Sistem Pembelajaran

Kualifikasi yang diharapkan dari lulusan program pascasarjana adalah keterampilan dalam melakukan penelitian (program magister) dan kemampuan dalam mengelola dan memimpin penelitian (program doktoral) yang didasarkan pada analisis interdisiplin atau multidisiplin atau transdisiplin. Untuk mencapai kualifikasi lulusan tersebut, maka proses pembelajaran pada Program Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta menerapkan model Multi Channel Learning (MCL) yang berpusat pada mahasiswa.

Semester merupakan satuan waktu kegiatan pembelajaran efektif 16 minggu (16 kali pertemuan).1 (satu) sks setara dengan 160 menit kegiatan belajar per minggu per semester. Beban belajar mahasiswa adalah 8 jam per hari, atau 48 – 60 jam per minggu.

Perkuliahan dilakukan dalam bentuk tatap muka, responsi, tutorial, seminar, bentuk pembelajaran lain yang sejenis, yaitu:

  • Kegiatan pembelajaran yang terdiri atas: (1) Kegiatan belajar tatap muka 100 menit per minggu per semester; (2) Kegiatan belajar mandiri 60 menit per minggu per semester.
  • Praktikum, yaitu kegiatan pembelajaran di laboratorium 3 jam per minggu per semester; Praktek lapangan, yaitu kegiatan pembelajaran dengan praktek di lapangan 4 jam per minggu per semester;
  • Tesis dan disertasi, yaitu kegiatan penelitian 10 jam per minggu per semester.