Lapor Pasca

PROGRAM STUDI PENELITIAN DAN EVALUASI PENDIDIKAN (S2)

 

1. Visi Program Studi
Menjadi program studi yang memiliki keunggulan kompetitif dalam bidang metodologi penelitian, evaluasi, dan   penilaian pendidikan untuk membangun masyarakat Indonesia yang bermutu pada tingkat Asia Tenggara di  tahun 2025.
2. Misi Program Studi
  • Menyelenggarakan kegiatan pendidikan magister Penelitian dan Evaluasi Pendidikan dalam suasana akademik yang kondusif, akuntabel dan transparan.
  • Melakukan kegiatan penelitian dalam bidang evaluasi, pengukuran dan penilaian pendidikan dengan metodologi yang benar.
  • Melakukan kegiatan pengabdian pada masyarakat dalam bidang metodologi penelitian, evaluasi, pengukuran dan penilaian pendidikan dengan mengikuti perkembangan IPTEK.
  • Mengembangkan ilmu pengetahuan di bidang evaluasi, pengukuran dan penilaian pendidikan yang dapat meningkatkan mutu pendidikan.
  • Menjalin komunikasi dan kerjasama antar disiplin ilmu, instansi dalam dan luar negeri, dan masyarakat untuk melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

3. Standar Kompetensi Lulusan (Program Learning Outcomes-PLO)

  • Memilih dan mengembangkan prosedur, instrumentasi dan metode interpretasi data untuk menggambarkan fenomena, membangun teori, merumuskan hipotesis, pengujian hipotesis dan mengadaptasi teori untuk mengembangkan model-model penilaian, pengukuran,  evaluasi program dan penelitian.
  • Memformulasikankan ide dan argumen ilmiah melalui penalaran dan penelitian ilmiah berdasarkan etika akademik, pemikiran logis, kritis, dan kreatif dengan pendekatan interdisiplin atau multidisplin melalui analisis statistika, psikometrika, metode penelitian kualitatif dan kuantitatif, pengukuran, penilaian dan evaluasi yang tepat dalam memecahkan masalah, serta menganalisis aspek yang berbeda atau membangun hubungan antar, fakta, konsep, prinsip dan hukum, dengan mengontrol variabel yang dikaji melalui peta jalan penelitian  untuk memecahkan masalah dan atau menemukan kebaharuan (novelty) ilmu pengetahuan.
  • Mampu mengelola, memimpin dan mengembangkan riset yang bermanfat bagi ilmu pengetahuan dan kemasalahan umat manusia serta mampu mendapat pengakuan nasional maupun internal
  • Mendesain, mengimplementasi, menganalisis dampak serta efektivitas program untuk mengembangkan model-model evaluasi program, melalui pengembangan instrumen dan penerapan psikometrika

4. Mata Kuliah

Kompetensi Umum 

KODE MATA KULIAH SKS
PPS 501 Filsafat Ilmu I 3 sks
PPS 502 Metodologi Penelitian 3 sks
PPS 503 Statistika I 3 sks

Kompetensi Utama

KODE MATA KULIAH SKS
PEP 501 Teori Tes 3 sks
PEP 502 Pengukuran dalam Pendidikan 3 sks
PEP 503 Asesmen Berbasis Kelas 3 sks
PEP 504 Evaluasi Program 3 sks
PEP 505 Desain Eksperimen 3 sks
PEP 506 Metodologi Penelitian Kualitatif 3 sks
PEP 507 Manajemen Sistem Informasi Pendidikan 3 sks
PPS 599 Tesis 8 sks

Kompetensi Pendukung 

KODE MATA KULIAH SKS
PPS 504 Orientasi Baru dalam Psikologi  Pendidikan 3 sks
PPS 505 Teknologi Komunikasi dan Informasi dalam Pendidikan 3 sks

 Matrikulasi 

KODE MATA KULIAH SKS
PPS 401 Landasan Ilmu Pendidikan* 3 sks
PPS 402 Psikologi Pendidikan* 3 sks
*    Mata Kuliah Matrikulasi Kependidikan