Red Carpet

PROFIL PROGRAM DOKTOR TEKNOLOGI PENDIDIKAN

Deskripsi Prodi

Program Studi Teknologi Pendidikan pada jenjang Pascasarjana (S2 dan S3) Universitas Negeri Jakarta (UNJ) merupakan Program Studi pascasarjana pertama di Indonesia yang diselenggarakan secara terstruktur.

Program ini dimulai pada bulan Februari 1978, diikuti oleh 22 mahasiswa dengan perkuliahan yang diberikan oleh dosen tamu dari Amerika Serikat, dengan bantuan teknis dari USAID melalui Pusat Teknologi Komunikasi Pendidikan dan Kebudayaan (sekarang Pustekkom Diknas). Pembukaan program studi ini merupakan salah satu implementasi dari Keputusan Rapat Koordinasi Teras Departemen Pendidikan dan Kebudayaan pada tanggal 22 Agustus 1975.

Pada awal diselenggarakannya, program studi Teknologi Pendidikan di IKIP Jakarta pada jenjang S1, S2 dan S3 adalah merupakan program studi yang berkesinambungan. Hal ini merupakan kesempatan dalam rangka Project Loan Agreement No.497-040 USAID melalui Educational Communication Development (ECD Project) yang dikelola oleh Pustekkom Diknas. Khusus komponen pendidikan dan pelatihan dalam proyek tersebut diselenggarakan oleh IKIP Jakarta dengan bantuan teknis yang dikoordinasikan oleh Syracuse University. Kurikulum dan para dosennya mengacu pada kesepakatan University Consortium for Instructional Development and Technology (UCIDT), ECD project tersebut dinilai berhasil, dan kemudian diperpanjang dengan technical service sub-contract No. 497-80.100.27 USAID yang pelaksanaannya dikoordinasikan oleh University of Southern California.

Pada tahun 1980 dikukuhkan sebagai Fakultas Pascasarjana IKIP Jakarta. Selanjutnya, berdasarkan Surat Keputusan Presiden No. 45 Tahun 1982 tentang Susunan Organisasio IKIP Jakarta, salah satu fakultas yang disahkan adalah Fakultas Pascasarjana. Pada tahun 1991 Fakultas Pascasarjana IKIP Jakarta diubah menjadi Program Pascasarjana yang menyelenggarakan Program Magister dan Doktor. Termasuk di dalamnya Program Doktor Teknologi Pendidikan sebagai Program Studi tertua dan pertama.

Mampu merancang (desainer) serta mengembangkan pembelajaran  di berbagai tingkatan pendidikan.

Mampu menjadi peneliti (researchher) di bidang pendidikan dan pembelajaran yang dapat memecahkan permasalahan-permasalahan dalam kawasan Teknologi Pendidikan

Mampu menjadi Pengevaluasi (evaluator) program pendidikan. Evaluasi  untuk tujuan penjaminan mutu program pendidikan berkelanjutan.

Mampu menjadi pemimpin dan pengelola, menjadi pengembang Teknologi Pendidikan yang profesional.

Ahli-ahli (subspecialist) dibidang Tehnologi Pendidikan yang profesional sesuai dengan standar dan kualifikasi nasional maupun internasional, yang dapat mencakupi:

  • Instructional design development,
  • Educational Innovation & diffusion  development Subspecialist,
  • Education Program evaluation
  • Educational Multimedia Development
  • learning organization development
  • Teaching and Learning development,
  • Pedagogy development

VISI

Menjadi pusat rujukan inovasi original,  penghasil dan pengembang teknologi pendidikan yang beretika, unggul, kompetitif, professional  dan mampu bersaing di era industri 4.0 dan menghadapi Society 5.0 secara multidisipliner/interdisipliner dan transdisipliner,  serta memiliki keunggulan kompetitif dan komparatif dalam memimpin pengembangan inovasi keilmuan Teknologi Pendidikan tingkat nasional, regional, dan global.

MISI

Memberikan Andil dalam Kemajuan Ilmu Pengetahuan, Teknologi dan seni melalui penyelenggaraan Tri Dharma Perguruan Tinggi pada Program Doktor Teknologi Pendidikan sehingga berkontribusi terhadap pengembangan Indonesia dan masyarakat Global.

Kompetensi Prodi

Teknologi Pendidikan yang mampu merancang, mengembangkan, menerapkan, dan mengevaluasi model maupun sistem pendidikan dan pembelajaran melalui riset berkelanjutan untuk mengatasi masalah-masalah pendidikan dan pembelajaran melalui riset dan kajian ilmiah dengan pendekatan teknologi tepat guna dan etika profesi.

Capaian Pembelajaran

  1. Mampu mengembangkan pengetahuan tentang teori pedagogi, literasi, manfaat teknologi dan atau seni baru tentang informasi dalam bidang ilmu Teknologi Pendidikan, untuk menghasilkan solusi bagi peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara melalui pendekatan interdisipliner atau multidisipliner dan transdisipliner;
  2. Mampu mengembangkan keilmuan Teknologi Pendidikan atau praktik profesionalnya melalui riset hingga menghasilkan karya kreatif, inovatif, original, dan teruji;
  3. Mampu memecahkan masalah sains, teknologi dan atau seni terkait pada bidang Teknologi Pendidikan berdasarkan nilai. Prinsip teori dan konsep pedagogi, literasi, teknologi informasi melalui metode ilmiah dengan pendekatan interdisipliner atau multidisipliner dan tansdisipliner yang menginternalisasikan nilai, norma, dan etika akademik;
  4. Mampu mengembangkan teori baru terkait IPTEKs dalam menghasilkan temuan inovatif dengan mengaplikasikan konsep dan prinsip didaktik-pedagogis dalam pendidikan dengan memanfaatkan IPTEKS berorientasi pada kecakapan hidup (life skills) dan berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat;
  5. Mampu mengelola, memimpin dan mengembangkan riset dan pengembangan bidang keilmuannya bermanfaat bagi pengembangan Teknologi Pendidikan dan kemaslahatan umat manusia, serta mampu mendapat pengakuan nasional maupuan internasional.

Dosen Program Studi Teknologi Pendidikan

 

NO NAMA STATUS
1 Prof. Dr. Nurdin Ibrahim, M.Pd. (PENSIUN) Dosen Tetap
2 Prof. Dr. Basuki Wibawa Dosen Tetap
3 Prof. Dr. Suyitno Muslim, M.Pd. Dosen Tetap
4 Prof. Dr. Zulfiati Syahrial, M.Pd. DPK
5 Dr. Moch. Sukardjo, M.Pd. Dosen Tetap
6 Dr. Ir. Rusmono, M.Pd. Dosen Tetap
7 Prof. Dr. Etin Solihatin, M.Pd. Dosen Tidak  Tetap
Profil Lulusan Deskripsi Profil Lulusan
1. Perancang (desainer) pengembang (developer) pembelajaran Mampu merancang (desainer) serta mengembangkan pembelajaran di berbagai tingkatan pendidikan
2. Peneliti (researcher) Pendidikan dan pembelajaran. yang mampu memecahkan permasalahan dalam kawasan TP Mampu menjadi peneliti (researchher) di bidang pendidikan dan pembelajaran yang dapat memecahkan permasalahan-permasalahan dalam kawasan Teknologi Pendidikan
3. Pengevaluasi (evaluator) program pendidikan. Mampu menjadi Pengevaluasi (evaluator) program pendidikan. Evaluasi untuk tujuan penjaminan mutu program pendidikan berkelanjutan.
4. Pemimpin dan pengelola pengembangan Teknologi Pendidikan secara professional Mampu menjadi pemimpin dan pengelola, menjadi pengembang Teknologi Pendidikan yang profesional.

Program Doktor Teknologi Pendidikan memiliki akreditasi  B, yang artinya baik.

  • Mata Kuliah Umum

KODE MATA KULIAH SKS
99009113 Filsafat Ilmu Lanjutan 3 sks
99009123 Metodologi Penelitian Lanjutan 3 sks
99009133 Statistika Lanjutan 3 sks
99009143 Penulisan Artikel Ilmiah Terindeks 3 sks

 

  • Mata Kuliah Keahlian

KODE MATA KULIAH SKS
99029113 Model-model Pembelajaran Berbasis TI 3 sks
99029123 Teori Model dan Difusi Inovasi dalam Pendidikan 3 sks
99029133 evaluasi Model dan Program Pendidikan 3 sks
99029143 Pengembangan Sistem Pembelajaran 3 sks
99029153 Literasi Teknologi Pendidikan 3 sks
99029183 Orientasi Baru dalam Pedagogi 3 sks
99029193 Kolokium Teknologi Pendidikan 3 sks

 

  • Mata Kuliah Pilihan

KODE MATA KULIAH SKS
99029413 Kepemimpinan dalam Organisasi Belajar 3 sks
99029423 Tes, Pengukuran dan Model Evaluasi 3 sks
Pilih 1 (satu) mata kuliah dari Mata Kuliah Pilihan yang tersedia

 

  • Mata Kuliah Matrikulasi

KODE MATA KULIAH SKS
99029013 Landasan Ilmu Pendidikan* 3 sks

Catatan : * dilaksanakan sebelum perkuliahan semester 1
 

  • Mata Kuliah Matrikulasi

KODE MATA KULIAH SKS
99009917 Disertasi 15 sks