PROFIL PROGRAM MAGISTER PENDIDIKAN BAHASA

Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Pascasarjana didirikan pada tanggal 21 Oktober 1993 Penataan dan Penetapan kembali 21 September 2007.

Prodi S2 Pendidikan Bahasa UNJ merupakan salah satu prodi yang dikelola pascasarjana yang terakreditasi A dari BAN-PT No. 2113/SK/BAN-PT/Akred/M/IX/2016. Saat ini Program Studi Linguistik Terapan memiliki   22  orang dosen, yang terdiri 8 orang Guru Besar dan 14 bergelar Doktor dari bidang studi yang relevan. Beberapa dosen Linguistik Terapan telah banyak melakukan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat,

baik yang didanai dari Universitas Negeri Jakarta  maupun dari Dikti. Karya akademik dosen meliputi; hasil penelitian, modul dan/atau buku ajar, serta artikel ilmiah yang dipublikasikan. Karya akademik dosen ini dihasilkan sebagai wujud komitmen dan tanggung jawab dosen terhadap pemberian layanan pendidikan kepada mahasiswa sekaligus untuk melaksanakan Tri Darma Perguruan Tinggi.

Saat ini mahasiswa Program Studi Linguistik Terapan  Sebagian besar berasal dari guru, Dosen, birokrat, yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia. Kegiatan akademik yang dilakukan mahasiswa dapat dilihat melalui kegiatan intrakurikuler dan ekstrakurikuler.

Menjadi pusat  pendidikan dan penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia yang unggul di tingkat nasional dan internasional pada tahun 2035.

  1. Menyelenggarakan pendidikan magister pendidikan bahasa Indonesia yang berorientasi pada keunggulan, kejujuran, integritas, dan kewibawaan akademik yang menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan dan demokrasi untuk menghasilkan lulusan yang mandiri, profesional, kompetitif dan berakhlak mulia.
  2. Mengkaji gagasan kreatif dan inovatif melalui riset sehingga mampu beradaptasi untuk mengantisipasi perubahan dan perkembangan pendidikan bahasa Indonesia yang mutakhir secara berkelanjutan.
  3. Mengembangkan kapasitas kelembagaan program studi pendidikan bahasa Indonesia sehingga dapat meningkatkan kualitas kinerja dan keunggulan kompetitif dalam persaingan global.
  4. Menyediakan berbagai jenis layanan keilmuanpendidikan bahasa Indonesia melalui kerjasama kemitraan dengan berbagai pihak sesuai dengan perkembangan kebutuhan masyarakat baik di tingkat nasional, regional, dan internasional.

Tujuan Program Magister (S2) Pendidikan Bahasa Indonesia adalah menghasilkan sumber daya manusia bermutu  dengan kualifikasi memiliki kompetensi:

  1. mengembangkan pengetahuan pendidikan bahasa Indonesia melalui penelitian untuk menghasilkan pemecahan masalah yang inovatif dan teruji melalui pendekatan inter atau multidisipliner;
  2. mengembangkan penelitian pada berbagai bidang pendidikan bahasa Indonesia melalui pendekatan interdisiplin atau multidisipliner;
  3. mengelola, mengembangkan dan hasil penelitian dalam bidang pendidikan bahasa Indonesia hingga mendapatkan pengakuan nasional dan internasional.

Tantangan yang akan dihadapi dan dipersiapkan untuk pengembangan Program studi Magister Pendidikan Bahasa Indonesia adalah bagaimana alumninya nanti dapat bersaing untuk menjadi peneliti, ahli pada tingkat nasional dan internasional Dengan demikian rincian Profil Lulusan dapat dilihat seperti tabel di bawah ini.

  1. Pendidik pada Pendidikan Bahasa : Mampu mengembangkan model pembelajaran Bahasa Indonesia yang adatif relevan dengan perkembangan IPTEK, multikultural, dan kebangsaan melalui pendekatan interdisiplin atau multidisipliner teruji serta mendapat pengakuan pada tingkat nasional.
  2. Peneliti dalam Pendidikan Bahasa : Mampu mengembangkan penelitian pendidikan bahasa Indonesia untuk menghasilkan solusi pemecahan masalah pendidikan bahasa Indonesia yang adatif relevan dengan perkembangan IPTEK, multikultural, dan kebangsaan melalui pendekatan interdisiplin atau multidisipliner teruji serta mendapat pengakuan pada tingkat nasional.
  3. Tenaga ahli dalam Pendidikan Bahasa : Mampu menghasilkan solusi pemecahan masalah pendidikan bahasa Indonesia yang adatif relevan dengan perkembangan IPTEK, multikultural, dan kebangsaan melalui pendekatan interdisiplin atau multidisipliner teruji serta mendapat pengakuan pada tingkat nasional.

Prodi S2 Pendidikan Bahasa UNJ merupakan salah satu prodi yang dikelola pascasarjana yang terakreditasi A dari BAN-PT No. 2113/SK/BAN-PT/Akred/M/IX/2016.

Program Studi Linguistik Terapan

Kompetensi Umum

KODE MATA KULIAH SKS
Filsafat Ilmu 3 sks
Metodologi Penelitian Pengajaran Bahasa Indonesia EB 3 sks
Statistika 3 sks

Kompetensi Utama

KODE MATA KULIAH SKS
PBI 501 Teori linguistik dalam Pengajaran Bahasa Indonesia 3 sks
PBI 502 Teori Sastra dalam pengajaran Bahasa  Indonesia 3 sks
PBI 503 Pengembangan keterampilan  Bahasa Indonesia Berorientasi Genre 3 sks
PBI 504 Kurikulum dan Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Indonesia 3 sks
PBI 505 Pengembangan Penilaian Pengajaran Bahasa Indonesia 3 sks

 

Kompetensi Pendukung

KODE MATA KULIAH SKS
Landasan Pendidikan 3        sks

Ujian Tesis S2 Pendidikan Bahasa 

pb22     pb21

pb23     pb24

Seminar Proposal S2 Pendidikan Bahasa

pb25

Seminar Internasional

pb26

Prof. Dr. Yumna Rasyid, M.Pd. Seminar Nasional ”Standarisasi Kurikulum Bahasa Arab Madrasah dan Perguruan Tinggi” UIN Syarif Hidayatullah Jakarta  

28 April 2014

Prof. Dr. Zainal Rafli, M.Pd 3rd International Seminar on Quality and Affordable Education UTM, University of Malaya, UNJ, UN Manado 25-28 Nov 2014
Dr.Nurrudin, MA Workshop on Syllabus Development of Training on Arabic Language Teaching Methodology  

 

Seameo Qitep Jakarta

 

 

13-17 Okt 2014

Dr. Aceng Rahmat, M.Pd Pengajaran Bahasa Arab untuk Memotivasi Kesadaran Lingkungan  

 

2015

Dr. Zuriyati, M.Pd International Conference On Global Education III “Human Recource Development Towards Global Economy  

 

 

UNES Indonesia

 

 

 

25-26 mei 2015

Dr. Miftahul Khairah, M.Hum. Mimbar Akademika Dosen Bulan Februari 2013  

UNJ

 

2013