Red Carpet

PROFIL PROGRAM MAGISTER PENDIDIKAN DASAR

Deskripsi Prodi

ProgramMagister Pendidikan Dasar merupakan Program Studi yang menghasilkan lulusan sebagai Pendidik/Dosen pada Program Magister Pendidikan Dasar, peneliti, pengembang Pendidikan Dasar , dan konsultan Pendidikan Dasar.

[/vc_tta_section]

Dosen Program Studi Pendidikan Dasar

 

NO NAMA STATUS
1 Dr. Otib Satibi Hidayat, M.Pd. Dosen Tetap
2 Dr. Yurniwati, M.Pd. Dosen Tetap
3 Prof. Dr. Arifin Maksum, M.Pd. Dosen Tetap
4 Dr. Hj. Herlina, M.Pd. Dosen Tetap
5 Dr. Ika Lestari, S.Pd, M.Si. Dosen Tetap
6 Drs. Erry Utomo, M.Ed., Ph.D. Dosen Tetap

TUJUAN PRODI

  1. Mampu mengembangkan iptek dan seni di bidang PendidikanDasar (SD dan SMP) melalui riset/-penelitian sehingga menghasilkan karya inovatif dan teruji.
  2. Mampu memecahkan permasalahan sains, teknologi dan seni di bidang Pendidikan Dasarmelalui pendekatan interdisipliner atau multidisipliner.
  3. Mampu mengelola riset/penelitian dan pengembangan yang bermanfaat bagi masyarakat dan keilmuan, serta mampu mempublikasikannya dan mendapat pengakuan baik nasional maupun internasional.

CAPAIAN PEMBELAJARAN

  1. Mampu memecahkan masalah Pendidikan Dasar berdasarkan teori pedagogi, literasi, teknologi informasi melalui metode ilmiah dengan pendekatan interdisipliner atau multidisipliner yang berlandaskan pada nilai, norma, dan etika akademik;
  2. Mampu mengembangkan teori pedagogi, literasi, manfaat teknologi informasi dalam Pendidikan Dasar untuk menghasilkan solusi bagi peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara melalui pendekatan interdisipliner atau multidisipliner;
  3. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam bidang Pendidikan Dasar berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka meningkatkan profesi bidang Pendidikan Dasar yang memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
  4. Mampu menerapkan solusi permasalahan Pendidikan Dasar yang sesuai dengan kebutuhan pengembangan Pendidikan Dasar melalui penelitian yang teruji dan memiliki kebaruan di tingkat nasional;
  5. Mampu menerapkan pembelajaran inovatif dengan mengaplikasikan konsep dan prinsip didaktik-pedagogis dalam Pendidikan Dasar dengan memanfaatkan IPTEKS berorientasi pada kecakapan hidup (life skills) dan berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat;
  6. Mampu menerapkan keprofesionalan secara berkelanjutan dalam bidang Pendidikan Dasar dengan melakukan penelitian sebagai tindakan reflektif dan evaluatif;
  7. Mampu mendesimenasikan hasil kajian Pendidikan Dasar bersifat kekinian dengan pendekatan inter dan multi disipliner yang diakui oleh komunitas Pendidikan Dasar di tingkat nasional dan Internasional.
  • Mata Kuliah Umum

KODE MATA KULIAH SKS
99008113 Filsafat Ilmu 3 sks
99008123 Metodologi Penelitian 3 sks
99008133 Statistika 3 sks
99008142 Penulisan Artikel Ilmiah Terindeks 3 sks

 

  • Mata Kuliah Keahlian

KODE MATA KULIAH SKS
99188113 Psikologi pendidikan untuk pembelajaran 3 sks
99188123 Pengembangan Kurikulum SD Berbasis Pendekatan Holistik dan Integrated 3 sks
99188133 Riset Praktik SD dan PGSD 3 sks
99188143 Asesmen otentik 3 sks
99188153 Pendidikan Cipta Seni dan Gerak berbasis budaya 3 sks
99188183 Orientasi Baru Dalam Pembelajaran 3 sks
99188193 Kolokium Pendidikan Dasar 3 SKS

 

  • Mata Kuliah Konsentrasi*

KODE MATA KULIAH SKS
99188213 Pembelajaran matematika 3 sks
99188223 Pembelajaran matematika Lanjutan 3 sks
99188233 Pembelajaran IPA 3 sks
99188243 Pembelajaran IPA lanjutan 3 sks
99188253 Pembelajaran IPS 3 sks
99188263 Pembelajaran IPS lanjutan 3 sks
99188273 Pembelajaran Bahasa Indonesia 3 sks
99188283 Pembelajaran Bahasa Indonesia Lanjutan 3 sks

  *Masing-masing mahasiswa = 6 sks

 

  • Mata Kuliah Matrikulasi*

KODE MATA KULIAH SKS
99008013 Landasan Ilmu Pendidikan* 3 sks

Catatan : * dilaksanakan sebelum perkuliahan semester 1

 

  • Tesis

KODE MATA KULIAH SKS
99008918 Tesis 8 sks

Terakreditasi A oleh BAN-PT pada tahun 2016 dengan No. SK 1750/SK/BAN-PT/Akred/M/VIII/2016.

Kurikulum Program Studi Magister Pascsarjana Universitas Negeri Jakarta

Kurikulum Pascasarjana UNJ disusun oleh Program Studi untuk mencapai Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL). CPL memuat prinsip-prinsip sebagai berikut.

  • Penguasaan capaian pembelajaran mata kuliah(CPMK) beserta penerapannya, yang dijamin dengan kemahiran berbahasa, kecakapan dasar-dasar logika matematik, dan kemahiran akademik sesuai bidang keahliannya.
  • Perhatian terhadap pertumbuhan personal, sosial, dan fisik sebagai penghargaan terhadap integritas, komitmen, keunggulan, dan penerimaan terhadap bakat/talenta serta keterbatasannya.
  • Mengembangkan kebiasaan merefleksi pengalaman, mampu mencari pengalaman baru, dan bersedia untuk mengambil risiko dari hasil eksplorasi pilihan-pilihan karier dan gaya hidup menurut kerangka nilai tertentu, dan terbuka terhadap perkembangan baru dalam kerangka akademik dan karier.
  • Fleksibel dan terbuka terhadap pandangan orang lain, bersemangat untuk belajar dari orang lain serta mampu menerima kelebihan dan kekurangan orang lain, bebas-otentik dalam mengungkapkan perasaan, serta mengelola emosionalnya.
  • Menghargai hidup keimanan dan kegiatan intelektual yang berkembang serasi terpadu dalam hidup manusia yang didasarkan pada ajaran agama dalam
  • Terbuka terhadap pluralitas berbagai tradisi agama dan menghargai pengalaman keberagamaan orang lain melalui mekanisme toleransi hidup beragama dalam mengembangkan kematangan sosial yang mandiri dan cerdas yang dilandasi komitmen untuk peduli hak azasi manusia.

 

Kurikulum Program Magister

Komponen kurikulum program magister memuat hal berikut.

  • Mata Kuliah Umum merupakan pengetahuan umum yang melandasi pembentukan kemampuan pengembangan ilmu sehingga terampil dalam berkarya sesuai dengan dasar ilmu yang dikuasai. Mata kuliah umum diarahkan pada pembentukan kemampuanmelaksanakan, mengorganisasikan, dan mengelola program penelitian sesuai dengan tujuan pendidikan program magister. Mata kuliah umum harus dikuasai oleh setiap peserta program magister dari seluruh program studi.
  • Mata Kuliah UtamaProgram Studi adalah kelompok mata kuliah yang bertujuan menghasilkan tenaga ahli dengan kekaryaan berlandaskan ilmu dan keterampilan yang dikuasai.
  • Mata Kuliah Pilihan adalah bagian dari kelompok Mata Kuliah Program Studi dan Mata kuliah Dasar Kependidi Mata kuliah ini dipilih oleh mahasiswa sesuai dengan bidang kajian tesis.
  • Mata kuliah Matrikulasiadalah kelompok mata kuliah yang wajib diambil oleh mahasiswa yang berasal dari program nonpendidikan dan program pendidikan yang tidak sebidang. Mata kuliah ini memberikan landasan pengetahuan kependidikan yang harus dikuasai sebagai acuan bagi penguasaan teori-teori pendidikan.
  • Tesis adalah hasil karya ilmiah berdasarkan hasil penelitian yang memenuhi kriteria penelitian ilmiah dan disiplin ilmu program studi sebagai upaya untuk pemecahan masalah dan pengungkapan suatu temuan ilmiah atau pengembangan konsep baru.

 

Beban Studi Program Magister

Komposisi mata kuliah untuk program magister sebagai berikut.

   Tabel 1. Sebaran Beban Studi untuk Latar Belakang

   Program Sarjana Pendidikan

No Mata Kuliah Bobot SKS
1 Mata Kuliah Umum 9 – 12
2 Mata Kuliah Keahlian 18
3 Mata Kuliah Pilihan 3 – 15
4 Tesis 8
Jumlah 41– 43

 

Tabel 2. Sebaran Beban Studi untuk Latar Belakang

Program Sarjana Nonpendidikan

No Mata Kuliah Bobot SKS
1 Mata Kuliah Matrikulasi 3- 6
2 Mata Kuliah Umum 12
3 Mata Kuliah Keahlian 18
4 Mata Kuliah Pilihan 3 – 15
6 Tesis 8
Jumlah 43– 46
Kegiatan KKL dan diskusi di Suan Dusit Rajabhat University

Kegiatan KKL dan diskusi di Suan Dusit Rajabhat University


Kegiatan KKL dan diskusi di Suan Dusit Rajabhat University

Kegiatan KKL dan diskusi di Suan Dusit Rajabhat University


Studi Banding ke Prodi Pendidikan Dasar UPI Bandung

Studi Banding ke Prodi Pendidikan Dasar UPI Bandung


Acara Seminar Nasional S2 dan S3 Pendidikan Dasar

Acara Seminar Nasional S2 dan S3 Pendidikan Dasar


Kegiatan Ujian Seminar Proposal Pendidikan Dasar

Kegiatan Ujian Seminar Proposal Pendidikan Dasar


Kunjungan KKL Prodi S2 Pendidikan Dasar Universitas Negeri Semarang di S2 dan S3 Pendidikan Dasar UNJ

Kunjungan KKL Prodi S2 Pendidikan Dasar Universitas Negeri Semarang di S2 dan S3 Pendidikan Dasar UNJ

No. Nama Mahasiswa Jenis Prestasi Kegiatan, Waktu, dan Tempat Tingkat (Lokal, Wilayah, Nasional, atau Internasional)
(1) (2) (3) (4) (5)
1 Mulyadi Juara 1 Guru Berprestasi dan Kreatif di SDSN Cibubur 11 Pagi SDSN Cibubur 11 Pagi, Jakarta, 2014 Lokal
Peserta Kegiatan Olympiade Sains Nasional Guru Sekolah Dasar. Olimpiade Guru Sekolah dasar, 22 Oktober 2013, Jakarta, Nasional
2 Winda Amelia Juara 1 lomba pelopor tingkat kota dan provinsi Banten Banten,

 

Wilayah
Pelatihan kepeloporan pemuda komunitas Rawan sosial tahun Pemuda Jawa Barat, 2013 Nasional
Juara 3 Tutor keaksaraan fungsional tingkat kota Serang Tutor Pelopor Keaksaraan, Serang

 

Wilayah
3 Sandri Buana Juara 1 pemilihan Tutor Paket A tingkat Provinsi Daerah Ibukota Jakarta DKI  Jakarta, 2014 Wilayah
4 Winda Astiarini Juara 2 Lomba Media Pembelajaran FIP UNJ, 2014 Lokal
5 Nurhayati Juara 1, Lomba guru Inovatif Jakarta, 2015 Nasional