Pendidikan Kependudukan dan Lingkungan Hidup

PROGRAM DOKTOR PENDIDIKAN KEPENDUDUKAN DAN  LINGKUNGAN HIDUP (S3)

  1. VISI

Dalam jangka waktu 10 tahun (2017 – 2027), Program Studi PKLH Program Doktor mampu menjadi program studi unggul dan bermutu, serta menghasilkan lulusan yang mampu bersaing di era global secara kreatif dan inovatif dan tetap taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa”.

  1. MISI

 Misi Program Studi PKLH Program Doktor dirumuskan sesuai  dengan rumusan visi yaitu sebagai berikut:

  1. Melaksanakan pembinaan sumber daya manusia (SDM) melalui penyediaan pendidikan yang terprogram, sarana dan prasarana yang cukup, dan wahana komunikasi serta proses pembelajaran yang efektif dan terintegrasi dalam berbagai aktivitas yang berkaitan dengan pendidikan dan penelitian guna menghasilkan tenaga ahli yang memiliki ciri keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, berjiwa Pancasila, bermoral luhur, menunjang kode etik profesi serta memiliki kebanggaan dan kecintaan kepada almamaternya.
  2. Menyelenggarakan kegiatan pendidikan SDM yang dapat menghasilkan lulusan dalam bidang pendidikan kependudukan dan lingkungan hidup, yang mempunyai kemampuan mengembangkan konsep baru dalam bidang ilmu dan profesi pendidikan kependudukan dan lingkungan hidup, melalui proses belajar mengajar, penelitian dengan pendekatan
  3. Menciptakan dan mengembangkan perspektif pengetahuan baru mengenai metode dan penelitian dalam bidang pendidikan kependudukan dan lingkungan hidup baik untuk kepentingan dalam negeri maupun untuk dikenalkan ke tingkat global.
  4. Menyelenggarakan kegiatan pendidikan SDM dalam bidang pendidikan kependudukan dan lingkungan hidup dalam suasana akademik yang kondusif serta mengaplikasikan tinggi nilai-nilai kemanusiaan dan etika lingkungan yang luhur sehingga tercipta masyarakat ilmiah yang terdidik. Menyediakan sarana atau prasarana untuk mengembangkan gagasan-gagasan baru yang kreatif dan inovatif dalam bidang pendidikan kependudukan dan lingkungan hidup sesuai dengan dinamika perubahan ilmu pengetahuan dan teknologi.
  5. Menyelenggarakan proses pendidikan yang efektif dan efisien dalam rangka menghasilkan lulusan yang bermutu sesuai kebutuhan lingkungannya dalam waktu yang relatif singkat.
  6. Menyelenggarakan pengelolaan pendidikan berdasarkan prosedur yang rasional, transparan dan baku dengan berasaskan prinsip akuntabilitas yang konsisten dan berkesinambungan melalui pendekatan manajemen mutu terpadu (TQM).
  7. Membangun kerjasama dan hubungan yang aktif antara lembaga, universitas dan organisasi terkait lainnya, baik yang ada di dalam negeri maupun luar negeri dalam rangka peningkatan dan pengembangan kemampuan program studi dalam melaksanakan visinya.
  8. Menyediakan wahana untuk mengkomunikasikan gagasan-gagasan baru yang kreatif dan inovatif dalam bidang Pendidikan Kependudukan dan Lingkungan Hidup sesuai dengan dinamika perubahan ilmu pengetahuan dan teknologi.
  9. Mendorong upaya pembaharuan ke arah sistem pendidikan yang lebih efektif dan efisien sesuai dengan dinamika perubahan ilmu pengetahuan dan teknologi di lingkungan Program Studi PKLH Program Doktor khususnya dan pascasarjana UNJ pada umumnya.

TUJUAN

Tujuan Program Studi PKLH Program Doktor adalah menghasilkan lulusan yang:

  1. Memiliki kemampuan mengembangkan kinerja profesionalnya sebagai pendidik maupun peneliti yang ditunjukkan dengan ketajaman analisisnya terhadap permasalahan pendidikan kependudukan dan lingkungan hidup;
  2. Memiliki pemahaman yang komprenhesif tentang konsep-konsep, teori-teori dan paradigma baru dalam bidang pendidikan kependudukan dan lingkungan hidup;
  3. Memiliki kemampuan untuk mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni yang aplikatif yang terkait dengan pendidikan, kependudukan dan lingkungan hidup, melalui pemahaman, analisis dan sintesis terhadap pendekatan, metode dan kaidah keilmuan;
  4. Memilki kemampuan menggunakan pengetahuan dan keterampilan terkait yang dengan pendidikan kependudukan dan lingkungan hidup dalam rangka memecahkan masalahan-masalah pendidikan kependudukan dan lingkungan hidup yang kompleks yang bersifat lintas disiplin ilmu;
  5. Memiliki kemampuan memecahkan masalah di bidang pendidikan kependudukan dan lingkungan hidup melalui kegiatan penelitian dan pengabdian pada masyarakat berdasarkan kaidah ilmiah;
  6. Memiliki sifat keterbukaan serta responsif terhadap perubahan dan kemajuan ilmu pengetahuan pendidikan kependudukan dan lingkungan hidup;
  7. Memilki kemampuan mengkomunikasikan pemikiran dan hasil karyanya dalam bidang pendidikan kependudukan dan lingkungan hidup, baik secara lokal maupun global.

Standar Kompetensi Lulusan (Program Learning Outcomes-PLO)

  • Mengembangkan system pembelajaran yang mengacu pada prinsip-prinsip, teori, konsep dan hasil penelitian yang berhubungan dengan ESD secara komprehensif dan transdisiplinnaritas, baik pada pendidikan formal, informal, dan non formal.
  • Mendesain inovasi pembelajaran ESD dengan menerapkan prinsip-prinsip teori dan konsep dan hasil penelitian yang berhubungan dengan karakteristik lingkungan hidup, penduduk, dan PKLH.
  • Menemukan model keunggulan dalam pembelajaran transdisiplinaritas PKLH dengan tema terkait dengan permasalahan pendidikan, kependudukan, dan lingkungan.
  • Menemukan kebaharuan (novelty) yang terkait isu-isu kritis permasalahn kependiukan dan lingkungan hidup yaitu masalah gender, HAM, multicultural, kesehatan masyarakat, kelestarian lingkungan, pencemaran udara, perubahan iklim, dan mitigasi bencana, serta mengarahkan pada hak kekayaan intelektual (Intelectual Property Rights) baik dalam bentuk pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat.
  • Mengelola, memimpin, dan mengembangkan riset serta desiminasi hasil-hasil riset di bidang PKLH yang dapat menghantarkan perolehan hak kekayaan inteluctual (Intelectual Property Rights) di bidang PKLH.

2. Mata Kuliah

Kompetensi Umum 

KODE MATA KULIAH SKS
PPS 701 Filsafat Ilmu II 3 sks
PPS 702 Metodologi Penelitian Lanjutan 3 sks
PPS 703 Statistika II 3 sks

Kompetensi Utama

KODE MATA KULIAH SKS
PKLH 701 Teori-teori Belajar dan Penyusunan RPP dalam PKLH 3 sks
PKLH 702 Psikologi Lingkungan 3 sks
PKLH 703 Manajemen Pendidikan Dalam PKLH 3 sks
PKLH 704 Kapita Selekta Dalam PKLH 3 sks
PKLH 705 Kependudukan dan Lingkungan Dalam Sustainable Development 3 sks
PKLH 706 Ekologi Manusia Dalam Transisi Demografi 3 sks
PKLH 707 Sistem Evaluasi Pembelajaran PKLH 3 sks
PPS 799 Disertasi 14 sks

 Kompetensi Pendukung

KODE MATA KULIAH SKS
PPS 704 Isu-Isu Kritis dalam Pendidikan 3 sks
PPS 705 Orientasi Baru dalam Pedagogik 3 sks

 Matrikulasi

KODE MATA KULIAH SKS
PPS 504 Orientasi Baru dalam Psikologi  Pendidikan* 3 sks
PPS 505 Teknologi Komunikasi dan Informasi dalam Pendidikan* 3 sks
PKLH 500 Ekologi Umum** 3 sks
PKLH 501 Isu-isu Perubahan Iklim Global** 3 sks
*    Mata Kuliah Matrikulasi Kependidikan
**  Mata Kuliah Matrikulasi Program Studi