Pendidikan Anak Usia Dini

Visi Program Studi Magister PAUD 

Program Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta adalah “Pada tahun 2020 Program Studi Magiater PAUD PPs UNJ unggul dalam bidang keilmuan dan penerapan PAUD di tingkat nasional, regional, dan internasional.

 

Misi Program Studi

Misi Program Studi Magiater PAUD  Program Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta adalah :

1.      Menyelenggarakan kegiatan pendidikan bagi calon pendidik, peneliti, dan pengambilan kebijakan kependidikan di bidang PAUD

2.      Mengembangkan gagasan baru untuk memecahkan masalah PAUD berdasarkan hasil penelitian, kreativitas, dan inovasi berdasarkan nilai-nilai luhur budaya bangsa Indonesia

3.      Melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dalam memecahkan masalah-masalah PAUD

4.      Mengembangkan kerjasama dengan berbagai pihak di dalam maupun di luar negeri, dalam bidang PAUD.

Dosen Homebase

Koodinator Program Studi Magister PAUD: Dr. Elindra Yetti, M.Pd

  1. Dr. dr. Myrnawati Ch, MS., PKK
  2. Sofia Hartati, M.Si
  3. Hapidin, M.Pd
  4. Tuti Tarwiyah, M.Si
  5. Karnadi, M.Si
  6. Gusnawirta Taib, M.Pd

 

Kurikulum

Kurikulum program studi PAUD PAsca UNJ sebagai berikut :

NO.

NAMA MATA KULIAH SKS
1. Perkembangan Anak Usia Dini 3
2. Pengembangan Kurikulum PAUD 3
3. Pendidikan Sains dan matematika AUD 3
4. Pendidikan Bahasa & Studi Sosial AUD 3
5. Pendidikan Seni AUD 3
6. Pengembangan Model Pembelajaran AUD 3
7. Asesmen Kebutuhan dan Perkembangan AUD 3
8. Metode Penelitian PAUD 3
9. Teknik Analisis Data Kuantitatif 3
10. Teknik Analisis Data Kualitatif 3
11. Analisis Kebijakan, Hukum dan Perlindungan Anak 3
12. Filsafat Ilmu PAUD 3

 

Deskripsi Mata Kuliah

KODE NAMA MATA KULIAH SKS DESKRIPSI
1. Perkembangan Anak Usia Dini 3 Mata kuliah ini memberikan kajian pada mahasiswa tentang hakikat tumbuh kembang anak usia dini, model dan pendekatan analisis perkembangan, kajian karakteristik dan tahapan perkembangan berbagai aspek perkembangan anak serta studi lapangan & hasil penelitian perkembangan anak usia dini.
2. Pengembangan Kurikulum PAUD 3 Mata kuliah ini membekali mahasiswa tentang hakikat kurikulum dalam perspektif anak usia dini, prinsip dan tujuan pengembangan kurikulum PAUD, kajian lintas disiplin dalam pemahaman kurikulum PAUD, pemahaman model dan pendekatan pengembangan kurikulum PAUD serta tahapan pengembangan kurikulum PAUD pada suatu lembaga.
3. Pendidikan Sains dan matematika AUD 3 Mata kuliah ini melakukan kajian tentang hakikat konten sains dan matematika, perspektif kajian sains dan matematika pada anak usia dini, analisis konten sains dan matematika dalam PAUD, pendekatan dan metode pembelajaran sains dan matematika anak usia dini, pengembangan disain pembelajaran tematik pembelajaran sains dan matematika anak usia dini.
4. Pendidikan Bahasa & Studi Sosial AUD 3 Mata kuliah ini membekali mahasiswa tentang hakikat bahasa dan studi sosial anak usia dini, perspektif kajian konten bahasa dan studi sosial, pendekatan dan metode pembelajaran bahasa dan studi sosial serta pengembangan disain pembelajaran bahasa dan studi sosial anak usia dini.
5. Pendidikan Seni AUD 3 Mata kuliah ini membekali mahasiswa tentang hakikat seni anak usia dini, perspektif kajian konten seni, pendekatan dan metode pembelajaran seni serta pengembangan disain pembelajaran seni anak usia dini.
6. Pengembangan Model Pembelajaran AUD 3 Mata kuliah ini memberikan kajian tentang hakikat model dalam pembelajaran anak usia dini, Acuan model dan pendekatan pembelajaran, tahapan pengembangan model pembelajaran anak usia dini, studi lapangan penggunaan model pembelajaran anak usia dini.
7. Asesmen Kebutuhan dan Perkembangan AUD 3 Mata kuliah ini membekali mahasiswa tentang hakikat asesmen anak usia dini, menganalisis hubungan asesmen, perkembangan dan kurikulum, acuan dalam asesmen anak usia dini, pendekatan dan metode asesmen anak usia dini, tahapan asesmen anak usia dini dan pelaporan hasil asesmen anak usia dini.
8. Metode Penelitian Kuantitatif 3 Mata kuliah ini memberikan kajian tentang landasan filosofis penelitian bidang pendidikan (PAUD), pemahaman model dan pendekatan penelitian (positivistic/kuantitatif, naturalistic/kualitatif dan elektif atau Mixed Method, Langkah-langkah penggunaan model dan pendekatan penelitian PAUD.
9. Metode Penelitian Kualitatif 3 Mata kuliah ini memberikan kajian tentang landasan filosofis penelitian bidang pendidikan (PAUD), pemahaman model dan pendekatan penelitian (positivistic/kuantitatif, naturalistic/kualitatif dan elektif atau Mixed Method, Langkah-langkah penggunaan model dan pendekatan penelitian PAUD.
10. Teknik Analisis Data Kuantitatif 3 Mata kuliah ini membekali mahasiswa tentang ragam analisis kuantitatif dengan menggunakan statistik, jenis data dan teknik pengumpulannya, ragam teknik analisis data deskriptif dan uji hipotesis penelitian.
11. Teknik Analisis Data Kualitatif 3 Mata kuliah ini memberikan pembekalan pada mahasiswa dalam menggunakan teknik analisis data kualitatif, kajian difokuskan pada pemahaman model analisis data studi kasus (Strauss & Glasser), Etnografi (Spradley), Model Miles Huberman dan Grounded Research.
12. Analisis Kebijakan, Hukum dan Perlindungan Anak 3 Mata kuliah ini melakukan kajian analisis kebijakan pengembangan program PAUD di tingkat lembaga, daerah, nasional dan internasional, menelaah kedudukan hukum dalamperspektif anak usia dini, konsep dan prosedur perlindungan anak serta studi tentang bentuk advokasi program, edukasi dan perlindungan anak.
13. Filsafat Ilmu PAUD 3 Mata kuliah ini mengkaji landasan filofofis PAUD yang mencakup kedudukan filsafat dalam ilmu PAUD, wilayah kajian (ontologi) ilmu PAUD, model dan pendekatan epistimologi ilmu PAUD dan aksilogi ilmu PAUD.
14 Tesis 6 Menganalisis, memformulasi dan memecahkan masalah yang berkaitan dengan PAUD pada situasi atau lingkungan tertentu melalui penggunaan model, pendekatan dan metode penelitian yang sesuai.
  Jumlah SKS 45