Tentang Kami

Tujuan

Capaian Pembelajaran

MATA KULIAH

Daftar Nama Mata Kuliah

No

Kelompok Mata Kuliah

SKS

1

Mata Kuliah Umum

10

2

Mata Kuliah Utama

27

3

Mata Kuliah Pilihan

6

4

Tesis

14

TOTAL

 

57

 

Mata Kuliah Umum

No

Kode MK

Nama Mata Kuliah

SKS

1

99008113

Filsafat Ilmu

2

2

99008123

Metodologi Penelitian Linguistik Terapan

3

3

99008162

Wawasan Pendidikan & Penelitian Etnografi

3

Total

  

10

Mata Kuliah Utama

No

Kode MK

Nama Mata Kuliah

SKS

1

99168113

Semantik dan Pragmatik

3

2

99168123

Sosiolinguistik

3

3

99168143

Analisis Wacana Kritis

3

4

99168113

Kolokium Linguistik Terapan

3

5

99168433

Kajian Bahasa dan Media

3

6

99168433

Kajian Bahasa dan Budaya

3

7

99168413

Kajian Pengembangan Penerjemahan

3

8

99168423

Kajian Pengajaran Bahasa dan Sastra

3

9

Kajian Literasi Digital

3

TOTAL

27

 

Mata Kuliah Pilihan

No

Kode MK

Nama Mata Kuliah

SKS

1

99008133

Statistika

3

2

99168133

Literasi Kritis

3

3

99168153

Linguistik Fungsional Sistemik

3

4

99008133

Statistika

3

Total

12

Tesis

No

Nama Mata Kuliah

SKS

1

Penulisan Proposal Penelitian Tesis

3

2

Penulisan Artikel di Jurnal Terakreditasi Terindeks

3

3

Penulisan Naskah dan Diseminasi Hasil Penelitian

3

4

Pengembangan Produk Inovasi Hasil Penelitian

2

5

Ujian Tesis

3

Total

14



Profil Lulusan

Profil Lulusan

Deskripsi

Peneliti Linguistik Terapan

1.        Sebagai peneliti yang mampu mengembangkan teknologi dalam bidang keilmuannya atau praktik profesionalnya melalui riset hingga menghasilkan karya yang inovatif dan teruji.

 

2.        Sebagai peneliti yang mampu memecahkan teknologi dalam bidang keilmuannya atau praktik profesionalnya melalui riset hingga menghasilkan karya interdisipliner/multidisipliner.

 

3.        Sebagai peneliti yang mampu mengelola pengetahuan teknologi dalam bidang keilmuannya atau praktik profesionalnya melalui riset hingga menghasilkan karya berskala nasional dan internasional.

Pendidik Bahasa

1.        Sebagai pendidik yang mampu mengembangkan pembelajaran berorientasi pada kajian berpikir kritis terhadap suatu keterampilan profesional dan mempraktikkan teori dan metode pendidikan bahasa melalui riset hingga menghasilkan karya inovatif dan teruji.

 

2.        Sebagai pendidik yang mampu memecahkan persoalan pembelajaran berorientasi pada kajian berpikir kritis terhadap suatu keterampilan profesional dan mempraktikkan teori dan metode pendidikan bahasa melalui riset hingga menghasilkan karya interdisipliner/multidisipliner.

 

3.        Sebagai pendidik yang mampu mengelola pembelajaran berorientasi pada kajian berpikir kritis terhadap suatu keterampilan profesional dan mempraktikkan teori dan metode pendidikan bahasa melalui riset hingga menghasilkan karya berskala nasional dan internasional.

Pewirausaha Kebahasaan

1.        Sebagai pewirausaha yang mampu mengembangkan hasil penelitian untuk menerapkan teknologi dalam bidang Linguistik Terapan sebagai kontribusi terhadap masyarakat melalui riset hingga menghasilkan karya inovatif dan teruji.

 

2.        Sebagai pewirausaha yang mampu menerapkan dan memanfaatkan hasil penelitian dalam bidang Linguistik Terapan sebagai kontribusi terhadap masyarakat melalui riset hingga menghasilkan karya interdisipliner/multidisipliner.

 

3.        Sebagai pewirausaha yang mampu mengelola hasil penelitian untuk mengembangkan teknologi dalam bidang Linguistik Terapan sebagai kontribusi terhadap masyarakat melalui riset hingga menghasilkan karya berskala nasional dan internasional.

Magister
Linguistik Terapan

Kurikulum

Kurikulum Pascasarjana UNJ disusun oleh Program Studi untuk mencapai Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL). CPL memuat prinsip-prinsip sebagai berikut:

Landasan pengembangan kurikulum Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta (UNJ), yaitu (a) Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi, (b) Peraturan Presiden Nomor 8 Tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI), (c) Permendikbud Nomor 73 Tahun 2013 tentang Penerapan KKNI di Perguruan Tinggi, (d) Peraturan Pemerintah Nomor 4 Tahun 2014 tentang Penyelenggaraan Pendidikan Tinggi dan Pengelolaan Perguruan Tinggi, serta (e) dan Permendikbud Nomor 03 Tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi. Mengacu pada kebijakan di atas, kurikulum program magister mengimple­mentasikan KKNI level 8 (delapan).

Muatan kurikulum Magister Pascasarjana UNJ tertuang dalam capaian pembelajaran lulusan (CPL) yang meliputi aspek sikap, keterampilan umum, keterampilan khusus, dan pengetahuan yang dirumuskan berdasarkan SNPT Tahun 2020 dan deskriptor KKNI level 8 (delapan). Capaian pembelajaran lulusan (CPL) dijabarkan ke dalam capaian pembelajaran mata kuliah (CPMK) yang bersifat spesifik terhadap mata kuliah, mencakup aspek sikap, pengetahuan, keterampilan umum, dan keterampilan khusus.

Kurikulum Program Studi Magister dikembangkan berbasis Outcome Base Education (OBE) yang berstandar internasional. Kurikulum yang dikembangkan berorientasi pada peta okupasi/profesi dalam Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) bidang keahlian atau keilmuannya  masing-masing Program Studi yang mampu disetarakan dengan kualifikasi internasional.

Kurikulum Pascasarjana UNJ memuat sejumlah mata kuliah dikelompok menjadi mata kuliah matrikulasi, mata kuliah umum, mata kuliah utama/program studi,  mata kuliah dasar kependidikan dan mata kuliah pilihan.

Pascasarjana menerbitkan Surat Keterangan Pendamping Ijazah (SKPI) atau diploma supplement mengacu pada Peraturan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Nomor 59 Tahun 2018 tentang Ijazah, Sertifikat Kompetensi, Sertifikat Profesi, Gelar, dan Tata Cara Penulisan Gelar di Perguruan Tinggi. SKPI memuat informasi tentang keaktifan lulusan pada bidang akademik, sikap sosial lulusan, dan kualifikasi lulusan sesuai dengan jenjang Kerangka Nasional Kualifikasi Indonesia (KKNI). SKPI diterbitkan setelah divalidasi dan mahasiswa dinyatakan lulus dari suatu program studi di Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta.

KEGIATAN

Magister Linguistik Terapan

Master Progam

Doctoral Program

Faculty in UNJ

© All rights reserved Postgraduate State University of Jakarta 2021