Visiting Lecture Exchange UNJ – UPI : Sit – In Class Manajemen Paud

Visiting Lecture Exchange UNJ - UPI : Sit - In Class Manajemen Paud

          Pada hari Senin tanggal 18 April 2022 dilaksanakan kelas Sit-In pada mata kuliah Manajemen PAUD bersama bapak Dr. Hapidin, M.Pd selaku dosen pengampu mata kuliah dari S2 PAUD Universitas Negeri Jakarta. Kelas Sit – In ini merupakan bagian dari kegiatan Visiting Lecture Exchange yang merupakan kerjasama dari Prodi PAUD Magister Universitras Pendidikan Indonesia (UPI) dan Prodi PAUD Magister Universitas Negeri Jakarta (UNJ).

          Pertemuan yang dihadiri oleh gabungan mahasiswa UNJ dan UPI dari program Magister UNJ dan UPI, serta program Doktor UNJ, membahas tentang Manajemen pembiayaan satuan PAUD, yang terdiri dari beberapa poin yaitu : konsep dasar tentang manajemen pembiayaan, ruang lingkup manajemen pembiayaan, prinsip manajemen pembiayaan, prinsip penggunaan dan pengelolaan keuangan, proses pengelolaan keuangan/strategi pengelolaan keuangan di Indonesia, pengelolaan manajemen keuangan pendidikan AUD di Amerika Serikat, jenis-jenis dan sumber pembiayaan, implementasi POAC (planning, organizing, actuating, and controlling) pada manajemen pembiayaan PAUD, dan Problematika pembiayaan yang paling crusial di PAUD.

          Manajemen pembiayaan merupakan kegiatan yang dilakukan untuk mengelola keuangan mulai dari keuangan yang dihasilkan, keuangan yang dibelanjakan, gaji guru, pembelian ATK, sarana dan prasarana, suvervisi, dan lain-lain. Sedangkan untuk ruang lingkup manajemen pembiayaan diantaranya adalah Budgeting yang diartikan sebagai penyusunanan anggaran, Accounting diartikan sebagai pembukuan atau pencatatan, serta Auditing berupa pemeriksaan dan pertanggungjawaban. Terdapat prinsip-prinsip manajemen pembiayaan diantaranya adalah Transparasi, Akuntabilitas, dan Efektifitas. Selain itu terdpat juga prinsip penggunaan dan pengelolaan keuangan dalam pendidikan diantaranya adalah hemat, terarah dan terkendali sesuai dengan rencana, serta keharusan penggunaan kemampuan.

          Dalam pemaparan kali ini, disajikan pula sebagai contoh dan perbandingan analisis pengelolaan manajemen keuangan pendidikan anak usia dini di Amerika Serikat. Di Amerika Serikat pengelolaan manajemen keuangan sudah sangat sistematis mulai dari planning hingga action. Adanya forecasting biaya sebagai prediksi terhadap hal – hal yang tak terduga yang dapat menjadi potensi masalah jika tidak direncakan, merupakan pembeda dari manajemen keuangan atau pembiayan yang ada di Indonesia

          Dibahas juga tentang implementasi POAC (planning, organizing, actuating, and controling) pada manajemen pembiaayaan, terdiri dari Planing yaitu merencanakan pembiayaan di PAUD sesuai dengan dana BOP yang berasal dari APBN dan APBD dan telah diatur dalam PP no 48 tahun 2008,  Organizing berkaitan dengan RAPBS, Actuating berkaitan dengan pembendaharaan yang mana kepala sekolah melakukan fungsi pembedaharaan (pengawas), dan yang terakhir adalah Controlling yaitu pengontrolan utama dilakukan oleh kepala sekolah.

          Terdapat problematika pembiayaan yang merupakan hal crusial di PAUD khususnya di Indonesia, yaitu mengenai pembiayaan untuk lembaga yang minim yang akan berdampak pada anggaran pendidikan untuk mengembangkan kualitas program, SDM dan sarana prasarana. Bantuan dari pemerintah tidak cukup untuk menutupi kekurangan yang dibutuhkan oleh Lembaga PAUD. Hal ini memicu diskusi yang cukup seru terkait bagaimana peran satuan PAUD tersebut dapat memanfaatkan sumber dana yang bisa berasal dari fund raising baik dari sponsorship maupun dana CSR perusahaan. Didapatkan contoh – contoh best practice dari beberapa satuan PAUD dengan manajemen pembiayaan yang cukup sehat, sehingga dapat melakukan investasi di tempat lain. Ditekankan bahwa penyelenggara PAUD harus memiliki mindset pengelola yang cerdas dalam mengelola satuan PAUD nya dari berbagai aspek untuk mewujudkan lembaga PAUD yang sehat.

          Alhamdulillah secara keseluruhan kegiatan Sit-In Class hari ini dengan judul manajemen pembiayaan di satuan PAUD, berjalan dengan lancar dan interaktif. Banyak ilmu dan pengalaman yang diperoleh dari peserta semua maupun para pengampu yaitu bapak Dr. Hapidin, M.Pd dan bapak Dr. Rudiyanto, S.Pd, M.Si. Semoga kegiatan ini terus ada kedepan nya, sehingga memudahkan para mahasiswa dan alumni untuk menjalin komunikasi dan saling berbagi pengetahuan dan pengalaman. Demi mewujudkan layanan PAUD yang berkualitas kedepan nya. Terima kasih UNJ dan UPI.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *