Penandatanganan Perjanjian Kerjasama Pascasarjana UNJ dengan Pemerintah Kabupaten Wakatobi

23/02/2022 Pascasarjana , Jakarta- Bertempat di Ruang Rapat lantai 5, Gedung Bung Hatta Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta (UNJ), telah berlangsung penandatanganan Perjanjian Kerja Sama antara Pascasarjana UNJ dan Pemerintah Daerah Kabupaten Wakatobi.

Acara yang berlangsung pada tanggal 23 Februari 2022 tersebut dihadiri oleh Wakil Rektor Bidang Perencanaan dan Kerja Sama UNJ, Direktur dan Para Wakil Direktur Pascasarjana, Para Koordinator Program Studi di lingkungan Pascasarjana UNJ.

Untuk tamu dari Pemda Kabupaten Wakatobi dihadiri oleh, H. Haliana, S.E. selaku Bupati Wakatobi, Ir Hugua anggota Komisi II DPR RI, Nadar, M. Si. Selaku Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kabupaten Wakatobi, Mulyanto, M.M. selaku Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan, dan La Ode Ifi, M.M. Selaku Kepala Bagian Protokoler.

Acara diawali dengan pengantar dari Dr. Achmad Husen, M.Pd. selaku Koorprodi Manajemen Lingkungan, ia mengatakan gagasan kerja sama ini di prakarsai dari diskusi Kuliah Kerja Lapangan (KKL). Kalau KKL hanya sekali, maka dampaknya tidak terasa dan bermakna. Untuk itulah dibuatnya sebuah kerja sama agar berkelanjutan dan berlangsung lama sehingga dampaknya dapat terasa. KKLnya sendiri akan dilaksanakan pada tanggal 24—28 Februari 2022.

Bak gayung bersambut, Pemda Wakatobi juga menyambut baik adanya kesamaan keinginan untuk sama-sama mengabdi dengan dibuktikan penandatanganan kerja sama ini, ungkap Dr. Achmad Husen, M.Pd.

Sementara itu Prof. Dedi Purwana selaku Direktur Pascasarjana UNJ mengatakan Pascasarjana UNJ menyambut baik ikhtiar dan inisiatif Prodi S2 Manajemen Lingkungan mengembangkan kerja sama antara Pascasarjana UNJ dengan Pemda Kabupaten Wakatobi. Hal ini sesuai dengan keinginan Pimpinan Pascasarjana bahwa Perguruan Tinggi hendaknya jangan asyik dengan urusannya sendiri (seperti Menara Gading), tanpa peduli dengan permasalahan yang terjadi pada masyarakat. Keberadaan Perguruan Tinggi mestinya dapat memberikan kontribusi & solusi terhadap permasalahan masyarakat tersebut. Kerja sama ini diharapkan dapat memberikan solusi terhadap permasalahan sehingga bermanfaat bagi masyarakat, bangsa, dan negara, termasuk bagi daerah-daerah.

Sementara itu H. Haliana, S.E. selaku Bupati Wakatobi mengatakan Sejalan dengan Direktur Pascasarjana UNJ, Bupati Wakatobi juga menyambut baik dan mengucapkan terima kasih atas kesediaan Pascasarjana UNJ menjalin kerja sama dengan Pemda Wakatobi, terlebih kerja sama ini dilakukan di tengah usaha keras Pemda Kabupaten Wakatobi untuk meraih visi dan prestasi yang telah lama diidamkan. Kerja sama ini akan memberikan dukungan dan penguatan dalam pengembangan sumber daya manusia (SDM) dan pengembangan ekonomi kawasan yang berbasis konservasi dan berkelanjutan.

“Kabupaten Wakatobi membuka diri, karena begitu pentingnya kehadiran perguruan tinggi dalam memberikan kontribusi pemikiran.” ujar H. Haliana, S.E.

Pada kesempatan ini juga, Dr. Totok Bintoro selaku Wakil Rektor Bidang Perencanaan dan Kerja Sama yang dalam hal ini mewakili Rektor UNJ karena berhalangan hadir, mengatakan UNJ sebagai perguruan tinggi selalu berupaya untuk mewujudkan keunggulan dari tridarma perguruan tinggi antara lain UNJ terus melakukan kerja sama dan pendampingan wilayah dengan beberapa di Indonesia.

“terima kasih kepada pemerintah Kabupaten Wakatobi yang bersedia melakukan nota kesepahaman dengan UNJ, dengan harapan Perjajian Kerja Sama ini segera terealisasi dan berjalan dengan baik.” Tutup Dr. Totok Bintoro.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *