Red Carpet

PROFIL PROGRAM MAGISTER PENELITIAN DAN EVALUASI PENDIDIKAN

Deskripsi Prodi

Program Magister Penelitian dan Evaluasi Pendidikan (PEP) diselenggarakan oleh IKIP Jakarta berdasarkan Surat Keputusan Pendirian Program Studi Nomor 590/DIKTI//Kep/1993. Program Magister PEP UNJ memiliki kemampuan dalam pengembangan instrumen, metode penilaian, dan evaluasi program pendidikan. Program studi Magister PEP merupakan program studi  lintas bidang studi (interdiciplinier studies). Oleh karena itu, program studi magister PEP menerima mahasiswa dari latar belakang Pendidikan keilmuan kependidikan maupun non kependidikan. Program studi Magister PEP memiliki fungsi yang sangat stategis dalam pengembangan teori, kebijakan, dan praksis Pendidikan secara luas (bukan hanya sekolah). Keilmuan penelitian dan evaluasi Pendidikan dapat digunakan untuk menghasilkan pendidik dalam riset dan evaluasi program, pengembang perangkat penilaian/penelitian, peneliti pendidikan dan pelatihan, evaluator dan asesor

Dosen Program Studi Penelitian dan Evaluasi Pendidikan

NO NAMA STATUS
1. Dr. Wardani Rahayu, M.Si. Dosen Tetap
2 Dr. Yuliarti Sastrawijaya, M.Pd. Dosen Tetap
3 Prof. Dr. Komarudin, M.Si. Dosen Tetap
4 Dr. Agus Dudung R, M.Pd. Dosen Tetap
5 Dr. Dinni Devy Triana, M.Pd. Dosen Tetap
6 Dr. Anan Sutisna, M.Pd. Dosen Tetap
7 Dr. Aip Badurjaman, M.Pd. Dosen Tetap
8 Dr. Soeprijanto, M.Pd. Dosen Tetap
9 Dr. Pinta Deniyanti, M.Si. Dosen Tetap
10 Yuli Rahmawati, Ph.D Dosen Tetap

Tujuan Prodi

  1. Memiliki kemampuan mendesaian dan memilih piranti penilaian, metodologi penelitian
  2. Memiliki kemampuan menganalisis secara kritis terhadap teori dan praksis  penilaian pendidikan, pengembangan instrumen, dan evaluasi program dalam bidang pendidikan atau praktek profesionalnya melalui riset untuk studi lebih lanjut pada Pascasarjana atau kegiatan profesional.
  3. Memiliki kemampuan mengomunikasikan gagasan, mengambil keputusan, mengelola, mengembangkan dan memelihara jaringan kerja dengan kolega, sejawat di dalam lembaga sesuai dengan etika profesi.

Capaian Pembelajaran

  1. Mampu mengevaluasi permasalahan pendidikan, menganalisis teori secara kritis dengan menentukan metodologi penelitian yang sesuai untuk memecahkan masalah penelitian dalam bidang evaluasi, pengukuran atau penilaian pendidikan dengan pendekatan interdisipliner;
  2. Mampu mengembangkan perangkat penilaian dan instrumen baku untuk memecahkan masalah pendidikan dengan pendekatan interdisipliner atau multidisipliner yang berlandaskan nilai, norma, dan etika akademik;
  3. Mampu memilih model-model evaluasi untuk memberi solusi permasalahan yang sesuai, yang teruji dan memiliki kebaruan serta mendapatkan pengakuan di tingkat nasional dan Internasional;
  4. Mampu menerapkan keilmuan Penelitian dan Evaluasi Pendidikan secara profesional dan berkelanjutan melalui penelitian, pengembagan literasi, dan numerasi;
  5. Mampu mendesimenasikan hasil penelitian dan pengembangan di bidang Penelitian dan Evaluasi Pendidikan bersifat kekinian dengan pendekatan interdisipliner yang diakui secara nasional dan global.
  • Mata Kuliah Umum

KODE MATA KULIAH SKS
99008113 Filsafat Ilmu 3 sks
99008123 Metode Penelitian 3 sks
99008133 Statistika 3 sks
99008143 Penulisan Artikel Ilmiah Terindeks 3 sks

 

  • Mata Kuliah  Keahlian

KODE MATA KULIAH SKS
99128113 Teori Tes Klasik 3 sks
99128123 Kontruksi Alat Ukur 3 sks
99128133 Penilaian Kelas 3 sks
99128143 Desain Eksperimen 3 sks
99128153 Evaluasi Program 3 sks
99128163 Metodologi Penelitian Kualitatif dalam Pendidikan 3 sks
99128183 Orientasi Baru Dalam Pembelajaran 3 sks
99128193 Kolokium Penelitian dan Evaluasi Pendidikan 3 sks

 

  • Mata Kuliah Pilihan

KODE MATA KULIAH SKS
99128412 Manajemen Pengujian 3 sks
99128423 Statistika Non Parametrik 3 sks
99128433 Analisis Regresi 3 sks
99128443 Pengantar Teori Responsi Butir 3 sks
99128453 Struktural Equation Modeling 3 sks
Pilih satu mata kuliah dari Mata Kuliah Pilihan yang tersedia

 

  • Mata Kuliah Matrikulasi

KODE MATA KULIAH SKS
99008013 Landasan Ilmu Pendidikan* 3 sks

Catatan : * dilaksanakan sebelum perkuliahan semester 1

 

  • Tesis

KODE MATA KULIAH SKS
99008918 Tesis 8 sks

Berdasarkan SK BAN-PT dengan No. 316/SK/BAN-PT/Akred/M/I/2018, Program Studi S2 Penelitian dan Evaluasi Pendidikan terakreditasi B yang berlaku dari 16 Januari 2018 sampai dengan 16 Januari 2023.

Kurikulum Program Studi Magister Pascsarjana Universitas Negeri Jakarta

Kurikulum Pascasarjana UNJ disusun oleh Program Studi untuk mencapai Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL). CPL memuat prinsip-prinsip sebagai berikut.

  • Penguasaan capaian pembelajaran mata kuliah(CPMK) beserta penerapannya, yang dijamin dengan kemahiran berbahasa, kecakapan dasar-dasar logika matematik, dan kemahiran akademik sesuai bidang keahliannya.
  • Perhatian terhadap pertumbuhan personal, sosial, dan fisik sebagai penghargaan terhadap integritas, komitmen, keunggulan, dan penerimaan terhadap bakat/talenta serta keterbatasannya.
  • Mengembangkan kebiasaan merefleksi pengalaman, mampu mencari pengalaman baru, dan bersedia untuk mengambil risiko dari hasil eksplorasi pilihan-pilihan karier dan gaya hidup menurut kerangka nilai tertentu, dan terbuka terhadap perkembangan baru dalam kerangka akademik dan karier.
  • Fleksibel dan terbuka terhadap pandangan orang lain, bersemangat untuk belajar dari orang lain serta mampu menerima kelebihan dan kekurangan orang lain, bebas-otentik dalam mengungkapkan perasaan, serta mengelola emosionalnya.
  • Menghargai hidup keimanan dan kegiatan intelektual yang berkembang serasi terpadu dalam hidup manusia yang didasarkan pada ajaran agama dalam
  • Terbuka terhadap pluralitas berbagai tradisi agama dan menghargai pengalaman keberagamaan orang lain melalui mekanisme toleransi hidup beragama dalam mengembangkan kematangan sosial yang mandiri dan cerdas yang dilandasi komitmen untuk peduli hak azasi manusia.

 

Kurikulum Program Magister

Komponen kurikulum program magister memuat hal berikut.

  • Mata Kuliah Umum merupakan pengetahuan umum yang melandasi pembentukan kemampuan pengembangan ilmu sehingga terampil dalam berkarya sesuai dengan dasar ilmu yang dikuasai. Mata kuliah umum diarahkan pada pembentukan kemampuanmelaksanakan, mengorganisasikan, dan mengelola program penelitian sesuai dengan tujuan pendidikan program magister. Mata kuliah umum harus dikuasai oleh setiap peserta program magister dari seluruh program studi.
  • Mata Kuliah UtamaProgram Studi adalah kelompok mata kuliah yang bertujuan menghasilkan tenaga ahli dengan kekaryaan berlandaskan ilmu dan keterampilan yang dikuasai.
  • Mata Kuliah Pilihan adalah bagian dari kelompok Mata Kuliah Program Studi dan Mata kuliah Dasar Kependidi Mata kuliah ini dipilih oleh mahasiswa sesuai dengan bidang kajian tesis.
  • Mata kuliah Matrikulasiadalah kelompok mata kuliah yang wajib diambil oleh mahasiswa yang berasal dari program nonpendidikan dan program pendidikan yang tidak sebidang. Mata kuliah ini memberikan landasan pengetahuan kependidikan yang harus dikuasai sebagai acuan bagi penguasaan teori-teori pendidikan.
  • Tesis adalah hasil karya ilmiah berdasarkan hasil penelitian yang memenuhi kriteria penelitian ilmiah dan disiplin ilmu program studi sebagai upaya untuk pemecahan masalah dan pengungkapan suatu temuan ilmiah atau pengembangan konsep baru.

 

Beban Studi Program Magister

Komposisi mata kuliah untuk program magister sebagai berikut.

   Tabel 1. Sebaran Beban Studi untuk Latar Belakang

   Program Sarjana Pendidikan

No Mata Kuliah Bobot SKS
1 Mata Kuliah Umum 9 – 12
2 Mata Kuliah Keahlian 18
3 Mata Kuliah Pilihan 3 – 15
4 Tesis 8
Jumlah 41– 43

 

Tabel 2. Sebaran Beban Studi untuk Latar Belakang

Program Sarjana Nonpendidikan

No Mata Kuliah Bobot SKS
1 Mata Kuliah Matrikulasi 3- 6
2 Mata Kuliah Umum 12
3 Mata Kuliah Keahlian 18
4 Mata Kuliah Pilihan 3 – 15
6 Tesis 8
Jumlah 43– 46