PROFIL PROGRAM MAGISTER PENDIDIKAN JASMANI

Program Studi Magister Pendidikan Jasmani Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta ditetapkan berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional melalui Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional Nomor:  No. 590/DIKTI/Kep/1993, tanggal  21 Oktober 1993, dianggap layak diselenggarakan karena didukung oleh sarana prasarana belajar dan sumber daya manusia yang memadai. Seiring berjalannya waktu Prodi pendidikan olahraga berubah nama menjadi Prodi Pendidikan Jasmani sesuai dengan keputusan Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Nomor 257/M/KPT/2017. Hingga saat ini Prodi pendidikan jasmani terus berupaya  menjadi pusat pengembangan dan pengkajian pendidikan, ilmu dan teknologi keolahragaan sehingga menjadi “teaching institution” dan “research institution”.

Saat ini Program Studi Pendidikan Jasmani memiliki 33  orang dosen, yang terdiri 5 orang Guru Besar dan 28 bergelar Doktor dari bidang studi yang relevan. Beberapa dosen Pendidikan Jasmani telah banyak melakukan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, baik yang didanai dari PNBP Universitas Negeri Jakarta  maupun dari Dikti. Karya akademik dosen meliputi; hasil penelitian, modul dan/atau buku ajar, serta artikel ilmiah yang dipublikasikan. Karya akademik dosen ini dihasilkan sebagai wujud komitmen dan tanggung jawab dosen terhadap pemberian layanan pendidikan kepada mahasiswa sekaligus untuk melaksanakan Tri Darma Perguruan Tinggi.

Saat ini mahasiswa Program Studi Pendidikan Jasmani  Sebagian besar berasal dari guru, pelatih, birokrat, yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia. Kegiatan akademik yang dilakukan mahasiswa dapat dilihat melalui kegiatan intrakurikuler dan ekstrakurikuler.  Kegiatan intrakurikuler merupakan kegiatan wajib sehingga tidak dapat ditinggalkan.  Selain mengikuti perkuliahan rutin di ruang kelas, mahasiswa juga diberi tugas mandiri dan kelompok dalam mendalami suatu mata kuliah tertentu.  Sementara itu, mahasiswa juga terlibat aktif dalam kegiatan seminar dan diskusi ilmiah lainnya yang diselenggarakan di dalam dan luar kampus serta melakukan aktifitas kegiatan keolahragaan baik yang dilaksanakan oleh instansi pemerintah daerah atau swasta serta kegitan-kegiatan yang dilaksanakan oleh Kementrian Pemuda dan Olahraga, juga menyelenggarakan even-even pertandingan yang bersifat daerah, nasional dan internasional.

Mewujudkan program magister Pendidikan Jasmani sebagai pusat pengembangan dan pengkajian pendidikan, ilmu dan teknologi keolahragaan sehingga menjadi “teaching institution” dan “research institution” guna memenuhi kebutuhan pembangunan keolahragaan bangsa Indonesia agar mampu bersaing secara regional maupun internasional.

  1. Terbinanya mahasiswa yang cerdas dan menggerakan masyarakat berolahraga.
  2. Terwujudnya mahasiswa cendekia yang bugar dan sehat.
  3. Tercapainya mahasiswa ilmuan yang berbudaya.
  4. Menanamkan Ilmu keolahragaan.
  5. Menyebarluaskan cendekia olahraga keseluruh pelosok tanah air dan segenap lapisan masyarakat.
  6. Meningkatkan daya gerak, kebugaran, dan produktivitas masyarakat.
  7. Melestarikan dan meningkatkan olahraga tradisional/rekreasi, olahraga pendidikan dan olahraga prestasi.
  8. Meningkatkan kapasitas dan sumberdaya manusia, serta organisasi olahraga pendidikan, olahraga prestasi, dan olahraga rekreasi.
  9. Membangun kerjasama dan sinergi yang harmonis dengan lembaga dan instansi terkait dalam pembangunan olahraga, baik di daerah, nasional, maupun internasional.
  10. Mendidik calon ilmuan memiliki kemampuan analisis kebijakan dan pengambilan keputusan.
  1. Menghasilkan lulusan yang mempunyai kemampuan melakukan pendekatan interdisiplin atau multidisiplin atau transdisiplin melalui bidang evaluasi, pengukuran dan penilaian pendidikan
  2. Menguasai pendekatan teori, konsep dan paradigma yang paling sesuai dengan bidang Pendidikan Jasmani.
  3. Mengidentifikasi permasalahan dan IPTEK dalam Olahraga serta pemikiran  mutakhir para ahli dalam kawasan  Pendidikan Jasmani.
  4. Menguasai pengetahuan dan keterampilan dalam kawasan  pendidikan akademik dan profesionalisme dalam bidang olahraga untuk menemukan jawaban dan memecahkan permasalahan  kompleks, termasuk  yang bersifat  lintas disiplin ilmu.
  5. Mengkomunikasikan pemikiran dan hasil karya  dalam bidang  Pendidikan Jasmani, baik terhadap  teman  sejawat, institusi  maupun  masyarakat luas.
  6. Menghasilkan tenaga ahli di bidang Pendidikan Jasmani yang mampu meningkatkan pelayanan profesi pendidikan melalui penelitian dan pengembangan, bidang Pendidikan Jasmani, dengan cara penalaran ilmiah.
  7. Menumbuhkan sifat terbuka serta tanggap terhadap perubahan dan kemajuan ilmu pengetahuan, khususnya dalam bidang pendidikan  akademik dan profesionalisme dalam olahraga.
  1. Pendidik bidang Pendidikan Jasmani tingkat Sarjana di perguruan tinggi negeri maupun swasta.
  2. Peneliti yang kompeten dan menghasilkan penelitian dalam bidang Pendidikan Jasmani yang inovatif dan teruji serta mendapat pengakuan nasional dan internasional.
  3. Konsultan yang berkompetensi dalam bidang Pendidikan Jasmani untuk memberikan konsultasi pada sekolah-sekolah olahraga atau club-club kebugaran dalam mengembangkan sumber daya manusia.
  4. Manajer dalam aktifitas keolahragaan baik pada instansi pemerintah ataupun intansi swasta.

Prodi S2 Pendidikan Jasmani UNJ merupakan salah satu prodi yang dikelola pascasarjana yang terakreditasi A dari BAN-PT  No. 2642/SK/BAN-PT/Akred/M/XI/2016.

Kompetensi Umum

KODE MATA KULIAH SKS
POR 701 Filsafat Ilmu  Lanjutan 3 sks
POR 702 Metodologi Penelitian 3 sks
POR 703 Statistika Lanjutan 3 sks

 

Kompetensi Utama

KODE MATA KULIAH SKS
POR 701 Metodologi & Psikometri Penjas dan Olahraga 3 sks
POR 702 Pengembangan Manajemen Penjas dan Olahraga 3 sks
POR 703 Pengambangan dan Analisis Desain Kurikulum penjas dan Olahraga 3 sks
POR 704 Dimensi Sosiologi dalam Penjas dan Olahraga. 3 sks
POR 705 Pengembangan Profesi Penjas dan Olahraga 3 sks

 

  1. Kompetensi Pendukung
KODE MATA KULIAH SKS
POR 706 Metodologi & Psikometri Penjas dan Olahraga Lanjutan 3 sks
POR 707 Pengembangan Strategi Pembelajaran Penjas dan Olahraga 3 sks
POR 708 Perspektif Penjas dan Olahraga 3 sks

Kuliah Program Studi Magister Pendidikan Jasmani

2     1