PROGRAM STUDI PENELITIAN DAN EVALUASI PENDIDIKAN (S2)
1. Visi Program Studi
Menjadi program studi yang memiliki keunggulan kompetitif dalam bidang metodologi penelitian, evaluasi, dan penilaian pendidikan untuk membangun masyarakat Indonesia yang bermutu pada tingkat Asia Tenggara di tahun 2025.
2. Misi Program Studi
- Menyelenggarakan kegiatan pendidikan magister Penelitian dan Evaluasi Pendidikan dalam suasana akademik yang kondusif, akuntabel dan transparan.
- Melakukan kegiatan penelitian dalam bidang evaluasi, pengukuran dan penilaian pendidikan dengan metodologi yang benar.
- Melakukan kegiatan pengabdian pada masyarakat dalam bidang metodologi penelitian, evaluasi, pengukuran dan penilaian pendidikan dengan mengikuti perkembangan IPTEK.
- Mengembangkan ilmu pengetahuan di bidang evaluasi, pengukuran dan penilaian pendidikan yang dapat meningkatkan mutu pendidikan.
- Menjalin komunikasi dan kerjasama antar disiplin ilmu, instansi dalam dan luar negeri, dan masyarakat untuk melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi.
3. Standar Kompetensi Lulusan (Program Learning Outcomes-PLO)
- Memilih dan mengembangkan prosedur, instrumentasi dan metode interpretasi data untuk menggambarkan fenomena, membangun teori, merumuskan hipotesis, pengujian hipotesis dan mengadaptasi teori untuk mengembangkan model-model penilaian, pengukuran, evaluasi program dan penelitian.
- Memformulasikankan ide dan argumen ilmiah melalui penalaran dan penelitian ilmiah berdasarkan etika akademik, pemikiran logis, kritis, dan kreatif dengan pendekatan interdisiplin atau multidisplin melalui analisis statistika, psikometrika, metode penelitian kualitatif dan kuantitatif, pengukuran, penilaian dan evaluasi yang tepat dalam memecahkan masalah, serta menganalisis aspek yang berbeda atau membangun hubungan antar, fakta, konsep, prinsip dan hukum, dengan mengontrol variabel yang dikaji melalui peta jalan penelitian untuk memecahkan masalah dan atau menemukan kebaharuan (novelty) ilmu pengetahuan.
- Mampu mengelola, memimpin dan mengembangkan riset yang bermanfat bagi ilmu pengetahuan dan kemasalahan umat manusia serta mampu mendapat pengakuan nasional maupun internal
- Mendesain, mengimplementasi, menganalisis dampak serta efektivitas program untuk mengembangkan model-model evaluasi program, melalui pengembangan instrumen dan penerapan psikometrika
4. Mata Kuliah
Kompetensi Umum
KODE | MATA KULIAH | SKS |
PPS 501 | Filsafat Ilmu I | 3 sks |
PPS 502 | Metodologi Penelitian | 3 sks |
PPS 503 | Statistika I | 3 sks |
Kompetensi Utama
KODE | MATA KULIAH | SKS |
PEP 501 | Teori Tes | 3 sks |
PEP 502 | Pengukuran dalam Pendidikan | 3 sks |
PEP 503 | Asesmen Berbasis Kelas | 3 sks |
PEP 504 | Evaluasi Program | 3 sks |
PEP 505 | Desain Eksperimen | 3 sks |
PEP 506 | Metodologi Penelitian Kualitatif | 3 sks |
PEP 507 | Manajemen Sistem Informasi Pendidikan | 3 sks |
PPS 599 | Tesis | 8 sks |
Kompetensi Pendukung
KODE | MATA KULIAH | SKS |
PPS 504 | Orientasi Baru dalam Psikologi Pendidikan | 3 sks |
PPS 505 | Teknologi Komunikasi dan Informasi dalam Pendidikan | 3 sks |
Matrikulasi
KODE | MATA KULIAH | SKS |
PPS 401 | Landasan Ilmu Pendidikan* | 3 sks |
PPS 402 | Psikologi Pendidikan* | 3 sks |
* Mata Kuliah Matrikulasi Kependidikan |