Program Doktor

Manajemen Pendidikan

Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, konten, dan bahan pembelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman untuk pelaksanaan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan Perguruan Tinggi Pendidikan. Kurikulum sebagai salah satu komponen yang harus disiapkan oleh setiap satuan pendidikan. Program Doktor Manajemen Pendidikan Pascasarjana UNJ telah mengembangkan kurikulum mengacu pada dasar hukum yang ada.

Landasan hukum untuk pengembangan kurikulum Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta (UNJ) yaitu (a) Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2012 tentang Perguruan Tinggi Pendidikan, (b) Peraturan Presiden Nomor 8 Tahun 2012 tentang Bangsa Indonesia Kerangka Kualifikasi Nasional (KKNI), (c) Permendikbud No. 73 Tahun 2013 tentang Penerapan KKNI di Perguruan Tinggi, (d) Pemerintah Peraturan Nomor 4 Tahun 2014 tentang Penyelenggaraan Perguruan Tinggi Pendidikan dan Manajemen Pendidikan Tinggi, dan (d) Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No.3 Tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan.

Maka sejak tahun 2013 semua kurikulum perguruan tinggi di Indonesia, harus berbasis KKNI. KKNI (Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia) adalah kerangka kerja untuk berjenjang kualifikasi kompetensi yang dapat menyetarakan dan mengintegrasikan antara bidang pendidikan dan bidang pelatihan kerja dan pengalaman kerja di rangka memberikan pengakuan kompetensi kerja sesuai dengan strukturnya kerja di berbagai sektor.

Terkait dengan hal tersebut, Program Doktor Manajemen Pendidikan adalah jenjang pendidikan tinggi terakhir memiliki tujuan yaitu menghasilkan lulusan doktor dalam bidang kebijakan pendidikan, perencanaan pendidikan, kepemimpinan pendidikan dan  pengendalian mutu  pendidikan.

Profil Program Studi

Program Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta didirikan pada tahun 1978 sebagai Program Pascasarjana terstruktur pertama dalam Lembaga Pendidikan Energi (LPTK) di Indonesia. Pada tahun 1980 adalah dikukuhkan sebagai Fakultas Pascasarjana IKIP Jakarta. Selanjutnya, berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 45 Tahun 1982 tentang Susunan Organisasi IKIP Jakarta, salah satu fakultas yang telah disahkan adalah Fakultas Pascasarjana. Program S2 Manajemen Pendidikan resmi dilaksanakan pada bulan September 7 Tahun 1982 dengan Keputusan Penetapan Presiden Nomor Keputusan Program Studi No. 45 Tahun 1982, Keputusan Menteri Pendidikan dan Budaya No. 0311/O/1991 dan Nomor Izin Operasional Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi No. 590/DIKTI/Kep/1993, SK Dirjen Dikti No. 136/Dikti/Kep/2007, SK. Rektor pendidikan UNJ No.9554/D/T/K-N/2011 yang diselenggarakan antara lain Magister Program (S2) dan Program Doktor (S3). Mulai tahun 1996 Pendidikan Program Studi Manajemen baik program S2 maupun S3 diselenggarakan di IKIP Jakarta berdasarkan pada SK Dikti untuk pembentukan Progam Studi No. 590/DIKTI//Kep/1993, dengan perpanjangan SK Rektor Pascasarjana UNJ a.n Dirjen Dikti No. 7163/D/T/K-N/2011 tentang Perpanjangan Izin Program Studi karena layak diselenggarakan dengan dukungan pembelajaran yang memadai.

Program Doktor Manajemen Pendidikan Pascasarjana UNJ merupakan salah satu program program studi yang dikelola oleh Pascasarjana dengan peringkat akreditasi B dari BANPT. Saat ini Program Doktor telah memiliki dosen yang profesional dan berkualitas, terdiri dari 6 (enam) Guru Besar/Guru Besar dan dosen homebase bergelar doktor dengan jabatan akademik lektor dan lektor kepala. Sumber daya manusia yang memadai diharapkan dapat memberikan layanan pembelajaran yang terstandarisasi kepada mahasiswa, termasuk membimbing dan menguji mahasiswa dalam penyusunan disertasi. Dengan pelayanan yang memadai, kualitas lulusan Program Doktor Manajemen Pendidikan dapat memiliki wawasan yang baik dan jaringan kerja yang luas, sehingga dapat memberikan sumbangsih bagi kemajuan manajemen pendidikan di tanah air yang pada gilirannya dapat meningkatkan kualitas pendidikan secara keseluruhan.

Mahasiswa Program Doktor Manajemen Pendidikan banyak yang sudah bekerja, dengan berbagai profesi diantaranya Dosen PTN, PTS, Staf Kandepdiknas, Guru SMP/ sekolah negeri/swasta dan kejuruan, SMK PPPG, Staf Kandepag dan lain-lain. Selama 3 tahun terakhir jumlah Doktor Manajemen Mahasiswa program berjumlah 225 mahasiswa, dengan sebaran PTS/PTS dosen, Dinas Pendidikan, guru dari berbagai sekolah.

Tenaga Pengajar

Dr. Suryadi, M.Pd.

Koordinator Program Studi Manajemen Pendidikan

Prof. Dr. Bedjo Sujanto, M.Pd

Guru Besar dibidang Manajemen Pendidikan

Prof. Dr. Mukhneri Mukhtar, M.Pd.

Guru Besar dibidang Manajemen Pendidikan

Prof. Dr. R. Madhakomala, M.Pd.

Guru Besar dibidang Manajemen Pendidikan

Prof. Dr. Rugaiyah, M. Pd.

Guru Besar dibidang Manajemen Pendidikan

Prof. Dr. Unifah Rosyidi, M.Pd

Guru Besar dibidang Manajemen Pendidikan

Prof. Dr. Elianasari, M. Pd

Guru Besar dibidang Manajemen Pendidikan

Prof. Dr. Netti Karnati, M.Pd.

Guru Besar dibidang Manajemen Pendidikan

Profil Mahasiswa

Kurikulum & Mata Kuliah

Komponen kurikulum Program Doktor sebagai berikut,

  1. Mata Kuliah Umum merupakan ilmu umum yang mendasari terbentuknya kemampuan pengembangan ilmu sehingga terampil dalam bekerja sesuai dengan ilmu dasar yang dikuasai. Mata kuliah umum diarahkan pada pembentukan kemampuan untuk melaksanakan, menyelenggarakan, dan mengelola program penelitian sesuai dengan tujuan pendidikan program doktor. Mata kuliah umum harus dikuasai oleh masing-masing peserta program doktor dari seluruh studi

  2. Mata Kuliah Keahlian adalah sekumpulan mata kuliah yang ditujukan untuk menghasilkan tenaga ahli yang bekerja berdasarkan pengetahuan dan keterampilannya Mata Kuliah Pilihan merupakan bagian dari Kelompok Program Studi dan Mata Kuliah Dasar Mata kuliah ini dipilih oleh mahasiswa sesuai dengan bidang studi disertasi.

  3. Mata Kuliah Matrikulasi adalah sekumpulan mata kuliah yang wajib diambil oleh mahasiswa yang berasal dari program non kependidikan dan program pendidikan yang bukan sebidang. Mata kuliah ini memberikan dasar pengetahuan pendidikan yang harus dikuasai sebagai acuan penguasaan teori-teori pendidikan.

  4. Penyusunan disertasi adalah suatu rancangan yang memuat mata kuliah pendukung dalam penyusunan tugas akhir atau karya ilmiah dengan tujuan untuk mengkonstruksi teori dan pengalaman sehingga tugas akhir yang akan dibuat dapat dilaksanakan.

  5. Disertasi adalah hasil karya ilmiah berdasarkan hasil penelitian yang memenuhi kriteria penelitian ilmiah dan disiplin ilmu program studi sebagai upaya pemecahan masalah dan pengungkapan suatu temuan ilmiah atau pengembangan suatu konsep baru.

Mata Kuliah Umum

KODEMATA KULIAHSKS
99009113Filsafat Ilmu Lanjutan3 sks
99009123Metodologi Penelitian Lanjutan3 sks
99009133Statistika Lanjutan3 sks
99009143Penulisan Artikel Ilmiah Terindeks3 sks

 

Mata Kuliah Keahlian

KODEMATA KULIAHSKS
99119113Berpikir Sistem dalam Manajemen Pendidikan 3 sks
99119123Kebijakan dan Perencanaan Strategis Pendidikan3 sks
99119133Kepemimpinan dan Perilaku Organisasi Pendidikan3 sks
99119143Manajemen Pengendalian Mutu Pendidikan3 sks
99119153Manajemen Satuan Pendidikan3 sks
99119163Orientasi Baru dalam Pedagogi3 sks
99119173Kolokium Manajemen Pendidikan3 sks

 

Mata Kuliah Pilihan

KODEMATA KULIAHSKS
99119413Manajemen Sumber Daya Pendidikan3 sks
99119423Manajemen Pengembangan Kurikulum3 sks
99119433Ekonomi Pendidikan3 sks
Pilihan 1 (satu) mata kuliah pilihan dari Mata Kuliah Pilihan yang tersedia

 

Mata Kuliah Matrikulasi

KODEMATA KULIAHSKS
99119013Landasan lmu Pendidikan*3 sks

Catatan : * dilaksanakan sebelum perkuliahan semester 1

Disertasi

KODEMATA KULIAHSKS
99009917Disertasi15 sks

Capaian Pembelajaran

  1. Memecahkan masalah kebijakan pendidikan pada tingkat mikro, meso, maupun makro melalui pendekatan interdisipliner atau multidisiplinerdan transdisipliner yang menginternalisasikan nilai, norma, dan etika akademik;

  2. Memecahkan masalah manajemen Pendidikan yang berkualitas yang beroerientasi pada teknologi informasi secara komprehensif untuk menghasilkan solusi yang bermanfaat bagi peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara melalui pendekatan interdisipliner atau multidisipliner dan tansdisipliner yang diakui internasional;

  3. Mampu mengintegrasikan teori teori pendidikan, psikologi, manajemen, ekonomi, teknologi informasi, social budaya dalam manajemen pendidikan melalui pendekatan interdisipliner atau multidisipliner dan transdisipliner dengan menunjukkan sikap bertanggung jawab dan mandiri;

  4. Mengimpelementasikan hasil penelitian manajemen Pendidikan pada Satuan Pendidikan Formal dan Non Formal berdasarkan konsep-konsep Ekonomi Pendidikan di dalam mengembangkan sistem pendidikan di Indonesia yang memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;

  5. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam bidang Manajemen Pendidikan berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka meningkatkan profesi bidang Manajemen Pendidikan yang memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan.

  6. Mampu mengembangkan Model Manajemen Pendidikaninovatif dan adaptif dengan mengaplikasikan konsep dan prinsip manajemen, pendidikan, psikologi, social budaya dan teknologi informasi dalam Manajemen Pendidikan berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat secara global;

  7. Mengembangkan model kebijakan dan perencanaan strategic pada bidang pendidikan dengan menggunakan pendekatan interdisiplin, multidisiplin, dan transdisiplin;  yang inovatif sesuai dengan kebutuhan pendidikan nasional dan internasional;

  8. Menghasilkan solusi permasalahan Manajemen Pendidikan yang sesuai dengan kebutuhan pengembangan Manajemen Pendidikan melalui penelitian  yang teruji dan memiliki kebaruan di tingkat nasional dan/atau internasional;

  9. Mengembangkan keprofesionalan secara berkelanjutan dalam bidang Manajemen Pendidikan dengan melakukan penelitian sebagai tindakan reflektif dan evaluatif

  10. Mendesimenasikan hasil kajian Manajemen pendidikan  bersifat kebaruan dengan pendekatan multi dan transdisipliner yang diakui oleh komunitas Manajemen Pendidikan di tingkat nasional dan internasional

Akreditasi

Program Doktor Manajemen Pendidikan Universitas Negeri Jakarta pada saat ini dalam proses Akreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional – Perguruan Tinggi, akreditasi saat ini adalah berdasarkan SK BAN-PT No. 10604/SK/BAN-PT/Ak-PKP/D/IX/2021 7 September 2021.

Profil Lulusan

Sebagai  Dosen  yang berkeahlian dibidang manajemen pendidikan

Sebagai peneliti bidang manajemen pendidikan

Sebagai manajer atau pengelola pendidikan pada satuan pendidikan atau organisasi penyelenggaran dan Pembina pendidikan pada lingkungan pemerintah maupun swasta

Konsultan  manajemen pendidikan pada satuan pendidikan  dan Pembina pendidikan pada lingkungan pemerintah maupun swasta

Prestasi Mahasiswa