Webinar Internasional  “Akeselarasi Pencapaian Target Suistanable Development Goals (SDGs) di Indonesia”

Webinar Internasional “Akeselarasi Pencapaian Target Suistanable Development Goals (SDGs) di Indonesia”

Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta

Tanggal 8 Juli 2020

 

Tujuan  webinar Internasional ini adalah Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta (UNJ)  menggagas, dan berinisiasi  untuk mendudukan UNJ sebagai Perguruan Tinggi yang ikut andil dalam  upaya meneguhkan kembali jalan pengabdian kepada bangsa dan negara Indonesia melalui partisipasi, kontribusi, dan inovasi dalam  menopang  “  “Akselarasi Pencapaian Target Sustanable Development Goals (SDGs) di Indonesia ”. Pascasarjana UNJ berinisiasi untuk  mendirikan SDGs Center UNJ,  yang akan selalu mengkaji dan melalukan Inovasi dan  peneliltian dalam kerangka mencapai visi Indonesia maju, dengan bersinergi dengan berbagai unit yang ada di lingkungan UNJ. Salah satu focus kajian bagaiman merubah perilaku manusia dari mentalitas Frontier menjadi mentalitas pembangunan berkelanjutan.

Hadir dalam webinar Internasional adalah  His Exelency Bapak Abdul Qadir Jaelani Duta besar dan Berkuasa Penuh Indonesia di Kanada, yang telah bersedia menjadi Key noote speaker,  karena kami memahami bahwa perbedaan waktu antara Indonesia dengan kanada lebih kurang 12jam sehingga di kanada pukul  9 malam, Bapak  Alue Dohong, S.E., M. Sc., P.hD, Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI, Dr. Komarudin, M. Si,  Rektor Universitas Negeri Jakarta. Dr. Ir. Subandi, M. Sc Deputi Biadang Pembangunan Manusia, Masyarakat dan Kebudayaan Bappenas, Prof. Dr. I Made Putrawan Guru Besar  UNJ dan  Dr. Muhammad Faesal, M.Pd, Sekretaris Umum IKACANA UNJ sebagai Moderator.

Apa yang telah  didiskusikan hari ini sangat relevan untuk menjawab berbagai tantangan agar kita semua dapat mengatasi permasalahan masa depan yang penuh dengan ketidakpastian, yang menuntut satu sama lain akan saling compatible dengan flexibility, Pengembangan Jaringan penelitan merupakan potensi utuk membuka dual degree program. Pendidikan abad 21 menggunakan istilah yang dinamakan 4C ( Critical thinking, Communication, collaboration, and Creativity). 4C adalah empat ketrampilan yang telah diidentifikasi sebagai keterampilan yang sangat penting dan di perlukan untuk pendidikan abad 21, yang tidak hanya menggali dari best practice, melainkan future practice, bukan hanya belajar dari knowledge-based tetapi creativity dan imaginative-based, dengan demikian akan menghasilkan SDM yang melakukan mobility vertikal entrepreneur dan leadership yang dipentingkan untuk melakukan kolaboratif nasional dan internasional dengan menggali potensi kearifan lokal sehingga terwujud jejaring Internasional.

Webinar internasional ini diadakan untuk mencapai  Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) /Sustanable Development Goals (SDGs) adalah pembangunan yang menjaga peningkatan kesejahteraan ekonomi masyarakat secara berkesinambungan, pembangunan yang menjaga kualitas lingkungan huidup serta pembangunan yang menjamin keadilan dan terlaksananya tata kelola yang mampu menjaga peningkatan kualitas hidup dari satu generasi ke generasi berikutnya. TPB/SDGs merupakan komitment global dan nasional dalam upaya  untuk mensejahterakan masyarakat mencakup 17 tujuan yaitu (1) Tanpa Kemiskinan (2) Tanpa kelaparan (3)  Kehidupan Sehat dan Sejahtera (4) Pendidikan Berkualitas ( 5 ) Kesetaraan Gender (6) Air Bersih dan Sanitasi Layak (7) Energi Bersih dan Terjangkau (8) Pekerjaan layak dan Pertumbuhan Ekonomi ( 9) Industri, Inovasi dan Insfrastruktur (10 ) Berkurangnya Kesenjangan ( 11 ) Kota dan Pemukiman yang Berkelanjutan (12 ) Konsumsi  dan Produksi yang bertanggung Jawab ( 13 ) Penanganan Perubahan Iklim (14) Ekosistem Laut (15)  Eksistem Daratan ( 16 ) Perdamian, Keadilan dan Kelembagaan yang Tangguh ( 17 ) Kemitraan untuk mencapai tujuan.

Pascasarjana menggagas dan berinisiasi dalam mendorong Universitas Negeri Jakarta sebagai  salah satu institusi pendidikan tinggi yang juga bertanggung jawab dalam melakukan sinergi dengan berbagai pihak dalam pencapaian akselerasi pencapaian TPB/SDGs  dengann mewujudkan  tujuan  pendidikan berkualitas menuju Indonesia Maju 2045. Peran serta Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta (UNJ) dapat menjadi jembatan antara pengguna pendidikan baik pada satuan pendidikan maupun pada dinas pendidikan sebagai pengambil kebijakan. Pascasarjana UNJ yang memiliki kapasitas dan kapabilitas yang memadai dalam membantu dalam memecahkan berbagai permasalan Pendidikan berkualitas di Indonesia sebagai salah satu target pencapaian SDGs.

Direktur

Prof. Dr. Nadiroh, M.Pd.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *