Program Doktor (S3)

Alur Penyelesaian Program Doktor

Alur S3

Kurikulum Program Doktor

Kurikulum Program Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta ditujukan untuk mencapai standar kompetensi lulusan yang disusun oleh Universitas Negeri Jakarta. Untuk mencapai standar kompetensi lulusan, disusun deskriptor yang menggambarkan proses pembelajaran sesuai dengan karakteristik program studi sebagai berikut :

  1. Penguasaan kompetensi inti akademik dan penguasaan pengetahuan sub-stantif beserta penerapannya,yang dijamin dengan kemahiran berbahasa, kecakapan dasar-dasar logika matematik-statistik, dan kemahiran subyek akademik sesuai bidang profesionalnya dalam pemantapankecakapan dan sikap-sikap umum intelektual/akademik.
  2. Perhatian terhadap pertumbuhan personal, sosial, dan fisik sebagai peng-hargaan terhadap integritas, komitmen, keunggulan, dan penerimaan terha-dap bakat /talenta serta keterbatasannya.
  3. Mengembangkan kebiasaan merefleksi pengalaman, mampu mencari pengalaman baru, dan bersedia untuk mengambil resiko dari hasil eksplo-rasi pilihan-pilihan karir dan gaya hidup menurut kerangka nilai tertentu, dan terbuka terhadap perkembangan baru dalam kerangka akademik dan karir.
  4. Fleksibel dan terbuka terhadap pandangan orang lain, bersemangat untuk belajar dari orang lain serta mampu menerima kelebihan dan kekurangan orang lain, bebas-otentik dalam mengungkapkan perasaan, serta mengelola emosionalnya.
  5. Menghargai hidup keimanan dan kegiatan intelektual yang berkembang se-rasi-terpadu dalam hidup manusia yang didasarkan pada ajaran agama dalam kehidupan.
  6. Terbuka terhadap pluralitas berbagai tradisi agama dan menghargai peng-alaman keberagamaan orang lain melalui mekanisme toleransi hidup ber-agama dalam mengembangkan kematangan sosial yang mandiri dan cer-das yang dilandasi komitmen untuk peduli hak azasi manusia