PROFIL PROGRAM MAGISTER PENELITIAN DAN EVALUASI PENDIDIKAN

Program Studi S2 (Magister) Penelitian dan Evaluasi Pendidikan didirikan sesuai dengan SK Presiden Nomor 45 Tahun 1982 tentang susunan organisasi IKIP Jakarta, Program Studi Penelitian dan Evaluasi Pendidikan (PEP) Fakultas Pascasarjana IKIP Jakarta (KPK IKIP Yogyakarta) dengan jenjang S2 Akademik didirikan pada tahun 1981 sebagai bagian dari IKIP Jakarta. Mulai tahun 1993 Program Studi Penelitian dan Evaluasi Pendidikan baik program S2 maupun S3 diselenggarakan di IKIP Jakarta berdasarkan Surat Keputusan Pendirian PS Nomor 590/DIKTI//Kep/1993, pada tanggal 21 Oktober 1993. Tahun akademik 1994/1995 program studi S2 Penelitian dan Evaluasi Pendidikan menyelenggarakan perkuliahan sendiri.

Program S2 Program Studi Penelitian dan Evaluasi Pendidikan (PEP) diselenggarakan oleh IKIP Jakarta berdasarkan Surat Keputusan Pendirian PS Nomor 590/DIKTI//Kep/1993. Sumber daya manusia dalam penyelenggaraan Program S2 Program Studi PEP Pascasarjana UNJ adalah dosen dan tenaga pendukung yang terdiri dari tenaga administratif, laboran, pustakawan, dan teknisi. Program S2 Program Studi PEP Pascasarjana UNJ mempunyai  6 dosen homebase dan 10 dosen tetap UNJ di luar homebase.

Pascasarjana UNJ menyediakan sarana dan prasarana untuk Program S2 Program Studi PEP Pascasarjana UNJ dan program studi lainnya berupa ruang kuliah, ruang laboratorium komputer yang dapat dimanfaatkan mahasiswa untuk akses informasi dan pengolahan data, serta wifi untuk perkuliahan dengan e-learning.

Mahasiswa Program S2 Program Studi PEP Pascasarjana UNJ berasal dari dosen PTN dan PTS, staf Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, staf Kementerian Agama, Guru SD/SMP/SMA/SMK Negeri/Swasta, Dosen, Pengawas SMA/SMK, PPPG Kejuruan, serta instansi lain yang bidang tugasnya relevan dengan Program Studi PEP. Stakeholder Program S2 Program Studi PEP Pascasarjana UNJ bersesuaian dengan instansi dimana mahasiswa bekerja.

Menjadi program studi yang memiliki keunggulan kompetitif dalam bidang metodologi penelitian, evaluasi, dan   penilaian pendidikan untuk membangun masyarakat Indonesia yang bermutu pada tingkat Asia Tenggara di  tahun 2025.

  1. Menyelenggarakan kegiatan pendidikan magister Penelitian dan Evaluasi Pendidikan dalam suasana akademik yang kondusif, akuntabel dan transparan.
  1. Melakukan kegiatan penelitian dalam bidang evaluasi, pengukuran dan penilaian pendidikan dengan metodologi yang benar.
  2. Melakukan kegiatan pengabdian pada masyarakat dalam bidang metodologi penelitian, evaluasi, pengukuran dan penilaian pendidikan dengan mengikuti perkembangan IPTEK.
  3. Mengembangkan ilmu pengetahuan di bidang evaluasi, pengukuran dan penilaian pendidikan yang dapat meningkatkan mutu pendidikan.
  4. Menjalin komunikasi dan kerjasama antar disiplin ilmu, instansi dalam dan luar negeri, dan masyarakat untuk melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi.
  1. Menghasilkan lulusan yang mempunyai kemampuan melakukan pendekatan interdisipliner dalam bidang evaluasi, pengukuran dan penilaian pendidikan.
  2. Menghasilkan penelitian dan karya ilmiah untuk pengembangan model evaluasi, pengukuran dan penelitian pendidikan.
  3. Menghasilkan karya dalam bidang evaluasi, pengukuran dan penilaian pendidikan menghantar perolehan hak kekayaan intelektual (Intelektual Property Rights).
  4. Memberikan pelayanan dalam bidang evaluasi, pengukuran dan penilaian pendidikan bagi masyarakat.
  5. Terjalin komunikasi dan kerjasama yang baik antar disiplin ilmu, lembaga pendidikan, lembaga penelitian dan pelatihan, pemerintah daerah, dan organisasi profesi yang saling mendukung untuk pengembangan dan kemajuan pendidikan dalam bidang evaluasi.
  1. Pendidik Riset dan Evaluasi Program
  2. Peneliti Pendidikan dan Pelatihan
  3. Pengembang Perangkat Penilaian
  4. Desainer Riset Terapan
  5. Desainer dan Supervisor Evaluasi Program

Berdasarkan SK BAN-PT dengan No. 316/SK/BAN-PT/Akred/M/I/2018, Program Studi S2 Penelitian dan Evaluasi Pendidikan terakreditasi B yang berlaku dari 16 Januari 2018 sampai dengan 16 Januari 2023.

Kompetensi Umum 

KODE MATA KULIAH SKS
PPS 501 Filsafat Ilmu I 3 sks
PPS 502 Metodologi Penelitian 3 sks
PPS 503 Statistika I 3 sks

Kompetensi Utama

KODE MATA KULIAH SKS
PEP 501 Teori Tes 3 sks
PEP 502 Pengukuran dalam Pendidikan 3 sks
PEP 503 Asesmen Berbasis Kelas 3 sks
PEP 504 Evaluasi Program 3 sks
PEP 505 Desain Eksperimen 3 sks
PEP 506 Metodologi Penelitian Kualitatif 3 sks
PEP 507 Manajemen Sistem Informasi Pendidikan 3 sks
PPS 599 Tesis 8 sks

Kompetensi Pendukung 

KODE MATA KULIAH SKS
PPS 504 Orientasi Baru dalam Psikologi  Pendidikan 3 sks
PPS 505 Teknologi Komunikasi dan Informasi dalam Pendidikan 3 sks

 Matrikulasi 

KODE MATA KULIAH SKS
PPS 401 Landasan Ilmu Pendidikan* 3 sks
PPS 402 Psikologi Pendidikan* 3 sks
*    Mata Kuliah Matrikulasi Kependidikan