Deskripsi Prodi
Program Studi Pendidikan Kependudukan dan Lingkungan Hidup Program Doktor Pascasarjana UNJ berdasarkan SK Presiden/ No.45/ 1982, SK Dirjen Dikti Depdiknas: No.590/ DIKTI/ KEP/ 1993 menggunakan Kurikulum Berbasis Kompetensi, namun demikian dengan mengikuti perkembangan pengetahuan dalam era globalilasasi maka konsep kurikulum pendidikan tinggi mengalami perubahan. Saat ini konsep kurikulum mengacu pada Kurikulum Pendidikan Tinggi (KPT) dan Standard Nasional Perguruan Tinggi (SNPT) berbasis KKNI (Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia) (Permenristek Dikti no. 44/2015) yang mengutamakan kesetaraan capaian pembelajaran lulusan (CPL) (mutu), dan terdiri atas sikap, keterampilan umum, keterampilan khusus, dan penguasaan pengetahuan. Implementasi kurikulum Program Studi disesuaikan dengan KPT, sementara kurikulum lokal dikembangkan secara bertahap sesuai dengan arah pengembangan Program Studi dengan melakukan analisis kebutuhan dan keberadaan sumberdaya yang dimiliki.
Berdasarkan analisis perkembangan pengetahuan dan keahlian serta kebutuhan pasar dan pemangku kepentingan maka profil lulusan Program Studi Pendidikan Kependudukan dan Lingkungan Hidup Program Doktor dipersiapkan untuk mengembangkan IPTEKS melalui riset transdipliner, inovasi, dan teruji (KKNI level 9), sehingga menjadi seorang pengembang, peneliti, pengajar, problem solver, perencana, pengelola dan pengambil kebijakan di bidang Pendidikan Kependudukan dan Lingkungan Hidup. Profil lulusan ini diharapkan selalu mengedepankan aspek pendidikan Kependudukan dan Lingkungan Hidup berbasis teknologi dan informasi. Ketercapaian profil demikian memerlukan rumusan tentang Capaian Pembelajaran Lulusan yang mencerminkan sikap, keterampilan umum dan khusus serta penguasaan pengetahuan.
Pengembangan kurikulum pada hakikatnya terjadi sepanjang masa. Namun demikian, dalam praktik dikenal adanya peninjauan dan revisi kurikulum secara berkala. Apabila dikaitkan dengan hakikat continuous improvement maka pengembangan kurikulum perlu dirancang melalui program monitoring & evaluation sejalan dengan dilaksanakannya kurikulum. Di samping itu pengembangan kurikulum dapat dilakukan sesuai dengan kebutuhan yang disebabkan adanya perubahan peraturan dan perkembangan ilmu dan teknologi.
Pengembangan kurikulum Program Studi Pendidikan Kependudukan dan Lingkungan Hidup Program Doktor Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta dilakukan dengan tujuan menyesuaikan dengan diterbitkannya Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 17 Tahun 2010 tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan, Peraturan Presiden No. 8/2012 Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) – Indonesian Qualification Framework (IQF), Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2012 Tentang Pendidikan Tinggi. Di samping itu, pengembangan kurikulum ini juga mengakomodasi perkembangan ilmu, Renstra Pascasarjan UNJ dan visi Program studi.
- Menjadi Guru, Dosen, Instruktur, Penyuluh, widyaiswara, yang kompeten dalam penguasaan konsep, teori, aplikasi dan analisis di bidang pendidikan kependudukan, pendidikan lingkungan hidup dan pendidikan kependudukan dan lingkungan hidup/ Educational for Sustainable Development (ESD) serta mampu menerapkan IPTEKS dalam bidangnya
- Mampu melaksanakan penelitian bidang Kepedudukan dan Lingkungan Hidup dengan disiplin ilmu yang relevan
- Mampu melaksanakan penelitian dibidang pendidikan dan pembelajaran sesuai dengan kaidah ilmiah
- Mampu menjadi tenaga ahli pendidikan khususnya pendidikan kependudukan dan lingkungan hidup
Dosen Program Studi Pendidikan Kependudukan dan Lingkungan Hidup
NO | NAMA | STATUS |
1 | ![]() |
Dosen Tetap |
2 | ![]() |
Dosen Tetap |
3 | Prof. Dr. I Made Putrawan | Dosen Tetap |
4 | ![]() |
Dosen Tetap |
5 | Dr. Muhammad Zid, M.Si. | Dosen Tetap |
6 | ![]() |
Dosen Tetap |
8 | Prof. Amos Neolaka, M.Pd. | Dosen Tidak Tetap |
Tujuan Prodi
- Tujuan Program Studi PKLH Doktor adalah :
- Menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan mengembangkan kinerja profesionalnya sebagai pendidik maupun peneliti yang ditunjukkan dengan ketajaman analisisnya terhadap permasalahan pendidikan kependudukan dan lingkungan hidup;
- Menghasilkan lulusan yang memiliki pemahaman yang komprenhesif tentang konsep-konsep, teori-teori dan paradigma baru dalam bidang pendidikan kependudukan dan lingkungan hidup;
- Menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan untuk mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni yang aplikatif yang terkait dengan pendidikan, kependudukan dan lingkungan hidup, melalui pemahaman, analisis dan sintesis terhadap pendekatan, metode dan kaidah keilmuan;
- Menghasilkan lulusan yang memilki kemampuan menggunakan pengetahuan dan keterampilan terkait yang dengan pendidikan kependudukan dan lingkungan hidup dalam rangka memecahkan masalahan-masalah pendidikan kependudukan dan lingkungan hidup yang kompleks yang bersifat lintas disiplin ilmu;
- Menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan memecahkan masalah di bidang pendidikan kependudukan dan lingkungan hidup melalui kegiatan penelitian dan pengabdian pada masyarakat berdasarkan kaidah ilmiah;
- Menghasilkan lulusan yang memiliki sifat keterbukaan serta responsif terhadap perubahan dan kemajuan ilmu pengetahuan pendidikan kependudukan dan lingkungan hidup;
- Menghasilkan lulusan yang memilki kemampuan mengkomunikasikan pemikiran dan hasil karyanya dalam bidang pendidikan kependudukan dan lingkungan hidup, baik secara lokal maupun global.
Capaian Pembelajaran
- Capaian Pembelajaran Program Studi PKLH Doktor :
- Mampu mengembangkan pengetahuan baru tentang teori pedagogi, literasi, manfaat teknologi dan atau seni baru tentang informasi dalam bidang ilmu pendidikan kependudukan dan lingkungan hidup, untuk menghasilkan solusi bagi peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara melalui pendekatan interdisipliner atau multidisipliner dan transdisipliner;
- Mampu mengembangkan keilmuan pendidikan kependudukan dan pendidikan lingkungan atau praktik profesionalnya melalui riset hingga menghasilkan karya kreatif, original, dan teruji di bidang kependudukan, lingkungan dan pendidikan kependudukan dan pendidikan lingkungan untuk mencapai target SDGS nasional dan global;
- Mampu memecahkan masalah sains, teknologi dan atau seni terkait pada bidang pendidikan kependudukan dan lingkungan hidup berdasarkan teori pedagogi, literasi, teknologi informasi melalui metode ilmiah dengan pendekatan interdisipliner atau multidisipliner dan transdisipliner yang menginternalisasikan nilai, norma, dan etika akademik;
- Mampu mengembangkan teori baru dalam pembelajaran inovatif dengan mengaplikasikan konsep dan prinsip didaktik pedagogis dalam pendidikan kependudukan dan lingkungan hidup dengan memanfaatkan IPTEKS berorientasi pada kecakapan hidup (life skills) dan berkontribusi dalam peningkatan kualitas lingkungan dan kualitan manusia;
- Mampu mengelola, memimpin dan mengembangkan riset dan pengembangan yang bermanfaat bagi ilmu pengetahuan pendidikan kependudukan dan lingkungan hidup serta kemaslahatan umat manusia, dan mampu mendapat pengakuan nasional maupuan internasional.
Kompetensi Umum
KODE | MATA KULIAH | SKS |
PPS 701 | Filsafat Ilmu II | 3 sks |
PPS 702 | Metodologi Penelitian Lanjutan | 3 sks |
PPS 703 | Statistika II | 3 sks |
Kompetensi Utama
KODE | MATA KULIAH | SKS |
PKLH 701 | Teori-teori Belajar dan Penyusunan RPP dalam PKLH | 3 sks |
PKLH 702 | Psikologi Lingkungan | 3 sks |
PKLH 703 | Manajemen Pendidikan Dalam PKLH | 3 sks |
PKLH 704 | Kapita Selekta Dalam PKLH | 3 sks |
PKLH 705 | Kependudukan dan Lingkungan Dalam Sustainable Development | 3 sks |
PKLH 706 | Ekologi Manusia Dalam Transisi Demografi | 3 sks |
PKLH 707 | Sistem Evaluasi Pembelajaran PKLH | 3 sks |
PKLH 708 | Psikologi Kependudukan | 3 sks |
PPS 799 | Disertasi | 14 sks |
Kompetensi Pendukung
KODE | MATA KULIAH | SKS |
PPS 704 | Isu-Isu Kritis dalam Pendidikan | 3 sks |
PPS 705 | Orientasi Baru dalam Pedagogik | 3 sks |
Matrikulasi
KODE | MATA KULIAH | SKS |
PPS 504 | Orientasi Baru dalam Psikologi Pendidikan* | 3 sks |
PPS 505 | Teknologi Komunikasi dan Informasi dalam Pendidikan* | 3 sks |
PKLH 500 | Applied Ecologi ** | 3 sks |
PKLH 501 | Isu-isu Perubahan Iklim Global** | 3 sks |
* Mata Kuliah Matrikulasi Kependidikan ** Mata Kuliah Matrikulasi Program Studi |
Program studi Doktor Pendidikan Lingkungan merupakan salah satu prodi yang dikelola pascasarjana yang terakreditasi B di BAN-PT dengan nomor. 4705/SK/BAN-PT/Akred/D/XII/2017
Kompetensi Umum
KODE | MATA KULIAH | SKS |
PPS 701 | Filsafat Ilmu II | 3 sks |
PPS 702 | Metodologi Penelitian Lanjutan | 3 sks |
PPS 703 | Statistika II | 3 sks |
Kompetensi Utama
KODE | MATA KULIAH | SKS |
PKLH 701 | Teori-teori Belajar dan Penyusunan RPP dalam PKLH | 3 sks |
PKLH 702 | Psikologi Lingkungan | 3 sks |
PKLH 703 | Manajemen Pendidikan Dalam PKLH | 3 sks |
PKLH 704 | Kapita Selekta Dalam PKLH | 3 sks |
PKLH 705 | Kependudukan dan Lingkungan Dalam Sustainable Development | 3 sks |
PKLH 706 | Ekologi Manusia Dalam Transisi Demografi | 3 sks |
PKLH 707 | Sistem Evaluasi Pembelajaran PKLH | 3 sks |
PKLH 708 | Psikologi Kependudukan | 3 sks |
PPS 799 | Disertasi | 14 sks |
Kompetensi Pendukung
KODE | MATA KULIAH | SKS |
PPS 704 | Isu-Isu Kritis dalam Pendidikan | 3 sks |
PPS 705 | Orientasi Baru dalam Pedagogik | 3 sks |
Matrikulasi
KODE | MATA KULIAH | SKS |
PPS 504 | Orientasi Baru dalam Psikologi Pendidikan* | 3 sks |
PPS 505 | Teknologi Komunikasi dan Informasi dalam Pendidikan* | 3 sks |
PKLH 500 | Applied Ecologi ** | 3 sks |
PKLH 501 | Isu-isu Perubahan Iklim Global** | 3 sks |
* Mata Kuliah Matrikulasi Kependidikan ** Mata Kuliah Matrikulasi Program Studi |
- Pencapaian Prestasi Dosen
No. | Nama Dosen | Prestasi yang Dicapai* | Waktu Pencapaian | Tingkat
(Lokal, Nasional, Internasional) |
(1) | (2) | (3) | (4) | (5) |
1 | I Made Putrawan
|
Peneliti Terbaik bidang pendidikan Tahun 2015 dari Lemlit UNJ | 2015 | Lokal |
Leadership Research as Variable of Management Dissertation at PPs. UNJ: A Meta Analysis | 2016 | Nasional | ||
Model Validation of Students Environmental Behavior affected by personality, NEP, Environmental Morale, and Naturalistic. | 2016 | Nasional | ||
Research Report dealing with NEP Validation related to People Water Conservation Behavior, Manggarai, East Nusa Tenggara (NTT), | 2015 | Nasional | ||
Students New Environmental Paradigm (NEP) Assessment based on their knowledge about ecosystem and locus of control of SMA students in Palembang, Jakarta and Makassar (AUPT, BOPTN-DIKTI, 2013-2014) | 2014 | Nasional | ||
Pengembangan Akreditasi LPTK dan Studi Dampak Akreditasi terhadap Lulusan | 2012 | Nasional | ||
2. | Amos Neolaka | Penghargaan Sebagai Relawan dalam Partisipasi Penumbuhan 55.000 Pohon Mangrove Di Kawasan Hutan Mangrove Tol Sedyatmo, DKI Jakarta Rekor MURI | 2014 | Nasional |
- Pencapaian Prestasi Mahasiswa
No. | Nama Mahasiswa | Jenis Prestasi | Kegiatan, Waktu, dan Tempat | Tingkat (Lokal, Wilayah, Nasional, atau Internasional) |
(1) | (2) | (3) | (4) | (5) |
1 | Imelda Hutasoit | Penelitian | CESHK | Internasional |
2 | Abbas Thaha | Penelitian | CESHK | Internasional |
3 | Syarifah El Jannah | Penelitian | CESHK | Internasional |
4 | Talha Dangkua | Penelitian | CESHK | Internasional |
5 | Zairin | Penelitian | CESHK |