Manajemen Pendidikan

PROGRAM STUDI MANAJEMEN PENDIDIKAN (S2)

1. Standar Kompentensi Lulusan (Program Learning Outcomes-PLO)

  • Mengembangkan konsep perencanaan, perencanaan strategik, pengelolaan sumber daya pendidikan, dan supervisi, evaluasi pendidikan berdasarkan pendekatan multidisipliner.
  • Mengembangkan konsep dan teori organizational strategic readiness dalam mengelola dan melakukan tindakan pembinaan melalui aktivitas supervisi/pengawasan pendidikan dengan pendekatan multidisi
  • Menjabarkan kebijakan-kebijakan penyelenggaraan pendidikan pada semua jenjang melalui implementasi pemikiran strategis berbasis kajian-kajian hasil penelitian yang relevan.
  • Memecahkan persoalan pembiayaan di dalam penyelenggaraan pendidikan dengan menggunakan pendekatan multidisipliner.
  • Memecahkan masalah dalam perencanaan, pelaksanaan supervisi/ pengawasan dan evaluasi sumber daya pendidikan dengan menerapkan berbagai alternatif strategi dan pendekatan multidispliner.
  • Mengembangkan otonomi/kemandirian dalam penyelenggaraan pendidikan sesuai hasil kajian penelitian yang relevan.
  • Merencanakan, mengimplementasi dan mengendalikan komponen-komponen sistem penyelenggaraan pendidikan dalam menangani masalah Pendidikan berbasis paradigma kebenaran ilmiah (keilmuan).
  • Merencanakan, mengimplementasi dan mengendalikan komponen-komponen sistem penyelenggaraan pendidikan dalam menangani masalah Pendidikan berbasis metodologi research (penelitian).
  • Memecahkan masalah perencanaan, pengelolaan dan supervisi/ pengawasan sumber daya pendidikan dengan menggunakan pendekatan analisis kuantitatif melalui aktivitas penelitian yang dapat dipublikasikan minimal pada taraf nasional.
  • Mengembangkan model-model perencanaan, pengelolaan dan supervisi/pengawasan di bidang pendidikan dengan mengimple-mentasikan aspek psikologis sesuai dengan karakter sumber daya manusia dan lingkungannya.
  • Mengimplementasikan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam perencanaan, pengelolaan dan supervisi/pengawasan pendidikan.
  • Mengembangkan konsep dan teori fungsi dan prinsip-prinsip manajemen pendidikan untuk diaplikasikan di dalam perencanaan, pengelolaan dan supervisi/pengawasan pendidikan dengan pendekatan multidisipliner.

 2. Mata Kuliah

 Kompetensi Umum

KODE MATA KULIAH SKS
PPS 501 Filsafat Ilmu I 3 sks
PPS 502 Metodologi Penelitian 3 sks
PPS 503 Statistika I 3 sks

 Kompetensi Utama

KODE MATA KULIAH SKS
MP 501 Kebijakan dan Pengambilan Keputusan 3 sks
MP 502 Dasar-dasar Perencanaan Strategik 3 sks
MP 503 Perilaku Organisasi 3 sks
MP 504 Pembiayaan Pendidikan 3 sks
MP 505 Supervisi dan Evaluasi Pendidikan 3 sks
MP 506 Manajemen Pendidikan Berbasis Sekolah 3 sks
PPS 599 Tesis 8 sks

Kompetensi Pendukung

KODE MATA KULIAH SKS
PPS 504 Orientasi Baru dalam Psikologi  Pendidikan 3 sks
PPS 505 Teknologi Komunikasi dan Informasi dalam Pendidikan 3 sks

Matrikulasi

KODE MATA KULIAH SKS
PPS 401 Landasan Ilmu Pendidikan* 3 sks
PPS 402 Psikologi Pendidikan* 3 sks
MP 401 Dasar-dasar Manajemen Pendidikan** 3 sks
*    Mata Kuliah Matrikulasi Kependidikan
**  Mata Kuliah Matrikulasi Program Studi