Pendidikan Dasar

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN DASAR (S2)

VISI

“Pada tahun 2021 menjadi program studi yang menyelenggarakan pendidikan secara inovatif, responsif, adaftif dan bermoral dalam upaya pengembangan Pendidikan Dasar yang mampu menjawab dinamika kebutuhan masyarakat dan perubahan zaman dalam lingkup Nusantara”.

MISI

Misi prog­ram studi Pendidikan Dasar (Dikdas) PPs UNJ dirumuskan selaras  dengan rumusan visi yaitu sebagai berikut:

  1. Melaksanakan Pendidikan/pembelajaran yang inovatif dan dinamis dalam pendidikan dasar.
  2. Melaksanakan/memfasilitasi pengembangan kajian-kajian kritis dan analitik dalam ilmu yang melandasi penyelenggaraan pendidikan dasar.
  3. Melaksanakan/kegiatan penyelenggaraan penelitian ilmiah yang inovatif untuk menunjang pengembangan pendidikan dasar.
  4. Melaksanakan/melakukan pengabdian pada masyarakat di bidang pendidikan dasar.
  5. Melaksanakan/memfasilitasi pengembangan profesionalisme dan kompetensi untuk merespon dan mengantisipasi perkembangan ilmu pendidikan dalam masyarakat yang semakin dinamis khususnya dalam bidang pendidikan dasar.
  6. Membangun sikap yang  responsif, adaftif dan bermoral malalui pengajaran yang berorientasi pada pendidikan karakter serta pengembangan IPTEK.

TUJUAN

Tujuan penyelenggaraan program studi S2 Dikdas adalah menghasilkan lulusan yang:

  1. Menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan mengembangkan inovasi pendidikan dasar sesuai dengan kebutuhan dan permintaan masyarakat.
  2. Menghasilkan lulusan yang mempunyai kemampuan mengembangkan konsep, teori serta model pengelolaan program pendidikan dasar, melalui kajian dan penelitian yang melandasi pengembangan pendidikan dasar.
  3. Menghasilkan lulusan yang mampu melaksanakan penelitian ilmiah yang inovatif untuk menunjang pengembangan pendidikan dasar.
  4. Menghasilkan lulusan yang mampu melaksanakan/menyelenggarakan penelitian ilmiah yang inovatif untuk menunjang pengembangan pendidikan dasar.
  5. Menghasilkan lulusan yang mampu melaksanakan/mengembangkan profesionalisme dan kompetensi yang dapat merespon dan mengantisipasi perkembangan ilmu pendidikan dalam masyarakat yang semakin dinamis khususnya dalam bidang pendidikan dasar.
  6. Menghasilkan lulusan yang dapat memberikan kontribusi terhadap pengembangan dan pelayanan bidang ke-SD-an.
  7. Mengahasilkan lulusan yang memiliki sikap responsif, adaptif dan bermoral terhadap perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang berorientasi pada pendidikan karakter serta pengembangan IPTEK.

Standar Kompetensi Lulusan (Program Learning Outcomes-PLO)

  • Mengimplementasikan nilai-nilai yang mencerminkan moral, etika dan kepribadian yang baik di dalam menyelesaikan tugasnya, peka dan peduli terhadap masyarakat dan lingkungannya serta memiliki semangat untuk mendahulukan kepentingan bangsa serta masyarakat luas.
  • Memecahkan berbagai masalah dengan mengimplementasikan teori pendidikan, manajemen, bahasa, matematika, IPS, dan IPA untuk menghasilkan solusi yang akurat dalam meningkatkan pengetahuan, sikap, keterampilan pembelajaran di pendidikan dasar menggunakan pendekatan multidisiplin dan interdisiplin.
  • Merancang dan mengimplementasi keilmuan pendidikan, pendidikan, manajemen, bahasa, matematika, IPS dan IPA dalam menangani masalah Pendidikan Dasar melalui berbagai metode penelitian dan menggunakan pendekatan multidisiplin serta interdisiplin dalam menemukan solusi terbaru.
  • Mengembangkan model-model pembelajaran terbaru untuk pengajaran di pendidikan dasar dengan mengimplementasikan aspek psikologis dan sosial sesuai dengan karakter peserta didik dan lingkungannya secara fleksibel dan akurat.
  • Mengimplementasikan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam pembelajaran di pendidikan dasar sesuai dengan kebutuhan era global.
  • Mengevaluasi dan mengembangkan solusi dalam pemecahan masalah pengajaran di pendidikan dasar yang akomodatif dengan memanfaatkan berbagai pendekatan multidisiplin dan interdisiplin untuk pemecahan masalah serta dipublikasikan.

Mata Kuliah

Kompetensi Umum

KODE MATA KULIAH SKS
PPs 501 Filsafat Ilmu I 3 sks
PPs 502 Metodologi Penelitian 3 sks
PPs 503 Statistika I 3 sks

Kompetensi Utama

KODE MATA KULIAH SKS
DIKDAS 501 Desain dan Aplikasi Pembelajaran IPA SD 3 sks
DIKDAS 502 Desain dan Aplikasi Pembelajaran Matematika SD 3 sks
DIKDAS 503 Pengembangan Kurikulum Pendidikan Dasar 3 sks
DIKDAS 504 Manajemen Pendidikan Dasar 3 sks
DIKDAS 506 Desain dan Aplikasi cipta seni dan gerak di SD 3 sks
DIKDAS 507 Desain dan Aplikasi Pembelajaran IPS-PKn SD 3 sks
DIKDAS 508 Desain dan Aplikasi Pembelajaran Bahasa Indonesia SD 3 sks
DIKDAS 509 Perkembangan Anak Sekolah Dasar 3 sks
PPs 599 Tesis 8 sks
Jumlah 32 sks

Kompetensi Pendukung 

KODE MATA KULIAH SKS
PPs 504 Orientasi Baru dalam Psikologi  Pendidikan 3 sks
PPs 505 Teknologi Komunikasi dan Informasi dalam Pendidikan 3 sks

Matrikulasi

KODE MATA KULIAH SKS
PPs 401 Psikologi Pendidikan* 3 sks
PPs 402 Landasan  Kependidikan* 3 sks
*    Mata Kuliah Matrikulasi Kependidikan

Brosur

Silahkan download disini