Lapor Pasca

[vc_row][vc_column width=”2/3″][vc_single_image image=”20224″ img_size=”4200×2550″ alignment=”center” onclick=”link_image” css_animation=”appear”][vc_tta_accordion style=”outline” shape=”square” color=”mulled-wine” spacing=”3″ c_position=”right” active_section=”1″ no_fill=”true”][vc_tta_section title=”Description” tab_id=”1530764938902-c7584f75-650d”][vc_column_text]

The Management of a Higher Education program for a master’s degree has some uniqueness. Firstly, it is the only Management of Higher Education program for a master’s degree from all Higher degree educational Institutions in Indonesia. Secondly, it is the superior Management of Higher Education programs for a master’s degree that focuses on education, especially for developing standard operating procedures and designing a testing program based on international standards, namely AERA/APA/NCME. Thirdly, it is the only Management of Higher Education program for a master’s degree that has educational and scientific development under UNJ’s core business through educational insights, curriculum management, assessment and testing, budget and finance, information systems, and higher education quality management with an interdisciplinary or multidisciplinary approach and an emphasis on diversity in analyzing higher education management policy.

.[/vc_column_text][/vc_tta_section][vc_tta_section title=”Lecturer” tab_id=”1530765068160-6718c317-6b26″][vc_column_text]
NO NAMA STATUS
1 Prof. Dr. Neti Karnati, M.Pd. Lecturer
2 Prof. Dr. Dedi Purwana ES., M.Bus. Lecturer
3 Prof. Dr. Rugaiyah, M,Pd. Lecturer
4 Prof. Dr. Siti Nurjannah, M.Si. Lecturer
5 Dr. Masduki Akhmad, S.H, M.H. Lecturer
6 Dr. Desi Rahmawati, M.Pd. Lecturer
7 Dr. Suryadi. Lecturer
[/vc_column_text][/vc_tta_section][vc_tta_section title=”Objectives” tab_id=”1530765064040-caece16b-0d22″][vc_column_text]
  • Able to develop knowledge, technology, and art in their scientific field or professional practice through research, to produce innovative and tested works;
  • Able to solve problems in science, technology, and art in their scientific field through an inter- or multidisciplinary approach;
  • Able to manage research and development that is beneficial to society and science and able to gain national or international recognition.
[/vc_column_text][/vc_tta_section][vc_tta_section title=”Capaian Pembelajaran” tab_id=”1530765062659-7d6fba46-3e8e”][vc_column_text] a. Keterampilan Umum
  1. Mampu berpikir logis, kritis, sistematis, dan kreatif melalui penelitian ilmiah bidang ilmu manajemen pendiidkan Tinggi. (KU-1)
  2. Mampu mendesain manajemen pendidikan tinggi menerapkan   nilai humaniora sesuai dengan bidang keahliannya. (KU-2)
  3. Menyusun karya ilmiah berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam bentuk tesis yang dipublikasikan pada jurnal terakreditasi atau di jurnal internasional. (KU-3)
  4. Mampu menyusun ide, hasil pemikiran dan argumen saintifik secara bertanggung jawab dan berdasarkan etika akademik, serta menkomunikasikan melalui media kepada masyarakat akademik dan masyarakat luas. (KU-3)
  5. Mampu mengidentifikasiilmu manajemen pendidikan tinggi yang menjadi obyek penelitian dan memosisikan ke dalam suatu peta penelitian yang dikembangkan melalui pendekatan inter atau multi disipliner.(KU-4)
  6. Mampu mengambil keputusan yang efektif dalam konteks menyelesaikan masalah pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (KU-5)
  7. Mampu mengelola, mengembangkan dan memelihara jaringan kerja di dalam lembaga dan komunitas penelitian yang lebih luas. (KU-6
b. Keterampilan Khusus
  1. Mampu memanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam mengembangkan pengetahuan manajemen pendidikan tinggi. (KK-1)
  2. Mampu menyusun kurikulum manajemen pendidikan tinggi berbasis OBE (KK-2)
  3. Mampu mengambil keputusan dalam organisasi pendidikan tinggi secara profesional, efektif, dan efesien (KK-3)
  4. Mampu melakukan asesmen internal dan eksternal pendidikan tinggi (KK-4)
  5. Mampu menyusun program pengembangan pendidikan tinggi berbasis pada Tri Dharma Perguruan Tinggi (KK-5)
  6. Mampu mengelola Lembaga Pendidikan Tinggi secara profesional. (KK-6)
c. Pengetahuan
  1. Mampu menganalisis konsep dan teori secara kritis untuk memecahkan masalah dalam bidang tentang ilmu manajemen pendidikan tinggi melalui penelitain (P-1)
  2. Mampu mengembangkan konsep-konsep perubahan dan inovasi dalam manajemen pendidikan tinggi sesuai              dengan perkembangan sains dan teknologi mutakhir berbasis knowledge management. melalui penelitian sehingga menghasilkan karya yang inovatif dan teruji  (P-1)
  3. Mampu memecahkan masalah dibidang manajemen pendidikan tinggi untuk mencapai kinerja organisasi pendidikan tinggi yang bermutu dengan pendekatan interdisipliner atau multidisipliner (P-3)
  4. Mampu merancang mengembangkan model manajemen pendidikan tinggi melalui penelitian dan pengembangan sehingga menghasilkan karya yang inovatif dan teruji (P-4)
  5. Mampu mengelola penelitian di bidang manajemen pendidikan tinggi yang bermanfaat bagi masyarakat dan mendapatkan pengakuan nasional atau internasional (P-5)
[/vc_column_text][/vc_tta_section][vc_tta_section title=”Mata Kuliah” tab_id=”1609137602744-c564fc36-39c1″][vc_column_text]

Mata Kuliah Umum

Semester Nama Mata Kuliah Bobot sks RPS
Teori Praktik
I Filsafat Ilmu 3 0
Metodologi Penelitian 2 1
Statistik  I 2 1
Wawasan Kependidikan 3 0
Pengantar Manajemen Pendidikan Tinggi 2 0
Manajemen Sumber Daya Manusia Pendidikan Tinggi 2 0
Analisis Kebijakan Pendidikan Tinggi 2 0
Total Semester I 16 2
II Kepemimpinan dan Manajemen Perubahan Pada Pendidikan Tinggi 3 0
Manajemen Kurikulum Pendidikan Tinggi 3 0
Manajemen Mutu Pendidikan Tinggi 3 0
Penganggaran dan Pembiayaan Pendidikan Tinggi 3 0
Manajemen Penilaian dan Pengujian Pendidikan Tinggi 2 0
Kolokium 3 0
Total Semester II 17 0
III Mata Kuliah Pilihan (kewajiban memilih satu mata kuliah)
Isu-isu kontemporer Pendidikan Tinggi 3 0
Sistem Informasi Manajemen Pendidikan Tinggi 3 0
Manajemen Fasilitas Fisik Pendidikan Tinggi 3 0
Perbandingan pendidikan tinggi di dunia 3 0
Total Semester III 3 0
IV Tesis 8 0
Total sks 44 2
[/vc_column_text][/vc_tta_section][vc_tta_section title=”Akreditasi” tab_id=”1530765059776-21bdf663-b42a”][vc_column_text]Program Magister Manajemen Pendidikan Tinggi .[/vc_column_text][/vc_tta_section][vc_tta_section title=”Kurikulum” tab_id=”1530765057372-eb06c628-2f2e”][vc_column_text]Kurikulum Pascasarjana UNJ disusun oleh Program Studi untuk mencapai Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL). CPL memuat prinsip-prinsip sebagai berikut. 1.Landasan Hukum Landasan pengembangan kurikulum Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta (UNJ), yaitu (a) Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi, (b) Peraturan Presiden Nomor 8 Tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI), (c) Permendikbud Nomor 73 Tahun 2013 tentang Penerapan KKNI di Perguruan Tinggi, (d) Peraturan Pemerintah Nomor 4 Tahun 2014 tentang Penyelenggaraan Pendidikan Tinggi dan Pengelolaan Perguruan Tinggi, serta (e) dan Permendikbud Nomor 03 Tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi. Mengacu pada kebijakan di atas, kurikulum program magister mengimple­mentasikan KKNI level 8 (delapan). 2. Kurikulum Pascasarjana Muatan kurikulum Magister Pascasarjana UNJ tertuang dalam capaian pembelajaran lulusan (CPL) yang meliputi aspek sikap, keterampilan umum, keterampilan khusus, dan pengetahuan yang dirumuskan berdasarkan SNPT Tahun 2020 dan deskriptor KKNI level 8 (delapan). Capaian pembelajaran lulusan (CPL) dijabarkan ke dalam capaian pembelajaran mata kuliah (CPMK) yang bersifat spesifik terhadap mata kuliah, mencakup aspek sikap, pengetahuan, keterampilan umum, dan keterampilan khusus. Kurikulum Program Studi Magister dikembangkan berbasis Outcome Base Education (OBE) yang berstandar internasional. Kurikulum yang dikembangkan berorientasi pada peta okupasi/profesi dalam Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) bidang keahlian atau keilmuannya  masing-masing Program Studi yang mampu disetarakan dengan kualifikasi internasional. Kurikulum Pascasarjana UNJ memuat sejumlah mata kuliah dikelompok menjadi mata kuliah matrikulasi, mata kuliah umum, mata kuliah utama/program studi,  mata kuliah dasar kependidikan dan mata kuliah pilihan. Pascasarjana menerbitkan Surat Keterangan Pendamping Ijazah (SKPI) atau diploma supplement mengacu pada Peraturan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Nomor 59 Tahun 2018 tentang Ijazah, Sertifikat Kompetensi, Sertifikat Profesi, Gelar, dan Tata Cara Penulisan Gelar di Perguruan Tinggi. SKPI memuat informasi tentang keaktifan lulusan pada bidang akademik, sikap sosial lulusan, dan kualifikasi lulusan sesuai dengan jenjang Kerangka Nasional Kualifikasi Indonesia (KKNI). SKPI diterbitkan setelah divalidasi dan mahasiswa dinyatakan lulus dari suatu program studi di Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta. 3. Sistem Pembelajaran pada Pascasarjana UNJ Kualifikasi yang diharapkan dari lulusan Program Magister Pascasarjana UNJ adalah sesuai dengan level KKNI 8 yaitu : (1) Mampu mengembangkan teori pedagogi, literasi, manfaat teknologi informasi dalam teknologi pendidikan untuk menghasilkan solusi yang ber bagi peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara melalui pendekatan interdisipliner atau multidisipliner; (2) Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam  di bidangnya  berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka meningkatkan profesi bidang  pendidikan  dan non pendidikan yang memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan; (3) Mampu memecahkan masalah pendidikan  dan non pendidikan berdasarkan  metode ilmiah dengan pendekatan interdisipliner atau multidisipliner yang menginternalisasikan nilai, norma, dan etika akademik; (4) Mampu menerapkan solusi permasalahan pendidikan dan non kepenendidikan  yang sesuai dengan kebutuhan pengembangan IPTEKS  melalui penelitian  yang teruji dan memiliki kebaruan di tingkat nasional dan Internasional; (5) Mampu menerapkan pembelajaran inovatif dengan mengaplikasikan konsep dan prinsip didaktik-pedagogis dengan memanfaatkan IPTEKS berorientasi pada kecakapan hidup (life skills) dan berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat; (6) Mampu menerapkan  keprofesionalan secara berkelanjutan dalam bidang keahliann  atau keilmuannya  dengan melakukan penelitian sebagai tindakan reflektif dan evaluatif; (7) Mampu mendesimenasikan hasil kajian  di bidangnya bersifat kekinian dengan pendekatan inter dan multi disipliner yang diakui oleh komunitas keilmuannya  di tingkat nasional dan Internasional.  Untuk mencapai kualifikasi lulusan tersebut, proses pembelajaran pada Pascasarjana UNJ dilakukan berupa kuliah dalam bentuk tatap muka dan/atau blended learning, seminar,  praktikum, responsi,  penelitian, praktik studio, praktik bengkel, atau praktik lapangan. 4.Sistem Penilaian Pada Pascasarjana UNJ Penilaian pembelajaran pada Pascasarjana UNJ meliputi penilaian proses dan pe­ni­laian hasil belajar mahasiswa untuk memenuhi capaian pembelajaran lulusan. Teknik penilaian yang digunakan adalah observasi, partisipasi, projek, unjuk kerja, penugasan, tes tertulis, atau tes lisan , yang berupa portofolio mahasiswa. 5.Beban Studi Program Magister Komposisi mata kuliah untuk program magister sebagai berikut. Tabel 1. Sebaran Beban Studi Untuk latar Belakang Program Sarjana Pendidikan
No Mata Kuliah Bobot SKS
1 Mata Kuliah Umum 9 – 12
2 Mata Kuliah Keahlian 18
3 Mata Kuliah Pilihan 3 – 15
4 Tesis 8
Jumlah 41 – 43
Tabel 2. Sebaran Beban Studi untuk Latar Belakang Program Sarjana Nonpendidikan
No Mata Kuliah Bobot SKS
1 Mata Kuliah Matrikulasi 3 – 6
2 Mata Kuliah Umum 12
3 Mata Kuliah Keahlian 18
4 Mata Kuliah Pilihan 3 – 15
5 Tesis 8
Jumlah 43 – 46
[/vc_column_text][/vc_tta_section][vc_tta_section title=”Kegiatan Prodi” tab_id=”1554348048287-5107bb7f-38f4″][vc_gallery interval=”3″ images=”20205,20206″ img_size=”full”][vc_column_text]-[/vc_column_text][/vc_tta_section][vc_tta_section title=”Prestasi Mahasiswa” tab_id=”1609229623316-d065c64a-b7ff”][vc_column_text]-[/vc_column_text][/vc_tta_section][/vc_tta_accordion][/vc_column][vc_column width=”1/3″][vc_cta h2=”Program Magister”] [/vc_cta][vc_cta h2=”Doctoral Program”] [/vc_cta][/vc_column][/vc_row]