PROGRAM STUDI PENDIDIKAN DASAR (S3)

VISI

Pada tahun 2021 menjadi program studi yang memiliki keunggulan dalam menyelenggarakan pendidikan secara inovatif, responsif, adaptif, bermoral dalam upaya penemuan baru, pengembangan Pendidikan Dasar yang mampu menjawab dinamika kebutuhan masyarakat dan perubahan zaman dalam lingkup Nasional  dan internasional”.

 MISI

Misi Program Studi Pendidikan Dasar (Elementary Education) Program Doktor dirumuskan sesuai  dengan rumusan visi yaitu sebagai berikut:

  1. Melaksanakan Pendidikan/pembelajaran yang inovatif dan dinamis dalam pendidikan dasar.
  2. Melaksanakan/Memfasilitasi pengembangan kajian-kajian kritis, inovatif dan analitik dalam ilmu khususnya yang melandasi Pendidikan Dasar serta pendidikan pada umumnya.
  3. Melaksanakan/penyelenggarakan penelitian ilmiah yang inovatif untuk menunjang pengembangan pendidikan dasar, khususnya dan pendidikan lainnya yang ada hubungan dengan pendidikan dasar, dan pendidikan secara umum.
  4. Melaksanakan/melakukan pengabdian pada masyarakat di bidang Pendidikan Dasar dan bidang umum lainnya yang berhubungan kemasyarakatan serta fenomena yang berhubungan pendidikan.
  5. Melaksanakan /Memfasilitasi pengembangan profesionalisme dan kompetensi untuk merespon dan mengantisipasi perkembangan ilmu pendidikan dalam masyarakat yang semakin dinamis khususnya dalam bidang pendidikan dasar.

TUJUAN

Tujuan Program Studi Pendidikan Dasar (Elementary Education) Program Doktor adalah menghasilkan lulusan yang:

  1. Menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan menemukan inovasi baru Pendidikan Dasar sesuai dengan kebutuhan dan fenomena yang terjadi dalam lingkup Pendidikan Dasar dan
  2. Menghasilkan lulusan yang mempunyai kemampuan mengembangkan konsep, teori serta model pengelolaan program pendidikan dasar, melalui kajian dan penelitian yang melandasi pengembangan pendidikan dasar.
  3. Menghasilkan lulusan yang mampu melaksanakan penelitian ilmiah yang inovatif untuk menunjang pengembangan pendidikan dasar.
  4. Menghasilkan lulusan yang mampu melaksanakan /menyelenggarakan penelitian ilmiah yang inovatif untuk menunjang pengembangan pendidikan dasar.
  5. Menghasilkan lulusan yang mampu berinovasi dalam melaksanakan/mengembangkan profesionalisme dan kompetensi yang dapat merespon dan mengantisipasi perkembangan ilmu pendidikan dalam masyarakat yang semakin dinamis khususnya dalam bidang pendidikan dasar.
  6. Menghasilkan lulusan yang dapat memberikan kontribusi dalam mengatasi fenomena yang yang terjadi di dalam lingkup Pendidikan Dasar serta mengembangkan dan memberi pelayanan  secara nasional maupun internasional.

PROFIL

Program Studi Pendidikan Dasar (Elementary Education) Program Doktor  bertujuan untuk menghasilkan doktor pendidikan dasar sebagai:

  1. Tenaga pendidik (dosen) PGSD, Magister, dan Doktor yang mampu menemukan atau mengembangkan keilmuan sekolah dasar yang berkarakter, inovatif, profesional, dan memiliki wawasan yang luas.
  2. Praktisi pendidikan seperti pengawas, kepala sekolah, guru, dan pengelola sekolah dasar yang mampu menemukan atau mengembangkan inovasi pendidikan di sekolah dasar.

STANDAR KOMPETENSI LULUSAN (Program Learning Outcomes-PLO)

  • Mengimplementasikan nilai-nilai yang mencerminkan moral, etika dan kepribadian yang baik di dalam menyelesaikan tugasnya, peka dan peduli terhadap masyarakat dan lingkungannya serta memiliki semangat untuk mendahulukan kepentingan bangsa serta masyarakat luas.
  • Memecahkan berbagai masalah dengan mengimplementasikan teori pendidikan, manajemen, bahasa, matematika, IPS, dan IPA untuk menghasilkan solusi yang akurat dalam meningkatkan pengetahuan, sikap, keterampilan pembelajaran di pendidikan dasar menggunakan pendekatan multidisiplin dan interdisiplin.
  • Merancang dan mengimplementasi keilmuan pendidikan, pendidikan, manajemen, bahasa, matematika, IPS dan IPA dalam menangani masalah Pendidikan Dasar melalui berbagai metode penelitian dan menggunakan pendekatan multidisiplin serta interdisiplin dalam menemukan solusi terbaru.
  • Mengembangkan model-model pembelajaran terbaru untuk pengajaran di pendidikan dasar dengan mengimplementasikan aspek psikologis dan sosial sesuai dengan karakter peserta didik dan lingkungannya secara fleksibel dan akurat.
  • Mengimplementasikan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam pembelajaran di pendidikan dasar sesuai dengan kebutuhan era global.
  • Mengevaluasi dan mengembangkan solusi dalam pemecahan masalah pengajaran di pendidikan dasar yang akomodatif dengan memanfaatkan berbagai pendekatan multidisiplin dan interdisiplin untuk pemecahan masalah serta dipublikasikan.

MATA KULIAH

Kompetensi Umum

KODE MATA KULIAH SKS
PPs 701 Filsafat Ilmu II 3 sks
PPs 702 Metodologi Penelitian Lanjut 3 sks
PPs 703 Statistika II 3 sks

Kompetensi Utama

KODE MATA KULIAH SKS
DIKDAS 701 Neuro Psikolinguistik Pendidikan Dasar 3 sks
DIKDAS 702 Filsafat Pendidikan Dasar 3 sks
DIKDAS 703 Pengembangan Sistem Pembelajaran: Teori, Praktek, Trend dan Isu di Pendidikan Dasar 3 sks
DIKDAS 704 Pluralisme dan Multikulturalisme 3 sks
DIKDAS 705 Dampak Neuropsychology terhadap Pembelajaran Pendidikan Dasar 3 sks
DIKDAS 706 Analisis Kebijakan dan Pengelolaan Pendidikan Dasar 3 sks
DIKDAS 707 Difusi Inovasi Pendidikan Dasar 3 sks
DIKDAS 601 Problematrika Pembelajaran di Pendidikan Dasar 3 sks
DIKDAS 602 Berpikir kritis dan kreatif dalam pembelajaran Pendidikan Dasar 3 sks
PPs 799 Disertasi 14 sks

Kompetensi Pendukung 

KODE MATA KULIAH SKS
DIKDAS 708 Orientasi Baru dalam Pedagogik 3 sks
DIKDAS 709 Isu-isu Kritis dalam Pendidikan 3 sks

Matrikulasi

KODE MATA KULIAH SKS
DIKDAS 601 Orientasi Baru Psikologi dalam Pendidikan 3 sks
DIKDAS 602 Teknologi Informasi dan Komunikasi 3 sks
*    Mata Kuliah Matrikulasi Kependidikan