Awal Data Pendukung Standar V

5.1 Kurikulum Harus Memuat Standar Kompetensi Lulusan yang Terstruktur dalam Kompetensi Utama

5.1.1.1 Skor kejelasan perumusan kompetensi lulusan di dalam kurikulum. Klik disini

5.1.1.2 Skor orientasi dan kesesuaian kompetensi lulusan dengan visi dan misi program studi. Klik disini

5.1.2 Struktur Kurikulum. Untuk program yang mengikuti jalur kurikulum terstruktur: Kesesuaian mata kuliah dan urutannya dengan standar kompetensi. Untuk program yang mengikuti jalur kurikulum tidak terstruktur: Periksa tugas-tugas apa saja yang wajib dilakukan oleh mahasiswa untuk memenuhi beban kredit yang disyaratkan bagi program studi doktor.

5.1.3.1 Skor pelaksanaan peninjauan kurikulum selama 5 tahun terakhir. Klik disini

5.1.3.2 Skor penyesuaian kurikulum dengan perkembangan ipteks dan kebutuhan masyarakat. Klik disini

5.2 Persyaratan yang Harus Dipenuhi Mahasiswa Selama Mengikuti Pendidikan Doktor

5.2.1 Persyaratan yang harus dipenuhi mahasiswa selama mengikuti pendidikan doktor, proses pelaksanaan dan persyaratan kelulusannya.

5.2.2 Persyaratan penguasaan bahasa Inggris (TOEFL).

5.2.3 Mengikuti perkuliahan dan ujian mata kuliah (atau tugas-tugas setara dari komisi pembimbing) yang isinya berupa perkembangan ilmu mutakhir dalam bidangnya.

5.2.4 Ujian kualifikasi: cara/bentuk ujian dan mutu soal ujian.

5.2.5 Skor penyajian dan penilaian rencana penelitian.

5.2.6 Skor penyajian hasil penelitian disertasi dalam seminar.

5.2.7 Publikasi hasil penelitian disertasi.

5.2.8 Penulisan disertasi (disertasi menunjukkan luasnya kesujanaan, kedalaman penelitian, dan kemampuan untuk meneliti permasalahan secara mandiri sesuai kaidah ilmiah).

5.2.9 Ujian akhir tertutup studi doktor.

5.3 Sistem Pembimbingan Penelitian Disertasi dan Penulisan Disertasi

5.3.1 Sistem pembimbingan penelitian disertasi dan penulisan disertasi: Ketersediaan panduan, sosialisasi, dan pelaksanaannya.

5.3.2.1 Jumlah maksimum mahasiswa per pembimbing utama per tahun. Klik disini

5.3.2.2 Jumlah maksimum mahasiswa yang dibimbing oleh seorang dosen pembimbing disertasi baik sebagai promotor, kopromotor, maupun anggota. Klik disini

5.3.2.3  Persentase dosen pembimbing utama yang merupakan guru besar tetap yang keahliannya sesuai dengan bidang studi. Klik disini

5.4 Monitoring dan Evaluasi Pelaksanaan Proses Pembelajaran

5.4.1 Monitoring dan evaluasi pelaksanaan ujian kualifikasi.

5.4.2 Monitoring dan evaluasi proses penyusunan usul penelitian dan pelaksanaan penelitian disertasi.

5.4.3 Monitoring dan evaluasi proses penulisan disertasi.

5.4.4 Monitoring dan evaluasi kelayakan dosen dalam proses pembimbingan.

5.4.5 Monitoring dan evaluasi ujian akhir tertutup studi doktor.

5.6 Upaya Peningkatan Suasana Akademik

5.6.1 Kebijakan tertulis tentang suasana akademik (otonomi keilmuan, kebebasan akademik, kebebasan mimbar akademik, kemitraan dosen-mahasiswa).

5.6.2 Ketersediaan dan Kelengkapan Jenis Prasarana, Sarana serta Dana

  1. Dokumen

5.6.3 Interaksi Akademik Berupa Program dan Kegiatan Akademik, Selain Perkuliahan dan Tugas-Tugas Khusus, untuk Menciptakan Suasana

  1. Dokumen

5.6.4 Pengembangan Perilaku Kecendekiawanan Kemampuan untuk Menanggapi dan Memberikan Solusi pada Masalah

  1. Dokumen

Data Pendukung Standar V

Akhir Data Pendukung Standar V