Teliti Prilaku Guru, Anak Petani Lulus Jadi Doktor di UNJ

Teliti Prilaku Guru, Anak Petani Lulus Jadi Doktor di UNJ

Salah satu prioritas Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI dalam menyiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang produktif dan berdaya saing adalah dengan melakukan revitalisasi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Sesuai Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 9 Tahun 2016, program revitalisasi fokus pada reorientasi pendidikan dan pelatihan vokasi ke arah demand driven. Dari banyak hal yang disoroti, guru menjadi kunci utama keberhasilan dalam pembangunan pendidikan tersebut. Profesionalitas guru menjadi sebuah keharusan, dan kompetensi menjadi syarat mutlak menuju profesionalitas guru. Masalah prilaku guru ini, khsusunya guru SMK di Jakarta Utara diangkat dalam penelitian yang dilakukan Sdr. Ajat, dalam rangka menyelesaikan studi Program Doktor Manajemen Pendidikan Universitas Negeri Jakarta.

Dihadapan Dewan Penguji, dalam sidang promosi dilaksanakan Sabtu 23 Februari 2019, Pukul 14.30 – 16.00 WIB di Ruang Sidang Lt. 5 Gedung Moh. Hatta Pascasarjana UNJ, Rawamangun, Jakarta Timur. Sdr. Ajat berhasil mempertahankan disertasinya yang berjudul “Pengaruh Kepribadian, Efikasi Diri dan Kepuasan Kerja Terhadap Organizational Citizenship Behavior (OCB) Guru SMK Negeri di Wilayah 2 Jakarta Utara.”
Metode yang digunakan Peneliti yakni survei dengan pendekatan kuantitatif. Dengan populasi target seluruh guru SMK Negeri di Wilayah 2 Jakarta Utara. Kebaruan dalam penelitian ini adalah ditemukannya variabel kepribadian yang dominan mempengaruhi OCB, dengan indikator yang paling tinggi memberikan pengaruh adalah keterbukaan. Sementara untuk variabel efikasi diri yang paling memberikan pengaruh adalah indikator kegigihan daalm bekerja, dan untuk indikator variabel kepuasakan kerja yang paling memberikan pengaruh adalah persaan terhadap kesempatan mengebangkan diri. Artikel tentang penelitiannya ini sudah diterbitkan Jurnal Internasional Atlantis Press terindek WoS.
Sidang promosi dipromotori Prof. Dr. Mukhneri Mukhtar, MPd, Guru Besar Universitas Negeri Jakarta, dengan ko-promotor Dr. Mochamad Wahyudi, MM., M.Kom., MPd. Rektor Universitas BSI.
Sdr. Ajat adalah seorang jurnalis senior televisi swasta nasional, anak kelima dari pasangan Wiratma dan Wiwi yang merupakan seorang Petani. Pria kelahiran Ciamis, 12 September 1982, berhasil lulus dengan sangat memuaskan dengan lama studi 3 tahun 6 bulan. Setelah ujian berakhir, para tamu undangan memberikan ucapan selamat kepada promovendus dan keluarga.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *