[vc_row][vc_column width=”2/3″][vc_column_text][vc_row][vc_column width=”2/3″][vc_single_image image=”5905″ img_size=”4200×2550″ alignment=”center” onclick=”link_image” css_animation=”appear”][vc_tta_accordion style=”outline” shape=”square” color=”mulled-wine” spacing=”3″ c_position=”right” active_section=”1″ no_fill=”true” title=”PROFIL PROGRAM MAGISTER PENDIDIKAN ANAK USIA DINI”][vc_tta_section title=”DESKRIPSI PRODI” tab_id=”1530764492268-b68bb106-a311″][vc_column_text]Pembangunan Nasional Indonesia periode 2014-2019 mengusung satu tema besar tentang perlunya basis pembangunan pada revolusi mental. Revolusi mental sesungguhnya ditujukan pada pembangunan sumber daya manusia pada berbagai sektor kehidupan bangsa Indonesia. Salah satu sektor pembangunan yang menjadi andalan dalam pembangunan sumber daya manusia adalah sektor pendidikan. Dalam periode pembangunan nasional selama 10 tahun (2004-2014) telah memberikan pijakan dan prioritas pembangunan pada sektor pendidikan dalam rangka mempersiapkan generasi emas 2045 (the Golden Generation 2045). Upaya strategik ini merupakan salah satu bentuk perwujudan pemanfaatan bonus demografi bangsa Indonesia yang diindikasikan munculnya periode dominasi angkatan muda dalam struktur masyarakat Indonesia. Pencanangan upaya strategik tersebut perlu menyusun dan mengembangan strategi pembangunan nasional sektor pendidikan yang dimulai pada periode keemasan (the golden ages) anak usia dini (0-8 Tahun). Sub sektor pendidikan anak usia dini telah menjadi skala prioritas dan unggulan selama periode pembangunan bidang pendidikan pada periode 2004-2014.
Upaya strategik tersebut telah diwujudkan dalam periode pembangunan sektor pendidikan dengan lahirnya direktorat jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Non Formal dan Informal (Dirjen PAUD-NI). Selain itu, dalam periode yang sama telah bermunculan program studi strata 1 (sarjana) PAUD pada 114 lembaga pendidikan tenaga kependidikan (LPTK) sebagai bagian dari sub sektor pendidikan tinggi yang membantu menghasilkan tenaga pendidik profesional pada berbagai jenis kelembagaan PAUD.
Dengan semakin berkembangnya lembaga, program dan kebijakan PAUD dibutuhkan para pemikir, ahli dan konsultan untuk membantu mengembangkan layanan PAUD yang bermutu dan terjangkau. Para ahli PAUD ini dibutuhkan untuk menemukembangkan berbagai pengetahuan ilmiah serta praksis PAUD yang baik (the best practice) melalui berbagai riset ilmiah. Para ahli dan konsultan PAUD tersebut perlu dibangun melalui program doktoral PAUD di tingkat perguruan tinggi. Dalam memenuhi kebutuhan tersebut, program studi PAUD Pasca Sarjana UNJ berupaya membangun struktur kurikulum program Doktor PAUD. Struktur kurikulum ini disusun dengan menggunakan analisis kompetensi sebagaimana dipersyaratkan dalam Permendikbud nomor 73 tahun 2014 tentang standar Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia.
Program Studi Magister Pendidikan Anak Usia Dini adalah program studi yang melakukan kajian di bidang pendidikan anak usia dini dan menghasilkan lulusan magister yang memiliki keahlian sebagai dosen S1 PAUD/PGPAUD, peneliti, konsultan lembaga PAUD dan Manager PAUD.[/vc_column_text][/vc_tta_section][vc_tta_section title=”DOSEN PROGRAM STUDI” tab_id=”1530765068160-6718c317-6b26″][vc_column_text]
Dosen Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini
NO | NAMA | STATUS |
1 | Dr. Sri Wulan, M.Si. | Dosen Tetap |
2 | Lara Fridani, M.Psych, Ph.D | Dosen Tetap |
3 | Dr. Nurjannah, M.Pd. | Dosen Tetap |
4 | Dr. R. Sri Martini Meilani, M.Pd. | Dosen Tetap |
5 | Dr. Nurbiana Dhieni, M.Psi. | Dosen Tetap |
[/vc_column_text][/vc_tta_section][vc_tta_section title=”TUJUAN PRODI” tab_id=”1530765064040-caece16b-0d22″][vc_column_text]
Tujuan Prodi
Program Studi Magister Pendidikan Anak Usia Dini adalah program studi yang menghasilkan lulusan magister yang ahli di bidang pendidikan anak usia dini dengan kemampuan :
- sebagai dosen S1 PAUD/PGPAUD, peneliti, konsultan lembaga PAUD dan Manager PAUD.
- Menganalisis teori dan praksis tentang perkembangan dan pembelajaran anak usia yang bertanggung jawab sesuai etika profesional
- Untuk belajar sepanjang hayat melalui pendidikan, penelitian dan pelatihan dalam upaya pengembangan diri yang relevan dengan pendidikan anak usia dini.
[/vc_column_text][/vc_tta_section][vc_tta_section title=”CAPAIAN PEMBELAJARAN” tab_id=”1530764492269-a97477e6-b140″][vc_column_text]
Capaian Pembelajaran
- Mampu menganalisis perkembangan anak usia dini dalam berbagai studi dan riset sebagai pijakan untuk mengembangkan ilmu dan praktik PAUD yang inovatif dan teruji;
- Mampu menerapkan pembelajaran inovatif dengan mengaplikasikan konsep dan prinsip didaktik-pedagogis dalam Pendidikan Anak Usia Dini dengan memanfaatkan IPTEKS berorientasi pada kecakapan hidup (life skills) dan berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat; berbangsa dan bernegara melalui pendekatan interdisipliner atau multidisipliner;
- Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam bidang Pendidikan Anak Usia Dini berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka meningkatkan profesi bidang Pendidikan Anak Usia Dini yang memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan.
- Mampu memecahkan masalah Pendidikan Anak Usia Dini berdasarkan teori pedagogi, literasi, teknologi informasi melalui metode ilmiah dengan pendekatan interdisipliner atau multidisipliner yang menginternalisasikan nilai, norma, dan etika akademik;
- Mampu menerapkan solusi permasalahan Pendidikan Anak Usia Dini yang sesuai dengan kebutuhan pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini melalui penelitian yang teruji dan memiliki kebaruan di tingkat nasional;
- Mampu menerapkan keprofesionalan secara berkelanjutan dalam bidang Pendidikan Anak Usia Dini dengan melakukan penelitian sebagai tindakan reflektif dan evaluatif;
- Mampu mendesimenasikan hasil kajian Pendidikan Anak Usia Dini bersifat kekinian dengan pendekatan inter dan multi disipliner yang diakui oleh komunitas Pendidikan Anak Usia Dini di tingkat nasional dan International.
[/vc_column_text][/vc_tta_section][vc_tta_section title=”MATA KULIAH” tab_id=”1609143007419-948dbfbb-b1c2″][vc_column_text]
-
Mata Kuliah Umum
KODE | MATA KULIAH | SKS |
99008113 | Filsafat Ilmu | 3 sks |
99008123 | Metodologi Penelitian | 3 sks |
99008133 | Statistika | 3 sks |
99008143 | Penulisan Artikel Ilmiah Terindeks | 3 sks |
-
Mata Kuliah Keahlian
KODE | MATA KULIAH | SKS |
99098113 | Perkembangan Anak Usia Dini | 3 sks |
99098123 | Pengembangan Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini | 3 sks |
99098133 | Pendidikan Bahasa dan Studi Sosial Anak Usia Dini | 3 sks |
99098143 | Pendidikan Seni Anak Usia Dini | 3 sks |
99098153 | Pendidikan Matematika and Sains Anak Usia Dini | 3 sks |
99098183 | Orientasi Baru Dalam Pembelajaran | 3 sks |
99098193 | Kolokium PAUD | 3 SKS |
-
Mata Kuliah Pilihan
KODE | MATA KULIAH | SKS |
99098413 | Assesmen Anak Usia Dini | 3 sks |
99098423 | Analisis Kebijakan, Hukum dan Perlindungan Anak | 3 sks |
99098432 | Perspektif Pendidikan inklusi | 2 sks |
99098443 | Manajemen Pendidikan Anak Usia Dini | 3 sks |
99098453 | Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan | 3 sks |
Pilih tiga mata kuliah dari Mata Kuliah Pilihan yang tersedia |
-
Mata Kuliah Matrikulasi
KODE | MATA KULIAH | SKS |
99029013 | Landasan Ilmu Pendidikan* | 3 sks |
Catatan : * dilaksanakan sebelum perkuliahan semester 1
-
Tesis
KODE | MATA KULIAH | SKS |
99008918 | Tesis | 8 sks |
[/vc_column_text][/vc_tta_section][vc_tta_section title=”AKREDITASI” tab_id=”1530765059776-21bdf663-b42a”][vc_column_text]Program Studi Magister Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) merupakan salah satu prodi yang dikelola pascasarjana yang terakreditasi A di BAN-PT 903/SK/BAN-PT/Akred/M/111/2018. S2 PAUD SK BAN PT 2018[/vc_column_text][/vc_tta_section][vc_tta_section title=”KURIKULUM” tab_id=”1530765057372-eb06c628-2f2e”][vc_column_text]
Kurikulum Program Studi Magister Pascsarjana Universitas Negeri Jakarta
Kurikulum Pascasarjana UNJ disusun oleh Program Studi untuk mencapai Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL). CPL memuat prinsip-prinsip sebagai berikut.
- Penguasaan capaian pembelajaran mata kuliah(CPMK) beserta penerapannya, yang dijamin dengan kemahiran berbahasa, kecakapan dasar-dasar logika matematik, dan kemahiran akademik sesuai bidang keahliannya.
- Perhatian terhadap pertumbuhan personal, sosial, dan fisik sebagai penghargaan terhadap integritas, komitmen, keunggulan, dan penerimaan terhadap bakat/talenta serta keterbatasannya.
- Mengembangkan kebiasaan merefleksi pengalaman, mampu mencari pengalaman baru, dan bersedia untuk mengambil risiko dari hasil eksplorasi pilihan-pilihan karier dan gaya hidup menurut kerangka nilai tertentu, dan terbuka terhadap perkembangan baru dalam kerangka akademik dan karier.
- Fleksibel dan terbuka terhadap pandangan orang lain, bersemangat untuk belajar dari orang lain serta mampu menerima kelebihan dan kekurangan orang lain, bebas-otentik dalam mengungkapkan perasaan, serta mengelola emosionalnya.
- Menghargai hidup keimanan dan kegiatan intelektual yang berkembang serasi terpadu dalam hidup manusia yang didasarkan pada ajaran agama dalam
- Terbuka terhadap pluralitas berbagai tradisi agama dan menghargai pengalaman keberagamaan orang lain melalui mekanisme toleransi hidup beragama dalam mengembangkan kematangan sosial yang mandiri dan cerdas yang dilandasi komitmen untuk peduli hak azasi manusia.
Kurikulum Program Magister
Komponen kurikulum program magister memuat hal berikut.
- Mata Kuliah Umum merupakan pengetahuan umum yang melandasi pembentukan kemampuan pengembangan ilmu sehingga terampil dalam berkarya sesuai dengan dasar ilmu yang dikuasai. Mata kuliah umum diarahkan pada pembentukan kemampuanmelaksanakan, mengorganisasikan, dan mengelola program penelitian sesuai dengan tujuan pendidikan program magister. Mata kuliah umum harus dikuasai oleh setiap peserta program magister dari seluruh program studi.
- Mata Kuliah UtamaProgram Studi adalah kelompok mata kuliah yang bertujuan menghasilkan tenaga ahli dengan kekaryaan berlandaskan ilmu dan keterampilan yang dikuasai.
- Mata Kuliah Pilihan adalah bagian dari kelompok Mata Kuliah Program Studi dan Mata kuliah Dasar Kependidi Mata kuliah ini dipilih oleh mahasiswa sesuai dengan bidang kajian tesis.
- Mata kuliah Matrikulasiadalah kelompok mata kuliah yang wajib diambil oleh mahasiswa yang berasal dari program nonpendidikan dan program pendidikan yang tidak sebidang. Mata kuliah ini memberikan landasan pengetahuan kependidikan yang harus dikuasai sebagai acuan bagi penguasaan teori-teori pendidikan.
- Tesis adalah hasil karya ilmiah berdasarkan hasil penelitian yang memenuhi kriteria penelitian ilmiah dan disiplin ilmu program studi sebagai upaya untuk pemecahan masalah dan pengungkapan suatu temuan ilmiah atau pengembangan konsep baru.
Beban Studi Program Magister
Komposisi mata kuliah untuk program magister sebagai berikut.
Tabel 1. Sebaran Beban Studi untuk Latar Belakang
Program Sarjana Pendidikan
No | Mata Kuliah | Bobot SKS |
1 | Mata Kuliah Umum | 9 – 12 |
2 | Mata Kuliah Keahlian | 18 |
3 | Mata Kuliah Pilihan | 3 – 15 |
4 | Tesis | 8 |
Jumlah | 41– 43 |
Tabel 2. Sebaran Beban Studi untuk Latar Belakang
Program Sarjana Nonpendidikan
No | Mata Kuliah | Bobot SKS |
1 | Mata Kuliah Matrikulasi | 3- 6 |
2 | Mata Kuliah Umum | 12 |
3 | Mata Kuliah Keahlian | 18 |
4 | Mata Kuliah Pilihan | 3 – 15 |
6 | Tesis | 8 |
Jumlah | 43– 46 |
[/vc_column_text][/vc_tta_section][vc_tta_section title=”FOTO-FOTO KEGIATAN” tab_id=”1530765062659-7d6fba46-3e8e”][vc_column_text]-[/vc_column_text][/vc_tta_section][vc_tta_section title=”PRESTASI PROGRAM STUDI” tab_id=”1530765551698-bf02109e-682b”][vc_column_text]
No. | Nama Dosen | Prestasi yang Dicapai* | Waktu Pencapaian | Tingkat
(Lokal, Nasional, Internasional) |
(1) | (2) | (3) | (4) | (5) |
1 | Prof. Dr. dr. Myrnawati Crie Handini, MS, PKK | PAUD, KINI, DULU dan YANG AKAN DATANG | 2014 | Lokal |
Pengaruh status sosial ekonomi dan gizi pada Kesiapan Sekolah Anak Usia Dini di Kecamatan Bantar Gebang | 2015 | Lokal | ||
2 | Dr Elindra Yetti, M.Pd | Sebagai Juri Lomba Tari Kreasi Daerah pada Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional Tingkat SMALB | 2013-2014 | Nasional |
Sebagai Instruktur dalam kegiatan Pendidikan dan Latihan Profesi Guru Rayon 109 UNJ | 2013 | Nasional | ||
Sebagai pembicara pada seminar: “Nilai-nilai Islam Dalam Perkembangan Seni di Indonesia” | 2013 | Nasional | ||
Sebagai Duta Budaya Bangsa pada rangkaian Pagelaran Tari dan Musik Tradisional Indonesia di Maroko | 2013 | Nasional | ||
Sebagai Pemakalah pada Seminar Antarbangsa Bahasa dan Budaya Antarbangsa Pengerat Persaudaraan Serantau | 2014 | Nasional | ||
Sebagai Pembicara pada kegiatan Workshop penyusunan kurikulum berbasis KKNI di Prodi Pendidikan Sendratasik Universitas Syiah Kuala Aceh | 2014 | Nasional | ||
Sebagai Pembicara pada kegiatan Workshop penyusunan kurikulum berbasis KKNI bidang seni di FBS Unimed (Medan) | 2014 | Lokal | ||
3 | Dr.Gusnawirta Taib Fasli, M.Pd | Program BerSeRRI (Bersih Sehat Ramah Lingkungan Rapih Indah) di Ambon | 2013 | Lokal |
Bantuan buku bahan ajar dan bacaan siswa di Ambon | 2013 | Lokal | ||
Bantuan untuk korban banjir di Bukit Duri, Jakarta | 2013 | Lokal | ||
Bantuan untuk korban bencana alam gunung meletus Yogyakarta | 2013 | Lokal | ||
Sosialisasi PAUD dalam lingkungan Keluarga dan Masyarakat | 2013 | Nasional | ||
Pengasuhan Bina Keluarga Balita | 2013 | Nasional | ||
Reality Show: “Home Sweet Home”
untuk menunjang program pemerintah mengenai Ketahanan Keluarga dalam Mendukung Proses Tumbuh Kembang Anak |
2014 | Nasional | ||
Konseling “Trauma Banjir” Kelurahan Cipinang, Jakarta | 2014 | Lokal | ||
BKB (Bina Keluarga Balita) sebagai Pilar Ketahanan Keluarga | 2014 | Nasional | ||
Konseling “Trauma Bencana Alam” di Sumatera Barat | 2014 | Lokal | ||
Peningkatan Ketahanan Keluarga | 2014 | Nasional | ||
Peningkatan Kapasitas Program Pendidikan Keluarga bekerjasama dengan Kementerian dan Pendidikan Malaysia dan University Putra Malaysia | 2016 | Internasional | ||
Peningkatan Ketahanan Keluarga | Nasional | |||
4 | Dr. Tuti Tarwiyah, M.Pd | Peningkatan Kapasitas Program Pendidikan Keluarga bekerjasama dengan Kementerian dan Pendidikan Malaysia dan University Putra Malaysia | Sampai sekarang
|
Internasional
|
Pelatihan Permainan pada Guru PAUD di Jakarta Timur | 2014 | Lokal | ||
Pelatihan Gambang Kromong dan industri Kreatif di Kelurahan Rorotan dan Marunda Kecamatan Cilincing, Jakarta Utara | 2015 | Lokal | ||
5 | Dr. Sofia Hartati, M.Si | Penelitian (UNJ) | 2013 | Lokal |
Penelitian (UNJ) | 2014 | Lokal | ||
Penelitian (DIKTI) | 2014 | Nasional | ||
Penelitian (DIKTI) | 2015 | Nasional | ||
Pendampingan Lembaga PAUD di Kel. Duren Sawit | 2015 | Lokal | ||
7 | Dr. Hapidin, M.Pd. | Dikti | 2015 | Nasional |
Kementerian PMK | 2015 | Nasional | ||
Hibah Dikti | 2015 | Nasional | ||
Hibah Dikti | 2014 | Nasional | ||
Menulis buku “Asesmen dan Evaluasi PAUD” | 2014 | Nasional | ||
Menulis buku “Konsep Dasar Pendidikan Berbasis Sekolah” | 2013 | Nasional | ||
Satya Lencana Presiden Reprublik Indonesia | 2015 | Nasional | ||
Dr. Dede Rahmat Hidayat, M.Psi
|
Outstanding science education lecturer of the year | 2015 | Nasional | |
Satyalencana Karya satya 10 tahun | 2016 | Nasional | ||
Psikologi untuk bidan | 2013 | Nasional | ||
Bimbingan konseling kesehatan mental di sekolah | 2013 | Nasional | ||
6 | Prof. Dr. Yufiarti, M.Psi | Hibah PUPT DIKTIPengembangan Model Brain Based Teaching Tahun ke II | 2013 | Nasional |
Hibah PUPT DIKTI Pengembangan Model Brain Based Teaching Tahun ke III | 2014 | Nasional | ||
INSIDA, Ceramah Pembelajaran PAUD | 2013 | Nasional | ||
Penulis buku Orientasi Baru dalam Pedagogik | 2013 | Nasional | ||
Penulis buku Filsafat Manusia | 2014 | Nasional | ||
7 | Dr. Asep Supena, M.Psi | Pengembangan model pembelajaran pendidikan jasmani adaptif bagi peserta didik autis.
|
2014 | Nasional |
8 | Dr. Fahrurrozi, M.Pd. | Kajian Struktur Bahasa Indonesia (Penulis buku) | 2014 | Nasional |
Sekilas Tentang Bahasa Indonesia (Penulis Buku) | 2016 | Nasional | ||
Pengkajian Prosa Fiksi (Editor) | 2014 | Nasional | ||
DIPA BLU FIP UNJ Impelementasi Penilaian Aoutentik dalam Kurikulum 2013 bagi Guru-guru di SDN Ciputat Tangerang Selatan | 2014 | Lokal | ||
DIPA FIP UNJ Peningkataan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Pendekatan SAS pada siswa kelas 1 SDN 1 Ciputat Tangerang Selatan | 2014 | Lokal | ||
DIPA FIP UNJ Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Melalui Pendekatan Whole Language di SD Lab PGSD FIP UNJ | 2015 | Lokal | ||
Dr.M. Syarif Sumantri, M.Pd | Hibah Pasca DIKTI | 2015 | Nasional | |
|
Dr. Nurjannah, M.Pd | Hibah Bersaing DIKTI | 2013 | Nasional |
Hibah Bersaing DIKTI | 2014 | Nasional | ||
Hibah Bersaing DIKTI | 2015 | Nasional | ||
4 | Dr. Wardani Rahayu M.Si | PMBP
|
2011-2015
|
Lokal
|
The Best Teaching a Ward
|
2010
|
Lokal
|
||
Satyalancana Karya Satya 20
|
2011
|
Lokal
|
||
Pemakalah terbaik | 2013 | Internasional |
[/vc_column_text][/vc_column][vc_column width=”1/3″][vc_wp_text title=”Program Studi Magister (S2)”]
- MANAJEMEN PENDIDIKAN
- PENELITIAN DAN EVALUASI PENDIDIKAN
- PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
- TEKNOLOGI PENDIDIKAN
- PENDIDIKAN SEJARAH
- PENDIDIKAN LINGKUNGAN
- MANAJEMEN LINGKUNGAN
- LINGUISTIK TERAPAN
- PENDIDIKAN BAHASA
- PENDIDIKAN DASAR
- PENDIDIKAN JASMANI
[/vc_wp_text][vc_wp_text title=”Program Studi Doktor (S3)”]
- LINGUISTIK TERAPAN
- MANAJEMEN PENDIDIKAN
- PENELITIAN DAN EVALUASI PENDIDIKAN
- PENDIDIKAN LINGKUNGAN
- TEKNOLOGI PENDIDIKAN
- PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
- PENDIDIKAN DASAR
- PENDIDIKAN JASMANI
[/vc_wp_text][/vc_column][/vc_row]