Penyegaran Metodologi Penelitian Kualitatif Bagi Dosen Pascasarjana UNJ: Diskursus epistemologi keilmuan yang konstruktif

Penyegaran Metodologi Penelitian Kualitatif Bagi Dosen Pascasarjana UNJ: Diskursus epistemologi keilmuan yang konstruktif

Pascasarjana UNJ menyelenggarakan kegiatan keilmuan yang menarik. Kegiatan yang bertajuk Penyegaran Metodologi Penelitian kualitatif bagi dosen pascasarjana Universitas Negeri Jakarta tersebut diselenggarakan pada 18-20 Oktober 2018 di Hotel Ultima Horison Yogyakarta.

Hadir dalam diskursus tersebut para ilmuwan dari kampus-kampus terkemuka di Yogyakarta, diantaranya Sartini Wardwiyono Ph.D., Dr.Pujo Semedi Hargoyuono,MA., Prof.Sunyoto Usman, Dr.Bambang Hudayana,MA., dan Dr.Setiadi,MA. Mereka hadir untuk berdiskusi bersama dengan lebih dari 60 an ilmuwan yang mengajar di Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta (UNJ)

Diskursus epistemologis tersebut membahas sejumlah metode utama dalam penelitian kualitatif, dari Interpretative Phenomenological Analysis, Grounded Theory Case Study, Content Analysis Partisipatory Action Research sampai metode Ethnography.

Dalam kesempatan pembukaan penyegaran penelitian kualitatif tersebut, Plt Direktur Pascasarjana UNJ Prof.Dr.Ilza Mayuni,MA mengemukakan bahwa kegiatan tersebut diberi nama penyegaran karena memang untuk menyegarkan pengetahuan tentang metode penelitian kualitatif dengan format acara dikemas agak santai tapi diskusi keilmuan metodologinya bisa mendalam.

Kegiatan yang di inisiasi oleh GP3 Pascasarjana UNJ yang digawangi Usep Suhud, Ph.D ini menjadi salah satu agenda penting untuk terus menjadikan pascasarjana UNJ semakin terus produktif dalam segi riset dengan metode yang terus disegarkan. (UB)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *