Lapor Pasca

[vc_row][vc_column width=”2/3″][vc_column_text][vc_row][vc_column width=”2/3″][vc_single_image image=”5897″ img_size=”4200×2550″ alignment=”center” onclick=”link_image” css_animation=”appear”][vc_tta_accordion style=”outline” shape=”square” color=”mulled-wine” spacing=”3″ c_position=”right” active_section=”1″ no_fill=”true” title=”PROFIL PROGRAM MAGISTER LINGUISTIK TERAPAN”][vc_column_text][/vc_column_text][vc_tta_accordion style=”outline” shape=”square” color=”mulled-wine” spacing=”3″ c_position=”right” active_section=”1″ no_fill=”true”][vc_tta_section title=”DESCRIPTION STUDIES PROGRAM” tab_id=”1614744821990-8e373ab6-2ecb”][vc_column_text]

Deskripsi Prodi

Program Studi Magister Linguistik Terapan ditujukan untuk menghasilkan lulusan yang mampu bersaing untuk menjadi pendidik dan tenaga ahli dalam linguistik terapan (penerjemah, praktisi pendidikan (guru bahasa), dan penulis), pada tingkat nasional dan internasional.[/vc_column_text][/vc_tta_section][vc_tta_section title=”STUDENT PROGRAM LECTURERS” tab_id=”1614744821991-4a973bea-e0d2″][vc_column_text]

STUDENT PROGRAM LECTURERS

NO NAMA STATUS
1 Prof. Dr. Yumna Rasyid, M.Pd. Dosen Tetap
2 Dr. Shafruddin Tadjuddin, M.A. Dosen Tetap
3 Dr. Sri Harini Ekowati, M.Pd. Dosen Tetap
4 Dr. Miftahulkhairah Anwar, M.Hum Dosen Tetap
5 Eva Leiliyanti, M.Hum, Ph.D Dosen Tetap

[/vc_column_text][/vc_tta_section][vc_tta_section title=”AIM STUDY PROGRAM ” tab_id=”1614755102137-e1944258-fda4″][vc_column_text]

Aim Study Program

Menghasilkan lulusan dengan kualifikasi:

  1. Memiliki kompetensi mengembangkan pengetahuan linguistik terapan dalam kajian penerjemahan, kajian pendidikan bahasa dan sastra, kajian budaya dan bahasa,melalui penelitian untuk menghasilkan pemecahan masalah yang inovatif dan teruji melalui pendekatan inter atau multidisipliner.
  2. Memiliki kompetensi mengembangkan penelitian pada berbagai bidang linguistik dalam kajian penerjemahan, kajian pendidikan bahasa dan sastra, kajian bahasadan budaya melalui pendekatan interdisiplin atau multidisipliner.
  3. Memiliki kompetensimengelola, mengembangkan hasil penelitian dalam bidang linguistik terapan hingga mendapatkan pengakuan nasional dan internasional.
  4. Memiliki sikap  belajar sepanjang hayat melalui  pendidikan, penelitian, dan pelatihan baik pada kegiatan formal maupun non formal dalam upaya pengembangan diri yang relevan dengan bidang Linguistik Terapan.

[/vc_column_text][/vc_tta_section][vc_tta_section title=”OUT COME BASE EDUCATION” tab_id=”1614755226954-da179a1e-5de0″][vc_column_text]

Out Come Base Education

  1. Menguasai filsafat ilmu bahasa, teoretis kebahasaan, pembelajaran, dan metodologi penelitian, konsep teoretik linguistik dalam kajian penerjemahan, konsep pengembangan kajian pengajaran bahasa dan sastra, kajian bahasa dan budaya;
  2. Mampu menganalisis teori/konsepsi/gagasan ilmiah dan memberikan kontribusi kepada pengembangan dan pengamalan ilmu pengetahuan dan/atau teknologi di bidang linguistik terapan dengan memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora;
  3. Mampu menyusun argumen dan solusi keilmuan dan teknologi di bidang linguistik terapan berdasarkan pandangan kritis atas fakta, konsep, prinsip, atau teori yang dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah dan etika akademik;
  4. mampu menghasilkan penelitian ilmiah di bidang linguistik terapan berdasarkan metode ilmiah, pemikiran logis, kritis, sistematis dan kreatif;
  5. Mampu mengembangkan peta jalan penelitian dengan pendekatan inter/multi/transdisiplin, berdasarkan kajian tentang sasaran pokok penelitian dan konstelasinya pada sasaran yang lebih luas;
  6. Mampu mendiseminasikan hasil penelitian ilmiah di bidang linguistik terapan melalui jurnal nasional terakreditasi dan/atau internasional bereputasi ataupun (non) electronic massa media;
  7. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
  8. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;
  9. Mampu berkomunikasi dan berpartisipasi secara aktif untuk pengembangan jejaring seprofesi.

[/vc_column_text][/vc_tta_section][vc_tta_section title=”COURSE” tab_id=”1614755251591-b9677a8f-6662″][vc_column_text]

  • General Course

CODE COURSES CREDIT
99008113 Philosophy 3 credits
99008123 Research Methodology 3 credits
99008133 Statistical 3 credits
99008142 Indexing Scientific Article Writing 3 credits

 

  • Expertise Course

CODE COURSES CREDITS
99168113 Semantics and Pragmatic 3 credits
99168123 Sosiolinguistic 3 credits
99168133 Critical Literacy 3 credits
99168143 Discourse Analysis 3 credits
99168153 Introduction to Systematic Functional Linguistics 3 credits
99168193 New Orientation in Educational Psychology 3 credits
99168113 Applied Linguistics Colloquium 3 credits

 

  • Elective Courses

CODE COURSES CREDITS
99168413 Translation Study 3 credits
99168423 Study of Language and Literature Teaching 3 credits
99168433 Language and Cultural Studies 3 credits
Select two courses from Preferred Courses avaliable

 

  • Thesis

CODE COURSES CREDITS
99008918 Thesis 8credits

[/vc_column_text][/vc_tta_section][vc_tta_section title=”ACCREDITATION” tab_id=”1614755249542-23626a16-b9d6″][vc_column_text]Program Magister Linguistik Terapan UNJ merupakan salah satu prodi yang dikelola pascasarjana yang terakreditasi B dari BAN-PT No. 018/BAN-PT/Ak-IX/S2/X/2011.[/vc_column_text][/vc_tta_section][vc_tta_section title=”CURRICULUM” tab_id=”1614755246999-1d38e0dc-ee45″][vc_column_text]

Kurikulum Program Studi Magister Pascsarjana Universitas Negeri Jakarta

Kurikulum Pascasarjana UNJ disusun oleh Program Studi untuk mencapai Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL). CPL memuat prinsip-prinsip sebagai berikut.

  • Penguasaan capaian pembelajaran mata kuliah(CPMK) beserta penerapannya, yang dijamin dengan kemahiran berbahasa, kecakapan dasar-dasar logika matematik, dan kemahiran akademik sesuai bidang keahliannya.
  • Perhatian terhadap pertumbuhan personal, sosial, dan fisik sebagai penghargaan terhadap integritas, komitmen, keunggulan, dan penerimaan terhadap bakat/talenta serta keterbatasannya.
  • Mengembangkan kebiasaan merefleksi pengalaman, mampu mencari pengalaman baru, dan bersedia untuk mengambil risiko dari hasil eksplorasi pilihan-pilihan karier dan gaya hidup menurut kerangka nilai tertentu, dan terbuka terhadap perkembangan baru dalam kerangka akademik dan karier.
  • Fleksibel dan terbuka terhadap pandangan orang lain, bersemangat untuk belajar dari orang lain serta mampu menerima kelebihan dan kekurangan orang lain, bebas-otentik dalam mengungkapkan perasaan, serta mengelola emosionalnya.
  • Menghargai hidup keimanan dan kegiatan intelektual yang berkembang serasi terpadu dalam hidup manusia yang didasarkan pada ajaran agama dalam
  • Terbuka terhadap pluralitas berbagai tradisi agama dan menghargai pengalaman keberagamaan orang lain melalui mekanisme toleransi hidup beragama dalam mengembangkan kematangan sosial yang mandiri dan cerdas yang dilandasi komitmen untuk peduli hak azasi manusia.

 

Kurikulum Program Magister

Komponen kurikulum program magister memuat hal berikut.

  • Mata Kuliah Umum merupakan pengetahuan umum yang melandasi pembentukan kemampuan pengembangan ilmu sehingga terampil dalam berkarya sesuai dengan dasar ilmu yang dikuasai. Mata kuliah umum diarahkan pada pembentukan kemampuanmelaksanakan, mengorganisasikan, dan mengelola program penelitian sesuai dengan tujuan pendidikan program magister. Mata kuliah umum harus dikuasai oleh setiap peserta program magister dari seluruh program studi.
  • Mata Kuliah UtamaProgram Studi adalah kelompok mata kuliah yang bertujuan menghasilkan tenaga ahli dengan kekaryaan berlandaskan ilmu dan keterampilan yang dikuasai.
  • Mata Kuliah Pilihan adalah bagian dari kelompok Mata Kuliah Program Studi dan Mata kuliah Dasar Kependidi Mata kuliah ini dipilih oleh mahasiswa sesuai dengan bidang kajian tesis.
  • Mata kuliah Matrikulasiadalah kelompok mata kuliah yang wajib diambil oleh mahasiswa yang berasal dari program nonpendidikan dan program pendidikan yang tidak sebidang. Mata kuliah ini memberikan landasan pengetahuan kependidikan yang harus dikuasai sebagai acuan bagi penguasaan teori-teori pendidikan.
  • Tesis adalah hasil karya ilmiah berdasarkan hasil penelitian yang memenuhi kriteria penelitian ilmiah dan disiplin ilmu program studi sebagai upaya untuk pemecahan masalah dan pengungkapan suatu temuan ilmiah atau pengembangan konsep baru.

 

Beban Studi Program Magister

Komposisi mata kuliah untuk program magister sebagai berikut.

   Tabel 1. Sebaran Beban Studi untuk Latar Belakang

   Program Sarjana Pendidikan

No Mata Kuliah Bobot SKS
1 Mata Kuliah Umum 9 – 12
2 Mata Kuliah Keahlian 18
3 Mata Kuliah Pilihan 3 – 15
4 Tesis 8
Jumlah 41– 43

 

Tabel 2. Sebaran Beban Studi untuk Latar Belakang

Program Sarjana Nonpendidikan

No Mata Kuliah Bobot SKS
1 Mata Kuliah Matrikulasi 3- 6
2 Mata Kuliah Umum 12
3 Mata Kuliah Keahlian 18
4 Mata Kuliah Pilihan 3 – 15
6 Tesis 8
Jumlah 43– 46

[/vc_column_text][/vc_tta_section][vc_tta_section title=”PHOTOS ACTIVITIES ” tab_id=”1614755244590-9e57a050-8f3e”][vc_column_text]

Koordinator Program Studi Magister Linguistik Terapan mengikuti kegiatan forum pimpinan pascasarjana (FORPIMPAS) LPTK Negeri se-Indonesia.

Kegiatan Kuliah Lapangan (KKL)

Benchmarking dengan Seoul National University dan Busan University of Foreign Studies.

Kegiatan Seminar dan Lokakarya dengan tema “Pendekatan Systemic Functional Linguistics (SFL) untuk Pengembangan Critical Literacy”

Kegiatan Pengabdian Pada Masyarakat di Kalibaru, Cilincing Kota Jakarta Utara.[/vc_column_text][/vc_tta_section][vc_tta_section title=”PROGRAM STUDY ACHIVEMINT” tab_id=”1614755242183-dbb69365-b100″][vc_column_text]

Prof. Dr. Yumna Rasyid, M.Pd. Seminar Nasional ”Standarisasi Kurikulum Bahasa Arab Madrasah dan Perguruan Tinggi” UIN Syarif Hidayatullah Jakarta  

28 April 2014

Prof. Dr. Zainal Rafli, M.Pd 3rd International Seminar on Quality and Affordable Education UTM, University of Malaya, UNJ, UN Manado 25-28 Nov 2014
Prof. Dr. Aceng Rahmat, M.Pd Pengajaran Bahasa Arab untuk Memotivasi Kesadaran Lingkungan  

 

2015

Prof. Dr. Zuriyati, M.Pd International Conference On Global Education III “Human Recource Development Towards Global Economy  

 

 

UNES Indonesia

 

 

 

25-26 mei 2015

Dr. Miftahul Khairah, M.Hum. Mimbar Akademika Dosen Bulan Februari 2013  

UNJ

 

2013

Dr. Ninuk Lustyantie, M.Pd Seminar Nasional

Tema

Pembelajaran Bahasa Asing Kini dan Nanti

“Pembelajaran Ketrampilan Membaca Teks Bahasa Prancis berbasis Tugas

dalam Kelas Interaksi Belajar Mengajar”

 

 

UNNES

Semarang

 

 

1 Agt 2015

[/vc_column_text][/vc_tta_section][/vc_tta_accordion][/vc_column][vc_column width=”1/3″][vc_wp_text title=”Program Studi Magister (S2)”]

[/vc_wp_text][vc_wp_text title=”Program Studi Doktor (S3)”]

[/vc_wp_text][/vc_column][/vc_row]