PROFIL PROGRAM DOKTOR PENDIDIKAN JASMANI

Pendirian Program Studi S3 Pendidikan Jasmani Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta ditetapkan berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional melalui Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional Nomor:  No. 590/DIKTI/Kep/93, tanggal  21 Oktober 1993, dengan perpanjangan  SK  Rektor Pascasarjana UNJ a.n. Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi No 7163/D/T/K-N/2011 tentang Perpanjangan Izin Program Studi Doktor Pendidikan Jasmani Program Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta, dianggap layak diselenggarakan karena didukung oleh sarana prasarana belajar yang memadai.

Program studi S3 Pendidikan Jasmani UNJ merupakan salah satu prodi yang dikelola pascasarjana dan telah terakreditasi A dari BAN-PT. Saat ini Program Studi Pendidikan Jasmani memiliki dosen yang professional dan berkualitas yang terdiri dari 5 orang Guru Besar, dosen bergelar doktor lektor kepala dari bidang studi yang relevan dan menjadi pembimbing dan penguji pada pembuatan Disertasi. Sumber daya manusia yang memadai ini diharapkan akan berpengaruh positif pada layanan pembelajaran kepada mahasiswa. Demikian pula mutu lulusan yang dihasilkan oleh program studi memiliki kompetensi yang mumpuni sesuai dengan standar yang telah ditetapkan. Sumber Daya Manusia (SDM) tenaga pendidik dan tenaga pendukung dikelola berdasarkan Surat Keputusan Rektor, yang pengelolaannya menjadi tanggung jawab Direktur Program Pascasarjana. Termasuk di dalamnya proses pembinaan dan pengembangan dosen, pembinaan dan pengembangan tenaga pendukung, mutasi dan usaha retensi karyawan juga dilakukan sesuai pedoman tertulis di Universitas Negeri Jakarta.

Beberapa dosen Pendidikan Jasmani telah banyak melakukan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, baik yang didanai dari PNBP Universitas Negeri Jakarta  maupun dari Dikti. Karya akademik dosen meliputi; hasil penelitian, modul dan/atau buku ajar, serta artikel ilmiah yang dipublikasikan. Karya akademik dosen ini dihasilkan sebagai wujud komitmen dan tanggung jawab dosen terhadap pemberian layanan pendidikan kepada mahasiswa sekaligus untuk melaksanakan Tri Darma Perguruan Tinggi.

Saat ini mahasiswa Program Studi S3 Pendidikan Jasmani berjumlah 269 orang. Sebagian besar dari mereka berasal dari Dosen, guru, pelatih, pegawai Menpora,  pegawai disorda, yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia. Kegiatan akademik yang dilakukan mahasiswa dapat dilihat melalui kegiatan intrakurikuler dan ekstrakurikuler.  Kegiatan intrakurikuler merupakan kegiatan wajib sehingga tidak dapat ditinggalkan.  Selain mengikuti perkuliahan rutin di ruang kelas, mahasiswa juga diberi tugas mandiri dan kelompok dalam mendalami suatu mata kuliah tertentu.  Sementara itu, mahasiswa juga terlibat aktif dalam kegiatan seminar dan diskusi ilmiah lainnya yang diselenggarakan di dalam dan luar kampus serta melakukan aktifitas kegiatan keolahragaan baik yang dilaksanakan oleh instansi pemerimtah daerah atau suasta serta kegitan-kegiatan yang dilaksanakan oleh Kementrian keolahragaan dan juga menyelenggarakan even-even pertandingan yang bersifat daerah, nasional dan internasional.

Mewujudkan Program Studi S3 Pendidikan Jasmani sebagai pusat pengembangan dan pengkajian pendidikan, ilmu, dan teknologi keolahragaan sehingga menjadi “teaching institution” dan “research institution” guna memenuhi kebutuhan pembangunan keolahragaan bangsa Indonesia agar mampu bersaing  secara regional, nasional maupun internasional dalam rangka mendukung dan mempercepat pencapaian visi universitas.

  1. Terbinanya Mahasiswa yang cerdas dan menggerakkan masyarakat berolahraga.
  2. Terwujudnya mahasiswa cendekia yang bugar dan sehat.Tercapainya mahasiswa ilmuan yang berbudaya.
  3. Menanamkan ilmu keolahragaan.
  4. Menyebarluaskan cendikia olahraga keseluruh pelosok tanah air dan kesegenap lapisan masyarakat.
  5. Meningkatkan daya gerak, kebugaran dan produktivitas masyarakat
  6. Melestarikan dan meningkatkan olahraga tradisional/ rekreasi, olahraga pendidikan dan olahraga prestasi.
  7. Meningkatkan kapasitas dan kualitas sumber daya manusia, serta organisasi olahraga pendidikan, olahraga prestasi dan olahraga rekreasi.
  8. Membangun kerjasama dan sinergi yang harmonis dengan lembaga dan instansi terkait dalam pembangunan olahraga, baik di daerah, di tingkat nasional maupun internasional.
  9. Mendidik calon ilmuan memiliki kemampuan analisis kebijakan dan pengambilan keputusan.
  1. Menumbuhkakan sifat terbuka serta tanggap terhadap perubahan dan kemajuan ilmu pengetahuan, khususnya dalam bidang pendidikan  akademik dan profesionalisme dalam olahraga.
  2. Menguasai pendekatan teori, konsep dan paradigma yang paling sesuai dengan bidang Pendidikan Jasmani.
  3. Mengidentifikasi permasalahan dan iptek dalam Olahraga serta pemikiran  mutakhir para ahli dalam kawasan  Pendidikan Jasmani.
  4. Menguasai pengetahuan dan ketarmpilan dalam kawasan  pendidikan akademik dan profesionalisme dalam bidang olahraga untuk menemukan jawaban dan/atau memecahkan permasalahan  kompleks, termasuk  yang bersifat  lintas disiplin ilmu.
  5. Mengkomunikasikan pemikiran dan hasil karyanya  dalam bidang  Pendidikan Jasmani, baik terhadap  teman  sejawatnya, institusi  maupun  masayarakat luas.
  6. Menghasilkan tenaga ahli di bidang Pendidikan Jasmani yang mampu meningkatkan pelayanan profesi pendidikan melalui penelitian dan pengembangan, bidang Pendidikan Jasmani, dengan cara penalaran ilmiah.
  1. Pendidik bidang Pendidikan Jasmani tingkat sarjana dan magister di perguruan tinggi negeri maupun swasta.
  2. Pengembang Pendidikan Jasmani yang inovatif dengan memanfaatkan perkembangan teknologi mutakhir.
  3. Peneliti yang kompeten dan menghasilkan penelitian dalam bidang pendidikan keolahragaan yang inovatif dan teruji serta mendapat pengakuan nasional dan internasional.
  4. Penulis yang handal dalam bidang keolahragaan dan/atau pembelajarannya dengan menggunakan metodologi yang tepat.
Akreditasi A , Berdasarkan SK Akreditasi  006/SK/BAN-PT/Akred/D/I/2015

Kompetensi Umum

KODE MATA KULIAH SKS
POR 701 Filsafat Ilmu  Lanjutan 3 sks
POR 702 Metodologi Penelitian 3 sks
POR 703 Statistika Lanjutan 3 sks

Kompetensi Utama

KODE MATA KULIAH SKS
POR 701 Metodologi & Psikometri Penjas dan Olahraga 3 sks
POR 702 Pengembangan Manajemen Penjas dan Olahraga 3 sks
POR 703 Pengambangan dan Analisis Desain Kurikulum penjas dan Olahraga 3 sks
POR 704 Dimensi Sosiologi dalam Penjas dan Olahraga. 3 sks
POR 705 Pengembangan Profesi Penjas dan Olahraga 3 sks

Kompetensi Pendukung

KODE MATA KULIAH SKS
POR 706 Metodologi & Psikometri Penjas dan Olahraga Lanjutan 3 sks
POR 707 Pengembangan Strategi Pembelajaran Penjas dan Olahraga 3 sks
POR 708 Perspektif Penjas dan Olahraga 3 sks