Rapat Kerja Pascasarjana UNJ: Diskursus Para Profesor Hasilkan Kurikulum dan Peta Jalan Penelitian

Jumat (26/7/19). Pascasarjana UNJ kembali berupaya secara sistemik meningkatkan kualitas akademiknya. Diantara upaya itu dilakukan melalui rapat kerja yang bertajuk finalisasi evaluasi dan pengembangan kurikulum dan peta jalan penelitian, termasuk soal riset unggulan.

Rapat kerja yang berlangsung hangat dan mencerahkan itu berlangsung dari tanggal 26 sampai 28 Juli 2018.

Suasana hangat itu terjadi diantaranya karena terjadi diskursus akademik diantara para profesor yang hadir. Perdebatan akademik itu diantaranya terjadi untuk menjawab pertanyaan tentang kualitas profil lulusan program doktor yang diharapkan dari masing-masing program doktor dan magister memiliki standar ilmuan sesuai kepakaranya.

Diskursus lebih lama juga terjadi seputar filsafat ilmu, metodologi riset kuantitatif-kualitatif, dan statistik lanjutan. Hadir dalam diskursus yang hangat ini pakar statistik Prof.Dr.Dali S Naga, Prof.Zaenal Rafli, dll.

Dalam sambutanya Plt.Direktur Pascasarjana UNJ Prof.Dr.Ilza Mayuni,MA mengemukakan bahwa rapat kerja khusus membahas kurikulum dan riset unggulan ini secara sistemik dilakukan secara rutin dalam dua tahun terakhir masa revitalisasi pascasarjana UNJ ini.

Raker ini menurut Prof.Ilza Mayuni juga dilakukan untuk mendudukan persoalan kurikulum secara tepat untuk dicari solusi terbaiknya agar lulusan pascasarjana memenuhi standar kerangka kualifikasi nasional Indonesia sesuai dengan levelnya. Juga dimaksudkan untuk menyamakan persepsi diantara para pemikir utama di pascasarjana UNJ ini dan para ketua program studi program doktor dan magister di UNJ ini.

Rapat kerja yang berakhir pada 28 Juli ini berhasil merumuskan kurikulum dan peta jalan riset pascasarjana UNJ dari masing-masing program studi. (Ub)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *