Tenaga Kependidikan

Ketercukupan Tenaga Kependidikan yang di bawah pengelolaan PPs UNJ relatif memadai. Artinya, jumlah Tenaga Kependidikan memang belum memenuhi kriteria kualifikasi, namun dengan jumlah yang ada PPs UNJ dapat mengatur secara efektif dan efisien sehingga pelayanan terhadap mahasiswa dan dosen tetap terpenuhi. Tenaga Pustakawan yang berlatar belakang Sarjana Pustakawan juga sudah cukup banyak, untuk di PPs sendiri hanya 1 orang, tetapi untuk kelancaran pelayanan, PPs mengangkat tenaga pustakawan yang tidak sarjana pustakawan tetapi telah mengikuti pelatihan pustakawan pada tingkat yang memadai. Demikian pula dengan Tenaga Laboran dan Teknisi yang berada di bawah PPs UNJ. Dalam rangka peningkatan pelayan prima, Universitas memberikan fasiltas perpustakaan, laboratorium dan bengkel kerja bersama yang dapat digunakan oleh mahasiswa S1, S2, dan S3 di lingkungan UNJ. Fasilitas perpustakaan, laboratorium, dan yang dimiliki Universitas telah dilengkapi oleh Tenaga Teknisi dan Laboran dengan kualifikasi yang sesuai.

Pengaturan efisiensi dan efektivitas sarana pendukung tersebut diatur secara terpusat oleh Universitas dengan sistem penjadwalan terpadu. Semua Program Studi yang memerlukan sarana tersebut memiliki akses yang sama.

Upaya pengembangan Tenaga Kependidikan di lingkungan PPs UNJ dilakukan dengan mengirim tenaga tersebut untuk mengikuti pelatihan atau pemagangan. PPs UNJ juga memberikan dana kepada Tenaga Kependidikan untuk studi lanjut ke jenjang lebih tinggi dengan tujuan agar kualitas layanan kepada mahasiswa meningkat dan karier Tenaga Kependidikan pun secara otomatis meningkat.

Tabel 1. Data Tenaga Kependidikan yang ada di unit pengelola PPs UNJ

No. Jenis Tenaga Kependidikan

Jumlah Tenaga Kependidikan di Lingkungan Unit Pengelola Program Studi Doktor dengan Pendidikan Terakhir

S3 S2 S1 D4 D3 D2 D1 SMA/SMK
(1) (2) (3) (4) (5) (6) (7) (8) (9) (10)
1 Pustakawan* 1 5 1 4
2 Laboran/teknisi/ analis/operator/ programer 2 3
3 Tenaga administrasi 2 10 14 2 20
4 Lainnya : …

Total

2 13 22 3 4 20