[vc_row][vc_column width=”2/3″][vc_column_text][vc_row][vc_column width=”2/3″][vc_single_image image=”5889″ img_size=”4200×2550″ alignment=”center” onclick=”link_image” css_animation=”appear”][vc_tta_accordion style=”outline” shape=”square” color=”mulled-wine” spacing=”3″ c_position=”right” active_section=”1″ no_fill=”true” title=”PROFIL PROGRAM MAGISTER PENDIDIKAN DASAR”][vc_tta_section title=”DESKRIPSI PRODI” tab_id=”1530764492269-a97477e6-b140″][vc_column_text]
Deskripsi Prodi
ProgramMagister Pendidikan Dasar merupakan Program Studi yang menghasilkan lulusan sebagai Pendidik/Dosen pada Program Magister Pendidikan Dasar, peneliti, pengembang Pendidikan Dasar , dan konsultan Pendidikan Dasar.[/vc_column_text][/vc_tta_section][vc_tta_section title=”DOSEN PROGRAM STUDI” tab_id=”1530765068160-6718c317-6b26″][vc_column_text]
Dosen Program Studi Pendidikan Dasar
NO | NAMA | STATUS |
1 | Dr. Otib Satibi Hidayat, M.Pd. | Dosen Tetap |
2 | Dr. Yurniwati, M.Pd. | Dosen Tetap |
3 | Prof. Dr. Arifin Maksum, M.Pd. | Dosen Tetap |
4 | Dr. Hj. Herlina, M.Pd. | Dosen Tetap |
5 | Dr. Ika Lestari, S.Pd, M.Si. | Dosen Tetap |
6 | Drs. Erry Utomo, M.Ed., Ph.D. | Dosen Tetap |
[/vc_column_text][/vc_tta_section][vc_tta_section title=”TUJUAN PRODI” tab_id=”1530765062659-7d6fba46-3e8e”][vc_column_text]
TUJUAN PRODI
- Mampu mengembangkan iptek dan seni di bidang PendidikanDasar (SD dan SMP) melalui riset/-penelitian sehingga menghasilkan karya inovatif dan teruji.
- Mampu memecahkan permasalahan sains, teknologi dan seni di bidang Pendidikan Dasarmelalui pendekatan interdisipliner atau multidisipliner.
- Mampu mengelola riset/penelitian dan pengembangan yang bermanfaat bagi masyarakat dan keilmuan, serta mampu mempublikasikannya dan mendapat pengakuan baik nasional maupun internasional.
[/vc_column_text][/vc_tta_section][vc_tta_section title=”CAPAIAN PEMBELAJARAN” tab_id=”1530765064040-caece16b-0d22″][vc_column_text]
CAPAIAN PEMBELAJARAN
- Mampu memecahkan masalah Pendidikan Dasar berdasarkan teori pedagogi, literasi, teknologi informasi melalui metode ilmiah dengan pendekatan interdisipliner atau multidisipliner yang berlandaskan pada nilai, norma, dan etika akademik;
- Mampu mengembangkan teori pedagogi, literasi, manfaat teknologi informasi dalam Pendidikan Dasar untuk menghasilkan solusi bagi peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara melalui pendekatan interdisipliner atau multidisipliner;
- Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam bidang Pendidikan Dasar berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka meningkatkan profesi bidang Pendidikan Dasar yang memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
- Mampu menerapkan solusi permasalahan Pendidikan Dasar yang sesuai dengan kebutuhan pengembangan Pendidikan Dasar melalui penelitian yang teruji dan memiliki kebaruan di tingkat nasional;
- Mampu menerapkan pembelajaran inovatif dengan mengaplikasikan konsep dan prinsip didaktik-pedagogis dalam Pendidikan Dasar dengan memanfaatkan IPTEKS berorientasi pada kecakapan hidup (life skills) dan berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat;
- Mampu menerapkan keprofesionalan secara berkelanjutan dalam bidang Pendidikan Dasar dengan melakukan penelitian sebagai tindakan reflektif dan evaluatif;
- Mampu mendesimenasikan hasil kajian Pendidikan Dasar bersifat kekinian dengan pendekatan inter dan multi disipliner yang diakui oleh komunitas Pendidikan Dasar di tingkat nasional dan Internasional.
[/vc_column_text][/vc_tta_section][vc_tta_section title=”MATA KULIAH” tab_id=”1609143433810-7de9a69b-3e99″][vc_column_text]
-
Mata Kuliah Umum
KODE | MATA KULIAH | SKS |
99008113 | Filsafat Ilmu | 3 sks |
99008123 | Metodologi Penelitian | 3 sks |
99008133 | Statistika | 3 sks |
99008142 | Penulisan Artikel Ilmiah Terindeks | 3 sks |
-
Mata Kuliah Keahlian
KODE | MATA KULIAH | SKS |
99188113 | Psikologi pendidikan untuk pembelajaran | 3 sks |
99188123 | Pengembangan Kurikulum SD Berbasis Pendekatan Holistik dan Integrated | 3 sks |
99188133 | Riset Praktik SD dan PGSD | 3 sks |
99188143 | Asesmen otentik | 3 sks |
99188153 | Pendidikan Cipta Seni dan Gerak berbasis budaya | 3 sks |
99188183 | Orientasi Baru Dalam Pembelajaran | 3 sks |
99188193 | Kolokium Pendidikan Dasar | 3 SKS |
-
Mata Kuliah Konsentrasi*
KODE | MATA KULIAH | SKS |
99188213 | Pembelajaran matematika | 3 sks |
99188223 | Pembelajaran matematika Lanjutan | 3 sks |
99188233 | Pembelajaran IPA | 3 sks |
99188243 | Pembelajaran IPA lanjutan | 3 sks |
99188253 | Pembelajaran IPS | 3 sks |
99188263 | Pembelajaran IPS lanjutan | 3 sks |
99188273 | Pembelajaran Bahasa Indonesia | 3 sks |
99188283 | Pembelajaran Bahasa Indonesia Lanjutan | 3 sks |
*Masing-masing mahasiswa = 6 sks
-
Mata Kuliah Matrikulasi*
KODE | MATA KULIAH | SKS |
99008013 | Landasan Ilmu Pendidikan* | 3 sks |
Catatan : * dilaksanakan sebelum perkuliahan semester 1
-
Tesis
KODE | MATA KULIAH | SKS |
99008918 | Tesis | 8 sks |
[/vc_column_text][/vc_tta_section][vc_tta_section title=”AKREDITASI” tab_id=”1530765059776-21bdf663-b42a”][vc_column_text]Terakreditasi A oleh BAN-PT pada tahun 2016 dengan No. SK 1750/SK/BAN-PT/Akred/M/VIII/2016.[/vc_column_text][/vc_tta_section][vc_tta_section title=”KURIKULUM” tab_id=”1530765057372-eb06c628-2f2e”][vc_column_text]
Kurikulum Program Studi Magister Pascsarjana Universitas Negeri Jakarta
Kurikulum Pascasarjana UNJ disusun oleh Program Studi untuk mencapai Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL). CPL memuat prinsip-prinsip sebagai berikut.
- Penguasaan capaian pembelajaran mata kuliah(CPMK) beserta penerapannya, yang dijamin dengan kemahiran berbahasa, kecakapan dasar-dasar logika matematik, dan kemahiran akademik sesuai bidang keahliannya.
- Perhatian terhadap pertumbuhan personal, sosial, dan fisik sebagai penghargaan terhadap integritas, komitmen, keunggulan, dan penerimaan terhadap bakat/talenta serta keterbatasannya.
- Mengembangkan kebiasaan merefleksi pengalaman, mampu mencari pengalaman baru, dan bersedia untuk mengambil risiko dari hasil eksplorasi pilihan-pilihan karier dan gaya hidup menurut kerangka nilai tertentu, dan terbuka terhadap perkembangan baru dalam kerangka akademik dan karier.
- Fleksibel dan terbuka terhadap pandangan orang lain, bersemangat untuk belajar dari orang lain serta mampu menerima kelebihan dan kekurangan orang lain, bebas-otentik dalam mengungkapkan perasaan, serta mengelola emosionalnya.
- Menghargai hidup keimanan dan kegiatan intelektual yang berkembang serasi terpadu dalam hidup manusia yang didasarkan pada ajaran agama dalam
- Terbuka terhadap pluralitas berbagai tradisi agama dan menghargai pengalaman keberagamaan orang lain melalui mekanisme toleransi hidup beragama dalam mengembangkan kematangan sosial yang mandiri dan cerdas yang dilandasi komitmen untuk peduli hak azasi manusia.
Kurikulum Program Magister
Komponen kurikulum program magister memuat hal berikut.
- Mata Kuliah Umum merupakan pengetahuan umum yang melandasi pembentukan kemampuan pengembangan ilmu sehingga terampil dalam berkarya sesuai dengan dasar ilmu yang dikuasai. Mata kuliah umum diarahkan pada pembentukan kemampuanmelaksanakan, mengorganisasikan, dan mengelola program penelitian sesuai dengan tujuan pendidikan program magister. Mata kuliah umum harus dikuasai oleh setiap peserta program magister dari seluruh program studi.
- Mata Kuliah UtamaProgram Studi adalah kelompok mata kuliah yang bertujuan menghasilkan tenaga ahli dengan kekaryaan berlandaskan ilmu dan keterampilan yang dikuasai.
- Mata Kuliah Pilihan adalah bagian dari kelompok Mata Kuliah Program Studi dan Mata kuliah Dasar Kependidi Mata kuliah ini dipilih oleh mahasiswa sesuai dengan bidang kajian tesis.
- Mata kuliah Matrikulasiadalah kelompok mata kuliah yang wajib diambil oleh mahasiswa yang berasal dari program nonpendidikan dan program pendidikan yang tidak sebidang. Mata kuliah ini memberikan landasan pengetahuan kependidikan yang harus dikuasai sebagai acuan bagi penguasaan teori-teori pendidikan.
- Tesis adalah hasil karya ilmiah berdasarkan hasil penelitian yang memenuhi kriteria penelitian ilmiah dan disiplin ilmu program studi sebagai upaya untuk pemecahan masalah dan pengungkapan suatu temuan ilmiah atau pengembangan konsep baru.
Beban Studi Program Magister
Komposisi mata kuliah untuk program magister sebagai berikut.
Tabel 1. Sebaran Beban Studi untuk Latar Belakang
Program Sarjana Pendidikan
No | Mata Kuliah | Bobot SKS |
1 | Mata Kuliah Umum | 9 – 12 |
2 | Mata Kuliah Keahlian | 18 |
3 | Mata Kuliah Pilihan | 3 – 15 |
4 | Tesis | 8 |
Jumlah | 41– 43 |
Tabel 2. Sebaran Beban Studi untuk Latar Belakang
Program Sarjana Nonpendidikan
No | Mata Kuliah | Bobot SKS |
1 | Mata Kuliah Matrikulasi | 3- 6 |
2 | Mata Kuliah Umum | 12 |
3 | Mata Kuliah Keahlian | 18 |
4 | Mata Kuliah Pilihan | 3 – 15 |
6 | Tesis | 8 |
Jumlah | 43– 46 |
[/vc_column_text][/vc_tta_section][vc_tta_section title=”FOTO-FOTO KEGIATAN” tab_id=”1530765553714-3ae207fc-0b47″][vc_column_text]
[/vc_column_text][/vc_tta_section][vc_tta_section title=”PRESTASI MAHASISWA” tab_id=”1530778946987-95151c62-965e”][vc_column_text]
No. | Nama Mahasiswa | Jenis Prestasi | Kegiatan, Waktu, dan Tempat | Tingkat (Lokal, Wilayah, Nasional, atau Internasional) |
(1) | (2) | (3) | (4) | (5) |
1 | Mulyadi | Juara 1 Guru Berprestasi dan Kreatif di SDSN Cibubur 11 Pagi | SDSN Cibubur 11 Pagi, Jakarta, 2014 | Lokal |
Peserta Kegiatan Olympiade Sains Nasional Guru Sekolah Dasar. | Olimpiade Guru Sekolah dasar, 22 Oktober 2013, Jakarta, | Nasional | ||
2 | Winda Amelia | Juara 1 lomba pelopor tingkat kota dan provinsi Banten | Banten,
|
Wilayah |
Pelatihan kepeloporan pemuda komunitas Rawan sosial tahun Pemuda | Jawa Barat, 2013 | Nasional | ||
Juara 3 Tutor keaksaraan fungsional tingkat kota Serang | Tutor Pelopor Keaksaraan, Serang
|
Wilayah | ||
3 | Sandri Buana | Juara 1 pemilihan Tutor Paket A tingkat Provinsi Daerah Ibukota Jakarta DKI | Jakarta, 2014 | Wilayah |
4 | Winda Astiarini | Juara 2 Lomba Media Pembelajaran | FIP UNJ, 2014 | Lokal |
5 | Nurhayati | Juara 1, Lomba guru Inovatif | Jakarta, 2015 | Nasional |
[/vc_column_text][/vc_column][vc_column width=”1/3″][vc_wp_text title=”Program Studi Magister (S2)”]
- MANAJEMEN PENDIDIKAN
- PENELITIAN DAN EVALUASI PENDIDIKAN
- PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
- TEKNOLOGI PENDIDIKAN
- PENDIDIKAN SEJARAH
- PENDIDIKAN LINGKUNGAN
- MANAJEMEN LINGKUNGAN
- LINGUISTIK TERAPAN
- PENDIDIKAN BAHASA
- PENDIDIKAN DASAR
- PENDIDIKAN JASMANI
[/vc_wp_text][vc_wp_text title=”Program Studi Doktor (S3)”]
- LINGUISTIK TERAPAN
- MANAJEMEN PENDIDIKAN
- PENELITIAN DAN EVALUASI PENDIDIKAN
- PENDIDIKAN LINGKUNGAN
- TEKNOLOGI PENDIDIKAN
- PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
- PENDIDIKAN DASAR
- PENDIDIKAN JASMANI
[/vc_wp_text][/vc_column][/vc_row]