Lapor Pasca

Tentang Kami

Tujuan

Capaian Pembelajaran

MATA KULIAH

Mata Kuliah Umum

KODE MATA KULIAH SKS
99008113 Filsafat Ilmu 3 sks
99008123 Metodologi Penelitian 3 sks
99008162 Wawasan Pendidikan 2 sks

Mata Kuliah Keahlian

KODE MATA KULIAH SKS
99168113 Semantik dan Pragmatik 3 sks
99168123 Sosiolinguistik 3 sks
99168133 Literasi Kritis 3 sks
99168143 Analisis Wacana 3 sks
99168153 Pengantar Linguistik Fungsional Sistemik 3 sks
99168113 Kolokium Linguistik Terapan 3 SKS

Mata Kuliah Pilihan

KODE MATA KULIAH SKS
99168413 Kajian Penerjemahan 3 sks
99168423 Kajian Pengajaran Bahasa dan Sastra 3 sks
99168433 Kajian Bahasa dan Budaya 3 sks
99008133 Statistika 3 sks
Pilih dua mata kuliah dari Mata Kuliah Pilihan yang tersedia

Tesis

KODE MATA KULIAH SKS
99008918 Tesis 8 sks

KURIKULUM

CPL memuat prinsip-prinsip sebagai berikut:

  1. Penguasaan capaian pembelajaran mata kuliah (CPMK) beserta penerapannya, yang dijamin dengan kemahiran berbahasa, kecakapan dasar-dasar logika matematik, dan kemahiran akademik sesuai bidang keahliannya.
  2. Perhatian terhadap pertumbuhan personal, sosial, dan fisik sebagai penghargaan terhadap integritas, komitmen, keunggulan, dan penerimaan terhadap bakat/talenta serta keterbatasannya.
  3. Mengembangkan kebiasaan merefleksi pengalaman, mampu mencari pengalaman baru, dan bersedia untuk mengambil risiko dari hasil eksplorasi pilihan-pilihan karier dan gaya hidup menurut kerangka nilai tertentu, dan terbuka terhadap perkembangan baru dalam kerangka akademik dan karier.
  4. Fleksibel dan terbuka terhadap pandangan orang lain, bersemangat untuk belajar dari orang lain serta mampu menerima kelebihan dan kekurangan orang lain, bebas-otentik dalam mengungkapkan perasaan, serta mengelola emosionalnya.
  5. Menghargai hidup keimanan dan kegiatan intelektual yang berkembang serasi terpadu dalam hidup manusia yang didasarkan pada ajaran agama
  6. Terbuka terhadap pluralitas berbagai tradisi agama dan menghargai pengalaman keberagamaan orang lain melalui mekanisme toleransi hidup beragama dalam mengembangkan kematangan sosial yang mandiri dan cerdas yang dilandasi komitmen untuk peduli hak azasi manusia.

Komponen kurikulum program magister:

  1. Mata Kuliah Umum merupakan pengetahuan umum yang melandasi pembentukan kemampuan pengembangan ilmu sehingga terampil dalam berkarya sesuai dengan dasar ilmu yang dikuasai. Mata kuliah umum diarahkan pada pembentukan kemampuan melaksanakan, mengorganisasikan, dan mengelola program penelitian sesuai dengan tujuan pendidikan program magister. Mata kuliah umum harus dikuasai oleh setiap peserta program magister dari seluruh program studi.
  2. Mata Kuliah Utama Program Studi adalah kelompok mata kuliah yang bertujuan menghasilkan tenaga ahli dengan kekaryaan berlandaskan ilmu dan keterampilan yang dikuasai.
  3. Mata Kuliah Pilihan adalah bagian dari kelompok Mata Kuliah Program Studi dan Mata kuliah Dasar Kependidikan Mata kuliah ini dipilih oleh mahasiswa sesuai dengan bidang kajian tesis.
  4. Mata kuliah Matrikulasi adalah kelompok mata kuliah yang wajib diambil oleh mahasiswa yang berasal dari program nonpendidikan dan program pendidikan yang tidak sebidang. Mata kuliah ini memberikan landasan pengetahuan kependidikan yang harus dikuasai sebagai acuan bagi penguasaan teori-teori pendidikan.
  5. Tesis adalah hasil karya ilmiah berdasarkan hasil penelitian yang memenuhi kriteria penelitian ilmiah dan disiplin ilmu program studi sebagai upaya untuk pemecahan masalah dan pengungkapan suatu temuan ilmiah atau pengembangan konsep baru.

Komposisi mata kuliah untuk program magister sebagai berikut:

Tabel 1. Sebaran Beban Studi untuk Latar Belakang Program Sarjana Pendidikan
No Mata Kuliah Bobot SKS
1 Mata Kuliah Umum 9 – 12
2 Mata Kuliah Keahlian 18
3 Mata Kuliah Pilihan 3 – 15
4 Tesis 8
Jumlah 41 – 43
  Tabel 2. Sebaran Beban Studi untuk Latar Belakang Program Sarjana Non Pendidikan
No Mata Kuliah Bobot SKS
1 Mata Kuliah Matrikulasi 3- 6
2 Mata Kuliah Umum 12
3 Mata Kuliah Keahlian 18
4 Mata Kuliah Pilihan 3 – 15
6 Tesis 8
Jumlah 43 – 46

PRESTASI

Prof. Dr. Yumna Rasyid, M.Pd.Seminar Nasional ”Standarisasi Kurikulum Bahasa Arab Madrasah dan Perguruan Tinggi”UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

28 April 2014

Prof. Dr. Zainal Rafli, M.Pd3rd International Seminar on Quality and Affordable EducationUTM, University of Malaya, UNJ, UN Manado25-28 Nov 2014
Prof. Dr. Aceng Rahmat, M.PdPengajaran Bahasa Arab untuk Memotivasi Kesadaran Lingkungan 

2015

Prof. Dr. Zuriyati, M.PdInternational Conference On Global Education III “Human Recource Development Towards Global Economy

UNES Indonesia

25-26 mei 2015

Dr. Miftahul Khairah, M.Hum.Mimbar Akademika Dosen Bulan Februari 2013

UNJ

2013

Dr. Ninuk Lustyantie, M.Pd

Seminar Nasional

Tema

Pembelajaran Bahasa Asing Kini dan Nanti

“Pembelajaran Ketrampilan Membaca Teks Bahasa Prancis berbasis Tugas dalam Kelas Interaksi Belajar Mengajar”

UNNES

Semarang

1 Agt 2015

KEGIATAN

Magister Linguistik Terapan

Master Progam

Doctoral Program

Faculty in UNJ

Follow Us

© All rights reserved Postgraduate State University of Jakarta 2021