Standar Kompetensi Lulusan

Program Magister

Kompetensi yang diharapkan dari lulusan program magister di Program Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta adalah:

  • Menerapkan dan mengembangkan ilmu pengetahuan dan/atau teknologi di bidang pendidikan dan nonkependidikan melalui penalaran dan penelitian ilmiah berdasarkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif;
  • Mengembangkan ilmu pengetahuan dan/atau teknologi di bidang keahliannya melalui penelitian ilmiah, yang disusun dalam bentuk tesis;
  • Mempublikasikan hasil penelitian bidang keilmuannya pada jurnal ilmiah yang terakreditasi;
  • Menyusun dan mengkomunikasikan ide dan argumen yang dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah dan etika akademik, melalui berbagai bentuk media kepada masyarakat terutama masyarakat akademik;
  • Mendokumentasikan, menyimpan, mengaudit, mengamankan, dan menemukan kembali data hasil penelitian untuk keperluan penelitian lanjutan;
  • Meningkatkan kapasitas pembelajaran mandiri;
  • Mengembangkan dan memelihara jaringan kerja dengan kolega, sejawat di dalam lembaga dan komunitas penelitian yang lebih luas;
  • Melaksanakan penelitian bidang keilmuannya berbasis peta penelitian, dengan pendekatan inter atau multi disipliner, baik secara mandiri maupun bekerja sama dengan lembaga lain;
  • Mengidentifikasi bidang keilmuan obyek penelitiannya dan memposisikan ke dalam suatu peta penelitian.

Program Doktoral

Kompetensi yang diharapkan dari lulusan program doktor di Program Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta adalah:

  • Menemukan, dan memberikan kontribusi pada pengembangan, serta pengamalan ilmu pengetahuan dan/atau teknologi di bidang pendidikan dan non kependidikan melalui penalaran dan penelitian ilmiah berdasarkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif;
  • Menemukan atau menciptakan ilmu pengetahuan dan/atau teknologi di bidang keahliannya melalui penelitian ilmiah dengan pendekatan inter, multi atau transdisipliner, yang disusun dalam bentuk disertasi;
  • Mempublikasikan hasil penelitian di bidang keilmuannya pada jurnal ilmiah yang terakreditasi;
  • Menyusun dan mengkomunikasikan pandangan kritis, argumen, dan solusi terhadap masalah/isu mutakhir di dalam masyarakat yang terkait bidang pendidikan dan nonkependidikan, yang dapat dipertanggung-jawabkan secara ilmiah dan etika akademik, melalui berbagai bentuk media kepada masyarakat;
  • Mengembangkan penelitian bidang keilmuannya yang bermanfaat bagi pengembangan ilmu pengetahuan dan/atau teknologi, serta peningkatan kemaslahatan manusia dengan berbasis peta jalan penelitian, melalui pendekatan inter, multi, atau transdisipliner, baik secara mandiri maupun bekerjasama dengan lembaga lain;
  • Memimpin tim kerja atau tim penelitian pada bidang keahlian/keilmuannya;
  • Mendokumentasikan, menyimpan, mengaudit, mengamankan, dan menemukan kembali data hasil penelitian untuk keperluan penelitian lanjutan atau penelitian lain;
  • Meningkatkan mutu sumber daya untuk pengembangan program strategis organisasi;
  • Mengembangkan dan memelihara jaringan kerja dengan kolega, sejawat di dalam lembaga dan komunitas penelitian yang lebih luas;
  • Meningkatkan kapasitas pembelajaran mandiri dan tim yang berada di bawah tanggungjawabnya;
  • Menyusun peta jalan penelitian bidang bidang pendidikan dan non kependidikan melalui kajian kritis atas fakta, konsep, prinsip, dan teori.