
Tentang Kami
Program Studi Magister Linguistik Terapan didirikan dengan tujuan untuk menghasilkan lulusan yang mampu bersaing untuk menjadi pendidik dan tenaga ahli dalam linguistik terapan (penerjemah, praktisi pendidikan (guru bahasa), dan penulis), pada tingkat nasional dan internasional.
Tujuan
Memiliki kompetensi mengembangkan pengetahuan linguistik terapan dalam kajian penerjemahan, kajian pendidikan bahasa dan sastra, kajian budaya dan bahasa,melalui penelitian untuk menghasilkan pemecahan masalah yang inovatif dan teruji melalui pendekatan inter atau multidisipliner.
Memiliki kompetensi mengembangkan penelitian pada berbagai bidang linguistik dalam kajian penerjemahan, kajian pendidikan bahasa dan sastra, kajian bahasadan budaya melalui pendekatan interdisiplin atau multidisipliner.
Memiliki kompetensi mengelola, mengembangkan hasil penelitian dalam bidang linguistik terapan hingga mendapatkan pengakuan nasional dan internasional.
Memiliki sikap belajar sepanjang hayat melalui pendidikan, penelitian, dan pelatihan baik pada kegiatan formal maupun non formal dalam upaya pengembangan diri yang relevan dengan bidang Linguistik Terapan.
Previous
Next
DOSEN TETAP
Capaian Pembelajaran
Menguasai filsafat ilmu bahasa, teoretis kebahasaan, pembelajaran, dan metodologi penelitian, konsep teoretik linguistik dalam kajian penerjemahan, konsep pengembangan kajian pengajaran bahasa dan sastra, kajian bahasa dan budaya;
Mampu menganalisis teori/konsepsi/gagasan ilmiah dan memberikan kontribusi kepada pengembangan dan pengamalan ilmu pengetahuan dan/atau teknologi di bidang linguistik terapan dengan memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora;
Mampu menyusun argumen dan solusi keilmuan dan teknologi di bidang linguistik terapan berdasarkan pandangan kritis atas fakta, konsep, prinsip, atau teori yang dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah dan etika akademik;
Mampu menghasilkan penelitian ilmiah di bidang linguistik terapan berdasarkan metode ilmiah, pemikiran logis, kritis, sistematis dan kreatif;
Mampu mengembangkan peta jalan penelitian dengan pendekatan inter/multi/transdisiplin, berdasarkan kajian tentang sasaran pokok penelitian dan konstelasinya pada sasaran yang lebih luas;
Mampu mendiseminasikan hasil penelitian ilmiah di bidang linguistik terapan melalui jurnal nasional terakreditasi dan/atau internasional bereputasi ataupun (non) electronic massa media;
Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;
Mampu berkomunikasi dan berpartisipasi secara aktif untuk pengembangan jejaring seprofesi.
Previous
Next
MATA KULIAH
Mata Kuliah Umum
KODE | MATA KULIAH | SKS |
99008113 | Filsafat Ilmu | 3 sks |
99008123 | Metodologi Penelitian | 3 sks |
99008162 | Wawasan Pendidikan | 2 sks |
Mata Kuliah Keahlian
KODE | MATA KULIAH | SKS |
99168113 | Semantik dan Pragmatik | 3 sks |
99168123 | Sosiolinguistik | 3 sks |
99168133 | Literasi Kritis | 3 sks |
99168143 | Analisis Wacana | 3 sks |
99168153 | Pengantar Linguistik Fungsional Sistemik | 3 sks |
99168113 | Kolokium Linguistik Terapan | 3 SKS |
Mata Kuliah Pilihan
KODE | MATA KULIAH | SKS |
99168413 | Kajian Penerjemahan | 3 sks |
99168423 | Kajian Pengajaran Bahasa dan Sastra | 3 sks |
99168433 | Kajian Bahasa dan Budaya | 3 sks |
99008133 | Statistika | 3 sks |
Pilih dua mata kuliah dari Mata Kuliah Pilihan yang tersedia |
Tesis
KODE | MATA KULIAH | SKS |
99008918 | Tesis | 8 sks |
KURIKULUM
CPL memuat prinsip-prinsip sebagai berikut:
- Penguasaan capaian pembelajaran mata kuliah (CPMK) beserta penerapannya, yang dijamin dengan kemahiran berbahasa, kecakapan dasar-dasar logika matematik, dan kemahiran akademik sesuai bidang keahliannya.
- Perhatian terhadap pertumbuhan personal, sosial, dan fisik sebagai penghargaan terhadap integritas, komitmen, keunggulan, dan penerimaan terhadap bakat/talenta serta keterbatasannya.
- Mengembangkan kebiasaan merefleksi pengalaman, mampu mencari pengalaman baru, dan bersedia untuk mengambil risiko dari hasil eksplorasi pilihan-pilihan karier dan gaya hidup menurut kerangka nilai tertentu, dan terbuka terhadap perkembangan baru dalam kerangka akademik dan karier.
- Fleksibel dan terbuka terhadap pandangan orang lain, bersemangat untuk belajar dari orang lain serta mampu menerima kelebihan dan kekurangan orang lain, bebas-otentik dalam mengungkapkan perasaan, serta mengelola emosionalnya.
- Menghargai hidup keimanan dan kegiatan intelektual yang berkembang serasi terpadu dalam hidup manusia yang didasarkan pada ajaran agama
- Terbuka terhadap pluralitas berbagai tradisi agama dan menghargai pengalaman keberagamaan orang lain melalui mekanisme toleransi hidup beragama dalam mengembangkan kematangan sosial yang mandiri dan cerdas yang dilandasi komitmen untuk peduli hak azasi manusia.
Komponen kurikulum program magister:
- Mata Kuliah Umum merupakan pengetahuan umum yang melandasi pembentukan kemampuan pengembangan ilmu sehingga terampil dalam berkarya sesuai dengan dasar ilmu yang dikuasai. Mata kuliah umum diarahkan pada pembentukan kemampuan melaksanakan, mengorganisasikan, dan mengelola program penelitian sesuai dengan tujuan pendidikan program magister. Mata kuliah umum harus dikuasai oleh setiap peserta program magister dari seluruh program studi.
- Mata Kuliah Utama Program Studi adalah kelompok mata kuliah yang bertujuan menghasilkan tenaga ahli dengan kekaryaan berlandaskan ilmu dan keterampilan yang dikuasai.
- Mata Kuliah Pilihan adalah bagian dari kelompok Mata Kuliah Program Studi dan Mata kuliah Dasar Kependidikan Mata kuliah ini dipilih oleh mahasiswa sesuai dengan bidang kajian tesis.
- Mata kuliah Matrikulasi adalah kelompok mata kuliah yang wajib diambil oleh mahasiswa yang berasal dari program nonpendidikan dan program pendidikan yang tidak sebidang. Mata kuliah ini memberikan landasan pengetahuan kependidikan yang harus dikuasai sebagai acuan bagi penguasaan teori-teori pendidikan.
- Tesis adalah hasil karya ilmiah berdasarkan hasil penelitian yang memenuhi kriteria penelitian ilmiah dan disiplin ilmu program studi sebagai upaya untuk pemecahan masalah dan pengungkapan suatu temuan ilmiah atau pengembangan konsep baru.
Komposisi mata kuliah untuk program magister sebagai berikut:
Tabel 1. Sebaran Beban Studi untuk Latar Belakang Program Sarjana Pendidikan
Tabel 2. Sebaran Beban Studi untuk Latar Belakang Program Sarjana Non Pendidikan
No | Mata Kuliah | Bobot SKS |
1 | Mata Kuliah Umum | 9 – 12 |
2 | Mata Kuliah Keahlian | 18 |
3 | Mata Kuliah Pilihan | 3 – 15 |
4 | Tesis | 8 |
Jumlah | 41 – 43 |
No | Mata Kuliah | Bobot SKS |
1 | Mata Kuliah Matrikulasi | 3- 6 |
2 | Mata Kuliah Umum | 12 |
3 | Mata Kuliah Keahlian | 18 |
4 | Mata Kuliah Pilihan | 3 – 15 |
6 | Tesis | 8 |
Jumlah | 43 – 46 |
PRESTASI
Prof. Dr. Yumna Rasyid, M.Pd. | Seminar Nasional ”Standarisasi Kurikulum Bahasa Arab Madrasah dan Perguruan Tinggi” | UIN Syarif Hidayatullah Jakarta | 28 April 2014 |
Prof. Dr. Zainal Rafli, M.Pd | 3rd International Seminar on Quality and Affordable Education | UTM, University of Malaya, UNJ, UN Manado | 25-28 Nov 2014 |
Prof. Dr. Aceng Rahmat, M.Pd | Pengajaran Bahasa Arab untuk Memotivasi Kesadaran Lingkungan | 2015 | |
Prof. Dr. Zuriyati, M.Pd | International Conference On Global Education III “Human Recource Development Towards Global Economy | UNES Indonesia | 25-26 mei 2015 |
Dr. Miftahul Khairah, M.Hum. | Mimbar Akademika Dosen Bulan Februari 2013 | UNJ | 2013 |
Dr. Ninuk Lustyantie, M.Pd | Seminar Nasional Tema Pembelajaran Bahasa Asing Kini dan Nanti “Pembelajaran Ketrampilan Membaca Teks Bahasa Prancis berbasis Tugas dalam Kelas Interaksi Belajar Mengajar” | UNNES Semarang | 1 Agt 2015 |
KEGIATAN
Magister Linguistik Terapan