Environmental Management

Red Carpet

PROFIL PROGRAM MAGISTER MANAJEMEN LINGKUNGAN

Program studi Magister Manajemen Lingkungan (ML) merupakan salah satu prodi yang dikelola pascasarjana yang terakreditasi B di BAN-PT No.181/SK/BAN-PT/Ak-XI/M/VIII/2013. Saat ini Program studi Magister Manajemen Lingkungan (ML) 12 dosen.  Program studi Magister Manajemen Lingkungan (ML) menerapkan sistem pembelajaran yang mengacu pada prinsip, konsep, teori dan hasil yang berhubungan dengan Educational for Sustainable Development. Dengan demikian maka program studi Magister Manajemen Lingkungan berusaha untuk mengevaluasi isu-isu kritis dalam pembangunan di bidang kependudukan dan lingkungan hidup yakni masalah gender, hak asasi mannusia, multicultural, kesehatan masyarakat, pelestarian lingkungan, pencemaran udara, perubahan iklim dan mitigasi bencana dan kebijakan serta program MDG,s yang sekarang menjadi SDG,s. Oleh karena itu, maka program studi Magister Manajemen Lingkungan mengelola dan mengembangkan riset serta desiminasi hasil riset di bidang Manajemen Lingkungan yang dapat menghantarkan perolehan Hak Kekayaan Intelektual (HAKI) di bidang Manajemen Lingkungan, Untuk itu, maka dibutuhkan atmosfir akademik yang mendukung tumbuhnya dan berkembangkanya secara dinamis, kreatif dan inovatrif serta produktif dari hasil  kajian, penelitian, diskusi ilmiah dan publikasi ilmiah, baik pada jurnal Nasional yang terakriditasi maupun dalam jurnal Internasional yang bereputasi minimal Q3.

Program Studi Magister Manajemen Lingkungan ini mampu menghasilkan lulusan yang dapat menghasilkan temuan ilmiah di bidang manajemen lingkungan yang unik dari temuan sebelumnya, begitu juga standar proses pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat   yang berbeda bila dibandingkan dengan program studi magister lain yang serumpun. Keinovatifannya adalah pada aspek kepemimpinan lingkungan. Program Studi ini juga dapat bersaing  di Bidang Ilmu Manajemen Lingkungan dengan konsentrasi pada kepemimpinan Lingkungan. Program Studi ini    mampu bersaing dalam mencerminkan masyarakat Ilmiah dan professional menuju pembangunan berkelanjutan. Bersaing menjadi tauladan dalam membentuk masyarakat yang ilmiah dalam komunikan keilmuan manajemen lingkungan.  Masyarakat  Ilmiah   adalah gambaran keadaan masyarakat, baik civitas akademika maupun pemangku kepentingan, untuk dapat mengerti, memahami, dan memiliki keterampilan di bidang  Manajemen Lingkungan, sehingga mampu merealisasikan  prinsip Manajemen Lingkungan di dalam semua dimensi dalam kehidupan di tataran lokal, nasional, regional dan internasional. Dengan demikian, Program Studi Manajemen Lingkungan Pascasarjana UNJ diselenggarakan dalam rangka membina sumber daya yang mampu mengikuti perkembangan ilmu dan teknologi, khususnya yang berkaitan dengan kajian ilmu lingkungan, kajian ilmu manajemen dan kajian ilmu manajemen lingkuingan, sumber daya alam dan sumber daya manusia yang memiliki wawasan global yang luas di bidang lingkungan, dan pembangunan berkelanjutan serta manajemen lingkungan. Namun juga memiliki kepedulian terhadap permasalahan krisis lingkungan dan krisis dalam pengelolaan lingkungan lokal, regional, nasional dan global. Di samping itu SDM lulusan Manajemen lingkungan  yang memiliki keikhlasan dalam mengabdikan ilmunya kepada masyarakat sekitarnya. Lulusan Program Studi  Magister Manajemen Lingkungan  Pascasarjana UNJ juga memiliki integritas kepribadian yang tinggi serta keahlian dalam bidang kajian manajemen lingkungan, khususnya dalam melakukan penelitian, dan merancang, mengembangkan, melaksanakan, serta mengevaluasi dan mengendalikan Masalah dalam krisis manajemen Lingkungan. Integritas kepribadian yang tinggi tercermin dari perwujudan nilai  iman dan takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, wawasan global yang luas, kepedulian terhadap permasalahan bangsanya di bidang lingkungan dan dalam mengelola lingkungan, serta keikhlasan dalam mengabdikan ilmunya kepada masyarakat bangsanya. Di samping  itu dapat  menghasilkan lulusan yang memiliki jiwa transformatif. Transformatif secara utuh baik transformatif  secara personal, intelektual dan sosial.  Unggul juga memiliki makna dalam dua dimensi baik dimensi tata kelolanya maupun dimensi proses akademik dan  lulusannya. Untuk dimensi akademik dan lulusannya adalah agar lulusannya memiliki integritas atau kecerdasan emosional, kecerdasan intelektual, dan kecerdasan sosial. Konsep   Cerdas adalah pola dan cara berpikir ilmiah yang didasarkan pada landasan etika dan moralitas yang tinggi, serta cakap dalam menganalisis situasi dan kondisi terkait dengan isu kritis lingkungan, guna menciptakan, mengembangkan, dan menerapkan sistem Manajemen Mutu Lingkungan. Berbudaya lingkungan adalah bersikap dan berprilaku sebagai ahli di bidang manajemen lingkungan yang mencerminkan pengetahuan, kesadaran, kepatuhan, dan penghormatan  pada struktur nilai dan norma dalam memajukan kesejahteraan masyarakat yang  berkeadilan sesuai dengan tujuan pembangunan berkelanjutan.

Program Studi S2 Manajemen Lingkungan UNJ menghasilkan  Pengembang Model, Peneliti, Auditor, Analis, Konsultan, Evaluator, dan Asesor, dan Tenaga Ahli di bidang pengembangan manajemen lingkungan .

[/vc_tta_section]

Dosen Program Studi Manajemen Lingkungan

NO NAMA STATUS
1 Dr. Arif Saifudin Dosen Tetap
2 Dr. Samadi, M.Si. Dosen Tetap
3 Prof. Dr. Henita Rahmayanti, M.Si. Dosen Tetap
4 Dr. Dian Alfia Purwandari, SE, M.Si. Dosen Tetap
5 Dr. Oot Hotimah, M.Si. Dosen Tetap

Tujuan Prodi

  1. Mampu mengembangkan pengetahuan manajemen lingkungan melalui riset, sehingga menghasilkan karya inovatif (berupa desain ekosistem lingkungan, sistem perlindungan & konservasi alam, dll.)
  2. Mampu menganalisis secara kritis terhadap teori dan praksis  terkait dengan manajemen lingkungan dalam praktek profesionalnya
  3. mampu memecahkan permasalahan terkait dengan manajemen lingkungan melalui pendekatan inter atau multidisipliner.
  4. mengelola riset di bidang manajemen lingkungan dan pengembangannya yang bermanfaat bagi masyarakat dan keilmuan, serta mendapat pengakuan nasional dan internasional.
  5. mengembangkan diri dan memiliki semangat untuk belajar sepanjang hayat sehingga dapat beradaptasi terhadap perubahan zaman
  6. Memahami dan mampu mengimplementasikan pengetahuan dan pengalamannya secara bertanggung jawab, berkontribusi secara positif, berpikir kritis, kreatif, dan menunjukkan kepeloporan dan kepemimpinan
  7. mengomunikasikan ide, pemikiran, dan gagasan, serta mengembangkan dan memelihara jaringan kerja (networking) baik dengan kolega/sejawat di dalam maupun di luar lembaga sesuai dengan etika profesi

Capaian Pembelajaran

Menghasilkan lulusan Master of Science bidang Manajemen Lingkungan yang memiliki kemampuan:

1. mengembangkan pengetahuan manajemen lingkungan melalui riset, sehingga menghasilkan karya inovatif (berupa desain ekosistem lingkungan, sistem perlindungan & konservasi alam, dll.);

2. menganalisis secara kritis terhadap teori dan praksis terkait dengan manajemen lingkungan dalam praktek profesionalnya;
3. memecahkan permasalahan terkait dengan manajemen lingkungan melalui pendekatan inter atau multidisipliner;
4. mengelola riset di bidang manajemen lingkungan dan pengembangannya yang bermanfaat bagi masyarakat dan keilmuan, serta mendapat pengakuan nasional dan internasional;
5. mengembangkan diri dan memiliki semangat untuk belajar sepanjang hayat sehingga dapat beradaptasi terhadap perubahan zaman;
6. Memahami dan mampu mengimplementasikan pengetahuan dan pengalamannya secara bertanggung jawab,berkontribusi secara positif, berpikir kritis, kreatif, dan menunjukkan kepeloporan dan kepemimpinan;
7. mengomunikasikan ide, pemikiran, dan gagasan, serta mengembangkan dan memelihara jaringan kerja (networking) baik dengan kolega/sejawat di dalam maupun di luar lembaga sesuai dengan etika profesi.

  • Mata Kuliah Umum

KODE MATA KULIAH SKS
99008113 Filsafat Ilmu 3 sks
99008123 Metode Penelitian 3 sks
99008133 Statistika 3 sks
99008143 Penulisan Artikel Ilmiah Terindeks 3 sks

 

  • Mata Kuliah Keahlian

KODE MATA KULIAH SKS
99148113 Manajemen Resiko Lingkungan 3 sks
99148123 Manajemen Strategik Lingkungan 3 sks
99148133 Psikologi Lingkungan 3 sks
99148143 Analisis Sistem Lingkungan 3 sks
99148153 Perilaku Organisasi 3 SKS
99148193 Kolokium Manajemen Lingkungan 3 SKS

 

  • Mata Kuliah Pilihan

KODE MATA KULIAH SKS
99148413 Manajemen Lahan dan Tata Ruang 3 sks
99148423 Analisis Pengelolaan Sumber Daya dan Lingkungan 3 sks
99148433 Manajemen Ekowisata 3 sks
Pilih dua mata kuliah dari Mata Kuliah Pilihan yang tersedia

 

  • Matrikulasi

KODE MATA KULIAH SKS
99148013 Ekologi dan Ilmu Lingkungan 3 sks

 

  • Tesis

KODE MATA KULIAH SKS
99008918 Tesis 8 sks

Program studi Magister Manajemen Lingkungan (ML) merupakan salah satu prodi yang dikelola pascasarjana yang terakreditasi B di BAN-PT No.181/SK/BAN-PT/Ak-XI/M/VIII/2013.

Kurikulum Program Studi Magister Pascsarjana Universitas Negeri Jakarta

Kurikulum Pascasarjana UNJ disusun oleh Program Studi untuk mencapai Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL). CPL memuat prinsip-prinsip sebagai berikut.

  • Penguasaan capaian pembelajaran mata kuliah(CPMK) beserta penerapannya, yang dijamin dengan kemahiran berbahasa, kecakapan dasar-dasar logika matematik, dan kemahiran akademik sesuai bidang keahliannya.
  • Perhatian terhadap pertumbuhan personal, sosial, dan fisik sebagai penghargaan terhadap integritas, komitmen, keunggulan, dan penerimaan terhadap bakat/talenta serta keterbatasannya.
  • Mengembangkan kebiasaan merefleksi pengalaman, mampu mencari pengalaman baru, dan bersedia untuk mengambil risiko dari hasil eksplorasi pilihan-pilihan karier dan gaya hidup menurut kerangka nilai tertentu, dan terbuka terhadap perkembangan baru dalam kerangka akademik dan karier.
  • Fleksibel dan terbuka terhadap pandangan orang lain, bersemangat untuk belajar dari orang lain serta mampu menerima kelebihan dan kekurangan orang lain, bebas-otentik dalam mengungkapkan perasaan, serta mengelola emosionalnya.
  • Menghargai hidup keimanan dan kegiatan intelektual yang berkembang serasi terpadu dalam hidup manusia yang didasarkan pada ajaran agama dalam
  • Terbuka terhadap pluralitas berbagai tradisi agama dan menghargai pengalaman keberagamaan orang lain melalui mekanisme toleransi hidup beragama dalam mengembangkan kematangan sosial yang mandiri dan cerdas yang dilandasi komitmen untuk peduli hak azasi manusia.

 

Kurikulum Program Magister

Komponen kurikulum program magister memuat hal berikut.

  • Mata Kuliah Umum merupakan pengetahuan umum yang melandasi pembentukan kemampuan pengembangan ilmu sehingga terampil dalam berkarya sesuai dengan dasar ilmu yang dikuasai. Mata kuliah umum diarahkan pada pembentukan kemampuanmelaksanakan, mengorganisasikan, dan mengelola program penelitian sesuai dengan tujuan pendidikan program magister. Mata kuliah umum harus dikuasai oleh setiap peserta program magister dari seluruh program studi.
  • Mata Kuliah UtamaProgram Studi adalah kelompok mata kuliah yang bertujuan menghasilkan tenaga ahli dengan kekaryaan berlandaskan ilmu dan keterampilan yang dikuasai.
  • Mata Kuliah Pilihan adalah bagian dari kelompok Mata Kuliah Program Studi dan Mata kuliah Dasar Kependidi Mata kuliah ini dipilih oleh mahasiswa sesuai dengan bidang kajian tesis.
  • Mata kuliah Matrikulasiadalah kelompok mata kuliah yang wajib diambil oleh mahasiswa yang berasal dari program nonpendidikan dan program pendidikan yang tidak sebidang. Mata kuliah ini memberikan landasan pengetahuan kependidikan yang harus dikuasai sebagai acuan bagi penguasaan teori-teori pendidikan.
  • Tesis adalah hasil karya ilmiah berdasarkan hasil penelitian yang memenuhi kriteria penelitian ilmiah dan disiplin ilmu program studi sebagai upaya untuk pemecahan masalah dan pengungkapan suatu temuan ilmiah atau pengembangan konsep baru.

 

Beban Studi Program Magister

Komposisi mata kuliah untuk program magister sebagai berikut.

   Tabel 1. Sebaran Beban Studi untuk Latar Belakang

   Program Sarjana Pendidikan

No Mata Kuliah Bobot SKS
1 Mata Kuliah Umum 9 – 12
2 Mata Kuliah Keahlian 18
3 Mata Kuliah Pilihan 3 – 15
4 Tesis 8
Jumlah 41– 43

 

Tabel 2. Sebaran Beban Studi untuk Latar Belakang

Program Sarjana Nonpendidikan

No Mata Kuliah Bobot SKS
1 Mata Kuliah Matrikulasi 3- 6
2 Mata Kuliah Umum 12
3 Mata Kuliah Keahlian 18
4 Mata Kuliah Pilihan 3 – 15
6 Tesis 8
Jumlah 43– 46
Kegiatan KKL Bali Program Studi Magister Manajemen Lingkungan

Kegiatan KKL Bali Program Studi Magister Manajemen Lingkungan

Berdasarkan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang menuntut tanggung jawab moral dan sosial untuk menerapkan ilmu, mahasiswa program magister (S2) Program Studi Manajemen Lingkungan Program Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta bermaksud menyelenggarakan kegiatan : KULIAH KERJA LAPANGAN dengan mengusung tema:  Manajemen Ekowisata Bahari dan Kearifan Lokal Menuju SDS’s.’ Kegiatan Kuliah Kerja Lapangan (KKL) mahasiswa S2 Program Studi Manajemen Lingkungan 2017 dilaksanakan pada hari Jumat – Senin : 11 – 14 April 2018 yang dilaksanakan di Bali.

 

Kegiatan Workshop Borang Akreditasi Program Studi Magister Manajemen Lingkungan

Kegiatan Workshop Borang Akreditasi Program Studi Magister Manajemen Lingkungan

Dalam rangka pemenuhan kelengkapan Borang Akriditasi di setiap program studi di lingkungan Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta, maka Program Studi Magister Manajemen Lingkungan juga memiliki tanggung jawab  untuk senantiasa melakukan penjaminan mutu untuk menjaga dan meningkatkan kualitas pelayanan akademik, sehingga akhirnya dapat meningkatkan kualitas lulusan dengan kualitas perolehan peringkat akreditasi yang unggul di lingkungan  Pascasarjana UNJ. Dalam rangka penjaminan mutu program studi, Program Studi S2 Manajemen Lingkungan  Pascasarjana UNJ akan menyelenggarakan Workshop yang diselenggarakan pada tanggal 9-11 Maret 2018 di Hotel The 101 Bogor tentang  Penyusunan Kelengkapan Dokumen Borang Aksriditasi Program Studi .  Adapun Produk yang akan dihasilkan adalah Lampiran Dokumen Borang yang diperlukan baik yang dikirim dalam Sapto maupun yang diperlukan dalam Visitasi Lapangan, antara lain Kompilasi Materi Perkuliahan (8 Mata Kuliah).

  1. Pogram Studi Magister (S2) Regular (R)

Manajemen Lingkungan

  1. Pogram Studi Magister (S2) Non Regular (NR)

Manajemen Lingkungan

  1. Pencapaian prestasi/reputasi mahasiswa dalam dibidang akademik.
No. Nama Mahasiswa Jenis Prestasi Kegiatan, Waktu, dan Tempat Tingkat (Lokal, Wilayah, Nasional, atau Internasional)
(1) (2) (3) (4) (5)
1. 1. Bashrawi

2. Diana Vivianti

3. Yudriani Sapta Dewi

Penulisan Artikel ilmiah di Jurnal ” Green Gwoth  dan Manajemen Lingkungan di Indonesia Publikasi  Artikal Ilmiah pada Jurnal Nasional yang terindeks , Juni 2017, Nasional
2. Ali Sibro Malisi Penulisan Artikel ilmiah di Jurnal ” Green Gwoth  dan Manajemen Lingkungan di Indonesia  Publikasi Artikal Ilmiah pada Jurnal Nasional yang terindeks , Juni 2017, Nasional
3. Vita Dini Aviyana Penulisan Artikel ilmiah di Jurnal ” Green Gwoth  dan Manajemen Lingkungan di Indonesia  Publikasi Artikal Ilmiah pada Jurnal Nasional yang terindeks , Juni 2017, Nasional
4. Wildan Rayadi Penulisan Artikel ilmiah di Jurnal ” Green Gwoth  dan Manajemen Lingkungan di Indonesia PublikasArtikal Ilmiah pada Jurnal Nasional yang terindeks , Juni 2017, Nasional
5. M. Sunu Probo Baskoro Penulisan Artikel ilmiah di Jurnal ” Green Gwoth  dan Manajemen Lingkungan di Indonesia Publikasi Artikal Ilmiah pada Jurnal Nasional yang terindeks , Juni 2017, Nasional
6. Sri Rahayu Maykewati Penulisan Artikel ilmiah di Jurnal ” Green Gwoth  dan Manajemen Lingkungan di Indonesia Publikasi Artikal Ilmiah pada Jurnal Nasional yang terindeks , Juni 2017,  

Nasional

7 Vita Dini Aviyana

 

Penulisan artikel ”Sustainable Development Goals dan Perubahan Iklim” 8 November 2017, KKL, Bandung Lokal
8 Afifuddin

 

Penulisan artikel ”Sustainable Development Goals dan Perubahan Iklim” 8 November 2017, KKL, Bandung Lokal
9 Muhammad Ibnu Fajar

 

Penulisan artikel ”Sustainable Development Goals dan Perubahan Iklim” 8 November 2017, KKL, Bandung Lokal
10 Iko Cempako Sari Penulisan artikel ”Sustainable Development Goals dan Perubahan Iklim” 8 November 2017, KKL, Bandung Lokal
11 Vita Dini Aviyana

 

Manajemen Ekowisata April  2017, KKL, Bali dan Lombok Lokal
12 Afifuddin

 

Manajemen Ekowisata April  2017, KKL, Bali dan Lombok Lokal
13 Muhammad Ibnu Fajar

 

Manajemen Ekowisata April  2017, KKL, Bali dan Lombok Lokal
14 Iko Cempako Sari Manajemen Ekowisata April  2017, KKL, Bali dan Lombok Lokal

 

  1. Pencapaian prestasi/reputasi dosen dalam dibidang akademik.

 

No. Nama Dosen Prestasi yang Dicapai* Waktu Pencapaian Tingkat

(Lokal, Nasional, Internasional)

(1) (2) (3) (4) (5)
1 I Made Putrawan Peneliti tebaik bidang Pendidikan tahun 2015 dari Lemlit UNJ 2015 Lokal
Research Report dealing with NEP Validation related to People Water Conservation bahavir, Manggarai, East Nusa Tenggara (NTT) 2015 Nasional
Leadership Reaserch as Variable of Management Disertation at Pascasarjana UNJ :  A Meta Analysis 2016 Lokal
Measuring Students New Environmental Paradigm (NEP) based on knowledge about ecosystem and locus of control, “Journal of Math, Sciences and Tech Education, Eurasia Journal, Vol 11, No.(2), 2015” 2015 Internasional
Leadership and Self Efficacy: Its Effect on Employees Motivation 2016 Internasional
Validating Teachers Personality Competence and Its Influence on Their Moral Behavior Based on Teachers Gender Equality 2017 Internasional
Predicting Student’s Responsible Environmental Behavior (REB) based on Personality Students’ New Environmental Paradigm (NEP) and Naturalistic Intelligence 2017 Internasional
Leadership Styles And Work Cultures: Its Effection On Staffs’ New Environmental Paradigm (NEP) 2017 Internasional
2 Nadiroh Sebagai Narasumber Pelatihan Peningkatan Keterampilan Dasar Teknik Instruksional (PEKERTI) Bagi Dosen Universitas Sultan Ageng Tirtayasa 2015 Lokal
Sebagai Narasumber dalam Pelatihan Applied Approach (AA) bagi Dosen Universitas Sultan Ageng Tirtayasa 2015 Lokal
Environmental Education Model for The Resistance Reef and Social-Ecological System in Thousand Islands, Jakarta 2015 International
Pembuatan Produk makanan dan pattiserie 2016 Nasional
The Civic Educational (PKn) Learning through Thematic Principle in an Effort Developing Moral Intelligence (Study of Quantitative in SD Laboratorium PGSD FIP UNJ 2010) 2015 International
Pemanfaatan Kulit Singkong Sebagai Bahan Dasar Pembuatan Aksesoris 2015 International
Environment Education Model For The Resistence Reef and Social-Ecological system in Thousand Island, Jakarta 2015 International
Develpoment of Teaching Materials ESD (Education For Sustainable Development) In Coaching Skills of Self Children With Intellectual Challenges In SMA LB C In Jakarta 2015 International
The Influence of Learning Stratigies and Styles of Thought on The Ability of Students To Solve Enviromental Problem 2015 International
The Civic Educational (PKn) Learning through Thematic Principle in an Efford Developing Moral Intelligence (Study of Qualitative in SD Laboratrium PGSD FIP UNJ) 2015 International
Leadership Styles And Work Cultures: Its Effection On Staffs’ New Environmental Paradigm (NEP) 2017 International
Empoyees Environmental Performance Based on Coscientiousness, Agreeableness, Neiroticism, Openness, and Extraversion 2016 International
Hubungan Pengetahuan Tentang Fekundabilitas dan Sikap Hidup Sehat dengan Perilaku Reproduksi Sehat 2016 Nasional
Optimizing the Role of Women, Creative Industry Base on Locality 2016 International
Pengaruh Paradigma Lingkungan dan Personal Value Terhadap Carbon Footprint Mahasiswa 2017 Nasional
Peran Keluarga dalam Menerapkan Nilai Budaya Suku Sasak dalam Memelihara Lingkungan 2016 Nasional
The Students’ New Envieonmental Paradigm (NEP) Of Mathematics Sudy Program at Universitas Sultan Ageng Tirtayasa in the Teaching Learning of Environmental Subject 2016 International
Pengaruh Experiental Learning dan Pengetahuan Pembangunan Berelanjutan Terhadap Berpikir Analitik Masalah Lingkungan 2017 Lokal
Environmental Sensivity dan Hubunganya dengan Perilaku Pelestarian Kearifan Lokal pada Anak Usia Dini Masyarakat Suku Sasak 2017 International
Conservation of Sasak Traditional Settlement Model Viewed from the Perspective of Critical Thinking Skills 2017 International
The Influence of Couple Interaction, Roles Diffirences, and Social –Economic Status on Mother’s Stress Coping 2017 International
3 Oot Hotimah Environmental Awarness, Interest and Motivees Of Bogor Botanicc Gardens: Visitors: Implication For Interpretatitive Practice 2015 International
Conservation of Heritage Botanical Garden in an environmentally Friendly city 2015 International
Role of Botanical Garden ToIncrease Environmental Public 2016 International
4 Uswatun Hasanah The Influence of Couple Interaction, Roles Diffirences, and Social –Economic Status on Mother’s Stress Coping 2017 International