Red Carpet

PROFIL PROGRAM MAGISTER PENDIDIKAN ANAK USIA DINI

Pembangunan Nasional Indonesia periode 2014-2019 mengusung satu tema besar tentang perlunya basis pembangunan pada revolusi mental. Revolusi mental sesungguhnya ditujukan pada pembangunan sumber daya manusia pada berbagai sektor kehidupan bangsa Indonesia. Salah satu sektor pembangunan yang menjadi andalan dalam pembangunan sumber daya manusia adalah sektor pendidikan.         Dalam periode pembangunan nasional selama 10 tahun (2004-2014) telah memberikan pijakan dan prioritas pembangunan pada sektor pendidikan dalam rangka mempersiapkan generasi emas 2045 (the Golden Generation 2045). Upaya strategik ini merupakan salah satu bentuk perwujudan pemanfaatan bonus demografi bangsa Indonesia yang diindikasikan munculnya periode dominasi angkatan muda dalam struktur masyarakat Indonesia. Pencanangan upaya strategik tersebut perlu menyusun dan mengembangan strategi pembangunan nasional sektor pendidikan yang dimulai pada periode keemasan (the golden ages) anak usia dini (0-8 Tahun).  Sub sektor pendidikan anak usia dini telah menjadi skala prioritas dan unggulan selama periode pembangunan bidang pendidikan pada periode 2004-2014.

Upaya strategik tersebut telah diwujudkan dalam periode pembangunan sektor pendidikan dengan lahirnya direktorat jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Non Formal dan Informal (Dirjen PAUD-NI). Selain itu, dalam periode yang sama telah bermunculan program studi strata 1 (sarjana) PAUD pada 114 lembaga pendidikan tenaga kependidikan (LPTK) sebagai bagian dari sub sektor pendidikan tinggi yang membantu menghasilkan tenaga pendidik profesional pada berbagai jenis kelembagaan PAUD.

Dengan semakin berkembangnya lembaga, program dan kebijakan PAUD dibutuhkan para pemikir, ahli dan konsultan untuk membantu mengembangkan layanan PAUD yang bermutu dan terjangkau. Para ahli PAUD ini dibutuhkan untuk menemukembangkan berbagai pengetahuan ilmiah serta praksis PAUD yang baik (the best practice) melalui berbagai riset ilmiah. Para ahli dan konsultan PAUD tersebut perlu dibangun melalui program doktoral PAUD di tingkat perguruan tinggi. Dalam memenuhi kebutuhan tersebut, program studi PAUD Pasca Sarjana UNJ berupaya membangun struktur kurikulum program Doktor PAUD. Struktur kurikulum ini disusun dengan menggunakan analisis kompetensi sebagaimana dipersyaratkan dalam Permendikbud nomor 73 tahun 2014 tentang standar Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia.

Program Studi Magister Pendidikan Anak Usia Dini  adalah program studi yang melakukan kajian  di bidang pendidikan anak usia dini dan  menghasilkan lulusan magister yang memiliki keahlian sebagai dosen S1 PAUD/PGPAUD, peneliti, konsultan lembaga PAUD dan Manager PAUD.

Dosen Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini

NO NAMA STATUS
1 Dr. Sri Wulan, M.Si. Dosen Tetap
2 Lara Fridani, M.Psych, Ph.D Dosen Tetap
3 Dr. Nurjannah, M.Pd. Dosen Tetap
4 Dr. R. Sri Martini Meilani, M.Pd. Dosen Tetap
5 Dr. Nurbiana Dhieni, M.Psi. Dosen Tetap

Tujuan Prodi

Program Studi Magister Pendidikan Anak Usia Dini  adalah program studi yang menghasilkan lulusan magister yang ahli di bidang pendidikan anak usia dini  dengan kemampuan :

  1. sebagai dosen S1 PAUD/PGPAUD, peneliti, konsultan lembaga PAUD dan Manager PAUD.
  2. Menganalisis teori dan praksis tentang perkembangan dan pembelajaran anak usia yang bertanggung jawab sesuai etika profesional
  3. Untuk belajar sepanjang hayat melalui pendidikan, penelitian dan pelatihan dalam upaya pengembangan diri yang relevan dengan pendidikan anak usia dini.

Capaian Pembelajaran

  1. Mampu menganalisis perkembangan anak usia dini dalam berbagai studi dan riset sebagai pijakan untuk mengembangkan ilmu dan praktik PAUD yang inovatif dan teruji;
  2. Mampu menerapkan pembelajaran inovatif dengan mengaplikasikan konsep dan prinsip didaktik-pedagogis dalam Pendidikan Anak Usia Dini dengan memanfaatkan IPTEKS berorientasi pada kecakapan hidup (life skills) dan berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat; berbangsa dan bernegara melalui pendekatan interdisipliner atau multidisipliner;
  3. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam bidang Pendidikan Anak Usia Dini berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka meningkatkan profesi bidang Pendidikan Anak Usia Dini yang memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan.
  4. Mampu memecahkan masalah Pendidikan Anak Usia Dini berdasarkan teori pedagogi, literasi, teknologi informasi melalui metode ilmiah dengan pendekatan interdisipliner atau multidisipliner yang menginternalisasikan nilai, norma, dan etika akademik;
  5. Mampu menerapkan solusi permasalahan Pendidikan Anak Usia Dini yang sesuai dengan kebutuhan pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini melalui penelitian yang teruji dan memiliki kebaruan di tingkat nasional;
  6. Mampu menerapkan keprofesionalan secara berkelanjutan dalam bidang Pendidikan Anak Usia Dini dengan melakukan penelitian sebagai tindakan reflektif dan evaluatif;
  7. Mampu mendesimenasikan hasil kajian Pendidikan Anak Usia Dini bersifat kekinian dengan pendekatan inter dan multi disipliner yang diakui oleh komunitas Pendidikan Anak Usia Dini di tingkat nasional dan International.

 

  • Mata Kuliah Umum

KODE MATA KULIAH SKS
99008113 Filsafat Ilmu 3 sks
99008123 Metodologi Penelitian 3 sks
99008133 Statistika 3 sks
99008142 Penulisan Artikel Ilmiah Terindeks 3 sks

 

  • Mata Kuliah Keahlian

KODE MATA KULIAH SKS
99098113 Perkembangan Anak  Usia Dini 3 sks
99098123 Pengembangan Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini 3 sks
99098133 Pendidikan Bahasa dan Studi Sosial Anak Usia Dini 3 sks
99098143 Pendidikan  Seni Anak Usia Dini 3 sks
99098153 Pendidikan Matematika and Sains Anak Usia Dini 3 sks
99098163 Kolokium PAUD 3 SKS

 

  • Mata Kuliah Pilihan

KODE MATA KULIAH SKS
99098413 Assesmen Anak Usia Dini 3 sks
99098423 Analisis Kebijakan, Hukum dan Perlindungan Anak 3 sks
99098432 Perspektif Pendidikan  inklusi 2 sks
99098443 Manajemen Pendidikan Anak Usia Dini 3 sks
99098453 Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan 3 sks
Pilih tiga mata kuliah dari Mata Kuliah Pilihan yang tersedia

 

  • Mata Kuliah Matrikulasi

KODE MATA KULIAH SKS
99029013 Landasan Ilmu Pendidikan* 3 sks

Catatan : * dilaksanakan sebelum perkuliahan semester 1

 

  • Tesis

KODE MATA KULIAH SKS
99008918 Tesis 8 sks

Program Studi Magister Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) merupakan salah satu prodi yang dikelola pascasarjana yang terakreditasi A di BAN-PT 903/SK/BAN-PT/Akred/M/111/2018. S2 PAUD SK BAN PT 2018

Kurikulum Program Studi Magister Pascsarjana Universitas Negeri Jakarta

Kurikulum Pascasarjana UNJ disusun oleh Program Studi untuk mencapai Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL). CPL memuat prinsip-prinsip sebagai berikut.

  • Penguasaan capaian pembelajaran mata kuliah(CPMK) beserta penerapannya, yang dijamin dengan kemahiran berbahasa, kecakapan dasar-dasar logika matematik, dan kemahiran akademik sesuai bidang keahliannya.
  • Perhatian terhadap pertumbuhan personal, sosial, dan fisik sebagai penghargaan terhadap integritas, komitmen, keunggulan, dan penerimaan terhadap bakat/talenta serta keterbatasannya.
  • Mengembangkan kebiasaan merefleksi pengalaman, mampu mencari pengalaman baru, dan bersedia untuk mengambil risiko dari hasil eksplorasi pilihan-pilihan karier dan gaya hidup menurut kerangka nilai tertentu, dan terbuka terhadap perkembangan baru dalam kerangka akademik dan karier.
  • Fleksibel dan terbuka terhadap pandangan orang lain, bersemangat untuk belajar dari orang lain serta mampu menerima kelebihan dan kekurangan orang lain, bebas-otentik dalam mengungkapkan perasaan, serta mengelola emosionalnya.
  • Menghargai hidup keimanan dan kegiatan intelektual yang berkembang serasi terpadu dalam hidup manusia yang didasarkan pada ajaran agama dalam
  • Terbuka terhadap pluralitas berbagai tradisi agama dan menghargai pengalaman keberagamaan orang lain melalui mekanisme toleransi hidup beragama dalam mengembangkan kematangan sosial yang mandiri dan cerdas yang dilandasi komitmen untuk peduli hak azasi manusia.

 

Kurikulum Program Magister

Komponen kurikulum program magister memuat hal berikut.

  • Mata Kuliah Umum merupakan pengetahuan umum yang melandasi pembentukan kemampuan pengembangan ilmu sehingga terampil dalam berkarya sesuai dengan dasar ilmu yang dikuasai. Mata kuliah umum diarahkan pada pembentukan kemampuanmelaksanakan, mengorganisasikan, dan mengelola program penelitian sesuai dengan tujuan pendidikan program magister. Mata kuliah umum harus dikuasai oleh setiap peserta program magister dari seluruh program studi.
  • Mata Kuliah UtamaProgram Studi adalah kelompok mata kuliah yang bertujuan menghasilkan tenaga ahli dengan kekaryaan berlandaskan ilmu dan keterampilan yang dikuasai.
  • Mata Kuliah Pilihan adalah bagian dari kelompok Mata Kuliah Program Studi dan Mata kuliah Dasar Kependidi Mata kuliah ini dipilih oleh mahasiswa sesuai dengan bidang kajian tesis.
  • Mata kuliah Matrikulasiadalah kelompok mata kuliah yang wajib diambil oleh mahasiswa yang berasal dari program nonpendidikan dan program pendidikan yang tidak sebidang. Mata kuliah ini memberikan landasan pengetahuan kependidikan yang harus dikuasai sebagai acuan bagi penguasaan teori-teori pendidikan.
  • Tesis adalah hasil karya ilmiah berdasarkan hasil penelitian yang memenuhi kriteria penelitian ilmiah dan disiplin ilmu program studi sebagai upaya untuk pemecahan masalah dan pengungkapan suatu temuan ilmiah atau pengembangan konsep baru.

 

Beban Studi Program Magister

Komposisi mata kuliah untuk program magister sebagai berikut.

   Tabel 1. Sebaran Beban Studi untuk Latar Belakang

   Program Sarjana Pendidikan

No Mata Kuliah Bobot SKS
1 Mata Kuliah Umum 9 – 12
2 Mata Kuliah Keahlian 18
3 Mata Kuliah Pilihan 3 – 15
4 Tesis 8
  Jumlah 41– 43

 

Tabel 2. Sebaran Beban Studi untuk Latar Belakang

Program Sarjana Nonpendidikan

No Mata Kuliah Bobot SKS
1 Mata Kuliah Matrikulasi 3- 6
2 Mata Kuliah Umum 12
3 Mata Kuliah Keahlian 18
4 Mata Kuliah Pilihan 3 – 15
6 Tesis 8
  Jumlah 43– 46

 

No. Nama Dosen Prestasi yang Dicapai* Waktu Pencapaian Tingkat

(Lokal, Nasional, Internasional)

(1) (2) (3) (4) (5)
1 Prof. Dr. dr. Myrnawati Crie Handini, MS, PKK PAUD, KINI, DULU dan YANG AKAN DATANG 2014 Lokal
Pengaruh status sosial ekonomi dan gizi pada Kesiapan Sekolah Anak Usia Dini di Kecamatan Bantar Gebang 2015 Lokal
2 Dr Elindra Yetti, M.Pd Sebagai Juri Lomba Tari Kreasi Daerah pada Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional Tingkat SMALB 2013-2014 Nasional
Sebagai Instruktur dalam kegiatan  Pendidikan dan Latihan Profesi Guru Rayon 109 UNJ 2013 Nasional
Sebagai pembicara pada seminar: “Nilai-nilai Islam Dalam Perkembangan Seni di Indonesia” 2013 Nasional
Sebagai Duta Budaya Bangsa  pada rangkaian Pagelaran Tari dan Musik Tradisional Indonesia di Maroko 2013 Nasional
Sebagai Pemakalah pada  Seminar Antarbangsa Bahasa  dan Budaya Antarbangsa Pengerat Persaudaraan Serantau 2014 Nasional
Sebagai Pembicara pada kegiatan Workshop penyusunan kurikulum berbasis KKNI di Prodi Pendidikan Sendratasik Universitas Syiah Kuala Aceh 2014 Nasional
Sebagai Pembicara pada kegiatan Workshop penyusunan kurikulum berbasis KKNI bidang seni di FBS Unimed (Medan) 2014 Lokal
3 Dr.Gusnawirta Taib Fasli, M.Pd Program BerSeRRI (Bersih Sehat Ramah Lingkungan Rapih  Indah) di Ambon 2013 Lokal
Bantuan buku bahan ajar dan bacaan siswa di Ambon 2013 Lokal
Bantuan untuk korban banjir di Bukit Duri, Jakarta 2013 Lokal
Bantuan untuk korban bencana alam gunung meletus Yogyakarta 2013 Lokal
Sosialisasi PAUD dalam lingkungan  Keluarga dan Masyarakat 2013 Nasional
Pengasuhan  Bina Keluarga Balita 2013 Nasional
Reality Show: “Home Sweet Home”

untuk menunjang program pemerintah mengenai Ketahanan Keluarga dalam Mendukung Proses Tumbuh Kembang Anak

2014 Nasional
Konseling “Trauma Banjir” Kelurahan Cipinang, Jakarta 2014 Lokal
BKB (Bina Keluarga Balita) sebagai Pilar Ketahanan Keluarga 2014 Nasional
Konseling “Trauma Bencana Alam” di Sumatera Barat 2014 Lokal
Peningkatan Ketahanan Keluarga 2014 Nasional
Peningkatan Kapasitas Program Pendidikan Keluarga bekerjasama dengan Kementerian dan Pendidikan Malaysia dan University Putra Malaysia 2016 Internasional
Peningkatan Ketahanan Keluarga Nasional
4 Dr. Tuti Tarwiyah, M.Pd Peningkatan Kapasitas Program Pendidikan Keluarga bekerjasama dengan Kementerian dan Pendidikan Malaysia dan University Putra Malaysia Sampai sekarang

 

Internasional

 

 

Pelatihan Permainan pada Guru PAUD di Jakarta Timur 2014 Lokal
Pelatihan Gambang Kromong dan industri Kreatif di Kelurahan Rorotan dan Marunda Kecamatan Cilincing, Jakarta Utara 2015 Lokal
5 Dr. Sofia Hartati, M.Si Penelitian (UNJ) 2013 Lokal
Penelitian (UNJ) 2014 Lokal
Penelitian (DIKTI) 2014 Nasional
Penelitian  (DIKTI) 2015 Nasional
Pendampingan Lembaga PAUD di Kel. Duren Sawit 2015 Lokal
7 Dr. Hapidin, M.Pd. Dikti 2015 Nasional
Kementerian PMK 2015 Nasional
Hibah Dikti 2015 Nasional
Hibah Dikti 2014 Nasional
Menulis buku “Asesmen dan Evaluasi PAUD” 2014 Nasional
Menulis buku “Konsep Dasar Pendidikan Berbasis Sekolah” 2013 Nasional
Satya Lencana Presiden Reprublik Indonesia 2015 Nasional
Dr. Dede Rahmat Hidayat, M.Psi

 

Outstanding science education lecturer of the year 2015 Nasional
Satyalencana Karya satya 10 tahun 2016 Nasional
Psikologi untuk bidan 2013 Nasional
Bimbingan konseling kesehatan mental di sekolah 2013 Nasional
6 Prof. Dr. Yufiarti, M.Psi Hibah PUPT  DIKTIPengembangan Model Brain Based Teaching Tahun ke II 2013 Nasional
Hibah PUPT  DIKTI Pengembangan Model Brain Based Teaching Tahun ke III 2014 Nasional
INSIDA, Ceramah  Pembelajaran PAUD 2013 Nasional
Penulis buku Orientasi Baru  dalam Pedagogik 2013 Nasional
Penulis buku Filsafat Manusia 2014 Nasional
7 Dr. Asep Supena, M.Psi Pengembangan model pembelajaran pendidikan jasmani adaptif bagi peserta didik autis.

 

2014 Nasional
8 Dr. Fahrurrozi, M.Pd. Kajian Struktur Bahasa Indonesia (Penulis buku) 2014 Nasional
Sekilas Tentang Bahasa Indonesia (Penulis Buku) 2016 Nasional
Pengkajian Prosa Fiksi (Editor) 2014 Nasional
DIPA BLU FIP UNJ Impelementasi Penilaian Aoutentik dalam Kurikulum 2013 bagi Guru-guru di SDN Ciputat Tangerang Selatan 2014 Lokal
DIPA FIP UNJ Peningkataan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Pendekatan SAS pada siswa kelas 1 SDN 1 Ciputat Tangerang Selatan 2014 Lokal
DIPA FIP UNJ Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Melalui Pendekatan Whole Language di SD Lab PGSD FIP UNJ 2015 Lokal
Dr.M. Syarif Sumantri, M.Pd Hibah Pasca DIKTI 2015 Nasional
 

 

Dr. Nurjannah, M.Pd Hibah Bersaing DIKTI 2013 Nasional
Hibah Bersaing DIKTI 2014 Nasional
Hibah Bersaing DIKTI 2015 Nasional
4 Dr. Wardani Rahayu M.Si PMBP

 

2011-2015

 

Lokal

 

The Best Teaching a Ward

 

2010

 

Lokal

 

Satyalancana Karya Satya 20

 

2011

 

Lokal

 

Pemakalah  terbaik 2013 Internasional