PROFIL PROGRAM DOKTOR PENELITIAN DAN EVALUASI PENDIDIKAN

Program Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta (PPs UNJ) didirikan pada tahun 1978 merupakan Program Pascasarjana terstruktur pertama di lingkungan Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) di Indonesia. Pada tahun 1980 dikukuhkan sebagai Fakultas Pascasarjana IKIP Jakarta. Selanjutnya, berdasarkan Surat Keputusan Presiden Nomor 45 Tahun 1982 tentang Susunan Organisasi IKIP Jakarta, salah satu fakultas yang disahkan adalah Fakultas Pascasarjana. Program pendidikan yang diselenggarakan meliputi Program Magister (S2) dan Program Doktor (S3). Mulai tahun 1993 Program Studi Penelitian dan Evaluasi Pendidikan baik program S2 maupun S3 diselenggarakan di IKIP Jakarta berdasarkan Surat Keputusan Pendirian PS Nomor 590/DIKTI//Kep/1993, pada tanggal 21 Oktober 1993.

Program S3 Program  Penelitian dan Evaluasi Pendidikan (PEP) diselenggarakan oleh IKIP Jakarta berdasarkan Surat Keputusan Pendirian PS Nomor 590/DIKTI//Kep/1993. Sumber daya manusia dalam penyelenggaraan Program S3 Program Studi PEP Pascasarjana UNJ adalah dosen dan tenaga pendukung yang terdiri dari tenaga administratif, laboran, pustakawan, dan teknisi. Program S3 Program Studi PEP Pascasarjana UNJ mempunyai 6 dosen homebase dan 10 dosen tetap UNJ di luar homebase.
Pascasarjana UNJ menyediakan sarana dan prasarana untuk Program S3 Program Studi PEP Pascasarjana UNJ dan program studi lainnya berupa ruang kuliah, ruang laboratorium komputer yang dapat dimanfaatkan mahasiswa untuk akses informasi dan pengolahan data, serta wifi untuk perkuliahan dengan e-learning.
Mahasiswa Program S3 Program Studi PEP Pascasarjana UNJ berasal dari dosen PTN dan PTS, staf Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, staf Kementerian Agama, Guru SD/SMP/SMA/SMK Negeri/Swasta, Dosen, Pengawas SMA/SMK, PPPG Kejuruan, serta instansi lain yang bidang tugasnya relevan dengan Program Studi PEP. Stakeholder Program S3 Program Studi PEP Pascasarjana UNJ bersesuaian dengan instansi dimana mahasiswa bekerja.

Menjadi program studi yang memiliki keunggulan kompetitif dalam bidang metodologi penelitian, evaluasi, pengukuran, dan penilaian pendidikan untuk membangun masyarakat Indonesia yang bermutu pada tingkat Asia Tenggara di tahun 2025.

  1. Menyelenggarakan kegiatan pendidikan doktor Penelitian dan Evaluasi Pendidikan dalam suasana akademik yang kondusif, akuntabel, dan transparan dengan pemanfaatan teknologi informasi.
  2. Melakukan kegiatan penelitian dalam bidang evaluasi, pengukuran, dan penilaian pendidikan dengan metodologi yang beragam dan sesuai dengan karakteristik penelitian.
  3. Melakukan kegiatan pengabdian yang diikuti riset bersama kepada masyarakat dalam bidang metodologi penelitian, evaluasi, pengukuran dan penilaian pendidikan dengan mengikuti perkembangan IPTEK.
  4. Mengembangkan ilmu pengetahuan di bidang metodologi penelitian, evaluasi, pengukuran, dan penilaian pendidikan yang dapat digunakan sebagai upaya   peningkatkan mutu pendidikan.
  5. Menjalin komunikasi dan kerjasama antar disiplin ilmu,instansi dalam dan luar negeri, dan masyarakat untuk melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi.
  1. Menghasilkan lulusan yang memiliki keunggulan dalam bidang metodologi penelitian, evaluasi, pengukuran, dan penilaian pendidikan.
  2. Menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan akademik dan dalam implementasi keilmuannya dapat mewarnai suasana yang kondusif, akuntabel dan transparan.
  3. Menghasilkan lulusan yang mempunyai kemampuan mengembangkan model-model penelitian, evaluasi, dan pengukuran pada konteks makro maupun mikro.
  4. Menghasilkan karya ilmiah dalam bidang metodologi penelitian, evaluasi, pengukuran dan penilaian pendidikan dalam rangka mengantar perolehan hak kekayaan intelektual (Intelektual Property Rights) melalui kegiatan penelitian dan pengabdian pada masyarakat.
  5. Menghasilkan pemikiran-pemikiran dalam bidang metodologi penelitian, evaluasi, pengukuran dan penilaian pendidikan yang dapat digunakan sebagai upaya   peningkatkan mutu pendidikan.
  6. Terjalin komunikasi dan kerja sama yang baik antar disiplin ilmu, lembaga pendidikan, lembaga penelitian dan pelatihan, pemerintah daerah, dan organisasi profesi yang saling mendukung untuk pengembangan dan kemajuan pendidikan dalam bidang evaluasi, pengukuran, penilaian pendidikan dan metodologi penelitian.
  1. Pemimpin Lembaga Assesmen
  2. Pemimpin Penjaminan Mutu
  3. Ahli Metodologi Penelitian
  4. Ahli Pengujian dan Pengukuran
  5. Ahli Evaluasi Program
  6. Ahli Analisis Data
  7. Ahli Riset Terapan
  8. Peneliti Pendidikan dan Pelatihan

Berdasarkan SK BAN-PT dengan No. 014/BAN-PT/Ak-X/S3/IX/2011, Program Studi S3 Penelitian dan Evaluasi Pendidikan terakreditasi B.

Kompetensi Umum 

KODE MATA KULIAH SKS
PPS 701 Filsafat Ilmu II 3 sks
PPS 702 Metodologi Penelitian Lanjutan 3 sks
PPS 703 Statistika II 3 sks

Kompetensi Utama

KODE MATA KULIAH SKS
PEP 701 Pengembangan Instrumen Baku 3 sks
PEP 702 Psikometrika 3 sks
PEP 703 Metode Kuantitatif 3 sks
PEP 704 Evaluasi Program Lanjutan 3 sks
PEP 705 Statistika Multivariat 3 sks
PEP 706 Kawasan Penelitian dalam PEP 3 sks
PEP 707 Metode Penelitian Kualitatif Lanjutan 3 sks
PPS 799 Disertasi 14 sks

 Kompetensi Pendukung

KODE MATA KULIAH SKS
PPS 704 Isu-Isu Kritis dalam Pendidikan 3 sks
PPS 705 Orientasi Baru dalam Pedagogik 3 sks

 Matrikulasi 

KODE MATA KULIAH SKS
PPS 601 Orientasi Baru dalam Psikologi  Pendidikan* 3 sks
PPS 602 Teknologi Komunikasi dan Informasi dalam Pendidikan* 3 sks
PEP 601 Desain Eksperimen* * 3 sks
PEP 602 Teori Tes** 3 sks
*    Mata Kuliah Matrikulasi Kependidikan
**  Mata Kuliah Matrikulasi Program Studi