Lapor Pasca

Program Studi Doktor

Manajemen Pendidikan

Doktor Manajemen Pendidikan

Tentang Kami

Program Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta didirikan pada tahun 1978 sebagai Program Pascasarjana terstruktur pertama dalam Lembaga Pendidikan Energi (LPTK) di Indonesia. Pada tahun 1980 adalah dikukuhkan sebagai Fakultas Pascasarjana IKIP Jakarta. Selanjutnya, berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 45 Tahun 1982 tentang Susunan Organisasi IKIP Jakarta, salah satu fakultas yang telah disahkan adalah Fakultas Pascasarjana. Program S2 Manajemen Pendidikan resmi dilaksanakan pada bulan September 7 Tahun 1982 dengan Keputusan Penetapan Presiden Nomor Keputusan Program Studi No. 45 Tahun 1982, Keputusan Menteri Pendidikan dan Budaya No. 0311/O/1991 dan Nomor Izin Operasional Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi No. 590/DIKTI/Kep/1993, SK Dirjen Dikti No. 136/Dikti/Kep/2007, SK. Rektor pendidikan UNJ No.9554/D/T/K-N/2011 yang diselenggarakan antara lain Magister Program (S2) dan Program Doktor (S3).

Program Doktor Manajemen Pendidikan Pascasarjana UNJ merupakan salah satu program program studi yang dikelola oleh Pascasarjana dengan peringkat akreditasi B dari BANPT.

Saat ini Program Doktor telah memiliki dosen yang profesional dan berkualitas, terdiri dari Guru Besar dan dosen homebase bergelar doktor dengan jabatan akademik lektor dan lektor kepala. Sumber daya manusia yang memadai diharapkan dapat memberikan layanan pembelajaran yang terstandarisasi kepada mahasiswa, termasuk membimbing dan menguji mahasiswa dalam penyusunan disertasi. Dengan pelayanan yang memadai, kualitas lulusan Program Doktor Manajemen Pendidikan dapat memiliki wawasan yang baik dan jaringan kerja yang luas, sehingga dapat memberikan sumbangsih bagi kemajuan manajemen pendidikan di tanah air yang pada gilirannya dapat meningkatkan kualitas pendidikan secara keseluruhan.

Mahasiswa Program Doktor Manajemen Pendidikan banyak yang sudah bekerja, dengan berbagai profesi diantaranya Dosen PTN, PTS, Staf Kandepdiknas, Guru SMP/ sekolah negeri/swasta dan kejuruan, SMK PPPG, Staf Kandepag dan lain-lain.

Doktor Manajemen Pendidikan

Dosen

Prof. Dr. Suryadi

Dosen Tetap

Prof. Dr. Bedjo Sujanto, M.Pd.

Dosen DPK

Prof. Dr. Ir. Ivan Hanafi, M.Pd.

Dosen Tetap

Prof. Dr. R. Madhakomala, M.Pd.

Dosen Tetap

Prof. Dr. Rugaiyah, M. Pd.

Dosen Tetap

Prof. Dr. Unifah Rosyidi, M.Pd.

Dosen Tetap

Prof. Dr. Hj. Eliana Sari, M.M.

Dosen DPK

Prof. Dr. Neti Karnati, M.Pd.

Dosen Tetap

Prof. Dr. Masduki, S.H., M.M.

Dosen Tetap

Prof. Dr. Nurhattati, M.Pd

Dosen DPK

Dr. Mohammad Sofwan Effendi, M.Ed.

Dosen DPK

Dr. Ir. Teguh Trianung Djoko Susanto, M.M

Dosen DPK

Doktor  Manajemen Pendidikan

Capaian Pembelajaran

Capaian Pembelajaran

Doktor Manajemen Pendidikan

DATA

0
Mahasiswa

Mahasiswa pada Tahun Akademik 2023/2024

0
Dosen

Tenaga Pengajar dengan kualifikasi Guru Besar dan Doktor

0
Alumni

Lulusan 5 (lima) Tahun Terakhir

Doktor Manajemen Pendidikan

Mata Kuliah

Mata Kuliah Umum

KODEMATA KULIAHSKS
99009113Filsafat Ilmu Lanjutan3 sks
99009123Metodologi Penelitian Lanjutan3 sks
99009133Statistika Lanjutan3 sks
99009143Penulisan Artikel Ilmiah Terindeks3 sks

 Mata Kuliah Keahlian

KODEMATA KULIAHSKS
99119113Berpikir Sistem dalam Manajemen Pendidikan 3 sks
99119123Kebijakan dan Perencanaan Strategis Pendidikan3 sks
99119133Kepemimpinan dan Perilaku Organisasi Pendidikan3 sks
99119143Manajemen Pengendalian Mutu Pendidikan3 sks
99119153Manajemen Satuan Pendidikan3 sks
99119163Orientasi Baru dalam Pedagogi3 sks
99119173Kolokium Manajemen Pendidikan3 sks

 Mata Kuliah Pilihan

KODEMATA KULIAHSKS
99119413Manajemen Sumber Daya Pendidikan3 sks
99119423Manajemen Pengembangan Kurikulum3 sks
99119433Ekonomi Pendidikan3 sks
Pilihan 1 (satu) mata kuliah pilihan dari Mata Kuliah Pilihan yang tersedia

 Mata Kuliah Matrikulasi

KODEMATA KULIAHSKS
99119013Landasan lmu Pendidikan*3 sks

Catatan : * dilaksanakan sebelum perkuliahan semester 1

Disertasi

KODEMATA KULIAHSKS
99009917Disertasi15 sks

 

AKREDITASI

Program Studi Doktor Manajemen Pendidikan merupakan salah satu program studi yang dikelola oleh Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta yang terakreditasi Baik Sekali di BAN-PT dengan SK No. 14079/SK/BAN-PT/Akred/D/XII/2021 dan berlaku sampai dengan tanggal 31 Desember 2026.

Doktor
Manajemen Pendidikan

Kurikulum

Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, konten, dan bahan pembelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman untuk pelaksanaan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan Perguruan Tinggi Pendidikan. Kurikulum sebagai salah satu komponen yang harus disiapkan oleh setiap satuan pendidikan. Program Doktor Manajemen Pendidikan Pascasarjana UNJ telah mengembangkan kurikulum mengacu pada dasar hukum yang ada.

Landasan hukum untuk pengembangan kurikulum Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta (UNJ) yaitu (a) Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2012 tentang Perguruan Tinggi Pendidikan, (b) Peraturan Presiden Nomor 8 Tahun 2012 tentang Bangsa Indonesia Kerangka Kualifikasi Nasional (KKNI), (c) Permendikbud No. 73 Tahun 2013 tentang Penerapan KKNI di Perguruan Tinggi, (d) Pemerintah Peraturan Nomor 4 Tahun 2014 tentang Penyelenggaraan Perguruan Tinggi Pendidikan dan Manajemen Pendidikan Tinggi, dan (d) Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No.3 Tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan.

Maka sejak tahun 2013 semua kurikulum perguruan tinggi di Indonesia, harus berbasis KKNI. KKNI (Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia) adalah kerangka kerja untuk berjenjang kualifikasi kompetensi yang dapat menyetarakan dan mengintegrasikan antara bidang pendidikan dan bidang pelatihan kerja dan pengalaman kerja di rangka memberikan pengakuan kompetensi kerja sesuai dengan strukturnya kerja di berbagai sektor.

Terkait dengan hal tersebut, Program Doktor Manajemen Pendidikan adalah jenjang pendidikan tinggi terakhir memiliki tujuan yaitu menghasilkan lulusan doktor dalam bidang kebijakan pendidikan, perencanaan pendidikan, kepemimpinan pendidikan dan  pengendalian mutu  pendidikan.

  1. Penguasaan capaian pembelajaran mata kuliah (CPMK) beserta penerapannya, yang dijamin dengan kemahiran berbahasa, kecakapan dasar-dasar logika matematik, dan kemahiran akademik sesuai bidang keahliannya.
  2. Perhatian terhadap pertumbuhan personal, sosial, dan fisik sebagai peng¬hargaan terhadap integritas, komitmen, keunggulan, dan penerimaan terhadap bakat/talenta serta keterbatasannya.
  3. Pengembangan kebiasaan merefleksi pengalaman, mampu mencari pengalaman baru, dan bersedia untuk mengambil risiko dari hasil eksplorasi pilihan-pilihan karier dan gaya hidup menurut kerangka nilai tertentu, dan terbuka terhadap perembangan baru dalam kerangka akademik dan karier.
  4. Fleksibel dan terbuka terhadap pandangan orang lain, bersemangat untuk belajar dari orang lain, serta mampu menerima kelebihan dan kekurangan orang lain, bebas-otentik dalam mengungkapkan perasaan, serta mengelola emosionalnya.
  5. Penghargaan terhadap hidup keimanan dan kegiatan intelektual yang berkembang serasi terpadu dalam hidup manusia yang didasarkan pada ajaran agama dalam kehidupan.
  6. Terbuka terhadap pluralitas tradisi keagamaan dan menghargai pengalaman keberagamaan orang lain melalui mekanisme toleransi hidup beragama dalam mengembangkan kematangan sosial yang mandiri dan cerdas yang dilandasi komitmen untuk peduli hak azasi manusia.
  1. Mata Kuliah Umum merupakan pengetahuan umum yang melandasi pembentukan kemampuan pengembangan ilmu sehingga terampil dalam berkarya sesuai dengan dasar ilmu yang dikuasai. Mata kuliah umum diarahkan pada pembentukan kemampuan melaksanakan, mengorganisasikan, dan terampil dalam memimpin program penelitian sesuai dengan tujuan pendidikan program doktor. Mata kuliah umum harus dikuasai oleh setiap peserta program doktor dari seluruh program studi.
  2. Mata Kuliah Keahlian Program Studi adalah kelompok bahan kajian utama bidang keahlian lulusan yang bertujuan menghasilkan tenaga ahli dengan kekaryaan berlandaskan ilmu dan keterampilan yang dikuasai.
  3. Mata Kuliah Pilihan adalah bagian dari kelompok Mata Kuliah Program Studi dan/atau mata kuliah di luar program studi yang dipilih oleh mahasiswa sesuai dengan bidang kajian disertasi.
  4. Mata Kuliah Matrikulasi adalah mata kuliah tambahan bagi mahasiswa yang berasal dari program nonpendidikan atau program studi pendidikan yang tidak sebidang. Mata Kuliah Matrikulasi dimaksudkan untuk memberikan materi yang harus dikuasai sebagai acuan bagi penguasaan teori-teori pendidikan dan/atau materi prasyarat program studi.
  5. Disertasi adalah karya ilmiah berdasarkan hasil penelitian yang memenuhi kriteria penelitian ilmiah dan persyaratan metodologi disiplin ilmu pada program studi sebagai upaya pemecahan masalah dan pengungkapan suatu temuan ilmiah, atau pengembangan konsep baru.

Tabel 1. Sebaran Beban Studi untuk Latar Belakang Program Doktor Sebidang

NoMata KuliahBobot SKS
1Mata Kuliah Umum12
2Mata Kuliah Keahlian12 – 24
3Mata Kuliah Pilihan3
4Disertasi15
 Jumlah42 – 54

Tabel 2. Sebaran Beban Studi untuk Latar Belakang Program Doktor Tidak Sebidang

NoMata KuliahBobot SKS
1Mata Kuliah Matrikulasi3
2Mata Kuliah Umum12
3Mata Kuliah Keahlian12 – 24
4Mata Kuliah Pilihan3
5Disertasi15
 Jumlah45 – 57

Doktor  Teknologi Pendidikan

Profil Lulusan

Doktor Manajemen Pendidikan

Kegiatan

Ikuti kami di

© All rights reserved Postgraduate State University of Jakarta 2021