga ahli pendidikan khususnya pendidikan kependudukan dan lingkungan hidup

Program studi Doktor Pendidikan  Lingkungan  merupakan salah satu prodi yang dikelola pascasarjana yang terakreditasi B di BAN-PT dengan nomor.  4705/SK/BAN-PT/Akred/D/XII/2017

  • Mata Kuliah Umum

KODE MATA KULIAH SKS
99009113 Filsafat Ilmu Lanjutan 3 sks
99009123 Metodologi Penelitian Lanjutan 3 sks
99009133 Statistika Lanjutan 3 sks
99009143 Penulisan Artikel Ilmiah Terindeks 3 sks

 

  • Mata Kuliah Keahlian

KODE MATA KULIAH SKS
99089113 Kapita Selekta dalam PKLH 3 sks
99089123 Ekopedagogik dalam PKLH 3 sks
99089133 ICT dan Big Data dalam PKLH 3 sks
99089143 Ekologi Manusia dalam Transisi Demografi 3 sks
99089153 Lingkungan dan Pembangunan 3 sks
99089183 Orientasi Baru dalam Pedagogi 3 sks
99029193 Kolokium Pendidikan Kependudukan dan Lingkungan Hidup 3 sks

 

  • Mata Kuliah Pilihan

KODE MATA KULIAH SKS
99089413 Strategi Inovatif dalam Pembelajaran PKLH 3 sks
99089423 Kebijakan Publik dan Analisis Kelembagaan 3 sks
99089433 Isu-isu Perubahan Iklim 3 sks
99089443 Sistem Manajemen Lingkungan 3 sks
99089453 Sistem Dinamik dan Permodelan Lingkungan 3 sks
Pilih 1 (satu) mata kuliah dari Mata Kuliah Pilihan yang tersedia

 

  • Mata Kuliah Matrikulasi

KODE MATA KULIAH SKS
99089013 Landasan Ilmu Pendidikan* 3 sks

Catatan : * dilaksanakan sebelum perkuliahan semester 1

 

  • Disertasi

KODE MATA KULIAH SKS
99009917 Disertasi 15 sks
No. Nama Dosen Prestasi yang Dicapai* Waktu Pencapaian Tingkat (Lokal, Nasional, Internasional)
1  I Made Putrawan Peneliti Terbaik bidang pendidikan Tahun 2015 dari Lemlit UNJ 2015 Lokal
2  I Made Putrawan Leadership Research as Variable of Management Dissertation at PPs. UNJ: A Meta Analysis 2016 Nasional
3  I Made Putrawan Model Validation of Students Environmental Behavior affected by personality, NEP, Environmental Morale, and Naturalistic. 2016 Nasional
4  I Made Putrawan Research Report dealing with NEP Validation related to People Water Conservation Behavior, Manggarai, East Nusa Tenggara (NTT), 2015 Nasional
5  I Made Putrawan Students New Environmental Paradigm (NEP) Assessment based on their knowledge about ecosystem and locus of control of SMA students in Palembang, Jakarta and Makassar (AUPT, BOPTN-DIKTI, 2013-2014) 2014 Nasional
6  I Made Putrawan Pengembangan Akreditasi LPTK dan Studi Dampak Akreditasi terhadap Lulusan 2012 Nasional
7 Amos Neolaka Penghargaan Sebagai Relawan dalam Partisipasi Penumbuhan 55.000 Pohon Mangrove Di Kawasan Hutan Mangrove Tol Sedyatmo, DKI Jakarta Rekor MURI 2014 Nasional

2. Pencapaian Prestasi Mahasiswa

No. Nama Mahasiswa Jenis Prestasi Kegiatan, Waktu, dan Tempat Tingkat (Lokal, Wilayah, Nasional, atau Internasional)
1 Imelda Hutasoit Penelitian CESHK Internasional
2 Abbas Thaha Penelitian CESHK Internasional
3 Syarifah El Jannah Penelitian CESHK Internasional
4 Talha Dangkua Penelitian CESHK Internasional
5 Zairin Penelitian CESHK Internasional